Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

New Sabana Rawa Pening, Indahnya Wisata Dadakan

  • Nama Tempat:
    New Sabana Rawa Pening
  • Alamat:
    Klurahan, RW.O6, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50773
  • Harga Tiket:
    Rawa Pening Weekdays Rp. 3.000,00
    Rawa Pening Weekends Rp. 3.500,00
    Kampoeng Rawa Weekdays Rp. 2.000,00
    Kampoeng Rawa Weekends Rp. 2.500,00
    Radesa Wisata Rp. 15.000,00
    Bukit Cinta Rawa Pening Weekdays Rp. 10.000,00
    Bukit Cinta Rawa Pening Weekends Rp. 15.000,00
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 21.00 WIB

Musim kemarau panjang tahun ini membawa berkah bagi warga di sekitar kawasan wisata Rawa Pening yang terletak di wilayah Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Rawa pening yang sebelumnya merupakan danau, sejak dua bulan terakhir berubah menjadi hamparan rerumputan hijau. Warga sekitar menyebutnya sebagai New Sabana.

Surutnya air Rawa Pening di Semarang memunculkan padang rumput menghijau. Lokasi ini pun mendadak viral dikunjungi, apalagi menjelang akhir pekan.

Warga pun mengetahui ada New Sabana Rawa Pening dari media sosial karena viral. Adapun lokasi New Sabana Rawa Pening berada di wilayah Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Untuk mencapai lokasi ini pun tidaklah sulit dan bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi.

Adapun dari lokasi parkiran sepeda motor maupun mobil ini, pengunjung harus berjalan menyusuri jalan setapak di lokasi rawa sekitar 100 meter. Jalan setapak yang dilewati tersebut, pada musim penghujan terendam air. Kemunculan sabana ini pun relatif baru, sekitar satu minggu mulai ramai dikunjungi pengunjung. Ini adalah Danau Rawa Pening yang mengering karena kemarau.

Di lokasi sabana ini pengunjung bisa selfie sepuasnya. Kemudian saat cuaca cerah, pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Telomoyo, Merbabu dan Ungaran dari kejauhan.

OBJEK wisata alam memang selalu menarik untuk dikunjungi. Pemandangannya dapat membuat hati serasa damai dan memberikan kenyamanan tersendiri. Terlebih bagi mereka yang senang dengan nuansa kehijauan karena membawa keteduhan.

Bila Anda termasuk orang yang senang melihat pemandangan alam dengan nuansa kehijauan, Anda bisa mengunjungi objek wisata baru di Semarang. Namanya adalah New Sabana dan tengah naik daun. Sebenarnya ini bukanlah objek wisata yang benar-benar baru karena letaknya berada di dalam kawasan wisata Rawa Pening.

Tak sampai di situ, dulunya objek wisata ini merupakan sebuah danau. Namun karena faktor alam, danau tersebut mengering. Seiring berjalannya waktu, danau yang mengering itu mulai ditumbuhi tanaman liar. Tanaman itu kemudian menyebar ke seluruh bagian danau yang membuat semuanya tertutup dengan warna hijau. 

Keindahan tanaman liar yang berwarna hijau dan memenuhi semua bagian danau menjadi daya tarik untuk masyarakat sekitar. Bahkan beberapa orang dari luar daerah juga ikut berdatangan untuk melihat keindahan tersebut. Di hari Sabtu dan Minggu, objek wisata ini selalu dipenuhi pengunjung. 

Selain ditumbuhi rumput, di bagian tengah sabana juga diletakkan nama objek wisata. Ada pula hiasan ikan raksasa berwarna oranye dan ular yang merupakan balon. Ketiganya sering dijadikan spot foto oleh pengunjung selain hamparan rumput hijau. Belum lagi jika langit sedang cerah bisa terlihat beberapa gunung dari jauh antara lain Gunung Telomoyo, Merbabu, dan Ungaran. 

Bila Anda merasa tertarik untuk melihat langsung, segeralah susun rencana. Alasannya karena danau seluas 2.670 hektar itu mengering akibat musim kemarau. Jika sudah memasuki musim penghujan, tidak menutup kemungkinan danau itu akan menampung air kembali.

Berikut kumpulan foto instagram yang menampakkan spot – spot tambahan setelah rawa pening mengering.

Berfoto Dengan Pose Pegang Erat Bunga Sabana Rawa Pening

Berfoto Sambil Tiduran Bersama Sahabat Sabana Rawa Pening

Meski Tanah Kering Rumput Tetap Hijau Sabana Rawa Pening

Pose #Backgenic Sabana Rawa Pening

Foto di Rumput yang Tinggi dan Bagus Sabana Rawa Pening

Sejauh Mata Memandang Surutnya Sabana Rawa Pening

Spot Ayunan Sederhana Sabana Rawa Pening

Spot Baru yang Jadi Rebutan Sabana Rawa Pening

Spot Berkemah di Sabana Rawa Pening

Gazebo Tempat yang Teduh Sabana Rawa Pening

Spot Perahu Instagramable Sabana Rawa Pening

Tiduran di Tengah Sabana Rawa Pening


Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain