Anda Membutuhkan Villa Untuk Penginapan Liburan Anda? Klik Disini

Keunikan Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga

Masjid Cheng Hoo Purbalingga merupakan masjid yang menggambarkan toleransi umat beragama dipurbalingga. Desain yang unik menjadi daya tarik tersendiri
Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga

Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga merupakan salah satu destinasi wisata yang bertemakan wisata religi. Beda dengan masjid pada umumnya, masjid ini memiliki bentuk yang unik.

Lokawisata Purbalingga religi ini memiliki bentuk yang merupakan penggabungan antara Pagoda / Klenteng yang merupakan tempat ibadah Agama Tionghoa dengan Masjid yang menjadi rumah ibadah Agama Islam.

Jika diperhatikan secara singkat, kalian akan melihat sebuah klenteng yang merupakan tempat ibadah agama Tionghoa. Karena bentuknya yang menyerupai klenteng dan warnanya yang didominasi merah lengkap dengan ornamen khas Tionghoa

Sejarah Masjid Cheng Hoo Purbalingga

Nama Lengkap dari Masjid ini adalah Masjid Jami PITI Muhammad Cheng Hoo. Untuk nama Muhammad Cheng Hoo diambil dari nama pedagang muslim yang berasal dari Tionghoa. Dia sering datang di daerah-daerah Indonesia untuk berjulan dan menyebarkan ilmu Agama Islam.

Dalam sejarahya dijelaskan Muhammad Cheng Hoo merupakan laksama panglima perang yang berasal dari Yunnan. Dia merupakan laksamana yang cukup terkenal dan memimpin sebuah armada pelayaran besar

Sedangkan untuk PITI merupakan kependekan kata dari Persatuan Islam Tionghoa Indonesia, PITI merupakan sebuah organisasi Islam dari Tionghoa yang juga menjadi organisasi Muhammad Cheng Hoo bergabung.

Masjid ini dibangun pada tahun 2004 dan selesai dibuat pada tahun 2011, oleh Thio Hawa Khong, dia kemudia menjadi mualaf dan berganti nama menjadi Heri Susatyo. Pembuatan masjid ini tergolong lama, dikarenakan beberapa masalah yang dihadapi oleh pembuatnya pada jaman itu.

Tempat wisata religi yang merupakan tempat ibadah umat Islam ini, memiliki daya tarik wisatawan karena desain budaya Tionghoa. Kalian bisa beristirat sejenak disini dan beribadah sambil melihat dan memandangi keunikan desain masjid ini.

Alamat Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga

Lokasinya berada di Jalan Raya Mangunegara, tepatnya di Dusun 3, Desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga.

Jam Operasional Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga

Wisata yang satu ini merupakan rumah ibadah, tentu saja buka setiap hari selama 24 jam. Jadi kapanpun kalian mengunjungi Kota Purbalingga kalian bisa mampir masjid ini kapanpun kalian mau atau saat kalian sempat.

Harga Tiket Masjid Muhaamad Cheng Hoo Purbalingga

Kalian tidak akan dikenakan tarif masuk kemasjid ini, hanya akan dikenakan tarif parkir diarea parkinya. Dan infak seiklasnya pada pintu depan masjid.

Fasilitas Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga

Kalian tidak perlu kawatir tentang fasilatas yang tersedia didalamnya, fasilatas umum seperti kamar kecil dan lainnya tersedia disini. Selain itu terdapat fasilatas yang menurut kami menarik, diantaranya:

Tempat Ibadah Yang Unik

Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga

Tempat wisata religi ini terpusat pada bentuk atau desainya yang unik. Kalian akan melihat bagian atas masjid yang memiliki atap bertingkat dengan warna merah, putih serta hijau yang mendomanasi atapnya.

Saat kalian akan masuk masjid ini, kalian akan disambut dengan tulisan Masjid Muhammad Cheng Hoo yang ditulis dengan bahasa mandarin dan dihiasi dengan lampion lampion berwarna merah.

Ketika kalian melangkah masuk masji ini, kalian akan melihat kaligrafi yang dipadukan dengan desain ala Tionghoa, sehingga terlihat unik dan berbeda dari masjid pada umumnya. Kalian juga akan melihat kaligrafi bertuliskan Allah yang berwarna merah dengan penggabungan warna kuning.

Mungkin sekilas mirip dengan Masjid Cheng Hoo Surabaya, namun ada beberapa bagian yang berbeda dengan masjid yang di Surabaya tersebut. Diantaranya pada bagian ornamen dinding dan pilarnya.

Selain itu, warna pada masjid di Purbalingga ini terlihat lebih cerah dan berani, sedangkan masjid disurabaya terlihat lebih kalem.

Tempat Selfi Yang Instagramable

Masjid Cheng Hoo Purbalingga

Selain untuk tempat beribadah, kalian juga bisa berselfi dimasjid yang menjadi ikonik toleransi umat beragama Purbalingga ini.

Karena masih jarang masjid berbentuk unik seperti ini di Indonesia. Jadi jangan sampai kalian lewatkan untuk mengabadikan moment kalian disini.

Tempat Rest Area Yang Baik

Letaknya yang berada dijalan utama Pemalang-Purbalingga yang menjadi jalur para pemudik ini menjadikan Masjid Cheng Ho Mrebet ini sering menjadi tempat beristirahat dan menunaikan ibadah para pemudik.

Sehingga pihak pengelola menyediakan rest area disamping lataran masjid ini. Jadi kalian bisa membeli makanan dan minuman serta jajanan ringan lainnya disini.

Rest Area Dan Tempat Parkir Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga

Parkir yang Luas

Kalian tidak perlu kawatir dengan kendaraan yang kalian bawa, karena tersedia lahan parkir yang sangat luas untuk para pengunjung.

Bahkan sudah banyak bus parawisata yang parkir disini, karena masjid ini menjadi tempat rest area yang baik sekaligus unik.

Tempat Penginapan Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga

Kami tidak menemukan penginapan yang terdapat dilingkungan masjid ini. Namun kalian bisa menemukan beberapa penginapan disekitar masjid yang unik ini.

Penginapan Murah Di Purbalingga

Itulah Informasi seputar Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga yang Tourism Rank Indonesia bisa berikan. Jika kalian mengunjungi Kota Perwira ini, kalian wajib mengunjungi masjid ini.

Karena selain bentuknya yang unik, masjid ini merupakan simbol dari toleransi beragama serta akulturasi budaya yang mencampur budaya Tionghoa dengan budaya Jawa yang Islami.

Tentu artikel ini banyak memiliki kekurangan. Kalian bisa tambahkan kekurang artikel ini pada kolom komentar dibawah. Kalian juga bisa berikan kritik dan saran yang bisa membangun situs ini menjadi lebih baik. Terima Kasih.

Posting Komentar