Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Tips Saat Wisata Kuliner di Jogja yang Patut Anda Ketahui

Berbicara mengenai kuliner, Jogja memang tidak ada duanya. Wisata kuliner di Jogja sangat beragam dan cukup banyak tersebar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak heran apabila banyak dari wisatawan yang kebingungan memilih dan menentukan kuliner mana yang akan dicicipi ketika berkunjung ke Jogja.

Nah, dari itu kami berikan beberapa tips untuk anda ketika ingin berwisata kuliner di Jogja.

Tips Wisata Kuliner di Jogja

Sebelum melakukan kegiatan kuliner entah itu bersama keluarga atau teman teman, sebaiknya anda juga lebih dulu mengetahui tips yang harus anda lakukan agar perencanaan yang anda lakukan berjalan sesuai keinginan, apalagi ketika anda melakukan wisata malam di Jogja.

1. Lakukan Perencanaan Ketika Wisata Kuliner di Jogja

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah berkaitan dengan perencanaan. Entah itu dilakukan bersama keluarga, sahabat, komunitas, rekan kerja, atau orang lain. Sebelum melakukan kegiatan kuliner pastikan agar membuat list apa saja tempat kuliner yang akan dikunjungi.

2. Gunakan Aplikasi atau Sosial Media

Sebelum melakukan wisata kuliner, pastikan untuk melakukan pengecekan melalui aplikasi atau sosial media mengenai informasi tempat kulineran beserta biaya yang akan dikeluarkan agar anda bisa memperkirakan budget untuk kuliner yang akan anda sediakan.

3. Carilah Tempat Penginapan Murah

Sebelum lanjut melakukan wisata kuliner, pastikan anda telah mencari tempat penginapan. Apabila anda bersama keluarga atau rombongan tentu membutuhkan tempat penginapan. Pastikanlah bahwa tempat penginapan anda murah serta aman agar budget yang dikeluarkan lebih sedikit.

4. Gunakanlah Kendaraan Sewaan

Agar anda lebih leluasa dalam mengelilingi segala tempat kulineran di Jogja, disarankan menggunakan kendaraan sewa. Biasanya tempat sewa banyak tersebar di Jogja dan jaraknya juga tidak terlalu jauh dari pusat Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satunya antareja tour yang bisa anda gunakan.

Berbagai kendaraan sewaan yang dapat anda akses dari sewa truk box untuk barang berukuran kecil, mobil penumpang segala tipe, serta kendaraan lainnya untuk mengangkut barang dalam jumlah besar.

5. Lakukan Secara Berkelompok

Dalam melakukan wisata kuliner, sebaiknya dilakukan dalam jumlah rombongan atau berkelompok. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya penipuan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Selain itu, biar anda tidak merasa sepi saat nongkrong ke tempat ngopi di Jogja

6. Incar Tempat Wisata Kuliner Jogja yang Saling Berdekatan

Selanjutnya saat ingin berwisata kuliner, pastikan mengincar tempat tempat yang saling berdekatan, hal ini dilakukan untuk lebih menghemat waktu.

7. Ajaklah Teman yang Menetap Di Kota Jogja

Setiap melakukan kegiatan wisata kuliner, ada baiknya anda memiliki pemandu untuk memudahkan anda dalam mengakses tempat tersebut. Namun jika ingin lebih irit maka mintalah ke teman yang menetap di kota Jogja untuk memandu perjalanan anda ke berbagai wisata kuliner di Jogja.

8. Siapkan Uang Kecil Saat Wisata Kuliner di Jogja

Selanjutnya pastikan anda beserta rombongan membawa uang kecil atau receh sebelum berbelanja karena pedagang terkadang lebih senang menerima uang pas. Ini dilakukan apabila anda membeli oleh-oleh di pedagang kaki lima atau pasar tradisional.

Wisata Kuliner di Jogja yang Legendaris dan Harganya

Setelah anda mengetahui tips-tips di atas, tentu juga anda harus mengetahui kuliner apa saja yang ada di kota Jogja beserta harganya. Oleh karena itu, berikut ini kami berikan penjelasannya:

1. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan


Kuliner pertama yang wajib anda cicipi saat sedang di kota Jogja adalah gudeg Mbah Lindu. Gudeg legendaris ini telah berdiri dan berusia hampir seratus tahun. Mengenai harganya sendiri, gudeg yang satu ini sangat bervariasi yaitu mulai 15.000 an per porsi.

Adapun menu yang ditawarkan juga beragam. Nasi gudegnya bisa Kamu kombinasikan dengan berbagai lauk. Lengkapnya bisa Kamu lihat di bawah ini:
  • Nasi Gudeg Telur
Kalau ke Jogja belum makan gudeg, seperti ada yang kurang. Sajian dari nangka muda atau gori ini memiliki cita rasa yang khas. Apalagi gudeg racikan dari Mbah Lindu yang sudah eksis sejak zaman penjajahan.

Olahan gori yang ditambah dengan krecek atau kerupuk kulit dengan kuah yang kental membuatnya terasa legit di lidah. Dengan lauk telur, semakin menyempurnakan rasanya.
  • Bubur Gudeg Telur
Jika nasi menjadi makanan yang terlalu berat di pagi hari, Kamu bisa memilih bubur sebagai alternatifnya. Nasi lumat ini tetap terasa lezat saat dipadukan dengan olahan gudeg dan lauk telurnya.
  • Gudeg Telur dan Suwir
Yang membedakan wisata kuliner ini dengan produk olahan warung lainnya adalah rasa krecek yang khas. Sedangkan gudeg telur dan suwir ini adalah campuran antara gudeg dengan ayam suwir yang pas di mulut. Dengan adanya ayam suwir semakin membuat gudeg terasa lebih gurih.

Untuk menikmati seporsi Gudeg Mbah Lindu ini, Kamu bisa datang mulai pukul 05.00 sampai 10.00 WIB. Kalau sudah lebih dari jam tersebut, wassalam, deh! Kamu cuma bisa gigit jari sambil membayangkan kelezatannya. Tempat Gudeg Mbah Lindu ini Berlokasi di Sosrowijayan St No.41-43, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55271.

2. Sate Klatak Pak Bari


Selepas maghrib, sekitar pukul 18.30 Pak Sabari atau yang lebih akrab disapa Pak Bari ini sudah mulai berjualan sate klathak dibantu 7 orang karyawannya. Melihat antrian pelanggan yang semakin panjang, Kami pun tak mau membuang-buang waktu untuk segera ikut memesan makanan. Takutnya pesanan kami akan semakin lama dilayani. Karena sejak muncul di film AADC 2 saat Rangga mentraktir Cinta, Sate Klathak Pak Bari makin populer dan ramai pembeli. Bahkan menurut Pak Bari, 50 kilogram sate yang biasanya baru habis pukul 2 dini hari, kini bisa tandas pukul 9 malam dengan jumlah daging dua kali lipat.

"Silahkan mas, mau pesan apa? Ada sate klathak, tongseng, tengkleng, gulai jeroan. Mau pesan yang mana? Berapa porsi?" Seorang karyawan Pak Bari pun menanyai salah satu dari kami saat kami merapat ke rombong sate.

Usaha kuliner turun temurun yang diwarisi Pak Bari dari ayahnya ini memang tak hanya menyediakan menu sate klathak, tapi juga beberapa menu olahan kambing lainnya. Sedangkan untuk minumannya tersedia jeruk hangat, teh hangat, es jeruk dan es teh. Spesialnya, semua minuman hangat yang tersedia tidak menggunakan gula pasir melainkan gula batu. Kami pun memutuskan memesan sate klathak, tongseng kambing dan tak lupa minumannya. Usai memesan kami pun segera menuju lesehan bertikar di lorong-lorong pasar karena meja kursi yang disediakan sudah penuh pembeli lain yang mengantri sedari tadi.

Untuk lokasinya sendiri, Sate Klatak Pak Bari ini Berlokasi di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791. Harga sendiri lumayan terjangkau dari mulai Rp 20.000 an per porsi.

3. Mie Ayam Bu Tumini


Mie Ayam Bu Tumini merupakan salah satu kuliner yang terkenal karena kekhasannya yang menggunakan kuah coklat sebagai bahan dasarnya. Dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 8.000 an per porsi, anda sudah bisa mencicipi mie ayam legendaris ini.

Buat sobat nih ingin mencoba kelezatan dari mie ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu maka bisa langsung mendatangi warung makan yang berada di Jalan. Imogiri Timur nomor 187, Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan kode pos 55163.

4. Mangut Lele Mbah Marto


Mangut lele yang satu ini merupakan jajanan kuliner yang berdiri sejak tahun 1960 an dan juga makanan ini sudah menjadi makanan legendnya kota Jogja. Harganya sendiri sangatlah terjangkau mulai dari Rp 25.000 an per porsi.

Buat kalian yang ingin mencoba kelezatan dari Mangut Lele Mbah Marto maka bisa langsung mendatangi tempat yang berada di Jl. Sewon Indah No.RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188.

5. Bakmi Mbah Mo


Bakmi Mbah Mo sudah didirikan sejak tahun 1986, sebuah warung kuliner desa di kampung Code, Trirenggo, Bantul. Kira-kira 11 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Warung ini sampai sekarang masih mempertahankan kesederhanaannya dengan prasarana berupa kursi lincak, meja kayu panjang, dinding dari anyaman bambu, dan tungku arang atau anglo untuk memasak. Harganya sendiri sangatlah cukup terjangkau mulai dari Rp 15.000 an per porsi.

Tempat Bakmi Mbah Mo ini Berlokasi di Jl. Parangtritis No.Km.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55715.

6. Oseng Mercon Bu Narti


Makanan kuliner ini sudah berdiri sejak tahun 2000 an dan sangat terkenal akan rempah-rempahnya. Makanan kreasi Bu Narti ini kini telah menjadi kuliner khas Yogyakarta. Berdiri sejak tahun 1998 saat negara ini sedang dilanda krisis ekonomi, demi meneruskan hidup setelah ditinggal mati sang suami. Kondang hingga ke berbagai kota, menarik setiap pejalan untuk mencoba.

Mercon, yang dalam Bahasa Indonesia adalah petasan menjadi nama kuliner bukan tanpa sebab. Buntelan mesiu yang sering dipakai dalam perayaan Imlek dan meramaikan lebaran ini seolah meledakkan dirinya di mulut. Seperti pejuang berani mati yang mengantar bom ke sarang musuh. Begitulah oseng-oseng racikan Bu Narti meluluh lantakkan kita. Membuat mata melotot, terengah-engah sambil mengipas lidah, hingga gobyos kotos-kotos, peluh bercucuran membasahi. Harga oseng mercon yang bikin nagih ini sangatlah terjangkau dari Rp 8.000 an per porsi.

Buat kalian yang ingin mencoba kelezatan dari Oseng Mercon Bu Narti maka bisa langsung mendatangi tempat yang berada di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.107, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262.

7. Wedang Ronde Mbah Payem


Makanan kuliner yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 60 an, bahkan kabarnya mantan Presiden Soeharto pernah menyempatkan waktunya untuk singgah ke tempat ini. Soal harga sangatlah terjangkau mulai dari Rp 5.000 an per porsi, sangat cocok menamani malam anda di Jogja. Kamu bisa menikmati buah karya si mbah ini mulai pukul 19.00-00.00 WIB ya.

Buat kalian yang ingin mencoba Wedang Ronde Mbah Payem Terletak di sebelah barat Alun-alun Utara Yogyakarta. Tempatnya berada di Kalang bangi lor A, Kolang Bangi Lor A, Ngeposari, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893.

8. Pecel Bu Wiryo


Makanan ini juga menjadi salah satu makanan kuliner yang menjadi primadona di kota Jogja. Siraman bumbu pecelnya yang banyak serta tersedia berbagai macam gorengan juga menambah minat pengunjung untuk menikmatinya. Mengenai harganya sendiri sangatlah terjangkau mulai dari Rp 10.000 an per porsi.

Buat kalian yang ingin mencoba kelezatan dari Pecel Bu Wiryo maka bisa langsung mendatangi tempat yang berada di Jl. Agro No.10, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

9. Wedang Tahu Bu Sukardi


Kuliner yang terdiri dari sari kedelai yang berpadu dengan wedang jahe ini punya beberapa sebutan. Semarang, wedang tahu menyebutnya sebagai tahua, Solo mengenalnya dengan tahok, dan beberapa kota lain menyebut Kembang Tahu. Musim hujan seperti sekarang, paling pas menyeruput hangat-hangat.

Di Jogja, ada salah satu lapak wedang tahu yang nikmat dan layak untuk dicoba nih, namanya Wedang Tahu Bu Sukardi.

Warung wedang tahu ini sudah memiliki tiga cabang akan tetapi pusatnya berada di Jl. Kranggan No.75, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. Lapak ini bisa kamu temui dari jam setengah 7 pagi hingga 11 siang. Kemudian cabang pertama berada di Pasar Patuk buka setiap pagi. Dua cabang lainnya berada di Depan Mirota Godean dan Jalan Pramuka, Umbulharjo yang buka setiap sore pukul 16.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Harganya wedang tahu sangat terjangkau mulai dari Rp 6.000 an per porsi.

10. Soto Bathok Mbah Katro


Soto Bathok Mbah Karto merupakan salah satu makanan kuliner yang terkenal akan kekhasan rempah, juga salah satu bahan terbaiknya adalah dari olahan sapi. Selain itu juga yang membuat tempat ini terkenal, wadah yang digunakan untuk menyajikan makanan terbuat dari tempurung kelapa. Harga Soto Bathok Mbah Katro mulai dari Rp 5.000 an per porsi.

Buat kalian yang ingin mencoba kelezatan dari Soto Bathok Mbah Katro maka bisa langsung mendatangi tempat yang berada di Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571.

Nah, semoga dengan tips diatas dapat memberikan kemudahan bagi anda ketika ingin berwisata kuliner di Jogja.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain