Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

32 Tempat Wisata Ngawi Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur terbaru yang lagi hits dan populer dengan harga tiket masuk, lokasi, aktivitas seru dan biaya parkir, serta bakal ada objek spot foto kekinian, wisata edukasi, pemandian, danau pilihan liburan seru lainnya yang bakal kita rangkum pada kesempatan kali ini.

Kabupaten Ngawi merupakan Daerah yang menjadi pembatas antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, dimana Wilayah Ngawi juga sering menjadi lintas perjalanan dari arah Kota Surabaya ke Solo atau tujuan sebaliknya.

Wilayah Ngawi sendiri memang jauh dari yang namanya tepi lautan, jadi untuk mengunjungi pesisir pantai, warga Ngawi harus rela menempuh kurang lebih 120 kilometer ke Daerah selatan Trenggalek.

Namun keadaan wilayahnya yang terletak di kaki Gunung Lawu, menjadikan Daerah ini hinggapi banyak air terjun, aliran sungai hingga sumber mata air danau yang bisa menjadi alternatif tempat berlibur yang menarik bareng keluarga.

Disamping memiliki tempat liburan bertema alam, beberapa objek buatan seperti waterpark, wahana spot berfoto, peninggalan sejarah juga menawarkan daya tarik tersendiri untuk di explore.

DAFTAR WISATA DI NGAWI

Untuk menikmati liburan yang menarik saat di Ngawi, kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata dibawah ini, yang sudah di rangkum dengan informasi biaya masuk, aktivitas serta lokasinya.

AIR TERJUN SUWONO


Yang pertama ada wisata air terjun Suwono, saya sendiri sangat merekomendasikan tempat liburan ini, karena dari akses medan jalan yang bagus serta sudah berpaving, sehingga para pengunjung bisa dengan mudah membawa kendaraan sampai ke pintu masuk tempat wisata.

Dari gerbang wisatawan bisa memarkir kendaraan, kemudian menuju ke lokasi wisata air terjun sekitar 250 meter, jadi para pengunjung harus berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 12 menit.

Meski terbilang harus tracking agak jauh, nuansa pemandangan pohon karet maupun jati yang cukup rindang mampu menjadi pengusir rasa lelah.

Nah, Untuk masalah konsumsi, di area air terjun Suwono ini tidak terdapat penjual makanan atau minuman, tetapi kita bisa menemukan warung atau kantin di luar pintu masuk tempat wisata ini.

Mungkin tujuan pengelola meniadakan kantin di dalam wisata air terjun Suwono Ngawi, karena ingin meminimalisir masalah sampah bekas jajanan yang sering memberi efek negatif bagi sektor Pariwisata.

Kemudian untuk tarif parkir kawasan wisata alam di Ngawi ini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 5.000,- Permotor dan Rp. 10.000,- per kendaraan mobil.
  • Alamat : Objek wisata air terjun Suwono berada di Dusun Ngetrep, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi.
  • Tiket Masuk : Untuk berkunjung ke tempat liburan alam ini, anda hanya dikenakan biaya Rp. 15.000,- perorang.
AIR TERJUN SRAMBANG PARK


Kembali lagi ke kawasan alam, ada objek wisata air terjun Srambang Park Ngawi yang juga tak kalah indah jika dibanding dengan curuk Suwono.

Terletak di lereng Gunung Lawu tepatnya di Desa Girimulyo, tempat wisata di Ngawi ini bukan hanya menawarkan wajah air terjun saja, namun juga dikembangkan dengan berbagai wahana spot berfoto yang sangat indah.

Mulai dari kincir angin ala negeri Rotterdam, gardu pandang, jembatan panggung berwarna-warni maupun taman bunga, menjadi daya tarik yang membuat tempat liburan di Ngawi ini tak pernah sepi dikunjungi wisatawan domestic maupun mancanegara.

Untuk gambaran akses menuju lokasi, hampir sama seperti di wisata air terjun Suwono yang mana kita harus tracking jalan kaki terlebih dahulu, dengan jarak kisaran 450 meter dari area tempat parkir kendaraan ke kawasan Srambang Park.

Meski tergolong lumayan jauh, namun jalur menuju tempat wisata ini dilengkapi adanya fasilitas warung pinggir jalan yang menjual minuman serta gazebo tempat bersantai.
 
Untuk urusan parkir di wisata Srambang Park di Ngawi ini, tarifnya tergolong normal seperti kebanyakan lokasi liburan lainnya, yakni Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda kemudian Rp. 5.000,- bagi kendaraan mobil.
  • Lokasi : Objek wisata Air Terjun Srambang Park sendiri terletak diarea Hutan Jogorogo, tepatnya di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.
Untuk urusan parkir di wisata Srambang Park di Ngawi ini, tarifnya tergolong normal seperti kebanyakan lokasi liburan lainnya, yakni Rp. 2.000,- untuk kendaraan roda kemudian Rp. 5.000,- bagi kendaraan mobil.

AIR TERJUN PENGANTIN


Menurut sejarahnya, air terjun Pengantin ini dahulunya sering dipergunakan sebagai lokasi ritual para calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan.

Konon sebelum akat nikah berlangsung, para calon mempelai di mandikan terlebih dulu di kucuran curug ini oleh Tokoh Agama Daerah.

Untuk mengunjungi lokasi ini, rute termudahnya adalah menuju titik pasar Kecamatan Ngrambe dahulu, karena kawasan ini berada hanya sekitar 1 kilometer saja, setelahnya kamu bisa bertanya ke beberapa warga maupun penduduk sekitaran.

Kemudian untuk kondisi jalan dari pintu masuk sampai ke lokasi wisata air terjun Pengantin di Ngawi terbilang cukup indah bentuk desainnya, meski anak tangga berbelok-belok dan lumayan panjang sekitar 250 meter, kamu bisa membasuh kelelahan dengan mengisi aktivitas menyenangkan seperti berfoto maupun bersantai di beberapa titik istirahat yang telah disediakan.

Meski saat balik dari lokasi kita bakal menaiki medan menanjak, rasa-rasanya hal tersebut nggak bakal menjadi alasan buat kita merasa ngeluh capek saat melewatinya.

Dan di area Air Terjun Pengantin Ngawi untuk saat sendiri sudah tersedia dek panggung unik dari bambu, mungkin sangat menarik buat tempat mengambil foto dengan latar background air terjun cukup indah ini.

Masalah urusan area parkir, pengunjung bisa menitipkan di dekat rumah Warga Desa, dan untuk biaya parkir di wisata waterfall pengantin sendiri, anda hanya perlu membayar tarif Rp. 5.000,- permotor dan Rp. 10.000,- permobil.
  • Lokasi : Wisata alam air terjun Pengantin terletak di Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatam Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga Tiket : Nah, Untuk bisa masuk ke tempat wisata waterfall pengantin ini anda hanya perlu merogoh biaya Rp. 7.000,- di hari biasa dan di hari libur Rp. 10.000,-
SELO ONDO NGAWI


Tempat wisata di Ngawi selanjutnya ialah kawasan yang populer dengan liburan camping groundnya, yaitu taman selo ondo yang berlokasi di kawasan Hutan Jogorogo atau di kaki Gunung Lawu.

Suasana sejuk dan eksotis alam kehijauan akan terasa nampak saat pertama kali menginjakkan kaki di area wisata ini, berbagai wahana menarik yang bisa dinikmati kalangan anak-anak hingga dewasa membuat tempat liburan ini sering menjadi tujuan utama mengisi waktu liburan.

Fasilitas kenyamanan yang tersedia di Selo Ondo juga cukup lengkap, antara lain toilet, kantin, musholla, beberapa gazebu unik untuk bersantai, lahan parkir yang luas serta kolam renang dengan tiket terusan Rp 5.000,- bagi yang ingin menikmati permainan air segar asli sumber dari Pegunungan Lawu.

Sedangkan untuk bercamping maupun outbond, para traveler tidak di pungut biaya tambahan atau tarif tiket terusan lagi, tetapi harus lapor atau ijin ke Balai Desa setempat yaitu Kantor Desa Ngrayudan.

Selanjutnya bagi yang membawa kendaraan pribadi, kamu akan dikenakan tarif Rp. 2.000,- Permotor dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan berjenis roda empat.
  • Alamat : Objek Wisata Selo Ondo sendiri berada tepat di Dusun Gagar, Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Ngawi.
  • Tiket Masuk : Hanya di kenakan biaya operasional masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang.
TIRTA WISATA JAHE KLENTING


Kawasan wisata di Ngawi untuk liburan kuliner berkonsep indoor dan outdoor memang mulai banyak dikembangkan, salah satunga Jahe Klenting yang merupakan tempat liburan bertema rumah makan namun dipadu dengan kolam renang dan pemancingan.

Untuk kolam renangnya cukup bervariasi mulai khusus anak - anak hingga orang dewasa dan tentunya dengan tingkat kedalaman yang disesuaikan dari 1/2 meter sampai 2 meter.

Menariknya, air kolam tersebut tidak berjenis kaporit seperti halnya kebanyakan pemandian di Ngawi lainnya, dan nyaman dinikmati kalagan anak kecil. selain itu, untuk mencoba wahana air tersebut, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Ditambah nuansa sekeliling yang di dominasi pepohonan lebat serta banyak bangunan gazebo berupa gubuk bambu membuat lokasi wisata Jahe Klenting patut kamu jadikan destinasi favorit tujuan berlibur khususnya bareng keluarga.

Akses lokasi Tirta wisata Jahe Klenting Ngawi sendiri mudah di jangkau kendaraan pribadi maupun umum, sebab lokasinya terletak tak jauh dari SPBU dan Terminal Sidowayah yang masih satu Dusun maupun Desa atau berjarak kurang lebih 200 meter saja.

Kemudian untuk jam operasional kunjungan ialah mulai pukul 08.00 Wib pagi hingga pukul 17.00 Wib sore menjelang malam.
  • Alamat : Terletak di Dusun Blembem, Desa Jenggrik, Kecamatan Kedunggalar.
  • Tiket Masuk : Untuk berlibur ke tempat wisata keluarga di Ngawi ini kamu hanya cukup merogoh biaya Rp. 5.000,- saja perorang, kemudian untuk parkir kendaraan ialah Rp. 2.000,- permotor dan Rp. 5.000,- permobil.
SUMBER KOSO


37 kilometer sebelah barat daya kota Ngawi, terdapat Sumber Koso yang berada di tempat yang indah di lereng Gunung Lawu.

Wisata alam ini dikelola oleh Perhutani RPH Salam dan penduduk setempat, yang menempati lahan hutan pinus.

Sumber Koso dikenal dengan kegiatan santainya dan suasana sejuknya. 

Ada kolam ikan, jembatan gantung, camping area dan beberapa gazebo istirahat, serta area berfoto yang paling cocok untuk anak muda yang gemar mengoleksi kenangan.
  • Lokasi : Girikerto, Sine, Ngawi, Jawa Timur.
  • Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
DESA WISATA BRUBUH (TAMAN KAYANGAN)


Wisata terbaru tubing sekaligus taman bermain di Ngawi yang baru di buka awal juni 2019 datang dari Desa Brubuh, yaitu river tubing & taman kayangan.

Terletak di kaki Gunung Lawu menjadikan wisata petualangan air ini penuh nuansa alam hijau yang sejuk serta aliran sungai yang bisa dibilang cukup jernih dan deras.

Biaya Paket Tubing, karena masih dalam tahap promosi wisata. pengelola tubing hanya mematok biaya murah yaitu Rp. 20.000,- perteam. 

Selain bermain River Tubing di sungai, di objek wisata kayangan ini juga menyajikan beberapa wahana permainan keluarga seperti ATV, Flying Fox, High Swing, Hammock Susun, Mini Trail dan Kayangan Swing.

Oleh sebab itu, mengisi waktu liburan ke Desa Wisata Brubuh sangatlah seru apalagi bersama keluarga atau pasangan, karena selain hawa eksotis alam yang asri kita juga mendapat pengalaman berpetualang yang penuh sensasi.

Wisata Kayangan ini juga memiliki area parkir yang cukup mumpuni dengan tarif perkendaraan motor Rp. 2.000,- dan untuk kendaraan roda empat berkisar Rp. 5.000,-
  • Lokasi : Berada di Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi.
  • Biaya Tiket : Terbilang murah, karena hanya Rp. 5.000,-
KOLAM RENANG HARGO DUMILAH


Wisata Hargodumilah, merupakan salah satu rekomendasi tujuan berlibur di Ngawi bareng keluarga, daya tarik utama daripada tempat liburan ini ialah adanya kolam renang dengan 3 jenis kedalaman yang berbeda - beda dan cocok dinikmati kalangan anak - anak karena jenis air wisata ini tidak mengandung kaporit alias sumber alami.

Untuk menambah suasana yang menyenangkan, pengelola wisata juga mendesain kawasan wisata kolam renang Hargo Dumilah ini dengan banyak tempat bersantai seperti gazebo dan kursi.

Selanjutnya untuk masalah konsumsi, pengunjung nggak usah khawatir, karena tempat ini sejatinya di bangun dengan konsep tambahan wisata kulinernya.

Pastinya aktivitas kuliner tersebut nampak menarik dilakukan, sembari menunggu sang buah hati bermain air di kolam renang.

Jam operasional kunjungan wisata Hargodumilah sendiri mulai pukul 08.00 Wib hingga tutup malam hari pukul 20.00 Wib.
  • Lokasi : Jalan Ngrambe - Jogorogo, RT.01/RW.03, Desa Setono, Kecamatan Ngrambe.
  • Tiket Masuk : Hanya cukup mengeluarkan tarif sebesar Rp. 15.000,- dan bebas menikmati kolam renang serta gazebo yang disediakan.
WATU JONGGOL


Watu Jonggol merupakan tempat liburan di Ngawi yang terletak di lereng Gunung Lawu, sehingga terkesan bercuaca dingin.

Di objek wisata watu jonggol ini anda akan melihat bebatuan tebing Gunung yang tertata indah dengan adanya taman sebagai pelengkapnya.

Disamping itu, Watu Jonggol juga memiliki sebuah air terjun serta kolam renang yang airnya asli dari mata air Pegunungan Lawu.

Ditambah lagi tempat rekreasi Watu Jonggol ini juga dihiasi dengan beberapa patung - patung unik yang cocok sebagai tempat mengabadikan moment liburan sambil berfoto.

Akses termudah menuju lokasi wisata Watu Jonggol ini lebih gampangnya dari pasar Kecamatan Sine terlebih dahulu, lalu pada pertigaan anda ambil arah selatan, setelah di Desa Pandansari anda harus melewati jalan berbelok pinggir jurang yang agak curam namun cukup aman sebagai lintasan kendaraan. jadi bagi pengendara harap berpengalaman demi keamanan saat liburan.

Pemandangan pohon pinus bakal mewarnai di sepanjang perjalanan ke tempat wisata watu jonggol ini. apalagi saat weekend atau libur nasional maka kepadatan pengunjung akan terasa. namun untuk hari  hari biasa pengunjung lumayan longgar. selain itu di sebelah atas wisata ini juga terdapat area khusus camping atau outbond.
  • Alamat : Desa Pandansari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi.
  • Tiket Masuk : Pengunjung hanya di kenakan biaya Rp. 5.000,- saja perorang.
BUKIT KEREK INDAH


Jika anda ingin mencari pemandangan diatas Pegunungan dengan harapan dapat melihat keindahan alam Hutan yang hijau dan luas serta aliran Sungai Bengawan Solo. maka Wisata Bukit Kerek Indah adalah tempat yang ideal untuk sejenak melapas diri dari hiruk pikuk kota agar pikiran menjadi fresh.

Hal menyenangkan ketika berlibur tempat wisata Bukit kerek di Ngawi ini ialah menikmati udara segar dari atas dek panggung yang terbuat dari bambu serta terdapat pula tempat spot instagramable unik lainnya seperti taman bunga yang cocok buat tempat ngambil foto.

Kemudian untuk tempat parkir kendaraan sendiri berada di dekat pintu masuk wisata. tersedia lahan parkir yang mumpuni bagi pengunjung dengan biaya Rp. 5.000,- perkendaraan.

Namun sayangnya obyek ini sekarang kurang terawat, meski begitu spot pemandangan alamnya tidak pernah muram menyapa pengunjung. mengagukan dan selalu menenangkan jiwa.
  • Alamat : Wisata Bukit Kerek Indah berlokasi di Jl. Bojonegoro-Ngawi, Dusun Napel, Desa Kerek, Kecamatan Ngawi.
  • Harga Tiket : Tarif masuknya sangat terjangkau. yaitu Rp. 2.000,-
MONUMEN SOERJO


Menurut sejarah, monumen ini dibangun untuk menghormati perjuangan gubernur pertama jawa timur yang pada saat itu gugur pada peristiwa G30S-PKI. dengan harapan monumen ini dapat menjadi pengingat sejarah kelam pada saat itu.

Selain itu, monumen kebanggan warga Ngawi ini sering di manfaatkan menjadi tujuan berlibur banyak orang dengan mengabadikan pengambilan foto. karena selain monumen patung, di area ini juga terdapat taman luas yang cocok buat nyantai dan juga sebuah penangkaran rusa yang menjadi kesan liburan bareng keluarga ataupun sahabat nampak seru.
  • Lokasi : Monumen di Ngawi ini sendiri sangat strategis dan mudah di cari, yakni terletak di Jl. Raya Solo-Ngawi, Banjarejo, Pelang Lor, Kedunggalar.
  • Tiket Masuk : Wisatawan tidak dikenakan biaya retribusi atau Gratis.
WISATA GAYAM PARK


Wisata yang lagi Ngehits yaitu Gayam Park, merupakan wisata pemandian atau bertipe kolam renang keluarga di Ngawi yang di balut dengan adanya taman bunga yang memunculkan banyak view menarik cocok buat berfoto.

Tidak hanya itu, kawasan ini juga dilengkapi dengan pemancingan ikan dan juga beberapa gazebo dari bambu sehingga menciptakan suasana yang adem ayem saat liburan kesini.

Selain itu di dalam area wisata Gayam Ngawi sendiri terdapat warung yang di desain menarik dengan harga yang bersahabat. jadi cocok sebagai tempat wisata kuliner bersama keluarga maupun dengan teman.

Untuk biaya parkir, di lokasi wisata gayam park sendiri area parkirnya sangat mumpuni dan tidak dikenakan biaya. karena sudah satu paket dengan tiket masuk wisata.
  • Lokasi : Pemandian Gayam park ini berada di Desa Mungur Gayam, Kecamatan Kendal.
  • Tiket Masuk : Anda perlu mengeluarkan biaya tiket masuk wisata sebesar Rp. 10.000,-
TAMAN OLBA GERIH


Tujuan wisata di Ngawi untuk liburan yang menarik tahun 2022 sangatlah beragam, mulai dari puncak perbukitan, kawasan Hutan Lindung, Museum maupun objek rekreasi keluarga seperti Taman Olba.

Daya tarik dari Taman Olba Gerih di Ngawi ini ialah suguhan wahana permainannya, seperti Terapi Ikan, Penangkaran Kecil Hewan, Permainan ATV, Kolam Renang dan Flying Fox dan yang pasti semua atraksi tersebut bakal membuat liburan anda bersama keluarga terasa menyenangkan.

Selain itu, di Wisata Taman Olba ini juga terdapat area outbond yang cocok bagi tempat bercamping bersama teman.

Untuk menuju Lokasi Wisata Olba ini lebih gampangnya dari pasar Kecamatan Gerih lalu ambil jalur ke arah utara. dan perkiraan hanya berjarak kurang lebih 350 meter sudah sampai kelokasi pintu masuk wisata.
  • Alamat : Desa Gerih, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi.
  • Harga Tiket : Masalah biaya masuk ke Taman Olba, pengunujung hanya dikenakan tarif Rp. 5.000,-
AGRO TECHNO PARK


Wisata Agro techno merupakan kebun dengan banyak tanaman dan bangunan tangga yang di desain indah serta dipadu beberapa warna sehingga aura tempat wisata ini memunculkan beragam sudut spot berfoto yang menarik.

Disisi lain terdapat aliran sungai pinggir taman yang mengalir cukup deras, sehingga dapat menambah suasana wisata kita terasa alami.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini antara lain warung kuliner, musholla, toilet serta parkir dengan tarif Rp. 5.000,- per kendaraan.
  • Alamat : Tepatnya berada di Dusun Ngelo, Desa Wakah, Kecamatan Ngrambe.
  • Tiket Masuk : Menikmati pesona Agro Techno ini anda hanya di bebankan biaya sekitar Rp. 2.000,-
TAMAN LABIRIN NGAWI


Labirin Ngawi merupakan tema desain wisata taman baru yang lagi ngetrend di kalangan wisatawan, seperti halnya taman labirin Coban Rondo di Malang atau labirin wisata Bunga Nusantara Cianjur yang mendesain tanamannya sehinggah menjadi dinding memanjang berbelok-belok yang menarik sebagai permainan petak umpet dan area spot foto yang unik.
  • Alamat : Terletak di Komplek Benteng Van Den Bosch, Pelem 2, Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
  • Tiket Masuk : Rp. 5.000,- (Satu Paket dengan Benteng Van Den Bosch).
BENTENG VAN DEN BOSCH


Bangunan benteng bersejarah peninggalan jaman penjajahan belanda merupakan bangunan tua yang sebelumnya terpendam tanah dan sekarang sudah di pugar oleh Pemkot Ngawi.

Meskipun hanya bangunan tua tetapi Benteng Van Den Bosch mampu menyita perhatian dari banyak orang sebagai tempat liburan bertema edukasi sejarah peninggalan.

Bangunan Van Den Bosch sendiri berada tak jauh dari alun-alun kota hanya berkisar 700 meter saja. sangat cocok sebagai tempat prewedding ala klasik tempo dulu. karena banyak sudut spot foto menarik yang jarang kita temui pada model bangunan saat ini.
  • Lokasi : Jl. Untung Suropati No. 2, Pelem, Kecamatan Ngawi.
  • Tiket Masuk : Sudah satu paket dengan Taman Labirin yang terletak satu area.
JAMUS TEA PLANTATION


Wisata alam Ngawi yang bernuansa perbukitan sejuk dan eksotis bakal menghiasi pemandangan di lokasi wisata jamus tea plantation ini.

Di tempat wisata ini sendiri terdapat kolam renang dan air mancur yang di tata indah dengan balutan taman sebagai spot foto saat liburan kesini.

Kemudian bagi kamu yang membawa kendaraan, terdapat area parkir yang terbilang cukup luas dengan biaya Rp 2.000,- per motor dan untuk kendaraan roda empat Rp. 5.000,-.
  • Alamat : Terletak di lereng Gunung Lawu atau tepatnya di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi
  • Tiket Masuk : Rp. 10.000,- tiap orang.
WISATA MUSEUM TRINIL


Wisata Museum Trinil Ngawi merupakan sebuah tempat penyimpanan atau peninggalan jaman sejarah purbakala.

Museum Trinil sendiri sangat cocok sebagai tujuan liburan edukasi untuk para pelajar yang ingin lebih dalam mengenal ilmu peradaban manusia. beberapa peninggalan yang ada di Museum ini kebanyakan fosil - fosil Hewan Purba dan Manusia Purba.

Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan Museum Trinil lumayan banyak, antara lain Gazebo di halaman depan Museum yang khusus untuk tempat bersantai serta terdapat pula lahan parkir yang luas.
  • Lokasi : Museum ini terletak tepat di Wilayah Dusun Pilang, Desa Kawu, Kedunggalar.
  • Tiket Masuk : Untuk berwisata edukasi ke tempat ini, anda hanya perlu merogoh uang sebesar Rp. 3.000,- perorang.
WISATA OMAH WATU


Dari liburan Museum kita beranjak ke tempat wisata sejarah lagi, ada Omah Watu yang cukup unik bangunannya.

Arsitekturnya sangat artistik khas jaman lampau, karena hanya batu yang ditumpuk tanpa semen seperti halnya bangunan candi, selain itu terdapat anak tangga serta dek bambu agar pengunjung bisa menikmati desain bangunan secara utuh dari atas.

Menurut sejarahnya, situs bersejarah Omah Watu ini di bangun sendiri dengan tumpukan batu bata oleh salah seorang leluruh Desa.

Sedangkan di area halaman anda bakal menjumpai taman bunga yang cocok untuk bersantai maupun befoto. namun untuk akses menuju ke Omah Watu ini sangat menanjak medan jalannya jadi harus ekstra hati - hati.
  • Alamat : Di Dusun Ngroto, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe.
  • Tiket Masuk : Pengelola membebankan biaya Rp. 5.000,- perkunjungan.
TIRTONIRMOLO WATERPARK


Setelah berwisata ke tempat sejarah. anda bisa melanjutkan mampir ke tempat pemandian agar tubuh terasa fresh, tepatnya di wisata Tirtonirmolo Waterpark Ngawi.

Konsep daripada tempat liburan ini ialah sebuah taman air berupa kolam renang dengan dengan adanya slide prosotan atau boomerang slide seperti halnya kebanyakan waterboom di kota - kota lainnya.

Selain permainan air, tempat rekreasi ini juga dilengkapi resort dengan berbagai menu serta cafetaria, jadi sangat recomended juga sebagai destinasi wisata kuliner di Ngawi untuk liburan yang menarik bareng sahabat maupun keluarga.
  • Alamat : Di Jalan Raya Ngawi-Madiun Km. 07, Sambi, Tempuran, Kecamatan Ngawi.
  • Tiket Masuk : Terbilang terjangkau jika dilihat dari nuansa yang disuguhkan, dimana pengunjung hanya dikenakan tarif tiket Rp. 15.000,- dihari biasa dan Rp. 20.000,- Saat hari libur.
EMBUNG KUNIRAN NGAWI


Kawasan wisata alam dengan tampilan sebuah bendungan sungai yang dikelilingi pohon hutan pinus yang luas menjadikan tempat ini terasa indah dan menarik sebagai tujuan liburan yang menyenangkan.

Dengan dekorasi desain beberapa spot berfoto seperti perahu bambu dan dek panggung bambu, kesan alam yang hijau serta sungai yang segar menjadi daya tarik orang berlibur ke tempat wisata Embung Kuniran Ngawi.

Untuk akses ke lokasi tempat wisata ini cukup mudah karena tempatnya tak jauh dari pemukiman warga, kemudian untuk fasilitas terbilang masih dalam tahap pengembangan namun sudah terdapat tempat parkir kendaraan maupun pedagang makanan.
  • Lokasi : Daerah Dusun Krajan, Desa Kuniran, Kecamatan Sine.
  • Biaya Masuk : Cukup merakyat atau bersahabat, yang mana pengunjung hanya dikenakan tarif tiket sebesar Rp. 5.000,-
TAMAN WISATA BANYU REDJO PARK


Banyu Redjo merupakan taman rekreasi air yang di padu dengan beberapa gazebo serta hiasan taman bunga yang menarik.

Kawasan ini cocok buat wisata bareng si buah hati, dengan adanya kantin pinggir kolam renang yang menawarkan berbagai menu kuliner, akan membuat anda males pulang jika berkunjung ke tempat wisata Banyu Redjo Park ini.

Disamping itu, beberapa desain kolam juga terbilang unik berkelok-kelok dengan warna yang beragam hingga membuat nuansa liburan kamu terasa menyenangkan.
  • Lokasi : Terletak di Jl. Raya Kedunggalar, Ngarengan, Desa Jenggrik, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi.
  • Biaya Tiket : Murah untuk ukuran wisata taman air, yaitu Rp. 15.000,-
ARGO MUNUNG


Penduduk lokal biasa menyebutnya negeri atas awan, karena memang lokasinya diselimuti awan putih kala pagi hari.

Dan ini adalah tujuan wisata alam Ngawi yang menawarkan paduan antara pesona keindahan alam dan wahana rekreasi.

Ada gazebo, kolam anak, ATV dan bahkan mencoba keliling di perbukitan hutan cemara dengan jeep adventure.

Kemah maupun malam mingguan bareng kekasih juga populer disini.

Menariknya, untuk berkunjung ke Argo Munung Ngawi para wisatawan tidak dibebankan biaya masuk. cukup merogoh uang parkir.
  • Alamat : Desa Karanggupito, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi.
  • Biaya Tiket : Hanya dikenakan biaya Parkir Rp 3 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk roda 4 saja. dan apabila ingin naik wahana Atv hanya 20 ribu.
KEPATIHAN NGAWI


Tempat Wisata selanjutnya yaitu Kepatihan Ngawi, bangunan Rumah Joglo peninggalan sejarah yang memiliki nilai Cagar Budaya yang tinggi.

Menurut riwayatnya, Kepatihan ini dulunya merupakan benteng yang tertanam tanah dan awal mula dimaksudkan sebagai taman lalu dialih fungsikan sebagai rumah Kepatihan Ngawi.

Selain itu, Banyak juga benda peninggalan yang tersimpan di situs bersejarah ini, hal tersebut tentunya bisa menjadi alternatif tujuan wisata di Ngawi untuk liburan edukasi terutama bagi usia anak-anak untuk memperkenalkan mereka tentang jejak peninggalan Budaya.
  • Alamat : Jl. Patiunus, Ketanggi, Cabean Lor, Kecamatan Ngawi.
  • Tiket Masuk : Gratis.
PATIRTAN UMBUL JAMBE


Sebuah tempat wisata religi di Daerah Hutan Ketonggo Ngawi, yang mana terdapat sebuah sendang atau mata air Pegunungan serta sebuah Tugu Persatuan Umat Beragama.

Yang menarik dari kawasan ini ialah adanya beberapa tempat ibadah agama antara lain Vihara, Pura dan Musholla yang berada dalam satu komplek.

Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik dan pengalaman edukasi yang menarik untuk dicoba selain menyambangi kawasan Museum.
  • Alamat : Kawasan Hutan Ketonggo, Desa Semen, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, jawa Timur.
  • Tiket Masuk : Pengunjung tidak di bebankan biaya masuk atau free.
TAMAN WISATA TAWUN


Wisata Tawun adalah sebuah taman bermain sekaligus tempat penangkaran hewan kura-kura di Daerah Ngawi.

Selain itu, terdapat juga kolam renang untuk yang hoby bermain air dan juga kantin di area wisata taman tawun. tempat wisata ini sangat cocok sebagai tujuan liburan jika anda berada di ngawi saat bingung mencari objek wisata bareng keluarga.

Bagi para pengunjung yang membawa kendaraan akan di bebankan biaya parkir sebesar Rp. 2.000,- permotor dan untuk kendaraan roda empat Rp. 5.000,-.
  • Alamat : Berada di Jl. Sunan Lawu, Dusun Dari, Desa Tawun, Kasreman, Ngawi, Jawa Timur.
  • Tiket Masuk : Sebesar Rp. 5.000,- per orang.
TAMAN CANDI


Salah satu wisata taman alternatif selain Alun - alun Kota Ngawi, yang mana anda akan menjumpai banyak bunga bermekaran yang bernuansa kehijauan segar.

Disamping keindahan taman yang cukup tertata indah, tempat ini juga dilengkapi beberapa wahana permainan anak seperti prosotan dan ayunan, area pemancingan ikan dan juga saung atau gazebo.

Selain playground anak, Taman Candi juga sangat menarik untuk lokasi berfoto saat liburan di Ngawi. dan satu lagi, anda bisa bercamping di tempat wisata Taman Candi ini lho.!!

Fasilitas penunjang kenyamanan berlibur yang ada di Taman Candi tergolong lengkap, antara lain; toilet, kantin yang menawarkan beberapa menu makanan dan area parkir yang luas.
  • Alamat : Jl. Taman Candi, Ketanggi, Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan Ngawi.
  • Tiket Masuk : Tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk alias free.
AIR TERJUN TELENG


Wisata curug yang satu ini tergolong tidak terlalu deras aliran airnya. tapi mampu membuat kita terpukau dari bentuk tebingnya yang indah. yakni rumput hijau yang menempel pada dinding menjadi kesan tersendiri saat orang berkunjung ke wisata ini.

Namun rute untuk sampai ketempat wisata air terjun teleng ini aksesnya sangat jauh. butuh ekstra kerja keras karena medan jalan berupa setapak batu batuan besar yang butuh konsentrasi serta fisik bugar untuk melewatinya.

Untuk menuju tempat wisata ini anda perlu memarkir kendaraan di wana wisata segawen. lalu turun ke bawah sungai dan mengikuti aliran sungai ke dataran atas dengan jalan kaki di atas batu karena aliran sungai pinggir taman wana segawen merupakan sumber aliran dari air terjun teleng di ngawi ini.

Untuk lokasi wisata segawen sendiri berada di area Huta Jogorogo Desa Ngrayudan Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi. untuk tarif parkir di wana wisata segawen ini sendiri anda hanya perlu membayar tarif Rp. 2.000,- permotor dan untuk kendaraan mobil adalah Rp. 5.000,-.
  • Alamat : Area Hutan Jogorogo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.
  • Tiket Masuk : Tidak dikenakan biaya retribusi sepeserpun atau Gratis.
WISATA WADUK PONDOK


Pengen mancing ikan sambil naik perahu? Liburan ke Waduk Pondok di Ngawi aja.!! karena di tempat wisata alam ini ada beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan, diantaranya menaiki Jet sky, menyewa perahu untuk memancing di danau, menikmati gardu pandang dengan view pesona alam waduk, arena motor cross.

Ditambah lagi tempat wisata ini juga di penuhi beberapa fasilitas seperti warung makan serta gazebo buat tempat bersantai.

Pastinya, nuansa waduk yang di kelilingi perbukitan ini bakal terasa seperti liburan di Danau Jenewa switzerland.

Selain memiliki keasrian alam yang terasa menyejukkan, ternyata waduk pondok di Ngawi ini juga memiliki beberapa jenis ikan yang melimpah, karena sejatinya objek wisata ini masih dikelola dan terus dikembangkan oleh Dinas Pengairan dengan pemberian bibit ikan secara rutin.
  • Lokasi : Waduk ini terletak di Desa Dero, Kecamatan Bringin.
  • Tiket Masuk : Para pengunjung hanya di kenakan biaya Rp. 5.000,-
WADUK SANGIRAN


Masih di Wilayah Kecamatan Bringin, ada wisata alam Waduk Sangiran yang sering dikunjungi wisatawan saat liburan datang dengan menjelajah spot foto sambil menyusuri kesejukan waduk dengan perahu.

Tak jauh berbeda dengan Waduk Pondok, yang mana wisata Waduk Sangiran juga fungi utamanya adalah sebagai pengairan pertanian warga sekitar, namun saat ini ada beberapa lahan waduk yang berpotensi mengalami pendangkalan akibat kelestarian pepohonan sekitar danau yang sering di tebang liar oleh beberapa orang.

Selain sebagai sektor pengairan lahan sawah, sebenarnya waduk Sangiran juga dimanfaatkan sebagai objek wisata alam.

Beberapa keseruan yang bisa dilakukan saat berlibur di waduk Sangiran Ngawi antara lain menikmati view spot berfoto serta memanfaatkan beberapa penyewaan perahu yang cocok digunakan untuk mengitari waduk yang lumayan luas.

Wisata Waduk Sangiran sendiri memiliki sumber ikan yang melimpah sama halnya seperti waduk pondok. jadi, selain menikmati jalan - jalan naik perahu. wisatawan juga bisa bermancing ria saat berlibur di Waduk Sangiran Ngawi ini.

Fasilitas yang terdapat di waduk sangiran ini antara lain gazebo, kantin dan area parkir dengan tarif kendaraan motor Rp. 2.000,- dan kendaraan roda empat Rp. 5.000,-
  • Alamat : Desa Sumber Bening, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
  • Tiket Masuk : Sebesar Rp. 3.000,- saja.
TAMAN SOERATMO (IN LOVE NGALE)


Salah satu tempat view spot foto murah dan mewah di kaki Gunung Lawu dengan balutan taman bunga, spot rumah kurcaci, gazebo, tower paris mini yang pastinya bakal menarik buat liburan bersama keluarga.

Menariknya, untuk berlibur ke Taman Soeratmo Ngale ini para pengunjung tidak di pungut biaya masuk, melainkan hanya perlu membayar parkir kendaraan dengan tarif Rp. 2.000,- untuk motor dan Rp. 5.000 bagi kendaraan roda empat.

Fasilitas tambahan lain sepeti toilet dan kantin atau jajanan juga terdapat di kawasan wisata taman In Love Ngawi ini.
  • Alamat : Desa Ngale, Kecamatan Paron.
ALUN - ALUN NGAWI


Dan yang terakhir ada Wisata Taman Kota Ngawi atau biasa dipergunakan sebagai acara Upacara Daerah dalam memperingati Hari Hasional dan hari - hari besar lainnya.

Seperti halnya alun - alun kota lain yang mana terdapat berbagai macam tumbuhan yang di tanam, objek bermain anak, tempat bersantai, air mancur serta patung unik atau tugu sehingga menjadi paru - paru kota dalam mencari hiburan atau tempat bersantai.
  • Alamat : Kluncing, Kelurahan Ketanggi, Kecamatan Ngawi.
  • Tiket Masuk : Gratis, tetapi kebanyakan pengunjung mungkin sekedar memarkirkan kendaraan di pinggir trotoar kepada juru parkir dengan biaya umum antara Rp. 2.000,- sampai Rp. 5.000,-

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain