Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Curug Sumba Purbalingga Air Terjun Tersembunyi

  • Nama Tempat:
    Curug Sumba Purbalingga
  • Alamat:
    Kemojing, Desa Tlahab, Karangreja, Kemejing, Tlahab Kidul, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
  • Parkir:
    Motor Rp. 2000,-
    Mobil Rp. 5000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 16.30 WIB
Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di Jawa tengah. Kota ini menyimpan berbagai objek wisata menawan, salah satunya adalah Curug Sumba yang letaknya berada di Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Curug Sumba merupakan air terjun yang memiliki pesona keindahan alam dengan nuansa pegunungan.

Walaupun lokasinya tersembunyi tapi tidak jarang juga ada saja sekelompok pengunjung yang datang. Curug Sumba memiliki ketinggian sekitar belasan meter saja, nuansa hutan dengan pohon-pohon dan bebatuan yang mengelilinya menambah suasana alami tempat ini. Anda bisa bersantai, bermain air, berselfi ria atau bahkan sekedar melepas rasa penat di Curug Sumba saat rasa galau melanda, pesona alam sekitarnya akan sedikit mengurangi beban atau juga rasa bosan dengan aktivias sehari-hari.

Saat musim kemarau, Curug Sumba memiliki kondisi air yang berwarna biru bening dan hanya terdapat satu aliran air terjun saja, sedangkan pada saat musim hujan tiba, maka debit air akan meningkat sehingga biasanya terdapat tiga aliran air terjun yang jatuh ke genangan yang sama. Tetapi anda harus  berhati hati jika ingin mandi dan berenang karena selama musim hujan, debit air menjadi naik dan cukup tinggi, sehingga di himbau untuk para pengunjung untuk tidak berjalan ke tengah. Karena dikhawatirkan debit air meningkat lebih tinggi lagi.


Rute Menuju Curug Sumba

Jalan menuju Curug Sumba dari Kota Purbalingga cukup mudah karena memiliki jalan yang sudah beraspal dan halus. Sedangkan untuk rutenya yaitu menuju Jl. Raya Kajiran kemudian menuju Jl. Mekarjaya dan belok ke kanan menuju Jl. Pemalang - Purbalingga.

Selanjutnya kamu akan menemukan pertigaan lalu belok ke kanan menuju Kemojing. Setelah itu kamu akan menemukan papan penjuk arah menuju lokasi wisata. Kamu juga dapat menggunakan bantuan aplikasi google maps.

Fasilitas Curug Sumba

Wisata purbalingga terbaru ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung
  • Gazebo
  • Kolam renang anak
Wisata Air Terjun di Pelosok Desa


Terletak di Desa Tlahab, Curug Sumba adalah sebuah tempat wisata yang letaknya bisa tergolong sangat tersembunyi. Jauh dari hiruk pikuk kota dan memiliki suasana hutan yang asri menjadi keunggulan dari tempat ini.

Berada di area lereng gunung menyebabkan udaranya terasa sejuk dan menyegarkan. Yang menarik adalah di bawah air terjun ada sebuah telaga yang cukup besar. Telaga sering digunakan untuk mandi dan bermain air.

Air di curug ini sangat jernih karena langsung bersumber dari pegunungan. Siapapun yang datang pasti tergoda untuk segera merasakan kesegaran airnya. Berbagai aktivitas tersedia. Selain mandi di bawah air terjun, bisa bersantai menikmati pemandangan. Suara deburan air berpadu dengan suara hutan yang asri menjadi perpaduan yang mampu menentramkan jiwa.

Menuruni Puluhan Anak Tangga

Sebelum mencapai air terjun harus berjalan terlebih dahulu dari parkiran kendaraan. Kemudian akan menuruni puluhan anak tangga untuk bisa mendekat ke air terjun. Dari anak tangga sudah bisa melihat pesona air terjun dari kejauhan.

Karena letaknya lebih tinggi membuat pemandangan hutan yang berada di atas air terjun pun juga akan terlihat. Di kanan kiri anak tangga juga berhiaskan aneka bunga warna-warni yang menambah kecantikan dari tempat ini.

Taman Bunga Yang Indah


Selain air terjun, obyek wisata Curug Sumba juga memiliki area taman yang luas. Area rerumputan dan hamparan bunga warna-warni membuat area taman ini sangat cocok untuk bersantai. Ditambah dengan beberapa bangunan gazebo sebagai tempat beristirahat .

Kawasan taman ini terlihat sangat rapi dengan adanya jalan berupa paving blok. Berjalan-jalan melihat koleksi bunga dan tanaman hias juga bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan pikiran.

Mandi di Air Yang Jernih


Aktivitas favrorit di obyek wisata ini tentu saja adalah mandi di bawah air terjun. Terdapat telaga yang luas serta aliran sungai yang bisa dipakai untuk bermain air. Air yang jernih dan segar membuat wisatawan pasti sangat betah mandi di tempat ini.

Kedalaman dari kolam di bawah air terjun juga bervariasi. Untuk yang tepat berada di bawah jatuhnya air memiliki kedalaman sekitar 170-200 cm. sementara untuk bagian sisinya sekitar 150cm.

Kesegaran Air Terjun


Aktivitas yang perlu kamu lakukan ketika mengunjungi tempat ini adalah mandi dibawah air terjun. Terdapat sebuah kolam yang cukup luas yang dapat pengunjung gunakan untuk bermain air. Air yang jernih dan segar membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Kedalam kolam tersebut cukup bervariasi antara 1,5 meter sampai 2 meter.

Gua Kecil di Sekitar Curug Sumba


Di salah satu sudut air terjun terdapat semacam terowongan kecil yang memiliki bentuk seperti gua. Area ini sering tergenang air dan memiliki air terjun kecil. Wisatawan bisa bermain air di area gua ini. Batuan di atasnya sangat rendah sehingga untuk masuk ke sini wisatawan harus membungkuk.

Beragam Keindahan Yang Cocok Untuk Berfoto


Bagi penggemar fotografi, Curug Sumba ini memiliki banyak keindahan yang cocok sebagai objek foto. Air terjun dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan jika terlihat dari kejauhan menjadi salah satu obyek foto favorit.

Namun selain air terjunnya, tempat ini memang sangat indah di setiap sisinya. Baru sampai di parkiran wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau yang menjulang. Pemandangan bukit ditambah dengan area sawah dan perkebunan di bawahnya yang semakin menambah eksotis.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain