Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Kampoeng Rawa - Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

  • Nama Tempat:
    Kampoeng Rawa
  • Alamat:
    Jln Lingkar Ambarawa KM 3, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    07.00 - 16.00 WIB

Di Semarang, Jawa Tengah siapa yang tidak tahu dengan tempat wisata satu ini. Objek yang dibangun dengan kerja sama dan karya penduduk lokal membuat kebanggaan tersendiri.

Tempat wisata ini memiliki nama Kampung Rawa Ambarawa dan spot tersebut wajib dijadikan sebagai salah satu destinasti yang harus dikunjungi saat pergi ke Semarang.

Konsep tempat wisatanya cukup unik yaitu memadukan antara objek wisata yang dibuat oleh penduduk dengan karya Tuhan yang begitu indah. Maka terbentuklah Kampoeng Rawa.

Perpaduan antara kampung wisata buatan dengan ciptaan Tuhan menghasilkan objek mempesona yaitu kampung apung yang berdiri diatas rawa pening.

Jadi saat kamu berada di atasnya maka akan terasa indah pemadangan yang terlihat. Hamparan luas rawa pening dengan udara begitu sejuk membuat banyak wisatawan tertarik berkunjung ke spot ini.

Dan pada artikel kali ini kita akan mereview tempat wisata Kampung Rawa Ambarawa yang terletak di Semarang, Jawa Tengah.

Untuk lebih jelasnya seperti bagaimana rute yang harus ditempuh serta berapa tarif masuk ke sana mari kita simak bersama ulasan dibawah ini!

Keindahan Kampung Rawa, Wisata Kuliner di Tengah Danau


Selain kuliner, hal utama yang disuguhkan oleh objek wisata ini adalah pemandangannya yang begitu indah. Berada dalam kawasan pedesaan menjadikan nilai tambah bagi Kampung Rawa.

Anda akan merasakan kesejukan dan ketentraman lingkungan pedesaan. Ditambah lagi alam disekitar yang masih bersih, sejuk, dan tentunya indah.

Obyek wisata ini diapit oleh lima gunung, di antaranya Gunung Gajah Mungkur, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, serta dataran tinggi Ungaran. Tak heran, jika pemandangan yang disuguhkan begitu indah. Sawah dengan latar belakang gunung.

Masuk ke wilayah Kampung Rawa, perjalanan Anda akan ditemani dengan sawah penduduk yang masih aktif. Hal ini menjadikan perjalanan lebih menyenangkan. Anda bisa membuka jendela mobil supaya aroma khas pesawahan dan segarnya padi lebih terasa.

Di Kampung Rawa, rumah makan atau restorannya dibentuk seperti saung – saung yang mengapung di atas perairan. Rawa inilah yang dijadikan arena berdirinya RM atau rumah makan di sini.

Jadi, sambil makan Anda juga dapat menyaksikan beberapa ikan yang berenang di rawa – rawa. Tidak perlu takut, karena saung sudah sangat kuat menampung beban.

Pemandangan indah di tengah rawa ini tentu saja sangat indah jika diabadikan gambarnya. Anda dapat berfoto di sini dengan latar belakang gunung dan sawah nan indah.

Sejarah Berdirinya

Kampung Rawa Ambarawa tentu saja memiliki cerita sejarah dibalik berdirinya objek yang indah satu ini hingga sekarang. Tepatnya Ambarawa adalah sebuah kota yang berukuran di kecil di Jawa Tengah.

Dari kota Semarang memiliki jarak kurang lebih 30 km dan 60 km saja dari Yogyakarta. Yang menjadi keunggulan lain Ambarawa adalah tempat penampungan air untuk daerah sekitarnya.

Airnya digunakan untuk mengaliri sawah di sekitarnya. Airnya itu berasal dari pegunungan yang mengitari Kampung Rawa Ambarawa.

Di Ambarawa terdapat sebuah danau yang alami dan penduduk sekitar biasa menyebut dengan nama Rawa Pening.

Rawa Pening ini yang memiliki potensi wisata alam. Ukurannya terbilang cukup besar dengan segala yang dimilikinya.

Di Rawa Pening terdapat banyak sekali ikan serta penduduk di sekitar kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Bahkan penduduk setempat membudidayakan ikan dengan memanfaatkan air bersih yang ada.

Dengan kekayaan serta potensi yang ada di Rawa Pening maka kemudian keadaan ini dimanfaatkan oleh warga di sekitar Ambarawa.

Berdirinya Kampung Rawa Ambarawa ini bekerja sama dengan Koperasi Simpan Pinjam Artha Prima yang sudah berjasa memberikan suntikan kredit terutama pada peternak ikan di sana.

Dana kredit itu digunakan membuat karamba-karamba ikan. Dan tentu saja ikan tersebut sudah menghasilkan ekonomi yang cukup bagi warga sekitar.

Dengan hasil yang cukup bagus maka peternak ikan di Ambarawa mendirikan perkumpulan atau kelompok ternak ikan untuk bekerja sama membangun wisata Kampung Rawa Ambarawa.

Dengan kesepakatan bersama terjadilah pembangunan tempat wisata Kampung Ambarawa. Berdirinya spot tersebut tidak serta merta berjalan mulus, karena beberapa waktu lalu kawasan ini sempat ditutup karena cuaca kurang mendukung.

Fasilitas dan Wahana di Kampung Rawa


Selain menyediakan wisata kuliner, di Kampung Rawa juga menyediakan wahana permainan lainnya. diantaranya ATV, jet ski, perahu karet, perahu kayu, perahu motor, bebek air, becak air, serta becak mini.

Untuk bisa menikmati wahana tersebut, Anda dapat membayar tiket terusan dengan tarif Rp 90.000 untuk hari biasa dan Rp 100.000 untuk hari libur dan weekend. Tetapi jika anda tidak ingin membeli tiket terusan anda hanya perlu untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 2.000 saat weekday dan Rp. 3.000 saat weekend dan hari libur.

Di sini juga terdapat fasilitas berupa ruangan yang disewakan. Hall atau aula terapung di tengah Danau Rawa Pening dengan berbagai kapasitas, mulai dari 25 orang, 40, 75, 100, hingga 250 orang.

Terdapat juga rumah joglo yang dikhususkan untuk acara besar seperti wedding party. Jadi selain untuk wisata, tempat ini juga dapat menjadi tempat pertemuan.

Jika Anda ingin memancing, di sini juga disediakan kolam pemancingan serta peralatan memancing. Jadi, Anda juga dapat menikmati hasil pancingan Anda dengan terlebih dahulu dimasak oleh pihak rumah makan.

Untuk harga makanan di objek wisata ini, sangatlah terjangkau. Bahkan tidak terlalu mahal mengingat tempatnya begitu menyenangkan.

Untuk makanan diantaranya ayam, gurami, nila, udang, kakap, bandeng, kepiting, kerang, cumi, nasi goreng, aneka mie, aneka oseng dan cah, serta sup. Minuman pun beragam, mulai dari juice, ice blend, minuman hangat, beragam es, dan tak lupa kelapa muda nan segar.

Harga makanan mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 50.000 per porsi. Sementara harga minuman mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 15.000 per porsi. Jika Anda ingin memesan dalam jumlah besar, diharapkan untuk menghubungi nomor telepon terlebih dahulu supaya tidak lama menunggu.

Jalan Menuju Lokasi

Kampung Rawa Ambarawa berlokasi di Jalan Sarbini Km 03, Kelurahan Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

Untuk rute yang perlu dilalui sebetulnya sangat mudah. Banyak sekali petunjuk jalan yang akan membantu Kamu menuju ke sana.

Tetapi untuk lebih jelasnya kami dari tim jejakpiknik.com akan membantu cara terbaik untuk dapat sampai ke Kampung Rawa Ambarawa tanpa tersesat.

Kamu juga bisa menggunakan transportasi umum seperti taksi atau ojek. Di sekitar daerah Ambarawa sudah tersedia beberapa titik tukang ojek pengkolan yang akan siap mengantar Kamu ke Kampung Rawa Ambarawa.

Kamu bisa melewati Jalan Lingkar Ambarawa kemudian langsung akan menemui tempat wisata ini.

Kampung Rawa Ambarawa terlihat dari jalan raya yang akan Kamu lewati nanti. Nah, dari jalan raya itu silahkan parkir kendaraan di sana karena untuk masuk ke Kampung Rawa Ambarawa bisa dengan jalan kaki dan hanya memiliki jarak 200 meter saja.

Sebagai tanda, di jalan raya tersebut akan terlihat gapura yang sangat besar. Gapura tersebut menandakan bahwa Kamu sudah sampai di Kampung Rawa Ambarawa.

Tetapi jika Kamu masih merasa bingung dengan rute yang sudah kami berikan, alternatif lain yaitu menggunakan titik koordinat di atas.

Titik koordinat tersebut bisa langsung kamu akses dengan Google Maps di smarthphone. Secara langsung titik koordinat tersebut akan memberikan rute jalan menuju Kampung Rawa Ambarawa. Kamu tinggal ikuti arah dan petunjuk.

Jam Buka

Untuk jam buka di Kampung Rawa Ambarawa tersebut yaitu mulai pagi jam 8 hingga malam hari jam 7 setiap hari baik di saat weekdays atau di hari libur nasional dan keagamaan.

Dan biasanya pada saat hari libur, Kampung Ambarawa tersebut akan dibandjiri oleh pengunjung baik masyarakata lokal maupun pelancong dari luar kota.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuknya juga memiliki variasi harga yaitu Rp.2.000 untuk hari Senin-Jumat. Saat weekend atau Sabtu, Minggu dan Hari Libur, kamu perlu membeli tiket seharga Rp.3.000.

Harga tersebut tentu saja sebanding dengan semua yang akan Kamu dapatkan. Selain pemandangan indah, kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di Kampung Rawa Ambarawa.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain