Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Instagramable, Rekomendasi Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Kamu kunjungi

Pesona Indonesia rasanya tidak terbatas untuk dijelajahi. Tentunya, kiita patut bangga menjadi bagian dari bangsa yang penuh akan keindahan alam yang memikat dan kaya akan budaya yang beragam.

Jambi adalah salah satu daerah yang jadi penyumbang keelokan Indonesia. Bukan hanya alamnya yang eksotis, provinsi yang memiliki sejarah panjang ini juga memiliki banyak peninggalan historis di tanahnya.

Bukan tanpa alasan, provinsi di pulau Sumatra ini berhasil menarik perhatian turis lokal maupun mancanegara. Sebagai bukti, ini dia pilihan destinasi wisata di Jambi terbaik yang bisa membuat liburan jadi berkesan!

Lokawisata Jambi Terkenal dan Bagus

Tempat wisata favorit di Jambi ini bisa jadi alasan kenapa Jambi harus masuk bucket list traveling kamu!

1. Danau Gunung Tujuh


Kalau kamu sedang mencari ketenangan karena penat dengan rutinitas sehari-hari, maka destinasi satu ini tepat untuk kamu. Dinobatkan sebagai danau vulkanik tertinggi se-Asia Tenggara, bersantai di danau ini tentunya menjauhkanmu dari bisingnya keramaian.

Kalau kamu mau menghabiskan waktu lebih lama, kamu juga bisa berkemah dengan membawa peralatanmu sendiri. Coba bayangkan betapa segarnya menarik napas di danau yang dikelilingi area hijau ini!

  • Alamat:
    Pesisir Bukit, Gn. Tujuh, Kerinci, Jambi
  • Jam Buka:
    07.30 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Gratis
2. Danau Kaco


Dengan air sebening kaca dan tanaman hijau di sekelilingnya, Danau Kaco menawarkan atmosfer yang menenangkan. Perjalanan menuju danau ini memang cukup menantang, tapi lelahmu akan terbayarkan dengan perasaan rileks ketika kamu mencapai danau.

  • Alamat:
    Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,- per orang
3. World of Water Water Park


Destinasi wisata Jambi yang satu ini pas banget kalau kamu liburan bersama anak. Tapi tenang, yang dewasa juga tetap bisa bersenang-senang dengan mencoba wahana-wahana di World of Water.

Pokoknya, kamu harus mencoba Masurai Tower, perosotan setinggi 15 meter yang serunya siap bikin kamu teriak. Setelah memicu adrenalin, kamu bisa bersantai di Lazy River dan rileks sambil membiarkan arus yang tenang membawamu.

  • Alamat:
    Jalan Raya East Avenue Blok A No 1, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi 36657
  • Jam Buka:
    09.00 - 18.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 41.000,- per orang
4. Monumen Keris Siginjai


Monumen yang tingginya mencapai 28 meter ini punya cerita, Traveler. Konon, keris Siginjai adalah lambang kebesaran serta kepahlawanan raja dan sultan Jambi zaman dahulu. Karenanya, siapa yang memiliki keris ini dianggap berkuasa.

Merupakan salah satu landmark paling ikonik kota Jambi, spot wisata satu ini terletak di area kantor wali kota Jambi.

  • Alamat:
    Paal Lima, Kota Baru, Jambi City, Jambi 36129
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
5. Kampoeng Radja Jambi


Bisa jadi tempat wisata untuk seru-seruan sekaligus mengenal alam, Kampoeng Radja Jambi adalah pilihan yang tepat untuk mengisi liburan sekolah anak.

Di dalam area yang dikelilingi pepohonan hijau ini, kamu bisa menemukan setidaknya 10 wahana. Dengan harga yang sangat ramah kantong, Kampoeng Radja Jambi menawarkan water park, bumper car, flying fox, dan masih banyak lagi.

Yang paling spesial, pengunjung juga bisa mencoba menanam padi, loh!

  • Alamat:
    Jl. Lkr. Barat 3 No.108, Kenali Besar, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36361
  • Jam Buka:
    06.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 35.000-, per orang
6. GeoPark Merangin


Pemandangan destinasi wisata satu ini pastinya membuat kamu terpesona. Lokasinya berada di kawasan pegunungan, Desa Air Batu, Jambi. 

Selain menyejukkan mata, tempat wisata ini juga kerap dijadikan area arung jeram dan olahraga ekstrim, Traveler. Di sini, kamu juga bisa melihat berbagai fosil binatang dan tumbuhan yang telah hidup selama 350 juta tahun. 

Fasilitas dan akomodasi yang disediakan juga bisa dikatakan cukup lengkap baik kebutuhan transportasi maupun penginapan, lho. 

  • Alamat:
    Desa Air Batu, Kec. Renah Pembarap, Kab. Merangin, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
7. Gentala Arasy


Gentala Arasy adalah museum budaya yang populer sebagai simbol Islam di Kota Jambi. Wisata Museum di Jambi ini menjadi rumah bagi ratusan koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan Islam di Jambi. Koleksi-koleksi tersebut diperoleh dari ulama-ulama yang menghibahkannya, dibeli, ataupun dipinjam dari beberapa lembaga.

Traveler bisa berjalan-jalan sambil melihat pemandangan sore atau malam hari di sebuah jembatan yang dibangun dekat tempat wisata di Jambi ini, Jembatan Gentala Arasy.

Jembatan yang dibangun dengan anggaran delapan puluh delapan milyar rupiah ini memiliki pemandangan yang terkenal luar biasa cantik dihiasi lampu-lampu pada malam hari.

  • Alamat:
    Arab Melayu, Pelayangan, Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
8. Tugu Juang


Indonesia merdeka secara de facto pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun kala itu, Belanda masih mencoba untuk menguasai Indonesia hingga timbullah Agresi Militer Belanda II yang terkenal dalam sejarah pada tahun 1946.

Tugu Juang adalah monumen yang memperingati perjuangan rakyat Jambi pada masa agresi militer tersebut.

Pada bagian atas monumen tempat wisata di Jambi ini terdapat patung laki-laki menodongkan bambu runcing yang menggambarkan perjuangan rakyat kala itu.

Traveler bisa melihat relief kisah perjuangan rakyat Jambi melawan Belanda saat agresi militer. Objek wisata Jambi cocok dijadikan tempat berfoto sekaligus mempelajari sejarah Rakyat Jambi.

  • Alamat:
    Jalan HOS. Cokroaminoto, Selamat, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
9. Tugu Pers


Pers merupakan elemen penting dalam bernegara. Tanpa kebebasan pers, negara akan cenderung otoriter dan sewenang-wenang dalam mengelola negara. Selain itu, pers yang bebas dan bertanggungjawab juga membantu mencerdaskan publik akan isu-isu terkini serta hal-hal penting yang luput dari perhatian.

Maka dari itu untuk memperingati kebebasan pers di Kota Jambi, dibangunlah Tugu Pers yang terkenal ini pada Februari 2012 silam. Traveler dapat berfoto-foto dengan latar belakang destinasi wisata Jambi ini.

Di sekitar kawasan tempat wisata Tugu Pers juga banyak penjaja kuliner sedap yang dapat kamu coba sembari melihat-lihat pemandangan kota.

  • Alamat:
    Jl. Sultan Agung, Lb. Bandung, Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
10. Jambi Paradise


Jambi Paradise adalah salah satu objek wisata Jambi berupa taman air yang dapat kamu kunjungi di Kota Jambi. Tidak hanya menyediakan tempat bermain air, kamu juga dapat berjalan-jalan santai dengan view yang asri.

Jika kamu memilih bersantai dengan keluarga, Jambi Paradise bisa jadi salah satu opsi objek wisata Jambi terkenal dan terfavorit untukmu.

  • Alamat:
    Simpang Acai, Kb. IX, Kec. Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi 36361
  • Jam Buka:
    09.00 - 18.00 WIB
  • No Telepon:
    0821-8000-3377
  • Harga Tiket:
    Rp. 20.000,00 untuk hari biasa
    Rp. 30.000,00 untuk hari libur
11. Pasar Keramik Sitimang


Keramik adalah kerajinan yang dibuat dari tanah liat dengan melalui proses pembakaran setelah dibentuk oleh pengrajin. Biasanya keramik dibuat untuk dijadikan vas, kendi, ataupun hiasan lainnya.

Traveler dapat melihat-lihat keramik dengan pola dan ukiran yang indah di Objek wisata belanja di Jambi ini. Keramik-keramik tersebut sebagian besar dihasilkan oleh tangan-tangan pengrajin lokal terkenal di Jambi.

Jika Traveler mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Jambi, datanglah ke objek wisata jambi Pasar keramik Sitimang!

  • Alamat:
    Jl. Doktor Wahidin, Ps. Jambi, Kota Jambi, Jambi
  • Jam Buka:
    09.00 - 16.30 WIB
  • Harga Tiket:
    Gratis
12. Air Terjun Sigerincing


Jika Traveler rindu akan nuansa alami dan gemuruh air terjun yang menenangkan, Air Terjun Sigerincing jawabannya.

Objek wisata Jambi terkenal yang termasuk wisata alam ini memberikan suasana air terjun yang alami. Traveler bisa berenang atau sekedar bermain air dengan teman-teman atau keluargamu di tempat wisata ini.

  • Alamat:
    Tuo, Lembah Masurai, Merangin Regency, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
13. Museum Siginjei


Museum ini juga jadi salah satu daftar objek wisata Jambi yang populer apalagi saat liburan. Museum ini mulai dibangun pada tahun 1981 oleh Masjchun Syofwan, SH yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Jambi.

Wisata Museum di Jambi ini didirikan dengan semangat untuk menjaga kebudayaan Jambi agar tidak luntur dari generasi ke generasi.

Banyak koleksi yang dapat kamu lihat dan pelajari dari Museum Siginjei ini mulai dari koleksi yang berkaitan dengan geologi Jambi hingga arkeologi.

  • Alamat:
    Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi
  • Jam Buka:
    07.00 - 16.00 WIB
    Sabtu 24 Jam, Minggu Tutup
  • Harga Tiket:
    Rp. 2.000,- per orang
14. Air Terjun Arai Indah


Tempat wisata air terjun di Jambi satu ini terkenal dengan pemandangannya yang sangat asri sebagai wisata alam.

Kamu bisa berlibur ke Air Terjun Aral Indah di musim hujan karena debit airnya akan lebih banyak dari biasanya. Namun usahakan untuk datang pada cuaca yang cerah agar kamu dapat menikmati pemandangan sekitar air terjun dengan lebih jelas.

  • Alamat:
    Mukai Pintu, Siulak, Kabupaten Kerinci, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
15. Hiking di Gunung Kerinci


Gunung Kerinci adalah gunung berapi terkenal dengan puncak tertinggi di Indonesia. Gunung ini sekaligus menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Jaya Wijaya di Papua.

Objek wisata di Jambi ini menawarkan suasana sejuk dan pemandangan pagi hari yang memukau.

Pastikan Traveler tidak lupa untuk melakukan summit attack dalam kegiatan hikingmu yah, Traveler! Karena pemandangan matahari terbit di Puncak Kerinci akan jadi momen tak terlupakan.

  • Alamat:
    Perbatasan Provinsi Jambi dengan Sumatera Barat
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
16. Air Terjun Sungai Medang


Salah satu opsi tempat wisata di Jambi untuk liburanmu adalah air terjun yang terkenal di Sungai Medang.

Sungai ini memiliki titik air terjun yang memberikan suasana relaksasi saat berkunjung ke tempat wisata ini.

  • Alamat:
    Sungai Medang, Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
17. Air Terjun Kolam Jodoh


Ya, Traveler pasti dapat menebak mitos di balik penamaan tempat wisata air terjun ini. Konon katanya, jika mandi di air terjun ini, Traveler akan mendapatkan jodohmu lebih cepat.

Yah memang cepat atau lambat itu relatif. Tapi mau mitosnya benar atau salah, kenapa nggak mencoba menikmati pemandangannya saja?

  • Alamat:
    Geopark jambi, Kabupaten Merangin, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
18. Telago Biru


Dari namanya Traveler pasti sudah tau kira-kira pemandangan apa yang akan disuguhkan oleh tempat wisata alam Jambi satu ini.

Telago biru adalah danau kecil yang berada di Kabupaten Merangin. Pemandangannya nampak indah dan menenangkan ini cocok menjadi daftar objek wisata Jambi yang terkenal dan terfavorit.

  • Alamat:
    Tanjung Alam, Sungai Tenang, Kabupaten Merangin, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
19. Taman Telun Berasap


Taman ini berada di wilayah Taman Nasional Kerinci. Artinya, Taman ini berada di sekitaran Gunung Kerinci.

Objek wisata Jambi favorit ini amat populer dengan air terjunnya yang memiliki ketinggian mencapai 50 meter, serta percikan air yang jatuh ke permukaan air membuat efek asap disekitaran tempat wisata air terjun.

  • Alamat:
    Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
20. Candi Tinggi


Nama candi tempat wisata ini boleh Tinggi, tapi sebenarnya, candi ini hanya memiliki ketinggian 7,6 meter.

Jadi untuk Traveler yang keburu malas berkunjung kesini karena dikira harus mendaki, jangan lagi! Candi ini menjadi salah satu objek wisata Jambi favorit yang berada di komplek percandian Muaro Jambi.

  • Alamat:
    Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
  • Jam Buka:
    08.00 - 18.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 8.000,- per orang
21. Candi Muaro Jambi


Kalau tadi kita berkenalan dengan candi anaknya, sekarang mari kita berkenalan dengan candi Induknya.

Candi Muaro Jambi adalah candi yang utama di tempat wisata komplek percandian terkenal Muaro Jambi. Jadi jika mengunjungi candi ini, pasti kamu akan dengan mudah menemukan Candi Tinggi.

  • Alamat:
    Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
  • Jam Buka:
    08.00 - 18.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 8.000,- per orang
22. Hesti’s Garden


Hesti’s Garden memang merupakan salah satu tempat wisata berfoto yang hits populer di Kabupaten Merangin. Taman yang terkenal indah ini sangat cocok menjadi latarbelakang foto selfie kamu.

Banyak pelancong yang berkunjung ke tempat wisata di Jambi ini hanya untuk hunting foto.

Kalau kamu eksplor lebih, taman ini menawarkan banyak titik berfoto yang bisa kamu pilih. Adanya lorong-lorong juga semakin membuat wisatawan makin atraktif untuk memotret.

  • Alamat:
    Muara Manderas, Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi
  • Jam Buka:
    07.00 - 18.00 WIB
23. Danau Biru Muara Tembesi


Danau Biru Muara Tembesi adalah tempat wisata danau cantik yang awalnya terbentuk akibat aktivitas penggalian tanah untuk produksi batu bata.

Tidak seperti kebanyakan danau, Danau Biru Muara Tembesi ini terkenal memiliki warna air biru kehijauan yang sangat indah.

  • Alamat:
    Desa Kebun Baru, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
24. Danau Belibis


Satu lagi objek wisata Jambi populer dengan ciri khas yang ditampilkan pada nama tempatnya, Danau Belibis.

Bukan danaunya berbentuk Burung Belibis, ciri khas danau ini adalah sekitaran danaunya yang dihuni oleh banyak Burung Belibis. Danau yang termasuk bagian kawasan Kerinci ini mampu menyihir pandangan para pelancong dengan berjuta pesonanya.

  • Alamat:
    Giri Mulyo, Kayu Aro, Kerinci Regency, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
25. Danau Lingkat


Karena wilayah Kerinci adalah kawasan gunung berapi aktif, wajar banyak Danau yang dapat dijadikan tempat wisata.

Termasuk yang satu ini, Danau Lingkat. Pemandangan twmpat wisata Danau Lingkat ini sama indahnya seperti danau di kawasan kerinci lainya.

  • Alamat:
    Lempur Hilir, Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
26. Danau Kumbang


Gunung Masurai adalah salah satu gunung yang berada di Provinsi Jambi. Para pendaki gunung biasa mampir ke tempat wisata danau yang indah di wilayah gunung ini yaitu Danau Kumbang.

  • Alamat:
    Gunung Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
27. Wisata Perahu Ketek Batanghari


Sungai Batanghari terletak didekat Gentala Arasy. Kamu bisa menaiki “Ketek” atau perahu yang dapat menyusuri Sungai Batanghari sembari melihat pemandangan Kota Jambi.

  • Alamat:
    Sungai Batanghari, Kota Jambi, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
28. Air Terjun Talang Jaya


Objek wisata jambi yang populer ini lebih dikenal dengan air terjun tujuh tingkat. Nama ini diambil dari tujuh kontur ketinggian air terjun yang menghasilkan gerakan aliran air terjun yang bagus.

  • Alamat:
    Desa Telentam, Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,- per orang
29. Jembatan Beatrix Sarolangun


Penutup dari rekomendasi travelling Tokopedia di Jambi kali ini adalah Jembatan Beatrix Sarolangun. Jembatan ini mirip dengan tempat wisata Gentala Arasy yang indah dilihat pada malam hari diiringi dengan lampu hias yang menarik.

  • Alamat:
    Sungai Bemban, Batang Asai, Kabupaten Sarolangun, Jambi
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
30. Masjid Agung Al-Falah


Warna putihnya yang anggun dipadu dengan desain bangunan yang megah membuat masjid ini tampak elegan. Dijuluki masjid seribu tiang, ternyata Masjid Al-Falah memiliki 256 tiang.

Di bagian luar masjid, kamu bisa menemukan kolam ikan yang menambah estetika rumah ibadah ini.

  • Alamat:
    RT.01/RW.No.60, Jl. Sultan Thaha, Legok, Telanaipura, Jambi City, Jambi 36124
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis

Itulah tadi 30 tempat wisata favorit di Jambi. Banyak kan? Nah maka dari itu, segera persiapkan rencana tempat wisata di Jambi yang akan Traveler kunjungi dan cari perlengkapan liburanmu.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain