Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Desa Wisata Lembah Asri Serang, Agrowisata Kece di Lereng Gunung Slamet

  • Nama Tempat:
    Lembah Asri
  • Alamat:
    Jl. Raya Serang, Krajan, Serang, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
  • Parkir:
    Motor Rp. 2.000,-
    Mobil Rp. 5.000,-
    Elf Rp. 10.000,-
    Medium Bus Rp. 15.000,-
    Bus Ukuran Besar Rp. 20.000,-
  • Wahana:
    ATV Bike (3x putaran) Rp. 20.000,00
    Sepeda Air (15 menit) Rp. 10.000,00
    High Rope Rp. 50.000,00
    Flying Fox Rp. 20.000,00
    Berkuda Rp. 15.000,00
    Playground Rp. 10.000,00
    Kereta Wisata Rp. 5.000,00
    Taman Kelinci Rp. 5.000,00
    Taman Bunga Rp. 5.000,00
    Dino Land Rp. 10.000,00
    Greenhouse Strawberry Rp. 15.000,00
    Jeep Wisata (per pax) Rp. 300.000,00
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 16.00 WIB
Purbalingga merupakan sebuah kabupaten di sisi barat Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih 165 kilometer dari Jogja. Jika melihat melongok ke lereng timur Gunung Slamet, ada sebuah destinasi alam murah meriah dengan suguhan pesona luar biasa. Akhir pekan ini, cobalah berkunjung ke Agrowisata Lembah Asri.


Kalian bakal kenyang menikmati suguhan panorama alam sekitar Lembah Asri, lengkap dengan latar gagahnya Gunung Slamet. Kalian juga bebas menggunakan fasilitas seperti tempat makan, area parkir, musala, serta toilet.

Namun untuk bisa menikmati wahana lain di tempat wisata yang buka sejak 2010 ini, Anda harus membayar biaya tambahan. Beberapa permainan yang bisa kalian coba antara lain Taman Labirin, ATV bike, sky bike, high rope, dan flying fox.

Konsep Agrowisata


Mengusung konsep agrowisata, Kalian bisa menjajal serunya memetik buah stroberi. Dulunya bibit stroberi dibawa langsung Sugito, Kepala Desa Serang, dari Ciwidey, Bandung. Sesuai dugaan beliau, buah tersebut ternyata bisa dibudidayakan di Serang karena iklimnya mirip dengan Bumi Parahyangan.

Selain mencoba memetik stroberi langsung dari kebunnya, Anda juga bisa menjajal memanen tanaman lain. Kalian bisa mengunjungi perkebunan kubis, sawi, kentang, wortel, cabai, daun bawang, dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa membeli beragam bibit pohon bunga untuk ditanam di rumah.

Arena Bermain Anak Lengkap


Wisata Lembah Asri memang dirancang sebagai wisata nyaman untuk piknik keluarga, termasuk anak-anak. Ketika buah hati sudah bosan bermain di area perkebunan, pengunjung bisa mengajak mereka menikmati sederet wahana permainan. Selain kereta mini, ada juga odong-odong, skuter, dan ayunan.

Pemandangan Cantik Danau Buatan


Di sisi barat taman agrowisata, Anda bisa menemukan sebuah embung alias danau buatan. Pemandangan di sekitar sini cukup menarik, apalagi jika cuaca sedang cerah. Kalian bisa lebih leluasa melihat kemegahan Gunung Slamet, sekaligus berkeliling sambil naik perahu kayuh.

Hutan Pinus di Sisi Timur


Wisata alam di daerah pegunungan tentu takkan terasa lengkap tanpa kawasan hutan pinus. Jangan khawatir, Anda juga bisa menemukannya di Lembah Asri Purbalingga. Meski kawasannya tidak terlalu luas, di hutan rindang ini kalian bisa santai sejenak. Menikmati semilir angin sembari menyantap bekal makanan. Oh ya, kalian juga bisa menyewa hammock di sini.

Spot Foto Keren


Deretan spot foto instagenic jadi daya tarik lain Desa Wisata Serang. Apalagi Anda tak perlu membayar untuk mengabadikan momen di sana. Cukup siapkan kesabaran untuk mengantre, terutama bila spot-spot foto tersebut sedang ramai pengunjung.

Pilihan tempat berfoto di sini juga lumayan beragam. Mulai dari gardu pandang, lambang cinta, sayap burung, sayap kupu-kupu, taman bunga, lorong cinta, dan masih banyak lagi.

Sewa Kuda untuk Mengitari Taman


Seperti destinasi agrowisata kebanyakan, Lembah Asri juga menyediakan penyewaan kuda untuk pengunjung. Anda bisa merasakan sensasi naik kuda dengan membayar biaya sewa sebesar Rp15.000 saja.

Tak hanya untuk mengitari komplek agrowisata, beberapa kuda juga kerap disewa untuk melengkapi konsep foto pre-wedding. Cukup rogoh kocek Rp150.000, Sudah bisa memfoto kuda sepuasnya. Wah, seru!

Homestay dan Villa


Bagi yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini, ada sekitar 10 kamar di tepi jalan desa dan 40 kamar di dalam desa disewakan sebagai homestay. Bila datang dalam rombongan, bisa juga menginap di villa.

Berpetualang di Dino Land


Dino Land adalah wahana terbaru yang ada di Lembah Asri. Didesain sedemikian rupa di alam terbuka, Dino Land akan membawamu merasakan petualangan seperti di film Jurassic Park. Kamu akan berjalan melintasi jalan setapak yang kanan kirinya ditumbuhi pepohonan dan rerumputan. Tentu saja sesuai namanya, ada replika-replika dinosaurus yang ditempatkan di beberapa titik taman.

Bukan sekadar replika biasa, semua dinosaurusnya bisa bersuara dan bergerak karena ada sensor khusus. Tampilannya pun dibuat semirip aslinya dengan menggunakan bahan-bahan lentur dan tidak mudah sobek. Beberapa jenis dinosaurus yang ada di taman ini antara lain: Velociraptor, Dilopjosaurus, burung purba, Tyrex, Stegosaurus, Brachiosaurus, Tripceratops, dan Parasaurolophus. Jadi, selain untuk seru-seruan, Dino Land juga bisa menjadi wahana edukasi dan berswafoto.

Wahana Outdoor Adrenalin yang Menantang


Untuk kamu yang suka aktivitas menantang, maka bisa mencoba wahana-wahana outdoor yang memacu adrenalin. Mulai dari flying fox, ATV, berkuda, hingga high rope.

Keindahan Alam di Kawasan Desa Wisata


Kamu bisa menjelajahi kawasan wisata Lembah Asri dengan leluasa. Apalagi, kalau kamu memang suka berpetualang di alam terbuka. Selain wahana yang seru, desa wisata ini juga memiliki danau buatan. Ada juga kawasan hutan pinus yang sering menjadi spot piknik para pengunjung. Untuk berkeliling di Lembah Asri, kamu bisa berjalan kaki, berkuda, menyewa kereta wisata, atau memanfaatkan paket jeep wisata.

Berkunjung ke Taman Kelinci


Kalau ingin aktivitas yang santai dan edukatif, maka kamu bisa mengunjungi beberapa taman yang ada di Lembah Asri. Yang paling menarik adalah Taman Bunga “Ulin” dan Taman Kelinci. Terutama jika kamu membawa anak-anak, pasti senang sekali berkunjung ke dua taman ini.

Di Taman Bunga “Ulin”, kamu bisa melihat dari dekat aneka bunga dengan variasi warna yang sangat cantik. Pengelola membuat jalan setapak yang mengitari taman bunga sehingga kamu bisa sembari berfoto. Kamu bisa memperkenalkan anak-anak pada jenis-jenis bunga dan menanamkan kecintaan mereka pada tanaman.

Kuliner dan Oleh-oleh Khas Serang


Satu menu khas desa Serang yang wajib Anda cicipi adalah mendoan stroberi. Bila umumnya mendoan terbuat dari tempe dan digoreng dalam balutan tepung, di sini bahan utamanya justru menggunakan buah stroberi.

Rasa asam buah stroberi berpadu nikmat dengan asin dari adonan tepung. Ciptakan kombinasi yang tak terduga, namun cukup memanjakan lidah. Akan semakin nikmat jika disantap bersama sambal kecap.

Selain mencicipi kuliner, Jangan sampai lupa membeli oleh-oleh khas Desa Serang. Selain kripik daun stroberi, ada juga puding stroberi, gethuk stroberi, sirup stroberi, dan winberry (sejenis minuman dari stroberi yang telah difermentasi).

Menyuguhkan panorama memesona, berpadu dengan lengkapnya fasilitas yang ada, tak salah jika agrowisata Lembah Asri disebut sebagai destinasi potensial di Purbalingga.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain