Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pesona Alam Curug Silintang Purbalingga - Tiket, Daya Tarik dan Tips Berkunjung

  • Nama Tempat:
    Curug Silintang
  • Alamat:
    Kemojing, Desa Tlahab, Tlahab Kidul, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia, 53357
  • Jam Buka:
    07.00 - 16.30 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
Purbalingga yang wilayahnya di kawasan pegunungan dan perbukitan membuatnya memiliki potensi alam yang cantik. Aneka keindahan di lereng Gunung Slamet membuat tempat ini kaya akan obyek wisata salah satunya air terjun. Beragam curug atau air terjun tersebar di beberapa titik, salah satu yang menarik adalah Curug Sumba. Salah satu keindahan tersembunyi yang masih belum dikenal luas. Padahal tempat ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Lokasi Curug Sumba berada di desa terpelosok dengan dominasi hutan serta pepohonan. Namun itulah yang justru menjadi daya tarik dari tempat ini. Suasana yang asri dan masih alami sangat cocok bagi para pecinta wisata petualangan.

Selain itu yang menarik lagi adalah jika dilihat dari kejauhan air di air terjun ini berwarna hijau kebiruan. Namun ketika semakin dekat airnya terlihat sangat jernih dan sebening kaca. Nikmati deburan air terjun dengan suara-suara alam dari hutan membuat tempat ini sangat cocok bagi yang mencari ketenangan.


Harga Tiket Masuk Curug Sumba

Untuk dapat menikmati keindahan di wisata air terjun ini setiap wisatawan membayar tiket masuk. Harga tiketnya Rp. 5.000 murah meriah dan terjangkau. Cukup sekali bayar wisatawan bisa sepuasnya menikmati pemandangan. Tidak ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan.

Jam Buka Curug Sumba

Curug Sumba buka setiap hari dari pagi hingga sore hari 07.00 - 16.30 WIB. Hindari berkunjung pada saat hujan karena cukup berbahaya.

Wisata Air Terjun di Pelosok Desa

Terletak di Desa Tlahab, Curug Sumba adalah sebuah tempat wisata yang letaknya bisa tergolong sangat tersembunyi. Jauh dari hiruk pikuk kota dan memiliki suasana hutan yang asri menjadi keunggulan dari tempat ini.

Berada di area lereng gunung menyebabkan udaranya terasa sejuk dan menyegarkan. Yang menarik adalah di bawah air terjun ada sebuah telaga yang cukup besar. Telaga sering digunakan untuk mandi dan bermain air.

Air di curug ini sangat jernih karena langsung bersumber dari pegunungan. Siapapun yang datang pasti tergoda untuk segera merasakan kesegaran airnya. Berbagai aktivitas tersedia. Selain mandi di bawah air terjun, bisa bersantai menikmati pemandangan. Suara deburan air berpadu dengan suara hutan yang asri menjadi perpaduan yang mampu menentramkan jiwa.

Menuruni Puluhan Anak Tangga


Sebelum mencapai air terjun harus berjalan terlebih dahulu dari parkiran kendaraan. Kemudian akan menuruni puluhan anak tangga untuk bisa mendekat ke air terjun. Dari anak tangga sudah bisa melihat pesona air terjun dari kejauhan.

Karena letaknya lebih tinggi membuat pemandangan hutan yang berada di atas air terjun pun juga akan terlihat. Di kanan kiri anak tangga juga berhiaskan aneka bunga warna-warni yang menambah kecantikan dari tempat ini.

Taman Bunga Yang Indah

Selain air terjun, obyek wisata Curug Sumba juga memiliki area taman yang luas. Area rerumputan dan hamparan bunga warna-warni membuat area taman ini sangat cocok untuk bersantai. Ditambah dengan beberapa bangunan gazebo sebagai tempat beristirahat .

Kawasan taman ini terlihat sangat rapi dengan adanya jalan berupa paving blok. Berjalan-jalan melihat koleksi bunga dan tanaman hias juga bisa menjadi pilihan untuk menyegarkan pikiran.

Mandi di Air Yang Jernih

Aktivitas favrorit di obyek wisata ini tentu saja adalah mandi di bawah air terjun. Terdapat telaga yang luas serta aliran sungai yang bisa dipakai untuk bermain air. Air yang jernih dan segar membuat wisatawan pasti sangat betah mandi di tempat ini.

Kedalaman dari kolam di bawah air terjun juga bervariasi. Untuk yang tepat berada di bawah jatuhnya air memiliki kedalaman sekitar 170-200 cm. sementara untuk bagian sisinya sekitar 150cm.

Gua Kecil di Sekitar Curug Sumba

Di salah satu sudut air terjun terdapat semacam terowongan kecil yang memiliki bentuk seperti gua. Area ini sering tergenang air dan memiliki air terjun kecil. Wisatawan bisa bermain air di area gua ini. Batuan di atasnya sangat rendah sehingga untuk masuk ke sini wisatawan harus membungkuk.

Beragam Keindahan Yang Cocok Untuk Berfoto

Bagi penggemar fotografi, Curug Sumba ini memiliki banyak keindahan yang cocok sebagai objek foto. Air terjun dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan jika terlihat dari kejauhan menjadi salah satu obyek foto favorit.

Namun selain air terjunnya, tempat ini memang sangat indah di setiap sisinya. Baru sampai di parkiran wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau yang menjulang. Pemandangan bukit ditambah dengan area sawah dan perkebunan di bawahnya yang semakin menambah eksotis.

Fasilitas di Curug Sumba

Obyek wisata ini juga sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Di tempat ini tersedia area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, kolam renang anak, warung kuliner, gazebo hingga mushola.

Alamat Curug Sumba

Air terjun ini beralamat di Kemojing, Desa Tlahab, Tlahab Kidul, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Dari pusat kota tempat ini berjarak sekitar 16km dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar setengah jam saja.

Tips Berkunjung

Dapatkan perjalanan liburan di Curug Silintang yang semakin seru, asyik dan menyenangkan dengan mempersiapkannya dengan baik.

Simak beberapa tips wisata untuk menemani perjalanan liburan anda di Curug Silintang Purbalingga:
  • Waktu terbaik untuk explore pesona keindahan alam dari Curug Silintang Purbalingga yaitu di pagi hari.
  • Datang di musim hujan saat cuaca cerah untuk menikmati debit air yang menakjubkan.
  • Jangan lupa bawa baju ganti, bekal makanan dan kamera untuk menunjang aktivitas liburan anda.
  • Tetap jaga keindahan alam dan kebersihan Curug Silintang ketika berkunjung. Berhati-hati dan jaga keselamatan ketika berkunjung.
Semoga informasi dan ulasan wisata diartikel ini bisa memudahkan perjalanan liburan anda di Curug Silintang.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain