Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pantai Tiga Warna Yang Menakjubkan

  • Nama Tempat:
    Pantai Tiga Warna
  • Alamat:
    Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur
  • Reservasi:
    0812 3333 9889 (call only)
    0821 3267 7714 (sms only)
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
  • Harga:
    Rp 25.000,- peralatan snorkeling
    Rp 25.000,- sewa kano
    Rp 100.000,- sewa perahu max 5 orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    06.00 - 18.00 WIB
Pantai Tiga Warna merupakan salah satu pantai favorit di Malang. Objek wisata alam ini menyajikan air lautnya yang terdiri dari 3 warna. Saat terkena sinar matahari, warna air lautnya akan terlihat lebih menakjubkan.

Objek wisata perairan yang satu ini termasuk ke dalam Clungup Mangrove Conservation (CMC). Pantai ini memiliki panorama laut cerah yang menyejukkan mata. Tak hanya itu, hamparan pasirnya yang berwarna putih juga sedap dipandang. Pantai ini juga memiliki ombak yang tidak besar dan cenderung tenang.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, hal tersebut bisa dilihat dari namanya. Dimana pantai ini memiliki gradasi warna yang berbeda-beda, dan terlihat sangat cantik dari ketinggian.

Karena berada di kawasan konservasi, kebersihan dan keasriannya pun sangat terjaga dengan baik sama halnya seperti Pantai Clungup.

Karena berdekatan dengan Pesisir Selatan Pulau Jawa, Malang memiliki berbagai macam Pantai. Contohnya Pantai Tiga Warna yang cukup terkenal. Dibuka pada tahun 2014, Pantai Tiga Warna sudah mulai menjadi Wisata terkenal dan favorit para Wisatawan.

Ini tidak lepas dari keunikan Pantai ini. Sesuai dengan namanya, Pantai Tiga Warna memiliki 3 warna air yang berbeda sesuai dengan kedalamannya. Pantai ini memilki 3 warna yaitu warna merah, hijau dan Biru.

Trekking Pantai Tiga Warna


Untuk menuju Pantai Tiga Warna, harus berjalan kaki terlebih dahulu dengan menyusuri kawasan hutan mangrove serta melewati beberapa pantai lainnya.

Jika kamu menggunakan mobil, maka harus memakirkan kendaraan di bagian depan kemudian melanjutkannya dengan menggunakan ojeg. Bisa juga dengan berjalan kaki, jarak tempuhnya lebih dari 1 km hingga akhirnya tiba di Pos 1.

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan motor, dapat langsung melanjutkan perjalanan hingga parkiran yang lokasinya dekat dengan Pos 1. Perjalanan belum berhenti sampai disitu, kamu harus terus melanjutkan perjalanan hingga tiba di Pos 2.

Disini merupakan pos tiket serta pemeriksaan barang bawaan yang kamu bawa saat itu, hal tersebut untuk menghindari sampah yang kamu tinggalkan di lokasi pantai.

Dengan ditemani seorang guide atau pemandu, kamu masih harus melanjutkan perjalanan hingga akhirnya tiba di Pantai Tiga Warna.


FYI, kamu hanya diberi waktu selama 2 jam untuk berada di Pantai Tiga Warna. Karena pengunjung di pantai ini dibatasi hanya 200 orang dalam satu waktu.

Hal itu dimaksudkan untuk menjaga alamnya supaya tetap terjaga dengan baik, kamu pun bisa melanjutkan dengan mengunjungi pantai-pantai lain yang ada di sekitarnya.

Ragam Wisata Di Pantai Tiga Warna

Meskipun dibatasi oleh waktu, kamu masih dapat melakukan beragam kegiatan seru selama berada di Pantai Tiga Warna. Disini terdapat papan peringatan bahwa kamu tidak diperkenankan untuk berenang tanpa menggunakan pelampung.

Berikut ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Tiga Warna, yakni:

1. Bersantai dan Menikmati Alam


Pantai Tiga Warna memiliki alam yang sangat indah, hamparan pasirnya berwarna putih, warna air dekat pantainya hijau toska, sedangkan warna air laut lainnya berwarna biru.

Mungkin karena hal tersebutlah pantai ini diberi nama Pantai Tiga Warna, menghadirkan gradasi warna alam yang sangat cantik. Di sekitar Pantai Tiga Warna tumbuh pepohonan yang cukup banyak, sehingga lokasinya teduh tidak terlalu panas.

Kamu dapat duduk-duduk atau bersantai di sebuah saung sambil memandang jauh ke arah pantai yang memiliki deburan ombak yang tak terlalu besar.

Di sekitar Pantai Tiga Warna hadir sebuah pulau yang bernama Pulau Sempu, pulau tersebut cukup besar dan memiliki pepohonan hijau yang cukup lebat.

2. Snorkeling dan Diving


Keseruan lain yang dapat kamu lakukan ialah snorkeling serta diving atau menyelam. Di sekitar pantai terdapat pos penyewaan peralatan untuk snorkeling dan diving.

Nantinya kamu akan dibawa ke lokasi yang tepat untuk melakukan snorkeling dan melihat kehidupan biota laut yang ada di Pantai Tiga Warna.

Pantai ini merupakan satu-satunya spot snorkeling yang ada di Malang. Menyelam disini kamu tidak menggunakan kaki katak, karena untuk mencegah kerusakan pada terumbu karang yang ada.

Sedangkan untuk kegiatan diving atau menyelam, hanya dikhususkan untuk pengunjung yang pernah melakukan diving sebelumnya. Jika belum pernah sama sekali, tidak disarankan.

3. Hunting Spot Foto


Di sekitar Pantai Tiga Warna terdapat sebuah bukit dengan view yang sangat indah. Bukit tersebut dilengkapi dengan sebuah gardu pandang yang dapat digunakan untuk berfoto.

Kamu dapat menuju bukit tersebut dengan menapaki jalur yang sudah tersedia, jalurnya kecil dan cukup menanjak. Ketika tiba di atas, kamu akan menyaksikan Pantai Tiga warna yang benar-benar menghadirkan warna alam yang berbeda.

Selain itu beberapa pantai yang ada di sekitarnya pun dapat terlihat dengan jelas, gagahnya Pulau Sempu seakan melengkapi panorama alam yang tersaji.

4. Berkemah


Selanjutnya adalah berkemah untuk menikmati keindahan pantai di Jawa Timur ini. Para pengunjung izin untuk mendirikan tenda di pantai tiga warna.

Jika tidak membawa persediaan tenda pribadi maka pengunjung bisa menyewanya pada pihak pantai langsung di lokasi dengan harga Rp25.000 untuk 1 malam serta Rp25.000 untuk sewa lahan.

5. Tracking


Objek wisata yang tidak kalah menyenangkan adalah tracking, Di mana para pengunjung bisa mengekspor jiwa cinta alam nya di sini.

Akan dikenakan biaya Rp100.000 untuk membayar guide.

Nantinya guide ini akan menuntun para pengunjung yang menjelajah kawasan pantai Tiga Warna dan kawasan hutan masih mangrove. Kegiatan ini menjadi salah satu spot wisata paling menarik.

Rute Menuju Pantai Tiga Warna

Waktu yang akan ditempuh untuk menuju Pantai Clungup jika berangkat dari Kota Malang, sekitar 2 jam dengan jarak tempuh kira-kira 72 km.

Rute yang dapat ditempuh yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Turen, ketika tiba di pertigaan jalan belok kiri ke arah Pantai Sendang Biru. Terus lajukan kendaraan hingga mendapati arah menuju Pantai Clungup.

Kemudian tibalah kamu di area parkir Clungup Mangrove Conservation. Disinilah kamu yang membawa kendaraan mobil harus memakirkan kendaraan.

Fasilitas di Pantai Tiga Warna

Fasilitas pendukung yang tersedia di Pantai Tiga Warna diantaranya:
  • Area parkir kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Saung atau gazebo tempat beristirahat
  • Tempat untuk ganti baju
  • Kamar mandi
  • Pos penyewaan peralatan snorkeling dan diving
Penginapan

Di sepanjang jalan menuju lokasi CMC (Clungup Mangrove Conservation) kamu dapat melihat beberapa penginapan atau homestay yang dapat kamu manfaatkan untuk menginap.

Tips berkunjung ke Pantai Tiga Warna

Supaya liburan ke Pantai Tiga Warna lebih aman, nyaman, dan berkesan, perhatikan beberapa tips berikut ini, ya.
  1. Datanglah ketika cuaca sedang cerah.
  2. Bawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga jika memutuskan untuk berenang atau bermain air.
  3. Perhatikan lingkungan sekitar saat membawa anak-anak.
  4. Perhatikan barang bawaan saat sedang bermain air.
  5. Jaga kebersihan pantai dan taati protokol kesehatan yang berlaku.
Apa yang telah dilakukan pengelola Clungup Mangrove Conservation (CMC) sungguh sangat baik, mereka lebih memperhatikan akan keberlangsungan ekosistem alam daripada segi ekonomi yang akan dihasilkan.

Hal tersebut memanglah harus dilakukan, karena jika kamu menjaga alam maka alam akan menjaga kamu. Dan keindahannya akan berlangsung lebih lama.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain