Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Keindahan Pantai Tanjung Pesona Bangka Belitung

  • Nama Tempat:
    Pantai Tanjung Pesona
  • Alamat:
    Laut Cina Selatan, Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33211, Indonesia
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
  • Jam Buka:
    24 Jam
Pantai Tanjung Pesona berada tepat di antara Pantai Tikus dan Pantai Teluk Uber. Pantai ini memiliki keunikan karena terlihat memiliki tingkatan-tingkatan jika diperhatikan dengan seksama. Tingkatan pertama berupa bebatuan granit, kemudian gazebo yang menjorok ke laut, dan terakhir pantai berpasir putih yang lembut.

Bebatuan granit ini memiliki berbagai ukuran yang secara alami membentuk tatanan yang eksotis di bibir pantai dengan pemandangan laut lepas yang indah. Bebatuan ini juga menjadi tempat favorit para pengunjung untuk duduk bersantai. Keindahan alam yang mempesona seperti sama namanya membuat pantai ini kini menjadi populer sebagai destinasi liburan keluarga.

Tidak perlu terburu-buru menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa menginap di hotel-hotel yang tersedia. Dengan desain yang langsung menghadap ke laut, pengunjung dapat langsung memandangi pantai dari penginapan. Tersedia juga restoran-restoran yang menyediakan makanan khas Bangka dan nusantara yang akan memanjakan lidah.

Daya Tarik Pantai Tanjung Pesona


Pesona yang ada di Tanjung Pesona memang sudah tidak perlu lagi diragukan. Berbagai daya tarik membuatnya semakin banyak dikunjungi. Sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga karena merupakan kawasan yang ramah anak. Tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya, berikut daya tarik yang dimiliki pantai di Sungailiat ini.

1. Pantai yang Eksotis

Pantai ini memiliki air laut yang jernih dan bersih. Ombaknya cukup bersahabat untuk bermain air. Sedangkan pasir putihnya terasa halus. Bebatuan granit yang ada di pantai ini juga menambah keeksotisan dan daya tarik salah satu pantai di Bangka ini. Bebatuan yang tersusun secara alami tidak hanya menambah cantik, namun menjadi spot terbaik memandangi laut lepas.

Di pesisir pantainya terdapat banyak pepohonan seperti kelapa, karena itu suasana menjadi sejuk dan segar meski saat siang hari. Nuansanya sangat khas pesisir. Pada saat tertentu, pantai ini sepi pengunjung sehingga menjadi sangat tenang. Jika Anda datang ketika tidak banyak pengunjung, Anda dapat menikmati keindahan alam yang tersaji di pantai yang seperti milik sendiri.

2. Gazebo

Memang hampir di setiap pantai di sediakan gazebo, namun gazebo yang ada di Pantai Tanjung Pesona sangat unik dan menjadi ikon dari pantai ini. Keunikannya terletak pada posisinya yang menjorok ke laut, sehingga ketika pengunjung berada di gazebo ini akan dapat melihat lautan lepas dengan lebih dekat.

Jembatan menuju gazebo yang cukup panjang tampak seperti membelah laut, tidak heran jika menjadi daya tarik tersendiri. Banyak pengunjung yang tertarik untuk menyusuri jembatan dan menjadikannya sebagai spot foto yang unik.

3. Wahana

Agar tidak terasa bosan, pengelola pantai ini juga menyediakan bermacam wahana air yang sangat seru untuk dicoba. Dengan adanya wahana air ini menambah jumlah pengunjung yang datang karena penasaran untuk merasakan sensasinya. Liburan juga akan lebih berkesan dengan melakukan berbagai kegiatan-kegiatan menyenangkan.

Tidak hanya wahana air, tersedia juga penyewaan sepeda untuk pengunjung. Pantai ini memang memiliki jalur tracking sepeda yang cukup menantang. Sehingga tidak hanya berlibur saja, pengunjung juga bisa menyalurkan hobi bersepeda serta berolahraga.

4. Kawasan Ramah Anak

Sebagai objek wisata yang ramah anak, pengelola Tanjung Pesona juga telah menyiapkan fasilitas khusus seperti taman bermain anak dengan permainan yang aman untuk anak-anak. Tidak hanya itu, tersedia juga kebun binatang mini untuk sarana edukasi anak. Di kebun binatang ini, anak-anak juga berkesempatan untuk memberi makan hewan seperti monyet dan burung khas Bangka.

5. Kuliner

Merupakan daya tarik bagi para pecinta wisata kuliner, di pantai ini terdapat restoran-restoran yang tidak pernah sepi pengunjung. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam, dari makanan khas Bangka hingga makanan nusantara lainnya. Bahkan pengunjung juga bisa merasakan masakan dari mancanegara seperti makanan China dan Eropa.

6.  Jembatan

Terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan pantai dengan sebuah bangunan kecil yang terletak di tengah pantai. Spot ini pun jadi spot selfie favorit wisatawan.

Di spot ini Anda bisa mencoba berbagai gaya berfoto. Dengan angle yang tepat dan kualitas kamera yang bagus, hasilnya pasti membuat takjub teman-teman Anda.


7. Bermain Kano

Bagi Anda yang suka olahraga air, wajib mencoba wahana Kano ini. Banyak masyarakat sekitar yang menyewakan perahu Kano dengan biaya yang terjangkau. Anda bisa menggunakan Kano untuk menjelajah tiap sudut Pantai Tanjung Pesona.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Tanjung Pesona berada di Desa Rambak, jaraknya hanya sekitar 9 kilometer dari pusat Kota Sungailiat. Dari Pangkalpinang berjarak kurang lebih 35 kilometer atau membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan saja. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa karena tidak ada transportasi umum untuk menuju kawasan ini.

Terdapat dua rute yang dapat Anda pilih. Jika ingin estimasi waktu yang lebih cepat, Anda dapat menggunakan via Jl, Listas Timur Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan Jl. Sungailiat – Pangkalpinang dengan jarak yang lebih jauh, sekitar 40 kilometer atau satu jam perjalanan.

Pantai Tanjung Pesona merupakan destinasi wisata keluarga yang murah meriah. Buka setiap hari, tiket untuk masuk di kawasan ini hanya Rp 10.000 saja per orangnya. Anda juga harus menyiapkan biaya jika ingin mencoba wahana yang tersedia, misalnya sepeda yang ditarik harga sewa sebesar Rp 10.000 per jam.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Beberapa kegiatan menarik dapat Anda lakukan jika berlibur di Pantai Tanjung Pesona. Berbagai wahana seru yang tersedia dapat Anda coba. Berikut beberapa kegiatan yang menarik dilakukan jika berada di kawasan ini.

1. Menikmati Pemadangan

Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati. Anda dapat menenangkan diri dan menghilangkan penat hanya dengan melihat lautan lepas di atas pasir putih yang lembut. Selain di pantai, ada banyak spot menarik untuk menikmati pemandangan. Anda dapat menyusuri jembatan menuju gazebo atau bisa juga menaiki bebatuan granit untuk melihat air laut lebih dekat.

2. Berenang dan Bermain Air

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang dan bersahabat sehingga kegiatan yang satu ini juga dapat Anda lakukan, termasuk jika Anda datang bersama keluarga. Anda dapat bermain-main air di bibir pantai atau berenang di perairan yang dangkal. Air di pantai ini sangat jernih dan bersih sehingga dapat menyegarkan badan dan pikiran.

3. Mencoba Wahana

Tersedia berbagai wahana yang dapat Anda coba di Pantai Tanjung Pesona, beberapa di antaranya cukup memacu adrenalin seperti jetski dan banana boat. Anda juga bisa mencoba menaiki kano, yaitu perahu kecil dengan kapasitas satu sampai dua orang saja. Jika tidak ingin wahana air, Anda juga bisa bersepeda melewati tracking yang sudah tersedia.

4. Memancing

Anda juga bisa membawa alat pancing dan menyalurkan hobi memancing di kawasan ini. Di perairan pantai cantik ini terdapat banyak sekali jenis ikan yang bisa Anda dapatkan. Sudah banyak pengunjung yang datang untuk melakukan kegiatan ini. Jika Anda memang memiliki hobi memancing, maka Anda juga dapat mencobanya.

5. Wisata Kuliner

Dengan adanya restoran yang menyajikan berbagai menu makanan, maka Anda juga bisa berwisata kuliner di kawasan pantai ini. Menu-menu yang ditawarkan termasuk makanan khas Bangka yang mungkin belum pernah Anda coba. Juga ada seafood, makanan nusantara, juga makanan dari mancanegara yang akan memanjakan lidah Anda.

Fasilitas di Kawasan Tanjung Pesona


Pantai Tanjung Pesona sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Berbagai fasilitas ini juga tersedia untuk segala usia. Misalnya untuk anak-anak, sudah tersedia taman bermain dan juga kebun binatang mini sebagai wisata edukasi.

Sementara itu, berbagai wahana yang menyenangkan untuk dicoba juga telah tersedia. Permainan-permainan air cukup memacu adrenalin dan tentu akan menyenangkan untuk mengisi liburan. Jogging track juga tersedia, juga bisa digunakan sebagai track sepeda. Penyewaan sepeda juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain gazebo yang menjorok di laut, terdapat juga gazebo-gazebo lain di tepi pantai sebagai tempat untuk beristirahat. Hotel dan resort juga tersedia untuk Anda yang ingin menginap dengan pemandangan yang langsung menghadap ke laut. Resort juga menyediakan berbagai makanan sesuai selera dengan harga yang juga terjangkau.

Pantai Tanjung Pesona memiliki keindahan yang sama seperti namanya, sangat mempesona. Keindahan pantai dengan laut biru dan pasir putih yang halus, ditambah pula dengan bebatuan granit yang menambah keeksotisan pantai. Destinasi wisata ini sangat cocok, terutama sebagai tempat untuk berlibur bersama keluarga.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain