Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

45 Lokawisata Lombok Yang Bisa Kamu Kunjungi

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Pesona yang ditawarkan beragam, mulai dari pantai hingga pegunungan. Oleh karena itu, tak salah jika Lombok kerap jadi masuk daftar impian para wisatawan untuk berkunjung dan berlibur di sana.

Kunjungan wisata ke Lombok tak akan cukup Anda lakukan sehari atau dua hari, karena ada banyak sekali tempat-tempat wisata alam indah yang perlu Anda eksplorasi.

Nah, buat kamu yang berencana berlibur ke Lombok, Tourism Rank Indonesia telah merangkum rekomendasi tempat wisata di Lombok yang memikat dan wajib banget kamu kunjungi!

1. Pantai Penyisok

  • Nama Tempat:
    Pantai Penyisok
  • Alamat:
    lendang sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83672
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,- per orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB
Anda mungkin harus melintasi lapangan yang luas dan melewati bebatuan terjal hanya untuk sampai ke sini, tetapi pemandangan dari Lingkoq Datu akan membuat Anda melupakan semua upaya fisik Anda.

Terletak di dekat Pantai Penyisok, Lingkoq Datu adalah tebing yang menghadap ke tepi laut yang seolah tak berujung. Saat Anda mendekati tepi tebing (hati-hati saat melakukannya!), Anda pasti ingin memejamkan mata dan merentangkan tangan untuk membiarkan angin laut membungkus Anda dalam pelukan dingin.


Ya pemandangan di sini hampir terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tetapi sensasi berdiri di tepi tebing dengan matahari di kulit Anda mungkin hanya terasa seperti ekstasi yang dibawa oleh kekuatan alam.



Setelah momen nirwana Anda, pergilah ke Pantai Penyisok untuk berjalan-jalan santai di sepanjang pasir lembut sebelum melakukan perjalanan kembali.

2. Taman Wisata Pusuk Sembalun

  • Nama Tempat:
    Taman Wisata Pusuk Sembalun
  • Alamat:
    Jl. Wisata Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)
  • Harga Tiket:
    Tiket masuk Taman Wisata Pusuk Sembalun Rp. 5.000,-
    Parkir mobil Rp. 5.000,-
    Parkir motor Rp. 2.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Ingin melihat pemandangan Gunung Rinjani yang megah di antara kabut dan awan yang menerawang tetapi tidak ingin mendaki?


Kami merekomendasikan berkendara ke Taman Wisata Pusuk Sembalun, di mana Anda dapat menikmati pemandangan gunung yang tak tertandingi tanpa banyak aktivitas fisik, di ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut.


Meski jalan menanjak berangin, Anda akan disuguhi pemandangan indah hutan, perbukitan, persawahan dan kebun strawberry di sepanjang perjalanan. Setelah sampai di sana, Anda bisa beristirahat dan menikmati pemandangan indah dari gazebo-gazebo.

Jika Anda membawa makanan untuk piknik, pastikan untuk menjauhkannya dari tangan licik monyet liar di sini!

3. Bukit Pergasingan

  • Nama Tempat:
    Bukit Pergasingan
  • Alamat:
    Sembalun Lawang, Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83656
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Ini adalah salah satu pemandangan paling puitis di Pulau Lombok.


Sawah-sawah yang terhampar saling melengkapi membuat mereka gemerlap.


Di sini, Anda bisa melihat sekilas pemandangan yang terbentang jauh dengan Gunung Rinjani yang maha esa.

Bukit Pergasingan juga menjadi alternatif pendakian Gunung Rinjani, dengan ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut dan desa Sembalun yang berada di ketinggian 1100 meter di atas permukaan laut. Jadi Anda harus menaklukkan ketinggian sekitar 600 meter.


Pendakiannya sekitar 4 jam, Anda akan membutuhkan sedikit usaha untuk mendaki bukit, dan beberapa bagian lereng hampir membentuk sudut 70 derajat.


Disarankan agar Anda berkemah semalaman, sehingga Anda dapat menyaksikan matahari terbit yang indah di belakang Rinjani.

4. Pulau Gili

  • Nama Tempat:
    Pulau Gili
  • Alamat:
    Lombok, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Rp. 50.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Kepulauan Gili merupakan tempat wisata Lombok yang sangat populer. Ada 3 gili yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke tempat wisata tersebut, masing-masing Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno.

Bukan hanya karena alamnya yang indah dan memesona, Kepulauan Gili ini juga menampilkan pemandangan yang sangat Instagramable, tempat bersantai dan bersantap aneka wisata kuliner Lombok yang lezat, serta menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan wisata bahari.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama berwisata di Gili Islands, antara lain:

Membuat party romantis seperti ulang tahun, ulang tahun pernikahan, dan pesta-pesta kecil bersama pasangan.
Menikmati keindahan wisata bawah laut Pulau Lombok.
Snorkeling, diving, dan lainnya yang memberikan suasana rihlah baru di bawah permukaan laut.
Berburu spot-spot terbaik untuk membuat konten. Lombok dikenal sebagai pulau terbaik yang menyaingi keindahan Bali.

Jika Anda ingin berkunjung ke setiap Gili yang ada, berikut ini informasi penting yang bisa Anda temukan di setiap Gili populer di Lombok tersebut.


  • Nama Tempat:
    Gili Trawangan
  • Alamat:
    Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Dari ketiga Gili yang ada tersebut, Trawangan adalah yang paling luas. Posisinya berada di sebelah barat laut dari Lombok.

Pulau ini memiliki 800 jiwa penduduk dengan panjang 2 kilometer dan lebarnya 2 kilometer. Walaupun kecil, fasilitas di pulau ini sangat terkenal bahkan kedai Tir Na Nog menyebutkan ada bar Irlandia yang bisa Anda temukan di pulau tersebut.

Di Gili Trawangan orang-orang banyak menggelar pesta sepanjang malam. Walaupun demikian, aturan setempat tidak membolehkan kendaraan motor masuk ke kawasan ini.

Transportasi yang akan Anda temukan di sini adalah sepeda dan cidomo, sejenis kereta kuda yang sederhana.

Pengunjung melakukan aktivitas scuba diving, snorkeling, berselancar, berkuda dan lainnya. Pantai di Gili Trawangan ini menjadi lokasi paling indah untuk menikmati matahari terbenam.

6. Gili Meno

  • Nama Tempat:
    Gili Meno
  • Alamat:
    Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  • Harga:
    Retribusi Kepulauan Gili Rp2.000,00,-
    Penyeberangan Lombok Kapal Umum Rp25.000,00,-
    Penyeberangan Lombok Kapal Cepat Rp85.000,00,-
    Penyeberangan Bali Gili Meno Rp300.000,00,-
    Kapal Antar Gili Rp35.000,00,-
    Gili Meno Turtle Sanctuary Rp100.000,00,-
    Gili Meno Bird Park Rp50.000,00,-
    Sewa Alat Snorkeling Rp30.000,00,-
    Paket Snorkeling Diving Rp950.000,00,-
    Penginapan Mulai dari Rp100.000,00,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Gili Meno bisa Anda kunjungi dengan menempuh perjalanan darat sekitar 45 menit dari Kota Mataram. Di pulau tersebut terdapat taman burung yang memiliki koleksi burung-burung langka di Indonesia.

Pasir di pantai pulau ini juga sangat terkenal, warnanya putih dan masih terlihat sangat alami.

Sama halnya dengan di Gili Trawangan, kendaraan bermotor sangat terbatas. Hanya ada sepeda dan kereta kuda. Termasuk juga penggunaan listrik yang juga terbatas.

Di pulau ini Anda bisa berenang di pantai yang indah dengan paduan suara kicauan burung yang menghibur.

Jika Anda tertarik ingin berkenalan dan memegang langsung burung-burung cantik tersebut, Anda bisa berkunjung ke Bird Park, lokasinya berada di Bird Park Homestay.

7. Gunung Rinjani

  • Nama Tempat:
    Gunung Rinjani
  • Alamat:
    Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,- sampai 7.500,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi dengan ketinggian kedua paling tinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai lebih dari 3.726 mdpl dan menjadi salah satu gunung favorit para pendaki.

Di kawasan gunung ini terbentang Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas 41.330 hektare. Segara anak merupakan bagian dari kaldera di bagian barat Rinjani dengan luas 11 juta meter persegi dan kedalaman 230 meter.

Air dari segara tersebut mengalir membentuk air terjun. Segara ini juga memiliki banyak ikan mas dan mujair sehingga menjadi lokasi favorit bagi para pemancing.

Kawasan puncak merupakan destinasi populer para pendaki nasional bahkan dari luar Indonesia. Kegiatan pendakian biasanya akan meningkat di bulan-bulan Juli hingga Agustus bersempena dengan perayaan hari kemerdekaan RI.

Kegiatan ‘Tapak Rinjani’ menjadi salah satu event pendakian populer di kawasan ini. Sebuah even kerjasama antara pihak pecinta alam dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Bagi Anda yang ingin melakukan pendakian di gunung tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:
Panorama Alam

Rinjani menjadi salah satu gunung dengan panorama paling indah di Indonesia. Bulan Juni hingga Agustus menjadi waktu paling favorit menikmati keindahan alam gunung tersebut.
Suhu dan Cuaca

Suhu rata-rata di kawasan gunung ini cukup stabil yakni 20 derajat Celcius dan terendah 12 derajat Celcius. Pada bulan Agustus biasanya akan terjadi angin yang cukup kencang di area puncak.
Destinasi Lain

Selain puncak biasanya tujuan para pendaki adalah segara anakan. Danau ini berada pada ketinggian 2000 mdpl. Bagi Anda yang ingin mencapai destinasi segara ini bisa melakukan pendakian dari Desa Senaru atau Sembalun Lawang.
Jalur Pendakian

Ada empat jalur pendakian yang bisa Anda pilih yakni Jalur Timbanuh di Lombok Timur, Jalur Akik Berik di Lombok Tengah, Jalur Senaru di Lombok Utara, dan Jalur Sembalun di Lombok Timur.

Jalur Sembalun merupakan jalur favorit pendaki dan berakhir di Senaru. Melalui jalur ini para pendaki bisa berhemat 700 meter ketinggian. Namun, rute ini memberi tantangan tersendiri yakni lebih panjang dan datar serta cuaca yang lebih panas karena melalui savana.

8. Pantai Pink (Pink Beach)

  • Nama Tempat:
    Pantai Pink (Pink Beach)
  • Alamat:
    Pantai Pink berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Wisatawan lokal Rp. 10.000,-
    Wisatawan asing Rp. 50.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB

Sebuah pantai yang eksotis bernama Pantai Pink atau yang sering disebut orang dengan nama Pantai Tangsi. Lokasinya berada di Desa Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur. Di dunia ini ada 7 pantai yang memiliki warna pasir pink, salah satunya yang ada di Lombok tersebut.

Keindahan utama yang bisa Anda saksikan di pantai ini adalah paduan keindahan warna pasir merah muda, dengan terpaan air laut jernih yang begitu indah.

Warna pink pada pantai ini berasal dari kerang-kerang berwarna merah muda yang telah menjadi serpihan. Sangat indah bila Anda lihat view nya dari bagian atas.

Selain warna pink tersebut, pantai ini juga memiliki ombak yang tenang dan tidak terlalu besar. Hamparan bukit-bukit indah di sekeliling pantai semakin memberikan kesan pemandangan yang sempurna.

Walaupun sangat eksotis, akses menuju ke pantai ini masih cukup sulit. Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari Mataram menggunakan jasa rental innova Lombok.

Fasilitas yang ada di pantai ini juga terbatas. Hanya ada gazebo di bagian tepiannya. Tak ada kedai ataupun penginapan di tempat wisata Lombok yang terkenal ini.

Para pengunjung harus membawa makanan sendiri jika ingin menikmati santapan lezat di tepi pantai. Bila telah petang hari sebaiknya kembali ke penginapan karena tidak ada fasilitas menginap di tempat wisata Lombok hits tersebut.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pink Beach, antara lain:
  • Snorkeling, memancing hingga menyelam menyaksikan keindahan bawah laut perairan.
  • Menjelajah pulau-pulau kecil menggunakan perahu sewa. Pulau-pulau kecil tersebut jaraknya sekitar 2 kilometer dari pantai.
  • Menjelajah goa-goa bersejarah peninggalan penjajah Jepang.
  • Berfoto dengan spot-spot yang Instagramable.
Pantai ini bisa Anda kunjungi setiap hari dengan jam buka mulai dari pukul 8 pagi waktu setempat hingga pukul 5 petang. Harga tiketnya pun bervariasi, bisa mencapai hingga 50 ribu rupiah.

9. Air Terjun Sendang Gile

  • Nama Tempat:
    Air Terjun Sendang Gile
  • Alamat:
    Desa Senaru, Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83354
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    09.00 - 15.00 WIB

Air terjun ini lokasinya berada di Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara. Masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan air terjun ini berasal dari mata air Gunung Rinjani yang alami dan sangat sejuk.

Air Terjun Sendang Gile memiliki ketinggian hingga 31 meter. Bagi pengunjung yang ingin mencapai air terjun ini harus mendaki ratusan anak tangga dengan ketinggian hingga 40 meter.

Masyarakat sekitar sering menyebut air terjun ini dengan nama Batu Ko’ (batu kerbau). Tempat tersebut dianggap sebagai kawasan pemandian bidadari oleh warga setempat.

Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan, yakni tingkat pertama yang berada di atas tebing. Jatuhnya ke bagian dasar kolam yang ada di bagian bawah. Lalu tingkatan keduanya air yang ada pada bagian kolam mengalir ke bawah membentuk semacam sungai.

Akses menuju ke lokasi air terjun ini cukup jauh dari pusat Kota Mataram. Sekitar 1000 kilometer dengan waktu perjalanan darat sekitar 9 sampai 11 jam dengan menggunakan transportasi roda empat.

Air terjun ini termasuk salah satu gerbang pendakian ke Gunung Rinjani. Tersedia fasilitas penginapan sederhana dengan jasa pendakian yang bisa Anda manfaatkan.

Namun, fasilitas seperti tempat makan masih terbatas. Anda bisa membawa perbekalan sendiri agar lebih aman.

10. Pantai Kuta Lombok

  • Nama Tempat:
    Pantai Kuta Lombok
  • Alamat:
    Kuta, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573
  • Harga Tiket:
    GRATIS
  • Harga Parkir:
    Motor Rp. 5.000,-
    Mobil Rp. 10.000,-
    Minubus/Bus Rp. 20.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Hampir mirip dengan Bali, di Lombok pun ada pantai Kuta yang cukup terkenal. Lokasinya berada di Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah yang cukup terkenal dengan tradisi Bau Nyale (mencari cacing di laut).

Pantai Kuta memiliki warna pasir yang cantik dan putih. Pantai ini pula memiliki legenda yang cukup populer di kalangan masyarakat setempat yakni Legenda Putri Mandalika yang terjun ke laut lalu rambutnya berubah menjadi cacing Nyale.

Alasan itulah yang membuat tradisi mencari cacing di pantai ini terus menjadi tradisi turun temurun.

Fasilitas wisata di kawasan ini semakin pesat. Sudah banyak berdiri hotel-hotel untuk para wisatawan. Pemandangan pantai yang indah dengan tradisi unik ribuan orang mencari cacing di tepi pantai menjadi hal unik yang menjadi incaran wisatawan.

Bukit Mandalika yang hijau tampak gagah berpadu dengan keindahan pantai. Di pantai ini Anda bisa melakukan snorkling, berselancar atau sekadar menikmati sunset.

Sebelum sampai ke kawasan pantai cantik ini, Anda akan menyaksikan sebuah desa wisata suku Sasak bernama Desa Sade. Di desa ini menjadi tempat produksi kain tenun tradisional.

Pantai Kuta ini berjarak sekitar 72 kilometer dari Kota Mataram. Bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 90 menit. Transportasi rental atau paket wisata Lombok bisa Anda pilih untuk menuju lokasi sebab transportasi umum sangat sulit.

11. Pantai Selong Belanak

  • Nama Tempat:
    Pantai Selong Belanak
  • Alamat:
    Desa Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
  • Retribusi:
    Motor Rp. 5.000,-
    Mobil Rp. 10.000,-
    Sewa Papan Surfing Rp50.000,00,-
    Beli Papan Surfing Rp350.000,00,-
    Kursus Pemandu Surfing Rp100.000,00,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Kawasan pantai lainnya yang cukup terkenal di Lombok adalah Pantai Selong Belanak. Lokasinya berada di Desa Selong Belanak, Praya, Lombok Tengah.

Pantai dengan keindahan yang bisa Anda nikmati selama 24 jam ini sering mendapat julukan Hawaii nya Pulau Lombok.

Keindahan yang memesona dari pantai ini adalah garis pantainya yang berbentuk melengkung, menyerupai bulan sabit.

Bukit-bukit indah yang mengelilinginya, pasir putih dan warna air yang jernih membuat pesona pantai ini semakin khas. Pasir di pantai ini sangat halus dan bisa mengeras.

Pantai ini terbagi atas dua kawasan yakni daerah yang ombaknya tenang dan yang cukup menantang. Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan Anda menaklukkan ombak.

Berbeda dengan pantai-pantai di Pulau Jawa, Pantai Selong Belanak ini tidak memiliki cerita atau kisah-kisah mistik yang mengikutinya.

Namun, di pantai ini tetap bisa Anda temukan tempat menikmati kuliner seafood yang lezat, fasilitas seperti kamar mandi, parkir, kafe, dan sebagainya. Pantai ini masih terus membutuhkan pengembangan dan diprediksi akan bisa bersaing dengan tiga Gili terkenal di Lombok.

Di kawasan ini juga terdapat banyak layanan penyewaan selancar, instruktur surfing, dan sebagainya.

Transportasi menuju ke lokasi pantai ini bisa Anda pilih menggunakan rental mobil atau jasa tour travel yang sudah lengkap dengan fasilitas perjalanan. Sangat sulit mencari transportasi umum ke lokasi.

12. Gili Nanggu

  • Nama Tempat:
    Gili Nanggu
  • Alamat:
    Desa Batu Kijuk (Sekotong Barat), Kec Sekotong Barat, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    GRATIS
  • Retribusi:
    Sewa Kapal Rp. 350.000 (Bisa naik sewaktu waktu)
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Gili Nanggu lokasinya berada di Selat Lombok, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Pantai gili ini memiliki ombak yang tenang, air yang jernih kebiruan dan pasir yang putih. Air laut pantai ini memiliki gradasi warna yang sangat indah. Tak heran jika gili yang satu ini jadi tujuan bulan madu favorit para wisatawan.

Di pulau ini Anda bisa diving dan snorkeling, mengunjungi pulau-pulau kecil serta berburu spot berfoto keren. Pulau yang memiliki luas 8 hektare ini juga menjadi tempat wisata Lombok terbaik menikmati matahari tenggelam.

Fasilitas seperti resort telah tersedia di pulau ini. Menjadi tempat yang ideal untuk Anda menikmati aneka biota laut seperti ikan-ikan yang terlihat sangat jinak.

13. Pantai Tanjung Aan

  • Nama Tempat:
    Pantai Tanjung Aan
  • Alamat:
    Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga:
    Rp. 5.000,- sampai Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai Tanjung Aan ini memiliki keunikan tersendiri dari segi bentuk pasir. Di pantai ini pasirnya berbentuk seperti butiran merica sehingga warna setempat sering menyebutnya dengan nama pantai merica atau pantai tepung.

Warna air pantainya juga sangat indah yakni hijau toska dan biru tua. Ayunan yang cukup indah menjadi lokasi berfoto menghadap ke pantai. Latar belakang yang sangat indah dan menimbulkan kekaguman.

Bagi Anda yang suka berenang, pantai ini sangat ideal karena kondisi ombaknya yang cukup bersahabat. Pantainya cukup dangkal dan tidak menjadi tempat ideal untuk menyelam.

Pantai ini juga menjadi salah satu tempat cerita legenda Putri Mandalika. Saat ini menjadi salah satu pantai indah di Lombok yang bertaraf internasional.

14. Pantai Mawun

  • Nama Tempat:
    Pantai Mawun
  • Alamat:
    Kuta, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573
  • Harga Tiket:
    GRATIS
  • Harga Parkir:
    Motor Rp. 5.000,-
    Mobil Rp. 10.000,-
    Minubus/Bus Rp. 20.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Masih di Lombok tengah tepatnya di Desa Tumpak, Anda bisa mengunjungi pantai cantik bernama Pantai Mawun. Pantai ini memiliki keunikan dari segi garis pantai yang terbentuk. Menyerupai tapal kuda dengan kualitas pasir berwarna putih bersih dan lembut.

Pada bagian barat pantai ini memiliki tekstur pasir yang lebih kasar dan bercampur dengan karang.

Bagian tengah pantai ini memiliki ombak yang cukup besar karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Jika ingin bermain di pantai sebaiknya memilih bagian barat dan timur dengan bentuk pantai yang landai dan ombak yang relatif tenang.

Pada sisi barat dan timur pantai ini juga berdiri bukit yang sangat indah. Anda bisa mengunjunginya sambil menyaksikan keindahan pantai yang terlihat begitu sempurna.

Pantai ini sendiri berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Mataram. Bila berkendara roda empat bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Anda bisa membawa kendaraan pribadi atau jasa sewa mobil Lombok untuk sampai ke pantai tersebut.

Tiket masuk ke pantai ini gratis dan Anda bisa menikmatinya selama 24 jam. Terdapat fasilitas seperti parkir, toilet, hingga hotel untuk menginap.

15. Danau Segara Anak

  • Nama Tempat:
    Danau Segara Anak
  • Alamat:
    Lokasi danau ini persis di dekat Gunung Rinjani atau Gunung Volcano
  • Harga Tiket:
    Rp. 35.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Danau Segara Anak adalah kawah yang berada di Gunung Rinjani. Lokasinya berada di Desa Sembalun Lawang. Lokasinya berada pada ketinggian 2000 mdpl dengan kedalaman segara mencapai 190 meter.

Warna danau ini kebiruan, mirip dengan air laut. Para pendaki harus berjalan sekitar 9 jam untuk sampai ke lokasi. Sebuah gunung bernama Gunung Baru Jari berdiri kokoh di tengah danau.

Di sekitar danau ini juga bisa Anda nikmati pemandian air panas dengan tingkat panas yang berbeda-beda. Air ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Para pengunjung banyak yang melakukan aktivitas menginap di sekitar danau tersebut. Selain itu, pengunjung juga banyak yang memancing hingga melakukan aktivitas ritual.

Danau ini dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai lokasi tempat tinggal jin yang bagi suku Sasak menjadi pusat upacara adat tahunan.

Spot keindahan berfoto di danau ini sangat ideal. Keindahan danau dengan latar bukit-bukit hijau yang begitu indah. Selain menuju ke Puncak Rinjani, para pendaki juga secara khusus mengunjungi danau unik tersebut.

16. Benang Stokel dan Benang Kelambu

  • Nama Tempat:
    Benang Stokel dan Benang Kelambu
  • Alamat:
    Desa, Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Wisatawan lokal Rp. 3.000,-
    Wisatawan asing Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Lokasi air terjun di Lombok yang cukup terkenal ini berada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara daerah Lombok Tengah. Lokasinya berada di area Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air terjun Benang Kelambu memiliki ketinggian 552 mdpl. Ketinggian air nya sendiri cukup beragam, mulai dari 5 meter, 10 meter, hingga 30 meter. Pada tingkatan yang pertama, airnya jatuh seperti membentuk kelambu.

Di lokasi air terjun ini juga para pengunjung bisa melakukan camping, berfoto ataupun sekadar menikmati kesejukan air dari sumber alami yang jatuh dengan suara gemericik yang indah.

17. Desa Sade

  • Nama Tempat:
    Desa Sade
  • Alamat:
    Rembitan, Pujut, Rembitan, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Sade Village menjadi salah satu dusun tradisional yang cukup terkenal di Lombok. Desa suku Sasak yang memungkinkan pengunjung melihat secara dekat berbagai budaya dan kehidupan suku tersebut.

Sade terletak di Desa Rembitan, daerah Pujut di Lombok Tengah. Desa ini menjadi salah satu desa wisata dengan beragam keunikan budayanya.

Di desa ini pengunjung bisa menyaksikan keunikan rumah tradisional dari suku Sasak yang disebut bale. Sedikitnya ada 150 kepala keluarga di desa tersebut. Dahulunya penduduk desa ini memeluk agama Islam Waktu Telu (salatnya hanya 3 kali), tetapi saat ini rata-rata sudah memeluk Islam yang salatnya lima waktu.

Sebuah tradisi unik bisa Anda saksikan di dusun tersebut yakni masyarakat membersihkan lantai rumah menggunakan kotoran kerbau. Kotoran tersebut dipercaya mampu memberikan kehangatan dan bisa membantu mengusir nyamuk.

18. Pantai Mawi

  • Nama Tempat:
    Pantai Mawi
  • Alamat:
    Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai Mawi terletak di Desa Mekar Sari daerah Lombok Tengah. Jaraknya sekitar 70 kilometer dari Kota Mataram. Lokasinya sedikit tersembunyi, berada di balik beberapa bukit.

Pantai dengan pasir yang putih tersebut memiliki warna air yang biru dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Bukit-bukit kecil terlihat sangat indah mengelilingi pantai.

Keunggulan pantai ini selain keindahan pemandangannya adalah ombaknya yang sangat cocok untuk berselancar. Namun, Anda tetap harus mengikuti peraturan yang ada sebab di perairan ini juga memungkinkan penampakan hiu.

Akses menuju ke pantai ini tidak tersedia angkutan umum. Oleh karena itu, jika Anda memilih pantai ini untuk tujuan jalan-jalan, sebaiknya memilih menggunakan kendaraan rental atau jasa tour travel yang lebih lengkap fasilitasnya.

19. Senaru Crater Rim

  • Nama Tempat:
    Pantai Kuta Lombok
  • Alamat:
    Senaru, Tanjung, North Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83666
  • Harga Tiket:
    Rp. 15.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Tepi kawah Senaru atau Senaru Crater Rim merupakan destinasi luar biasa bagi para pendaki setelah puncak Rinjani. Pemandangan matahari terbenam dan asap dari Gunung Baru Jari menjadi dua pemandangan terindah yang membuat para pendaki banyak menginap di kawasan tersebut.

Kawah ini memiliki ketinggian 2641 meter dan berada sangat indah di kawasan Gunung Rinjani. Berkemah di tempat ini merupakan aktivitas paling banyak dipilih para pengunjung.
Bukit Pergasingan

Sebuah bukit indah di kawasan wisata alam dengan ketinggian 1.670 meter bisa Anda temukan di Desa Sembalun, Sembalun, Lombok Timur.

Bukit yang dulunya menjadi pusat permainan gasing para penduduk ini memiliki pesona keindahan yang memukau. Mulai dari spot menikmati sunrise dan sunset, lokasi camping, hamparan pemandangan sawah dan lainnya.

Mendaki Bukit Pergasingan ini membutuhkan waktu normal sekitar 2,5 jam. Para pengunjung sering menjadikan bukit ini sebagai tempat uji coba sebelum mendaki Gunung Rinjani yang lebih menantang.

Para pengunjung banyak yang mendirikan tenda dan menikmati pemandangan indah dari atas bukit. Spot berfoto dengan latar yang begitu indah bisa Anda nikmati di tempat wisata Lombok tersebut.

20. Bukit Merese

  • Nama Tempat:
    Bukit Merese
  • Alamat:
    Jl. Kuta Lombok, Kuta, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    06.00 - 18.00 WIB

Bukit Merese terletak di Jalan Kuta Lombok, daerah Pujut, Lombok Tengah. Bisa Anda tempuh sekitar 40 menit dari arah Bandara Internasional Lombok, atau sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Mataram.

Bukit Merese ini lebih sering disebut dengan bukit cinta. Berkunjung pada bulan Januari hingga April memungkinkan Anda menyaksikan rumput hijau yang sangat subur tumbuh di bukit.

Namun, di musim kering pula akan terlihat pemandangan rumput mengering kecoklatan yang juga tak kalah indahnya. Lokasinya yang cukup tinggi memungkinkan pengunjung dapat menikmati angin yang lebih kencang.

Spot paling mengagumkan dari bukit ini adalah daerah puncaknya. Di sini Anda bisa menikmati matahari terbit dan terbenam, Tanjung Aan, hingga Batu Payung.

Masuk ke tempat wisata Lombok populer ini gratis, dan hanya dipungut biaya parkir. Fasilitas seperti toilet dan tempat ibadah bisa Anda temukan saat di perjalanan menuju ke arah lokasi bukit.

21. Gili Gede

  • Nama Tempat:
    Gili Gede
  • Alamat:
    Pelangan, Kec. Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Indonesia
  • Harga Tiket:
    Rp. 20.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 JAM

Gili Gede merupakan salah satu pulau kecil di Lombok dengan panjangnya yang hanya 4 kilometer. Lokasinya sekitar 500 meter di sebelah barat laut dari Pulau Lombok.

Selain terkenal dengan keindahan pantai dan lautnya, pulau ini juga menjadi tempat wisata Lombok yang ideal untuk menyaksikan aneka terumbu karang. Cuaca di pulau ini cukup bagus sehingga menjadi tempat yang cukup indah untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Di kawasan pulau ini juga terdapat banyak penginapan, hotel, dan resort. Di pulau ini sudah berdiri Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Pulau ini memiliki sekitar 550 kepala keluarga dengan mata pencahariannya sebagai nelayan.

Akses menuju ke pulau ini bisa Anda lakukan menggunakan jalur laut yakni sekitar 30 menit dengan menaiki kapal ferry. Jika memilih jalur darat sekitar 1,5 jam perjalanan dari Bandar Udara Internasional Lombok.

22. Gili Kedis

  • Nama Tempat:
    Gili Kedis
  • Alamat:
    Sekotong Barat, Sekotong, West Lombok Regency, West Nusa Tenggara
  • Harga Tiket:
    Rp. 5000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Jika Anda telah menjelajahi tiga pulau utama Gili dan berpikir itu saja untuk berkeliling pulau Lombok, Anda salah!

Masih banyak lagi pulau-pulau eksotis dengan air jernih yang indah dan pantai berpasir putih, salah satunya adalah Gili Kedis, sebuah pulau yang begitu tenang hampir seperti pulau pribadi Anda sendiri!


Sebuah pulau yang kurang dikenal, Gili Kedis terletak di selatan Mataram, hanya naik perahu cepat dari Lombok. Meskipun Gili Kedis kecil (Anda dapat mengelilingi pulau dengan berjalan kaki dalam waktu sekitar 10 menit), tempat ini layak untuk dikunjungi.

Saat Anda turun dari perahu di Kedis, Anda akan melangkah ke pantai pasir lembut yang indah yang membentang di sekitar tepi pulau, dan karena sangat sedikit turis yang tahu tentang gili ini, Anda bahkan mungkin memiliki seluruh pulau untuk diri sendiri!


Anda dapat berjemur atau berenang dan snorkeling di sekitar terumbu karang yang sangat berwarna-warni di sekitar pulau dan menjelajahi kehidupan laut yang kaya!


Gili Kedis bukan satu-satunya pulau yang diremehkan di sekitar Lombok; sebenarnya masih ada beberapa lagi. Alih-alih menuju Trawangan, Meno, atau Air yang biasa, pertimbangkan untuk menjelajahi pulau di sekitar gili yang kurang dikenal seperti Gili Nanggu, Sudak, dan Kedis.

23. Tanjung Ringgit

  • Nama Tempat:
    Tanjung Ringgit
  • Alamat:
    Jl. Lingkok Siwaq, Kel. Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, NTB
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    06.00 - 17.00 WIB

Tanjung Ringgit merupakan kawasan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan yang berada di pantai timur Lombok. Tepatnya di Desa Pemongkong, Jerowaru.

Kawasan ini bisa Anda kunjungi sekitar 2,5 jam perjalanan dari pusat Kota Mataram.

Tanjung Ringgit memiliki pantai yang indah dengan warna pasir yang putih dan tebing yang juga putih. Samudra Hindia yang berada di hadapan pantai ini membuat keindahan lautnya tak perlu Anda ragukan.

Di area ini juga terdapat gua yang dahulunya menjadi pusat aktivitas tentara Jepang pada saat Perang Dunia kedua. Bagi pecinta fotografi, tempat wisata Lombok yang wajib dikunjungi ini adalah surganya.

24. Pantai Setangi

  • Nama Tempat:
    Pantai Setangi
  • Alamat:
    Jl. Raya Senggigi, Malaka, Kec. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Rp. 3000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB
Pantai Setangi terlihat seperti surga impian, terutama dari sudut pandang yang tepat. Garis pantai terdiri dari ladang pohon kelapa yang mengarah ke pasir lembut dan laut terpencil.

Pantai di sini tampak agak tak tersentuh; jarang Anda akan melihat orang lain di sekitar saat Anda berjalan-jalan di sepanjang tepi air. Meskipun memiliki banyak nama (Pantai Setangi, Telu dan Tiga), semua orang setuju bahwa di sini cukup mempesona.


Jika Anda merasa berani, pergilah ke Villa Hantu (Villa Hantu) untuk pemandangan terbaik Setangi. Tidak, kami tidak bercanda! Seram kedengarannya, jangan biarkan namanya membuat Anda putus asa. Sudut pandang ini tidak lebih dari sebuah hotel yang belum selesai yang mendapatkan namanya dari konstruksi barebone yang tersisa.


Seiring waktu, pengunjung telah menambahkan sentuhan mereka ke dinding, seperti karya seni dan grafiti, yang membuat pemandangan sedikit lebih menakutkan. Jika Anda dapat melewati rasa takut, Anda akan mendapatkan beberapa foto yang menyenangkan dan pemandangan yang indah.

25. Pantai Semeti

  • Nama Tempat:
    Pantai Semeti
  • Alamat:
    Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Rp. 5000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Anda akan merasa seperti berada di planet lain – Planet Krypton.



Banyaknya batu di sini menyerupai kotak kristal di Planet Krypton tempat Superman dilahirkan, sehingga disebut juga Pantai Krypton. Pantai Semeti memiliki bebatuan yang berbentuk seperti piramida dan berdiri kokoh di tengah lautan.


Jalurnya sangat berbatu dan kasar, jadi pastikan untuk memakai sepatu tertutup yang anti slip, karena Anda mungkin perlu memanjat bebatuan setinggi 20m untuk sampai ke sisi lain bebatuan.


Di balik batu karang inilah Anda bisa mendapatkan pemandangan Pantai Semeti yang sangat fenomenal.

26. Pantai Nambung

  • Nama Tempat:
    Pantai Nambung
  • Alamat:
    Montong Ajan, Praya Barat Daya, Nusa Tengg, Montong Ajan, Praya Barat Daya, Central Lombok Regency, West Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 16.00 WIB
Air Terjun Niagara Asin – Fenomena air terjun unik ini tercipta dari ombak besar yang menabrak bebatuan tebing dan berjatuhan seperti air terjun.


Gambar terbaik adalah ketika Anda benar-benar berada di bawah tebing, jadi bersiaplah untuk berjalan melewati ombak besar dengan tas tahan air. Anda harus membawa peralatan selancar sendiri untuk mengarungi ombak, dan airnya yang jernih juga membuatnya indah untuk berenang.


Tapi perhatikan – tidak ada fasilitas sewa atau kamar mandi yang tersedia di pantai Nambung.

27. Pantai Tebing

  • Nama Tempat:
    Pantai Kuta Lombok
  • Alamat:
    Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara
  • Harga Tiket:
    Rp. 6000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Ada bagian dari Bumi yang tampaknya tidak benar-benar milik; Pantai Tebing adalah salah satunya.


Ini adalah wilayah yang luar biasa yang tak tertandingi untuk sekitarnya. Sebuah keindahan yang mempesona. Ini mengingatkan kita pada Grand Canyon dan pasti ada di daftar kunjungan!

Formasi batuan yang unik ini disebabkan oleh letusan Samalas/Gunung Rinjani Tua pada tahun 1257. Awan panas sedimen yang mengandung pecahan karang akibat tsunami diendapkan di sini.


Untuk jiwa pemberani yang ingin mencoba panjat tebing, batu kapur dan bebatuan bisa lepas, jadi harap berhati-hati!

28. Tanjung Bloam

  • Nama Tempat:
    Tanjung Bloam
  • Alamat:
    Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Nusa Tenggara Bar, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83672
  • Harga Tiket:
    Rp. 150.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Pantai yang tersembunyi di Lombok ini memang sudah tidak diragukan lagi keelokan alamnya. Tidak sedikit pengunjung dari berbagai daerah berdatangan kesini untuk sekedar refreshing. Selain itu, pantai cantik di Lombok Timur ini pun menawarkan daya tarik tersendiri yang tidak kalah dengan pantai lain.


Keindahan alam tebing yang mengapit dan bebatuan karang yang membentang di luar garis pantai ini membuatnya eksotis. Ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dari batu hitam kontras dengan tebing emas terhadap air biru jernih.


Pantai Tanjung Bloam juga memiliki pasir putih yang sangat lembut. Bahkan pengunjung banyak yang tidak memakai alas kaki saat bermain di pasir. Selain itu juga memiliki garis pantai yang terbentang panjang. Wisatawan juga bisa membawa beberapa mainan pasir saat berkunjung kesini.

Di pinggiran pantai pun juga ada beberapa batu karang yang berjejer secara acak. Jika cuaca bagus, garis biru langit bertemu dengan birunya air laut dan putihnya pasir akan memanjakan pengunjungnya. Setiap sudut pantai pun selalu menawarkan berbagai keindahan alamnya.


Di sini juga ada area Konservasi Penyu, jadi Anda bisa melihat penyu di pantai atau berenang bersama mereka!

29. Gunung Tunak

  • Nama Tempat:
    Gunung Tunak
  • Alamat:
    Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
Nikmati pemandangan panorama laut yang tak terbatas – dengan menaiki platform yang mirip dengan menara transmisi listrik ini.



Sudut pandang ini terletak di Taman Wisata Alam, Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Jejak batu alam sekitar 3 km dan mercusuar berada tepat di ujung tebing. Angin kencang membuat pendakian semakin seru dan menantang.


Ada 2 pantai di sana yang bisa Anda jelajahi – Pantai Bilasayaq dan Pantai Ujung Tanjung. Bawalah banyak air dan makanan ringan, karena tidak ada warung makan di sekitar.


30. Batu Payung

  • Nama Tempat:
    Batu Payung
  • Alamat:
    Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Wisata Batu Payung Lombok terletak di Dusun Gerupuk, Pujut, daerah Lombok Tengah.

Sebelumnya keunikan tersendiri bisa Anda saksikan di tepi pantai, sebuah batu besar yang menyerupai payung menjadi ikon wisata tempat tersebut.

Namun, seiring waktu di mana batu ini sering mendapatkan hempasan gelombang dari Samudra Hindia maka pada 31 Maret 2019 lalu batu tersebut roboh tidak tersisa.

Keindahan lainnya dari pantai ini adalah keunikan bentuk garis pantai yang menyerupai tapal kuda. Pasir dengan ukuran seperti merica bisa Anda saksikan di kawasan pantai tersebut.

Objek wisata Batu Payung ini ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Keindahan pantai, sunset dan sunrise, deburan ombak serta keindahan bukit yang ada di sekelilingnya menjadi daya tarik tersendiri.

31. Gili Asahan

  • Nama Tempat:
    Gili Asahan
  • Alamat:
    Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat
  • Harga Tiket :
    GRATIS
  • Jam Buka:
    24 Jam
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Google Map:
    https://goo.gl/maps/EQRU7SGQhCZ62XKXA

Gili Asahan berada di Desa Batu Putih, daerah Sekotong, Lombok Barat. Keindahan yang khas dari gili ini adalah pemandangan bawah lautnya yang sangat indah.

Di kawasan gili ini pengunjung dapat menyaksikan koral yang halus dan keras dengan kondisi yang masih alami.

Anda bisa menyelam maupun snorkeling untuk menyaksikannya lebih dekat. Air lautnya sangat jernih dan ombak laut yang kecil sehingga menjadi lokasi yang sangat ideal untuk menyelam.

Garis pantai dengan pasir yang putih terlihat semakin membuat suasana di Gili Asahan tersebut sebagai potret alam yang sangat sempurna.

Perjalanan menuju ke gili tersebut bisa Anda lakukan sekitar 2 jam perjalanan darat lalu dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan speedboat sekitar 20 menit menuju pulau.

Pada saat menyebrang saja Anda sudah bisa menyaksikan keindahan perairan yang begitu memesona. Berkunjung ke gili ini akan lebih nyaman jika Anda menggunakan layanan jasa tour wisata.

32. Taman Narmada

  • Nama Tempat:
    Taman Narmada
  • Alamat:
    Jl. Raya Mataram - Labuhan Lombok, Lembuak, Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 83371
  • Harga Tiket:
    Rp. 6000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    09.00 - 17.00 WIB

Narmada Park terletak di Desa Lembuak, Narmada, daerah Lombok Barat. Sekitar 10 kilometer sebelah timur dari Mataram.

Taman ini memiliki luas 2 hektare dan sudah ada sejak tahun 1727. Dibangun oleh Raja Mataram Lombok.

Taman wisata ini menjadi tempat upacara dan peristirahatan keluarga kerajaan. Ada beberapa bagian dari taman ini seperti balai terang, balai loji, gapura utama, jabalkap, gerbang utama, dan lainnya.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mengenal berbagai sejarah tentang kerajaan di Mataram sangat cocok berkunjung ke Taman Armada.

33. Pantai Tampah

  • Nama Tempat:
    Pantai Tampah
  • Alamat:
    Mekar Sari, West Praya, Central Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83572, Indonesia
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Berada di Desa Mertak Sari, daerah Praya Barat, Lombok Tengah, Pantai Tampah jadi salah satu promadona wisata yang wajib Anda kunjungi. Pantai ini termasuk pantai tersembunyi di Lombok yang belum banyak mendapat kunjungan wisatawan.

Keindahan dan keunikan yang utama dari pantai ini adalah garis pantainya yang sangat bersih. Bentuknya landai dan tidak terlalu panjang. Hampir tak ada sampah di pantai ini, sangat bersih.

Tak ada sampah organik di pantai ini, yang ada hanya lamun, sejenis rumput laut yang jika sudah mati akan kering dan tersisa di tepi pantai.

Warna pasirnya terlihat putih gading. Ombak di pantai ini juga sangat tenang dengan perairan yang dangkal. Sangat cocok menjadi lokasi berenang.

Buat Anda yang senang dengan suasana sunyi sangat cocok mengunjungi pantai ini. Suasana deburan ombak laut yang kuat akan terdengar lebih syahdu dan bisa Anda nikmati sendiri.

Di sekeliling pantai juga bisa Anda lihat tebing-tebing menjulang yang akan semakin memberi kesan cantik pada pemandangan pantai. Fasilitas seperti hotel dan penginapan sudah tersedia di kawasan wisata tersebut.

34. Gili Layar

  • Nama Tempat:
    Gili Layar
  • Alamat:
    Desa Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Tak hanya Gili Trawangan, Gili Layar juga menawarkan keindahan pemandangan pulau yang tak terlupakan. Bukan hanya suasana pantainya yang indah, pemandangan bawah laut di pulau ini juga menjadi suguhan utama yang wajib Anda nikmati.

Pulau ini memiliki luas 53 hektare dengan suasana yang terkesan lebih private. Kondisi di pulau ini masih cukup tenang karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Berkunjung ke Gili Layar ini juga memungkinkan Anda untuk mengunjungi pulau-pulau kecil lain yang lokasinya mengelilingi Gili Layar.

Suasana air di gili ini sangat tenang. Kondisi yang ideal bagi Anda yang suka menyelam dan berenang melihat keindahan pesona bawah laut yang masih asri dan alami.

35. Bukit Selong

  • Nama Tempat:
    Bukit Selong
  • Alamat:
    Desa Sembalun Lawang, Sembalun, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83656
  • Harga Tiket:
    Rp. 3000,-
  • Parkir:
    Motor Rp. 5000,-
    Mobil Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    Tidak ada ketentuan pasti

Salah satu wisata bukit paling populer di Lombok saat ini adalah Bukit Selong yang berada di daerah Desa Sembalun Lawang dan menjadi .

Bukit ini memiliki ketinggian 1800 mdpl dan telah memiliki anak tangga untuk mendakinya.

Tempat ini menawarkan pesona keindahan Rinjani dari sudut pandang yang berbeda. Bila Anda berdiri di bukit ini, Anda akan bisa menyaksikan potret nyata kemegahan dan keindahan gunung tertinggi di Lombok ini.

Selain menyaksikan view alam yang alami, di bukit ini juga Anda bisa menemukan sebuah desa bernama Desa Beleq. Desa ini menjadi jalur untuk tracking ke puncak bukit.

Berkunjung ke Bukit Selong akan menghabiskan waktu lebih dari 2,5 jam dari Kota Mataram. Usahakan Anda berangkat lebih pagi untuk bisa sampai ke bukit tersebut.

36. Air Terjun Benang Kelambu

  • Nama Tempat:
    Air Terjun Benang Kelambu
  • Alamat:
    Desa, Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83552
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
  • Retribusi:
    Pemandu Rp. 50.000,-
    Ojek Motor Rp. 35.000,-
    Parkir Motor Rp. 5000,-
    Parkir Mobil Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.30 WIB
Terdiri dari 6 'air terjun' menembus pepohonan, mirip dengan tirai air, begitulah air terjun Benang Kelambu mendapatkan namanya.


Itu mudah diakses dari tempat parkir tetapi tersembunyi dengan baik di sawah.


Air terjun ini terletak di kaki Gunung Rinjani, sehingga Anda bisa lebih dekat dan pribadi dengan pergi ke belakang air.


Ini adalah perjalanan pegunungan 500 m ke air terjun, jadi pastikan untuk membawa air dan beberapa makanan ringan. Anda dapat mengunjungi air terjun kembarnya, Benang Stokel, yang berjarak 1 km.

37. Pemandian Air Panas Aik Kalak

  • Nama Tempat:
    Pemandian Air Panas Aik Kalak
  • Alamat:
    Sambelia, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Sembuhkan semua penyakit dan nyeri Anda tanpa pil atau obat apa pun – itulah yang dipercaya penduduk setempat.


Pemandian air panas ini diberkati oleh masyarakat Hindu setempat dan dipercaya memiliki kekuatan penyembuhan yang misterius.


Mitos atau kebenaran, menyelam ke dalam air hangat cukup menyegarkan untuk menghilangkan semua kelelahan dari pendakian sehari penuh! Hanya terletak 200 m dari lokasi berkemah, ini adalah tempat yang populer bagi pejalan kaki untuk mengistirahatkan kaki mereka di air terapeutik.


Saat kami para pejalan kaki tertidur selama bulan purnama, penduduk setempat melakukan ritual dan memberkati bilah keris mereka (pedang) di air suci dan mata air panas di danau kaldera.

38. Bayan Sasak

  • Nama Tempat:
    Bayan Sasak
  • Alamat:
    Jalan Labuan lombok, desa Bayan, kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Perjalanan waktu ke masa lalu dimungkinkan di sini di Lombok.

Desa Sasak masih menjadi rumah bagi penduduk asli Lombok, yang telah hidup dengan cara yang sama sejak 5.000 tahun sebelum masehi.


Penduduk desa terus hidup dalam tradisi lama mereka meskipun lingkungan modernisasi. Desa paling kuno dapat ditemukan di kaki Rinjani, Desa Bayan. Rinjani Lodge terletak 1 km, sehingga Anda bisa menjadi tetangga.


Plesteran dari lumpur dan kotoran sapi membuat gubuk-gubuk itu. Gubuk tradisional yang khas – lumbung padi – dibangun menggunakan 100% sumber daya alam, sebuah keahlian yang dikembangkan sejak abad ke-17.

Bersikaplah hormat ketika mengunjungi kompleks mereka – itu milik pribadi mereka.


Atau, Desa Sade, yang terletak di Kuta, lebih ramah bagi wisatawan. Anda bisa bertemu dan menyapa orang Sasak dan memahami cara hidup mereka. Kerajinan tenun tradisional oleh para wanita juga tersedia untuk dijual.

39. Desa Sukarara - Belajar Menenun Tradisional

  • Nama Tempat:
    Desa Sukarara
  • Alamat:
    Kec. Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 20.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 19.00 WIB
Bosan dengan pantai pasir putih dan wisata alam lainnya di Lombok? Bagaimana kalau lebih dekat dan pribadi dengan budaya dan warisan tradisional pulau ini?


Di Desa Sukarara, salah satu dari sedikit desa yang tersisa di Lombok, Anda dapat mempelajari kerajinan tradisional “songket” (menenun) dari penduduk setempat sendiri.


Melanjutkan tradisi nenek moyang, perempuan desa sejak kecil diajari menenun kain bermotif indah yang kaya warna. Jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda akan melihat motif tradisional Sukarara, seperti tokek.


Dan ketika Anda berkunjung, Anda juga dapat menaiki alat tenun dan mempelajari teknik menenun tradisional.

40. Kamp Pantai Jeeva Beloam

  • Nama Tempat:
    Kamp Pantai Jeeva Beloam
  • Alamat:
    Jl. Pantai Beloam Tanjung Ringgit, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83672
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Jika Anda menyukai pijat, terutama di Indonesia, Anda perlu serius mempertimbangkan pijat Sasak yang eksotis dan tradisional di pulau ini.

Kami tidak ingin menakut-nakuti Anda, tetapi pijatan ini intens! Anda mungkin harus menanggung beberapa pukulan pijatan yang serius, tetapi hasilnya pasti sepadan, ketika otot-otot tegang Anda semua tidak terlihat dan Anda akan merasa jauh lebih ringan di hari-hari berikutnya.

Salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan pijat tradisional Sasak adalah di Jeeva Beloam Beach Camp, di Jeevinaya Massage Beruga Spa, yang menawarkan Ngurut Sasak Sasaknese Lombok Massage.


Pijat memerlukan 60 hingga 90 menit menggulung kulit, menekan ibu jari dan telapak tangan, meregangkan, menguleni, akupresur, dan banyak lagi. Tapi kami tidak bisa cukup menekankan hal ini – cobalah hanya jika Anda terbiasa dengan pijat tekanan terapeutik yang sangat kuat.

The Beach Camp sendiri terletak di jantung cagar alam hutan seluas 55 hektar, jadi ini adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri untuk peristirahatan yang tenang.

Dibangun dari kayu, bambu, dan alang alang, vila-vila (atau yang mereka sebut "Beruga Pantai") terinspirasi oleh desa nelayan asli Sasak. Tetapi interiornya dihiasi dengan peralatan rumah tangga dan dekorasi yang modern dan nyaman.


Karena Beach Camp berada di atas bukit pasir yang menghadap ke pantai pribadi, Anda bahkan bisa mendapatkan pemandangan laut tanpa halangan langsung dari kamar Anda!


41. Bungalo dan Restoran Artati Lombok

  • Nama Tempat:
    Bungalo dan Restoran Artati Lombok
  • Alamat:
    Mekar Sari, Praya Barat, Central Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83572
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Mencari persembunyian rahasia nyata atau permata tersembunyi? Artati Lombok Bungalow and Restaurant menawarkan pengalaman makan malam yang tenang dan santai dengan pemandangan yang indah dan layanan yang ramah.


Terletak di antara perbukitan hijau zamrud dan menghadap ke Teluk Selong Belanak (tempat terkenal bagi penggemar selancar), surga kuliner ini hanya berjarak satu jam berkendara dari Kota Mataram.


Berbagai pilihan makanan berarti ada sesuatu untuk semua orang di Artati; tidak hanya masakan Indonesia tetapi makanan Barat juga ditawarkan di menu. Pilihan tanpa akhir dan keterjangkauan maksimum jika Anda memiliki anggaran terbatas!

Tidak ingin pergi? Kami tidak akan menyalahkan Anda! Anda dapat bermalam di bungalo dan memanfaatkan matahari terbenam sebelum tidur, dan sebelum bangun pagi hingga fajar menyingsing di atas laut di pagi hari.



42. Pantai Labuhan Haji

  • Nama Tempat:
    Pantai Labuhan Haji
  • Alamat:
    Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai bersejarah ini merupakan salah satu pantai populer yang ada di daerah Lombok Timur. Memiliki nama Labuhan Haji sebab dahulunya memang pernah menjadi pelabuhan untuk keberangkatan ibadah haji pada masa penjajahan Jepang dan Belanda.

Keindahan dan kesejukan pantai ini semakin terkenal karena adanya kuliner seafood lezat yang bisa Anda nikmati saat berkunjung.

Kuliner seperti udang, ikan kakap, cumi-cumi, tongkol, baronang, dan lainnya menjadi menu menggugah yang lezat dan wajib Anda coba saat berkunjung.

Sambil menikmati kelezatan seafood di pantai ini, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam pada petang hari.

Pantai ini menjadi destinasi populer warga yang ingin santai di petang hari dengan menikmati keindahan suasana pantai bersama orang-orang tercinta. Terlebih lagi di hari libur, suasana pantai ini sangat ramai.

43. Pantai Bangko-bangko

  • Nama Tempat:
    Pantai Bangko-bangko
  • Alamat:
    Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    GRATIS
  • Parkir:
    Motor Rp. 5000,-
    Mobil Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Bangko-Bangko terletak di Jalan Putih, daerah Batu Putih Sekotong Tengah di Lombok Barat. Sering mendapat julukan desert point dengan kondisi ombak yang sangat besar dan cocok menjadi tempat bermain selancar.

Tempat ini juga telah mendapatkan survei dari lembaga selancar dunia dan menyatakan pantai ini sebagai tempat wisata Lombok yang cukup bagus sebagai lokasi berselancar.

Pasir di pantai ini adalah pasir halus sehingga cukup cocok menjadi lokasi bermain bagi pengunjung.

Keindahan air yang jernih, berpadu dengan suasana pantai dengan pasir putih menjadi hal yang berkesan bagi pengunjung. Terlebih lagi untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas berselancar sebagai olahraga yang menantang.

44. Air Terjun Tiu Kelep

  • Nama Tempat:
    Air Terjun Tiu Kelep
  • Alamat:
    Senaru, Desa Bayan, North Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83354
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Air Terjun Tiu Kelep merupakan air terjun eksotis dari pulau Lombok, dan digadang-gadang sebagai air terjun paling romantis, sehingga sangat cocok untuk liburan bersama pasangan.

Air terjun ini juga berada di kaki Gunung Rinjani seperti Air Terjun Sendang Gile karena lokasi yang berdekatan, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Tempat ini menawarkan pemandangan yang asri dan menyegarkan mata, pengunjung juga dapat menikmati pantulan pelangi dari kolam pada saat tertentu. Pengunjung juga dapat menghirup aroma hutan hujan tropis dan aroma bunga kopi yang semerbak. Pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang.

45. Taman Wisata Sesaot

  • Nama Tempat:
    Taman Wisata Sesaot
  • Alamat:
    Sesaot, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, NTB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5000,- per orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB

Taman Wisata Sesaot biasa disebut juga dengan wisata aik nyet merupakan kawasan hutan dan sungai jernih seta memiliki suasana asri. Lokasinya berada di Sesaot, Narmanda, Lombok Barat.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga, terdapat gazebo-gazebo untuk bersantai. Di Taman Wisata Sesaot ini juga terdapat spot foto menarik, seperti luncuran air terjun, batuan besar di atas air terjun, dan mushola yang mirip dengan klenteng.

Fasilitas di tempat ini sudah cukup terkelola seperti mushola, tempat istirahat, kamar mandi, area parkir, hingga warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Pengunjung akan dikenai tiket masuk sebesar Rp5.000, dan sudah termasuk biaya parkir dari pagi hingga sore hari.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain