Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pesona Waduk Sermo Kulonprogo

  • Nama Tempat:
    Waduk Sermo Kulonprogo
  • Alamat:
    Sremo Tengah, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653
  • Jam Buka:
    07.00-18.00 WIB
  • Tiket Masuk:
    Rp. 2000,- per orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Parkir:
    Motor Rp. 2000,-
    Mobil Rp. 5000,-

Waduk sermo kulonprogo merupakan salah satu kabupaten di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kulonprogo memiliki segudang obyek wisata alam nan menarik, antara lain goa, pantai, serta masih banyak lagi. Ada pula wisata budaya seperti kesenian tradisional angguk yang sangat indah. Salah satu obyek wisata alam yang terkenal sekaligus menjadi ikon Kabupaten Kulonprogo adalah Waduk Sermo yang berlokasi di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, kecamatan Kokap.


Konon, waduk kulonprogo yang diresmikan oleh mendiang Presiden Soeharto pada tanggal 20 November 1996 tersebut dalam pembangunannya menelan biaya yang cukup fantastis, yaitu 22 miliar rupiah. Pembangunan Waduk Sermo sendiri bertujuan untuk memperlancar sistem irigasi di daerah Kecamatan Kalibawang seluas 7.152 hektar. Untuk itu pemerintah harus memberangkatkan 100 keluarga untuk bertransmigrasi ke Bengkulu dan Riau.


Spot Foto Terbaru di Waduk Sermo Kulonprogo


Seiring dengan berjalannya waktu dan kebutuhan masyarakat akan sarana rekreasi, maka Waduk Sermo kulonprogo ini pun kini berfungsi ganda, yakni selain sebagai tempat cadangan air juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit dan menjadi andalan Kabupaten Kulonprogo. Hal ini secara otomatis juga mendatangkan pendapatan pajak daerah dan menguntungkan masyarakat lokal. artikel lain pantai glagah kulonprogo

Waduk Sermo merupakan obyek wisata populer di kulonprogo yang pas untuk dikunjungi siapa saja, anak-anak muda maupun keluarga. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan di sana. Selain menikmati keindahan alamnya yang benar-benar masih alami, kamu bisa melakukan jogging atau bersepeda karena wilayahnya yang sangat leluasa. Bagi kamu yang memiliki hobi memancing, salurkan hobi memancingmu di sana. Maka kamu perlu mempersiapkan alat pancing dari rumah atau bisa pula kamu menyewa di tempat persewaan. Menurut rencana, dalam waktu dekat di area wisata tersebut akan dikembangkan “Film Layar Terapung”. Asyik kan?


Untuk menjamin kenyamanan para wisatawan, pihak pengelola telah melengkapi obyek wisata tersebut dengan berbagai fasilitas, seperti jalan beraspal yang berbentuk melingkar sejauh sekitar 21 kilometer. Tersedia pula perahu wisata air yang siap mengantarkan para wisatawan berkeliling menikmati keindahan Waduk Sermo sepuasnya. Biaya sewa perahu cukup murah, yakni Rp 3000 untuk anak-anak dan Rp 5000 untuk dewasa. Selanjutnya kamu akan berkeliling waduk dengan durasi selama 20 menit. Waktu yang cukup untuk mengeksplorasi waduk nan cantik tersebut. Wow!waduk sermo kulonprogo


Fasilitas lainnya adalah arena outbond di bagian timur waduk yang sering digunakan untuk berbagai aktivitas bagi kalangan muda. Jika hanya ingin santai dan bermalas-malasan oke juga lho. Kamu bisa duduk-duduk di pinggir waduk karena di sekitarnya tersedia beberapa gubuk yang memang disediakan untuk beristirahat. Membayangkan duduk di pinggir waduk, memandangi riak air, menyaksikan keindahan alam yang cantik mempesona dan ditemani semilir angin nan sejuk tentu akan menjadi kenangan indah yang takkan terlupakan. Jika merasa lapar, tak perlu khawatir karena di sekitar waduk terdapat beberapa warung makan serta sebuah restoran yang terkenal “Gendhis Resto” yang siap memberikan sajian istimewa untuk wisatawan.


Rute ke Waduk Sermo

Untuk menuju ke obyek wisata tersebut cukup mudah kok. Kamu bisa memanfaatkan kendaraan umum yang memang melayani rute ke Jalan Wates. Jika kamu memilih alternatif ini, maka kamu harus berangkat pagi, dan langsung saja menuju ke Terminal Giwangan. Umumnya kendaraan umum akan mengantarkan kamu hingga ke Pasar Wates. Selanjutnya kamu bisa naik kendaraan umum berikutnya yang menuju ke arah Waduk Sermo. Jika kamu naik kendaraan pribadi mungkin jauh lebih nyaman. oh ya dari lokasi waduk jika mau ke wisata kalibiru hanya ditempuh 3.7km saja kurang lebih 15menit sudah sampai di kalibiru.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain