Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Destinasi Wisata Ayunan Langit Watu Jaran Kulon Progo Jogja

  • Alamat:
    Sabrangkidul RT.10/RW.05, Coco Leal, Purwosari, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
  • Jam Buka:
    07:00 - 17:00 WIB
  • Telepon:
    0888-2838-598
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00
Perkembangan zaman membuat hampir seluruh objek wisata pun mulai berbenah baik tempat rekreasi sudah lebih dulu diresmikan atau pun baru saja diresmikan. Dampak teknologi terhadap suatu tempat wisata ialah dimana pada umumnya tujuan wisata sekarang selalu menyediakan spot-spot foto corner kece yang dikombinasi keindahan alam dimiliki nya. Misal di Klaten ada bukit cinta Bayat, lalu di Medan ada Merci Barn begitu pula di Kabupaten Ngawi memiliki Srambang Park. Kini telah hadir wisata spot foto baru yang nampak ekstrim dan wajib sobat coba hendak menguji keberanian yaitu ayunan langit Watu Jaran Kulon Progo. Objek wisata Kulon Progo ini sedang hits di berbagai sosial media. Selain menyuguhkan keindahan alam khas pegunungan, tentu saja termasuk wisata ekstrim berupa ayunan adrenaline.


Tempat rekreasi ayunan langit Kulon Progo tersebut bukan lah ayunan sembarangan seperti di taman kanak-kanak. Bila sobat duduk disana, membuat berasa berada di pinggir tebing curam. Selain itu bila melihat kebawah, maka kakimu seperti melayang-layang di udara, bahkan menurut pengelola wisata kalau ketinggian ayunan tersebut berada puluhan meter tepat nya 800 mdpl. Hanya melihat ketinggian dari ayunan saja, bakal membuat merinding sampai bergetar.


Ketika menaiki ayunan tentu saja adrenaline akan ditantang mencoba nya. Buat sobat tak mempunyai keberanian atau pun memiliki riwayat sakit jantung, maka tak disarankan mencoba wahana ayunan langit. Tetapi tenang saja, disana pengamanan nya sudah sangat safety, lantaran pengunjung sudah diperlengkapi pengaman berupa tali dan harness. Bahan membuat ayunan langit itu pun menggunakan bahan baja yang tak bakal patah ketika digunakan, bahkan buat sobat memiliki berat badan sampai 500 kilogram pun, masih aman. Ditambah lagi ada pula sejumlah anggota tim SAR Yogyakarta siap siaga dan selalu menjaga keselamatan.


Ketika menaiki wisata ayunan langit Watu jaran Yogyakarta merasakan sesuatu luar biasa, dari sisi adrenalin tertentang, di satu sisi lain nya merasa takjub keindahan alam ciptaan Tuhan. Di berbagai sosial media pun telah banyak bukti keindahan obyek wisata Kulon Progo ini berupa foto-foto sobat-sobat kita yang berani menaiki wahana ayunan langit Watu jaran Kulon Progo lalu memamerkan berbagai pose kece diatas langit. Background panorama menjadi perpaduan sempurna dengan keberanian sobat, membuat momen tersebut tak terlupakan yang siap diabadikan melalui jepertan kamera profesional.


Sebenarnya keberadaan dari ayunan langit Girimulyo Kulon Progo bukan satu-satunya spot foto dimiliki oleh desa Purwosari, melainkan merupakan spot baru yang digunakan menambah spot untuk menarik wisatawan. Tepat di lokasi wisata pun juga terdapat panorama air terjun, hanya saja lokasi nya berada di bagian bawah. Selain itu pun ada pesona gua Kidang Kencana serta deck view Watu Jaran Girimulyo. Panorama utama di lokasi ini berupa lanskap hamparan hijau nya area perbukitan dan sawah ladang milik warga setempat.


Agar lebih memberikan rasa nyaman ketika liburan, jadi pihak pengelola wisata telah menyediakan berbagai fasilitas umum seperti kamar mandi umum, tempat ibadah berupa mushola, tempat duduk di saung-saung telah disediakan hingga memberikan layanan ojek gratis kepada wisatawan hendak naik ayunan langit watu jaran di Kulon Progo. Sedangkan jam operasional wisata buka mulai pukul 07.00 WIB dan tutup kembali pada pukul 17.00 WIB.

Lokasi Ayunan Langit Watujaran

Bila sobat sudah dibuat penasaran dan siap menguji adrenaline di tempat wisata di Kulon Progo ini, maka langsung saja datang ke Dusun Sabrangkidul RT 10/RW 05, Desa Purwosari, Kecamatan Kulon Progo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan kode pos 55674. Sobat pernah liburan ke wisata taman bunga Matahari Pantai Glagah Kulon Progo itu loh taman bunga yang dipenuhi oleh tanaman bunga matahari hingga sekarang menjadi tempat favorit spot foto bagi remaja Kulon Progo sekitar nya. Nah, lokasi taman bunga matahari ke objek wisata memerlukan waktu sekurang nya 1 jam 11 menit atau jarak tempuh kurang lebih 33 kilometer.

Akses jalan nya mudah dilalui oleh semua jenis kendaraan, baik roda dua atau pun roda empat. Rute ke ayunan langit watu jaran dimulai dari kota Jogja, sobat arahkan kemudi ke jalur menuju gua Kiskendo, sebab lokasinya tak jauh dari Gua Kidang Kencono. Jika sudah sampai di lokasi gua Kiskendo, sobat lurus saja ke arah barat hingga menemukan simpang tiga. Dari pertigaan tersebut ambil ke arah kanan menuju ke gua Kidang Kencana. Sesampai di gua Kidang Kencono, sobat dapat melihat papan petunjuk arah menuju ke lokasi wisata. Tinggal ikuti saja ya petunjuk arah tersebut, sampai sobat sampai deh di lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Ayunan Langit Watu Jaran Kulon Progo

Supaya dapat merasakan kesenangan berayun-ayun bebas di udara, setiap pengunjung diwajibkan mengeluarkan ongkos relatif mahal. Mulai dari tiket masuk wisata, pengunjung membayar retribusi sebesar Rp. 10.000,00 per orang, belum termasuk ongkos parkir dimana kendaraan sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000,00 sedangkan kendaraan mobil dikenakan ongkos sebesar Rp. 5.000,00 Nah, kalau sobat ingin mencoba wahana ayunan langit Jogja tersebut, maka dikenakan sebesar Rp. 20.000,00 sudah termasuk wahana caving di gua Kencana. Agar membatasi tinggi nya peminat wahana, maka tiap pengunjung hanya diberikan batas waktu menaiki ayunan langit sekitar 5 hingga 10 menit.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain