Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Keindahan Pantai Goa Cina Malang

  • Nama Tempat:
    Pantai Goa Cina
  • Alamat:
    Desa Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Mala, Jawa Timur, Indonesia, 65176
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
  • Harga:
    Tiket Masuk Goa Cina Rp. 5.000,00
    Tiket Puncak Dyana Rp. 10.000,00
    Sewa Peralatan Camping Rp. 100.000,00
  • Parkir:
    Motor Rp 5.000,00
    Mobil Rp 10.000,00
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam atau biasanya 08.00 - 18.00 WIB

Pantai Goa Cina merupakan satu dari sekian banyak pantai indah yang ada di Kabupaten Malang. Keunikan pantai ini adalah keberadaan goa yang tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Pengunjung bisa datang dan melihat keindahan dari hamparan pasir putih dan ombak besar khas pantai selatan. Panorama pantai dan keseruan yang disajikan Pantai ini bahkan mampu menyaingi tempat wisata di Malang yang terkenal lainnya.

Pantai ini bisa Anda kunjungi dengan mudah menggunakan paket wisata Bromo yang ditawarkan banyak Biro Perjalanan. Namun sebelum lebih jauh, simak terlebih dahulu ulasan lengkap mengenai Pantai Goa Cina berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina sebenarnya memiliki nama asli Pantai Rowo Indah. Nama ini berganti menjadi Goa Cina karena sekitar tahun 1903, ada seorang biksu Cina yang bertapa di goa dekat pantai.

Biksu tersebut ditemukan sudah meninggal dengan menyisakan tulang belulang saja. Hal mengejutkan inilah yang membuat masyarakat lebih mengenal Pantai Rowo Indah dengan nama Pantai Goa Cina.

Selain memiliki goa yang berada di salah satu pulau dekat pantai, Objek wisata pantai ini juga memiliki dua pulau lain. Kedua pulau tersebut yakni Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya yang semuanya merupakan pulau dari batuan karang.

Keunikan lain yang hanya dimiliki Pantai ini adalah ombaknya yang besar. Ombak besar disini terbentuk akibat pertemuan arus gelombang laut dari tiga sisi yakni timur, selatan, dan barat.

Meskipun cukup berbahaya tidak pernah menyurutkan minat wisatawan untuk mengunjungi Pantai ini. Anda bisa menikmati keindahan Pantai Goa Cina dengan berbagai cara dan sudah pasti sangat seru.

Kegiatan Menarik di Pantai Goa Cina

Ada banyak cara untuk menikmati keindahan pasir putih dan ombak indah Pantai ini tanpa harus bermain air. Berikut ini beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda coba ketika mengunjungi tempat wisata pantai di Malang ini.

Mengunjungi Goa

Kegiatan pertama tentu saja dengan mengunjungi goa yang menjadi bagian utama dari pantai ini. Goa ini berada di bukit karang sekitar 50 meter sisi kanan pintu masuk Pantai.

Saat pertama sampai, Anda akan disambut dengan gapura khas gerbang masuk etnis tionghoa dengan warna merah dan atap bertingkat. Jalan ini akan mengarahkan Anda langsung menuju bukit karang yang menjadi tempat keberadaan goa.

Bentuk goa ini juga berbeda dengan goa pada umumnya yang memiliki stalaktit dan stalakmit. Bagian dalam goa berukuran panjang 8 meter dan tinggi 2 meter ini lebih terlihat seperti rongga di batu karang.

Meskipun begitu, kesan magis dan sakral tetap terasa di dalam goa. Itulah mengapa terdapat aturan yang harus dipatuhi pengunjung untuk masuk ke dalam goa ini.

Piknik Santai Pinggir Pantai

Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai ini sambil piknik bersama keluarga di pinggiran pantai. Sekitar Pantai ini ditumbuhi dengan pepohonan rindang yang terasa sejuk dan segar saat siang hari.

Pasir pantai yang lembut juga nyaman untuk para pengunjung duduk santai menikmati pemandangan Pantai Goa Cina. Tidak jarang wisatawan membawa sendiri tikar dan bekal untuk bisa dimakan bersama-sama atau sekedar duduk santai di gazebo yang ada.

Anda yang ingin piknik di sini juga tidak perlu repot membawa sendiri tikar dan bekal dari rumah. Warung makan dan penyewaan tikar siap membantu Anda merasakan sensasi piknik yang menyenangkan di Pantai ini.

Menikmati segarnya es kelapa muda ditemani kencangnya gemuruh ombak jadi suasana yang jarang Anda dapatkan di Pantai Malang Selatan manapun. Liburan santai Anda di Pantai ini pasti akan sangat berkesan.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Keindahan dari Pantai ini bisa Anda nikmati setiap waktu, namun waktu terbaik biasanya saat sunrise dan sunset. Pantai Goa Cina termasuk pantai di Malang yang memungkinkan Anda menyaksikan kedua momen ini.

Segarnya suasana pagi saat matahari muncul dari ufuk timur terlihat sangat jelas dan menakjubkan dari pinggir pantai. Siluet Pulau Nyonya dan Bantengan perlahan berubah menjadi hijau seiring sinar matahari yang mengenai pulau.

Kabut pagi dan suara deburan kencang ombak jadi suasana yang menyegarkan untuk memulai hari di Pantai ini. Momen sunset Pantai ini juga terkenal sebagai yang terbaik diantara pantai-pantai lainnya.

Bahkan indahnya pemandangan matahari terbenam Pantai ini mampu menyaingi sunset Pantai Kuta. Lembayung senja berwarna jingga jadi penghias indah langit pantai yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Untuk bisa menikmati pemandangan matahari terbit, pengunjung bisa tiba di area tempat wisata paling telat pukul 04.30. Atau bisa juga pengunjung berkemah di pinggir pantai agar tidak ketinggalan menyaksikan matahari terbit.

Camping di Pantai

Ingin lebih puas menikmati pesona Pantai Goa Cina Anda bisa camping di sekitar area pantai yang cukup luas ini. Enaknya lagi, Anda tidak dikenakan biaya tambahan bila ingin mendirikan tenda di Pantai ini.

Pengunjung yang camping di Pantai ini sengaja menginap agar tidak melewatkan momen indah sunset dan sunrise pantai ini. Selama camping pun Anda bisa melakukan berbagai hal seru seperti membuat api unggun atau membakar ikan.

Suasana malam semakin indah ditemani bulan dan bintang-bintang yang berada di langit. Suara ombak pantai dan angin semilir daerah pesisir jadi teman setia Anda menghabiskan malam di Pantai ini.

Anda juga tidak perlu repot membawa peralatan camping sendiri dari rumah karena banyak penyewaan alat-alat camping yang tersedia. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dan puas menghabiskan waktu liburan di Malang menikmati keindahan Pantai Goa Cina.

Berfoto di Puncak Dyana

Di bukit karang yang sama dengan letak Goa Cina, Anda bisa naik dan berfoto bebas di Puncak Dyana. Pemandangan Pantai ini dari atas bukit ini terlihat begitu mempesona dengan hamparan pasir putih dan ombak biru kehijauannya.

Area puncak Dyana juga menyediakan berbagai spot foto menarik yang bisa Anda pilih untuk berfoto. Selain itu papan dengan tulisan unik dan menggelitik bisa jadi properti tambahan untuk foto Anda.

Puncak Dyana menyediakan pula sebuah villa untuk pengunjung yang ingin menginap dan menghabiskan malam di atas bukit. Jadi Anda tidak perlu repot mendirikan tenda dan terganggu dengan tiupan angin yang kencang.

Selain puncak Dyana Anda bisa berfoto di pinggiran pantai saat air sedang surut. Ikan-ikan kecil sering kali terperangkap di karang dan Anda bisa berfoto sambil bermain air lebih aman.

Berpiknik Di Area Karang

Di Pantai Goa Cina ini pengunjung juga bisa berpiknik. Warung-warung yang ada di sekitar area pantai menyewakan tikar untuk alas. Jika pengunjung tidak membawa makanan sendiri, warung-warung ini juga menjual aneka macam makanan dan minuman.

Ada es degan, ikan bakar dan lain-lain. Untuk harga bervariasi tergantung warung masing-masing. Untuk sampah bekas makan, harap buang di tempat sampah ya, jangan membuang sembarangan.

Berpiknik di pantai ini tidak hanya bisa dilakukan di atas pasir pantai saja. Di sekitar pantai ini terdapat banyak karang yang bisa digunakan untuk berpiknik. Makan sambil menikmati deburan ombak akan sangat menyenangkan.

Di Pantai ini pengunjung dilarang untuk berenang. Hal ini disebabkan karena besarnya ombak di Pantai Goa Cina. Jadi yang bisa dilakukan oleh pengunjung adalah bermain di tepi pantai. Jika air laut surut, maka bisa digunakan untuk mencari kerang dan ikan-ikan kecil.

Ombak di Pantai ini juga terbilang langka. Terjadinya gelombang yang bersimpangan dari tiga arah selatan, timur dan barat. Persimpangan itu menyebabkan arus gelombang bertabrakan antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Hal ini menyebabkan suara yang bergemuruh yang langka ditemui di pantai-pantai lain.

Rute Menuju Pantai Goa Cina

Lokasi Pantai Goa Cina terletak di kawasan Malang Selatan dekat dengan Pantai Bajul Mati dan Pantai Teluk Asmara. Alamat pantai ini berada di desa Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang dan berjarak cukup jauh dari pusat kota.

Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan jarak sekitar 76 km. Namun panjang nya perjalanan ini sebanding dengan keindahan yang akan Anda dapatkan.

Rute terbaik menuju Pantai Goa Cina bisa Anda peroleh menggunakan petunjuk dari Google Maps. Sehingga dari manapun Anda berangkat, tidak perlu lagi pusing mencari jalan yang tepat.

Bisa juga dengan bantuan sopir dari sewa hiace Malang atau biro perjalanan yang siap mengantarkan Anda langsung ke lokasi. Liburan pun menjadi semakin mudah dan Anda hanya tinggal duduk santai menikmati perjalanan.

Fasilitas

Untuk tempat wisata pantai, di sini termasuk memiliki fasilitas sangat lengkap mulai dari :

  • Masjid Jabal Nur
  • Toilet
  • Musala
  • Warung yang menyediakan makanan dan minuman
  • Penyewaan tenda
  • Penyewaan tikar

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain