Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pesona Pasir Putih Remen Tuban, Pantai Cemara

  • Nama Tempat:
    Pantai Remen Tuban (Pantai Cemara)
  • Alamat:
    Remen, Jenu, Tuban, Jawa Timur, Indonesia , 62352
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00 per orang
  • Parkir:
    Motor Rp. 2.000,00
    Mobil Rp. 5.000,00
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB
Pantai Remen merupakan pantai wisata yang berada di Tuban, Jawa Timur. Lokasi tepatnya berada di Desa Remen, Kecamatan Jenu. Pantai ini adalah satu-satunya pantai pasir putih di Tuban. Dengan garis pantai yang mencapai 500 meter. Menjamin keleluasaan bermain pengunjung yang datang.

Selain padang pasir putih yang indah, di sebelah pantai juga terdapat kolam air yang cukup luas. Di sisini, wisatawan bisa bermain dengan perahu kecil yang semakin menambah keseruan berlibur.

Pantai Remen juga menawarkan beberapa hal menarik lainnya yang bisa dinikmati wisatawan saat berlibur di sini. Salah satunya, berenang. Telaga di sebelah pantai cocok untuk berenang mengingat arusnya yang tenang sehingga, tidak hanya aman untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak.

Pesona Pantai Remen

Pantai Remen memiliki pasir putih yang sangat indah sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Pengunjung dapat menemani putra-putri tercitan berkreasi membuat istana pasir. Hal ini tentunya menambah kegembiraan liburan bersama keluarga.

Daya tarik yang satu ini juga mungkin sesuai untuk wisatawan yg menyukai alam dan berjiwa petualang. Caranya, mendirikan tenda kecil di bibir Pantai Remen.

Suatu pengalaman yang akan sangat menyenangkan. Wisatawan dapat menikmati keindahan dan ketenangan pantai saat malam hari. Jika beruntung, wisatawan yang bertenda di tepi pantai dapat melihat beberapa bintang jatuh serta susunan galaksi yang mustahil terlihat dari kota yang dipenuhi gemerlap lampu.

Di sudut lain, wisatawan bisa mencoba untuk memancing ikan sekaligus sebagai salah satu cara untuk menikmati Pantai Remen. Beberapa penduduk lokal memang terkadang melakukan kegiatan ini di area pantai, terutama di area sekitar pohon cemara.

Sesuai lokasinya, pantai ini bernama Pantai Remen. Pantai tersebut digadang-gadang sebagai satu-satunya pantai berpasir putih di Tuban. Dihiasi hutan cemara di sepanjang bibir pantai, banyak juga yang menyandingkannya dengan pesisir Bali. Namun, Remen tentu memiliki identitas dan pesona alamnya tersendiri.


Pasir Non-Alami

Banyak orang pergi ke Bali untuk menghabiskan liburan di pantai-pantainya yang indah. Ternyata, di Tuban terdapat pantai yang keindahannya bisa bersaing dengan Bali. Pantai ini berada di Desa Remen, bagian barat laut Tuban Kota. Baru sejak tahun 2015 pantai ini dibuka sebagai pantai wisata.

Sebelumnya, pantai ini hanyalah pantai pasir coklat biasa. Lahannya dipenuhi batu karang dan belum memiliki daya tarik. Siapa sangka pembangunan pabrik yang tak jauh dari sana berhasil mengangkat nilainya. Pasir sisa pembangunan terbawa arus laut dan terdorong ombak hingga Pantai Remen.

Ya, pasir putih di pantai ini bukanlah proses alam yang alami. Pasir itu kini mengubah area pantai menjadi ‘pantai pasir putih’. Perubahan ini rupanya mengundang wisatawan yang terpesona dengan penampilan barunya.

Sekarang, pasir putih di pantai ini jadi tampak mencolok. Perpaduan pasir putih dan laut birunya kini jadi primadona wisata. Pantai ini cocok dijadikan tempat berfoto, piknik, atau sekadar bermain ombak.


Laguna dan Cemara

Sejak mulai dilirik sebagai tujuan wisata, kawasan pantai mulai dibenahi. Untuk mengurangi efek abrasi, kawasan bibir pantai ditanami pohon cemara. Hutan cemara ini kini mempercantik sekitar pantai. Tidak hanya itu, hutan juga memberi keteduhan bagi para pengunjungnya.

Hal lain yang membedakan dengan pantai lain adalah lagunanya. Pengunjung akan disambut oleh sebuah kubangan air luas sebelum sampai ke pantai. Inilah laguna yang sengaja dibuat oleh warga sekitar. Laguna ini menampung air laut dan jadi spot rekreasi menarik.

Laguna ini memisahkan kawasan hutan dengan garis pantai. Tempat ini jadi spot favorit anak-anak untuk bermain. Laguna ini menghadirkan kolam renang dengan suasana pantai yang unik. Salah satu sudut laguna bahkan dimanfaatkan untuk wahana sepeda air.


Rekreasi Alam

Banyak wisatawan yang datang untuk rekreasi keluarga. Di sini, banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh segala kalangan usia. Mulai dari berenang, bermain ombak, bermain pasir pantai, atau piknik sambil berjemur.

Ada juga beragam wahana bermain yang bisa dicoba. Lahan pantainya yang landai cocok dijadikan area bermain ATV. Pengunjung juga bisa bermain layangan yang dijajakan di sekitar pantai. Atau, mengayuh sepeda air bersama keluarga di area laguna.


Pemandangan Langit

Selain wisata keluarga, Pantai Remen rupanya menyajikan kesempatan wisata romantis. Pantai yang menghadap ke utara ini memiliki pemandangan langit yang menakjubkan. Utamanya, ketika matahari terbit atau terbenam. Pengunjung akan mendapatkan pemandangan langit yang takkan terlupakan.

Sayangnya, di sekitar pantai ini belum tersedia akomodasi penginapan. Wisatawan bisa saja mendirikan tenda untuk berkemah. Asalkan tetap berada di area yang aman dan seau menjaga kebersihan.


Akses Pantai Remen

Untuk mencapai salah satu pantai di Tuban ini ada beberapa pilihan rute yang bisa wisatawan tempuh. Rute pertama yaitu dari Tuban. Jika wisatawan berlokasi di daerah Tuban, mulailah perjalanan dari terminal Tuban. Ambil jalan lurus ke arah barat mengikuti jalur Pantai Utara menuju Semarang atau Rembang. Kemudian melewati Kecamatan Jenu kemudian Pasar Jenu. Sesampainya di ujung jalan Desa Rawasan, belok kiri dan teruskan perjalanan hingga menjumpai Desa Remen.

Sesekali perhatikan tepijalan agar Anda bisa melihat papan petunjuk arah menuju Wisata Pasir Putih di pertigaan. Ikuti petunjuk tersebut, maka Anda telah sampai di Pantai Remen.

Bila wisatawan aksesnya dari Semarang atau Rembang, bisa menempuh jalur pantura menuju Surabaya. Nanti akan melewati kecamatan Bancar lalu Kecamatan Tambakboyo lalu melalui pelabuhan pabrik semen Holcim dan Semen Gresik. Tetap berjalan lurus hingga memasuki kawasan industri Tuban dan pertigaan menuju PLTU. Belok kiri pada pertigaan tersebut kemudian ikuti jalan utama menemukan pangkalan pertamina. Masih mengikuti jalan utama, Anda akan menjumpai pertigaan dengan papan petunjuk arah menuju Wisata Pasir Putih.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain