Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

5 Pesona Pantai Pacitan Yang Wajib Kamu Ketahui

5 Pantai Terbaik Pacitan – Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang berada di ujung sebelah barat Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten yang menjadi tempat kelahiran Presiden RI ke-6, yakni Susilo Bambang Yudhoyono ini memiliki banyak pantai karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Sejumlah pantai di Pacitan memiliki pesona yang tak kelah dengan pantai-pantai di daerah lain di Indonesia. Ada 5 Pantai Terbaik Di Pacitan.

Berikut adalah beberapa pantai dengan pesona indah yang berada di Kabupaten Pacitan yang dapat kamu jadikan referensi saat liburan :

1. Pantai Kelayar Pacitan

  • Nama Tempat:
    Pantai Kelayar Pacitan
  • Alamat:
    Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia, 63554
  • Tiket Masuk:
    Dewas Rp. 15.000,- per orang
    Anak-anak Rp. 10.000,- per orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 JAM

Pantai Klayar Pacitan digadang-gadang merupakan ikonnya Kota Pacitan. Tak heran memang, karena pantai ini memiliki pesona dan keunikannya tersendiri. Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Wonogiri, Jawa Tengah.

Pantai ini memiliki beberapa keunikan yang tak dimiliki oleh pantai-pantai lain,  dan juga termasuk kedalam 5 pantai terbaik Pacitan.

Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang sehingga areanya luas untuk kamu ekspor. Jika pantai pada umumnya hanya memiliki satu jenis pasir, lain halnya dengan pantai ini.


Meskipun orang-orang mengenal pantai ini dengan pasir putihnya, namun pada kenyataannya di bagian kiri pantai ini pasir putihnya bercampur dengan pasir hitam di bagian bawah sehingga menimbulkan gradasi warna yang indah.

Di sisi kiri pantai  ini juga terdapat batu karst yang mirip dengan Sphinx yang ada di Mesir. Bahkan batu karst ini ada juga yang mirip dengan Tanah Lot yang juga bisa dinaiki ketika ombak laut sedang tenang. Selain itu, di pantai ini kamu juga akan menjumpai seruling samudera, lho!.

Seruling samudera ini sebenarnya merupakan dua buah batu karang yang memiliki celah panjang. Celah ini akan memuncratkan air yang berasal dari ombak yang menghantam keras dan menembus celah sehingga menghasilkan suara mirip dengan seruling.
 
Air yang dipuncratkan ini bahkan memiliki ketinggian 10 sampai 15 meter, lho. Sehingga terlihat seperti air mancur alami yang berada di tengah laut.

Celah ini juga membentuk dua buah sumur  yang konon merupakan tempat pemandian dan pengobatan kuda balap yang dapat membawa berkah. Di dekat pantai ini terdapat sebuah bukit bernama Bukit Indah Lestari.


Untuk kamu yang ingin melihat pantai ini dari ketinggian, kamu bisa mendaki bukit ini. Di ketinggian bukit ini, kamu akan melihat pemandangan pantai yang indah serta kamu juga dapat melihat sebuah kubangan di sisi pantainya yang menyerupai bentuk hati.

Untuk menikmati pantai super lengkap ini, kamu bisa menyewa sebuah penginapan atau langsung berkemah di sisi pantai ini. Pantai ini juga menyediakan fasilitas lain seperti ATV, mushola, toilet, gazebo, serta banyak pula warung-warung yang menghidangkan berbagai jenis makanan dan minuman untuk kamu nikmati.

2. Pantai Kasap Pacitan

  • Nama Tempat:
    Pantai Kasap Pacitan
  • Alamat:
    Dusun Ketro, Desa Watukarung, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur
  • Tiket Masuk:
    Rp. 7.000,- per orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    06.00 - 17.30 WIB

Selain Pantai Klayar Pacitan, Pacitan juga memiliki pantai unik lainnya, yang termasuk kedalam 5 Pantai Terbaik Pacitan. Pantai tersebut adalah Pantai Kasap Pacitan yang terletak di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kec. Pringkuku.


Pantai ini disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Pacitan karena pantai ini memiliki gugusan pulau karang yang terlihat seperti gugusan pulau karang yang ada di Piaynemo Raja Ampat.

Meskipun pantai ini tidak memiliki garis pantai yang terlalu luas, namun namun hal itu tidak mengurangi pesonanya. Pantai ini memiliki karakteristik khas Pantai Selatan, yakni memiliki pasir putih, ombak yang deras serta banyaknya karang.

Untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda, kamu bisa menaiki bukit berumput hijau yang berjajar di sekitar pantai ini. Di atas bukit inilah pengunjung biasa menikmati sunrise dan sunset yang memberikan kesan romantis. Ketika mengunjungi pantai ini, dijamin laman instagram-mu pasti akan lebih menarik karena pantai ini memilki beberapa spot foto ciamik.


Spot foto yang dapat kamu coba diantaranya adalah gardu pandang yang terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan jembatan dan tangga, gerbang unik yang terbuat dari tumpukan dahan dan akar kayu, timbunan batang pohon berbentuk hati, sepeda, hammock, dan banyak lagi

Menariknya, pantai ini terhubung langsung dengan sungai bernama Sungai Cokel yang dapat kamu telusuri langsung dengan perahu yang biasa disewakan oleh para nelayan di sekitar pantai ini.


3. Pantai Serau Pacitan

  • Nama Tempat:
    Pantai Serau Pacitan
  • Alamat:
    Candi, Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur 63552
  • Tiket Masuk:
    Rp. 5.000,- per orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 JAM

Pantai Srau Pacitan terletak di Desa Candi, Kec. Pringkuku. Juga termasuk kedalam 5 Pantai terbaik Pacitan. Pantai ini memiliki pasir putih lembut yang berkilau serta air laut yang jernih.

Keunikan yang tak dimiliki pantai lain dan hanya ada di Pantai Srau ini adalah pantai ini memiliki hingga tiga zona pantai. Di pantai pertama yang berada di arah timur, kamu bisa menaiki sebuah bukit dari batuan karst yang ada di sebelah kanan.

Kamu dapat berjalan kaki dari bukit tersebut menuju ke pantai kedua. Pantai kedua disebut juga sebagai Pantai Wayang. Pantai ini merupakan pantai yang paling disukai para pengunjung.

Karena pantai ini memiliki pasir putih lembut dengan garis pantai yang lebih luas serta bebas dari batuan-batuan sehingga kamu dapat dengan bebas bermain air disini.

Pantai kedua ini juga memiliki karang yang berlubang hanya saja karang berlubang ini tidak bisa kamu pakai untuk bermain karena memiliki lumpur yang licin yang bisa saja membahayakan pengunjung.

Sedangkan di pantai ketiga, kamu dapat melihat jernihnya air laut yang berwarna biru serta pantai ini merupakan lokasi yang paling bagus untuk menyaksikan sunset. Pantau Srau ini memiliki perbukitan karang yang dapat dijadikan sebagai lokasi camping.


Peralatan camping juga disediakan oleh para penduduk untuk disewakan. Di dekat lokasi camping ini, kamu juga akan menemukan spot untuk memancing.

Pantai ini juga memiliki keunikan lain, bila biasanya pantai identik dengan air laut yang asin, Pantai Srau ini justru memiliki sumber mata air tawar. Keberadaan sumber air tawarnya berjarak sekitar 800 meter dari pantai.

Di dekat sumber mata air tawar ini juga terdapat villa, namun villa tersebut dibiarkan kosong dan tak terurus karena konon sang pemilik meninggalkan villa tersebut karena merasa ketakutan karena adanya makhluk halus.

Terlepas dari cerita angker tersbut, pantai ini banyak dikunjungi pengunjung karena keunikan yang dimilikinya. Pantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, tempat berteduh, tempat parkir, dan warung makan.

4. Pantai Soge Pacitan

  • Nama Tempat:
    Pantai Soge Pacitan
  • Alamat:
    Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
  • Tiket Masuk:
    Rp. 2.000,- per orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 JAM

Pantai Soge Pacitan berada di Desa Sidomulyo, Kec. Ngadijoro/lorok ini menjadi bukti luar biasanya keindahan bumi Nusantara. Jika biasanya pantai berada di lokasi yang cukup tersembunyi, lain halnya dengan Pantai Soge.


Pantai ini berada tepat di tepi jalan raya yang menghubungkan Pacitan dengan Tulungagung sehingga kamu tidak akan kesulitan jika membawa kendaraan ke pantai ini. Selain memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putihnya, pantai ini juga dikelilingi dengan perbukitan.

Di pantai ini juga terdapat danau dengan air asin yang dapat ditelusuri para pengunjung dengan menggunakan speed boat ataupun perahu wisata yang disewakan para nelayan sekitar.

Di dekat pantai ini juga terdapat muara sungai yang membentang sepanjang 150 meter. Selain itu, juga terdapat jebatan yang mirip dengan Sydney Harbour Bridge dengan panjang sekitar 50 meter. Karena banyak memiliki keunikan Pantai Soge Pacitan juga termasuk 5 Pantai Terbaik Pacitan yang wajib kamu ketahui.


5. Pantai Buyutan Pacitan

  • Nama Tempat:
    Pantai Buyutan Pacitan
  • Alamat:
    Bolo, Kalak, Kec. Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554
  • No Telp:
    0821-1330-6232
  • Tiket Masuk:
    Rp. 3.000,- per orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 JAM

Tak kalah dengan beberapa pantai di atas, Pantai Buyutan Pacitan  juga termasuk kedalam 5 pantai terbaik pacitan dan memiliki keunikan tersendiri. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kec. Donorojo ini memiliki keindahan yang dapat dinikmati dari ketinggian.

Pantai dengan pasir putih ini, memiliki banyak batu karang di area lepas pantainya. Gugusan batu karang ini memiliki nama masing-masing, seperti Watu Bale, Watu Pasar, Watu Kerun, Watu Kenong, dan Watu Narada yang bentuknya seperti mahkota.


Selain itu, pantai ini juga memiliki keunikan yang terdapat pada batu karangnya yang berbentuk menyerupai jempol seperti tanda ‘Like’. Batu karang ini juga merupakan situs geologi lho.

Karena batu karang ini merupakan sisa-sisa tanjung kecil yang hancur diterpa ombak serta terbentuk dari proses pengangkatan yang menghasilkan undak-undakan pantai.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain