Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Pantai Balekambang Malang

  • Nama Tempat:
    Pantai Balekambang
  • Alamat:
    Dusun Sumber Jambe Desa Srigonco, Jalan Balekambang, Balaikambang, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65179
  • Harga Tiket:
    Rp. 15.000/orang
  • Harga Tiket:
    Flying Fox Rp. 20.000,00
    Makanan di Sekitar Pantai Rp. 10.000,00 – Rp. 25.000,00
    Sewa Tenda Rp. 100.000,00
    Sewa Tikar Rp. 5.000,00 – Rp. 20.000,00
    Hotel Wibisono  Rp. 200.000,00 – Rp500.000,00
    Homestay Dhilpatris Start From Rp. 266.00,00
  • Parkir:
    Motor Rp. 5000,-
    Mobil Rp. 10.000,-
    Mini Bus/Bus Rp. 15.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
Keberadaan Pantai Balekambang menjadi bukti pesona yang dimiliki Malang tidak hanya kebun apel dan theme park. Pantai indah dengan pasir putih seperti Pantai Balekambang ini juga bisa Anda temukan di daerah Malang.


Keunikan pantai ini terletak pada bangunan yang berada di tengah pantai persis seperti Pura Tanah Lot yang ada di Bali. Dari keunikan inilah pantai ini diberi nama Balekambang yang memiliki arti Rumah yang Mengambang dari kata Bale dan Ngambang dalam bahasa Jawa.

Sejarah Pantai Balekambang berawal saat Syaikh Abdul Jalil seorang ulama asal Yogyakarta membuka hutan di kawasan pantai. Beliau dipercaya sebagai salah satu tokoh yang menyebarkan agama islam di wilayah pesisir Pantai Balekambang.

Pantai ini pertama kali ramai dan dibuka untuk umum oleh warga desa sekitar tahun 1978. Lalu di tahun 1983 Pantai Balekambang diresmikan sebagai objek wisata Malang oleh Eddy Slamet, Bupati Malang pada waktu itu.

Sejak saat itu, Pantai Balekambang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dari Kabupaten Malang. Pesona pasir putih yang luas dan air laut yang jernih jadi daya tarik tersendiri Pantai Balekambang.

Daya Tarik Pantai Balekambang

Pantai Balekambang telah menjadi objek wisata sejak 1985. Panorama alam yang indah dan hamparan pasir yang luas menjadi perpaduan yang apik.

Selain terkenal sebagai wisata alam, Pantai Balekambang memiliki daya tarik utama berupa pura di atas pulau bebatuan karang. Pulau tersebut bernama Pulau Ismoyo. Terdapat Pura Amarta Jati yang masih digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu.

Pantai Balekambang memiliki segudang alasan yang membuat tempat ini begitu ramai diminati wisatawan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Balekambang dan sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Pura di Tengah Pantai


Pantai Balekambang memiliki sebuah pulau karang kecil yang dibangun sebuah Pura di atasnya. Pura tersebut dikenal dengan nama Pura Amerta Jati dan berada di Pulau Ismoyo.

Jarak pulau ini tidak terlalu jauh dengan bibir pantai sehingga saat air laut surut wisatawan dapat melihat dari dekat pura ini. Untuk memudahkan akses juga dibuat sebuah jembatan yang menghubungkan daratan dengan pulau agar dapat dilewati saat air laut sedang pasang.

Pura ini juga sering digunakan untuk ibadah umat Hindu terutama saat upacara keagamaan atau hari besar. Keunikan ini lah yang membuat Pantai Balekambang disebut juga sebagai Tanah Lot Pulau Jawa.

Wisata Religi

Pantai Balekambang juga ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berziarah ke makam Syeikh Abdul Jalil. Peziarah biasanya datang dari berbagai daerah yang puncaknya saat bulan Suro atau Muharram.

Lokasi makam atau petilasan beliau berada sekitar 1 km dari Pantai Balekambang dekat dengan Kali Barek. Tidak jarang para peziarah ini melanjutkan perjalanan nya menuju Pantai Balekambang untuk sekedar berfoto dan bersantai.

Dengan adanya Pura Amerta Jati dan Makam Syeikh Abdul Jalil, Pantai Balekambang menjadi salah satu wisata religi lengkap.  Pengunjung bisa beribadah sekaligus bisa menikmati keindahan alam Pantai Balekambang.

Sunrise dan Sunset


Sudah menjadi hal umum untuk datang menikmati sunset di pantai, tidak terkecuali di Balekambang. Keindahan suasana matahari terbenam ditambah pemandangan khas pantai Balekambang akan menjadi hal yang tak terlupakan.

Tidak hanya sunset, dari pantai ini Anda juga bisa menyaksikan keindahan saat matahari terbit dari ufuk timur. Bersama suara deburan ombak yang lembut dan angin laut, momen sunset dan sunrise Anda akan semakin menakjubkan.

Flying Fox


Jika Anda berkunjung saat weekend Anda bisa bermain flying fox di sekitar kawasan Pantai Balekambang. Aktivitas ini bisa jadi hal baru dan menarik yang jarang Anda dapatkan ketika berlibur ke pantai.

Anda akan meluncur dari Pulau Ismoyo ke pinggiran Pantai Balekambang dengan kecepatan tinggi. Sambil memacu adrenalin, Anda dapat melihat pemandangan pantai yang berbeda dari biasanya.

Camping di Pinggir Pantai


Camping bersama teman termasuk kegiatan seru lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Balekambang. Hamparan pasirnya yang luas bisa menjadi tempat yang pas mendirikan tenda dan beraktivitas di malam hari.

Jika Anda belum memiliki tenda, bisa menyewa tenda di tempat penyewaan yang ada di sini.  Selain itu Anda juga tidak perlu takut kehabisan makanan karena ada warung yang buka hingga malam hari di sekitar pantai.

Bermain Air


Berenang saat berlibur ke Pantai tentu jadi hal wajib yang tidak bisa Anda tinggalkan. Pantainya yang landai dan panjang sangat pas bagi Anda yang ingin bermain ombak.

Air yang jernih juga memungkinkan Anda melihat langsung biota laut yang ada di karang sekitar pantai. Namun Anda perlu berhati-hati dengan batu karang tajam atau ombak besar yang sewaktu-waktu bisa datang.

Berfoto di Pantai Balekambang


Kegiatan yang juga tidak boleh terlewat saat berkunjung ke Pantai Balekambang tentu saja hunting foto. Banyak spot menarik yang bisa Anda jadikan tempat berfoto yang apik.

Pada saat air surut biasanya wisatawan akan turun dan berfoto di sekitar pulau Ismoyo sambil memperlihatkan Pura. Sedangkan waktu yang paling pas untuk berfoto di Pantai Balekambang biasanya saat pagi dan sore hari.

Fasilitas di Pantai Balekambang


Pantai Balekambang memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap bagi wisatawan. Fasilitas seperti toilet dan kamar mandi umum untuk bilas setelah bermain air banyak tersedia.

Selain itu juga banyak warung yang menjual makanan serta minuman di pinggir pantai. Begitu juga dengan toko oleh-oleh, berbagai pernak pernik menarik bisa Anda dapatkan di sini.

Tempat ibadah pun sudah tersedia termasuk penginapan-penginapan untuk Anda yang tidak ingin bermalam di tenda. Dengan adanya semua fasilitas ini, pengunjung yang datang bisa dengan nyaman berlibur ke Pantai Balekambang.

Rute Menuju Pantai Balekambang

Lokasi Pantai Balekambang ini termasuk cukup jauh dan terpencil karena berada di wilayah paling selatan Kabupaten Malang. Anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan jarak 60 km dari Kota Malang.

Lebih persisnya, pantai ini berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Sayangnya belum ada angkutan umum yang bisa langsung mengantarkan Anda, karena jalan menuju Pantai Balekambang yang cukup sulit.

Anda harus melewati area Jurang Mayit, jalan menanjak dengan tikungan tajam yang sering membuat wisatawan yang baru pertama kali kesulitan. Meskipun begitu, jalan Anda lewati nanti sudah teraspal dengan baik sehingga motor atau mobil bisa lewat dengan mudah.

Jika Anda baru pertama kali mengunjungi Pantai Balekambang, lebih baik untuk menyewa sopir dari tempat sewa mobil yang ada. Dengan begitu perjalanan Anda bisa berjalan lancar dan aman karena sopir dari tempat sewa mobil sudah sangat berpengalaman.

Tips berkunjung ke Pantai Balekambang

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat liburan ke Pantai Balekambang Malang, antara lain:
  • Datanglah saat sore hari untuk menghindari kulit dari panas matahari. 
  • Gunakan sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulit. 
  • Bawa bekal makanan dan minuman.
  • Buang sampah pada tempatnya. 
  • Awasi aktivitas anak-anak saat bermain di pantai. 
  • Jika ingin berkemah atau memancing, bawalah perlengkapan pribadi. 
Itulah informasi wisata Pantai Balekambang di Malang. Semoga bisa membantu kamu yang ingin liburan ke Pantai Balekambang. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan, ya!

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain