Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Keindahan Lokawisata Tebing Watu Mabur

  • Alamat:
    Kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • No. Telepon:
    0878-3987-9069
  • Harga Tiket:
    Rp. 3.000,00
Yogyakarta memang tempat yang tepat untuk menghabiskan liburan anda, karena disini tersedia berbagai tempat wisata menarik yang cocok untuk anda kunjungi karena memiliki keeksotisan sendiri baik itu wisata alam maupun budayanya. Nah kali Alodia ingin membahas suatu tempat di kawasan Mangunan yaitu Tebing Watu Mabur.

Tempat ini sungguh sangat spesial bagi para penyuka foto selfie, karena menyuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa yaitu berupa pegunungan seribu yang berada di wilayah Gunung Kidul disisi timurnya yang merupakan latar utama untuk foto. Sedangkan untuk bagian bawahnya terdapat persawahan berupa terasering yang merupakan model persawahan khas daerah pegunungan di Indonesia dan sungai oyo yang berkelok-kelok dan airnya berwarna kehijau-hijauan.


Kawasan Tebing Watu Mabur ini terbilang belum lama dikenal oleh masyarakat. Hal ini memang terjadi karena dahulu potensi wisata di kawasan Mangunan belum dikembangkan sedemikian rupa. Dahulu Kawasan Tebing Watu Mabur merupakan kawasan yang digunakan untuk perkemahan. Area perkemahannya sendiri cukup luas yang bisa menampung puluhan tenda besar.

Sampai sekarang kawasan perkemahannya masih ada, namun jarang digunakan untuk aktivitas perkemahan, karena di Yogyakarta begitu banyak spot untuk berkemah.

Mengunjungi Tebing Watu Mabur tidak lengkap jika tidak mencoba beberapa spot fotonya yang sekarang sangat hits. Spot foto yang paling terkenal ialah jalan raya / landasan pacu yang ujungnya tepat menghadap jurang. Sehingga ketika anda foto di tempat ini seperti sedang berada di jalan yang tidak berujung.

Spot foto jalan / landasan pacu inilah yang meningkatkan perhatian masyarakat terhadap kawasan wisata Tebing Watu Mabur. Terlebih sekarang terdapat media sosial seperti Instagram yang dapat menge-bost suatu tempat wisata, jika menurut masyarkat tempatnya sangat bagus.


Tebing Watu Mabur ini memang namanya terlihat cukup aneh. Namun ternyata balik itu terdapat filosofinya. Dinamakan Watu Mabur karena sebagai tebing yang berbatu dan diatas ketinggian menyebabkan seolah kawasan ini berada di atas langit dan terbang di atas awan. Karena Mabur itu berarti terbang dan Watu itu adalah batu dalam bahasa jawa.

Selain spot jalan raya / landasan pacu, Tebing Watu Mabur ini juga memiliki spot lain yang lebih sederhana yaitu spot foto yang dirakit dari bambu. Jika anda merupakan fotografer yang hebat, maka anda dapat menciptakan foto yang indah di spot foto yang dirakit dari bambu ini, karena akan terlihat sangat alami.

Obyek wisata Tebing Watu Mabur ini adalah wisata foto alam, sehingga ada waktu khusus yang sebaiknya anda kunjungi. Tempat ini sangat tepat apabila anda kunjungi pada pagi hari saat matahari tiba (Sunrise), karena akan menciptakan gradasi warna yang apik saat anda foto. Sedangkan di sore hari juga bagus, karena saat matahari terbenam biasanya langit akan berubah dari kebiruan menjadi kemerahan sehingga sangat bagus apabila dijadikan background foto saat anda berfoto di Tebing Watu Mabur.

Selain menikmati keindahan pegunungan seribu maupun sungai oyo, anda juga dapat mengunjungi goa gajah yang terdapat di kawasan Tebing Watu Mabur dengan didampingi oleh seorang pemandu. Dinamakan goa gajah karena mulut goa ini lumayan besar.


Harga Tiket Masuk Tebing Watu Mabur

Berikut daftar harga tiket masuk dan biaya retribusi lainnya di obyek wisata Tebing Watu Mabur Yogyakarta:
  • Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Bukit Watu Mabur Rp. 3.000,00
  • Parkir Sepeda Motor Rp. 2.000,00 dan mobil Rp. 5.000,00
  • Camping dengan tenda sendiri Rp. 15.000,00/orang
  • Untuk Sewa Tenda Ditempat ini, Harganya Rp. 50.000,00/orang
  • (HTM Obyek Wisata Alam Tebing Watu Mabur Yogyakarta bisa mengalami perubahan setiap waktu tanpa update terbaru).
Rencanakan aktivitas libur akhir pekan menyenangkan di Jogja bersama keluarga dengan explore keindahan Tebing Watu Mabur.

Camping ground Watu Mabur Mangunan selalu ramai akan pelancong muda mudi yang ingin menikmati keindahan golden sunrisenya.

Transportasi ke Tebing Watu Mabur Jogja

Bagi wisatawan local Jogja pastinya sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Objek Wisata Tebing Watu Mabur Dlingo Bantul Yogyakarta. Nah akan tetapi untuk wisatawan luar kota Yogyakarta bahkan wisatawan luar negeri, tentunya akan bingung dan takut kesasar untuk menuju kesana.

Untuk wisawatan dari luar kota Jogja jangan kuatir apabila ingin liburan ke tebing watu mabur, dari bandara, stasiun ataupun terminal. Sekarang sudah jamanya mudah ingin jalan jalan ke saja bisa langsung melalaui sosmed ataupun melakukan pencarian untuk rental mobil jogja. Untuk jasa rental mobil pastinya akan jemput Anda secara ontime di lokasi penjemputan. Apalagi wisatawan sewa mobil dengan driver yang pastinya berpengalaman untuk jalan yang akan di tempuh sampai ke tebing watu mabur. Dengan melakukan penyewaan mobil Anda tinggal duduk manis saja sudah sampai ke lokasi.

Alamat dan Rute Lokasi

Lokasi Tebing Watu Mabur berada di kawasan wisata foto alam yang sangat terkenal di Yogyakarta yaitu Kawasan Mangunan Kabupaten Bantul. Tebing Watu Mabur lokasinya bersebelahan dengan Bukit Panguk Kediwung yang terlebih dahulu terkenal. Untuk jarak Tebing Watu Mabur dari kota Jogja sendiri yaitu sekitar 24 km. Jarak tempuh Tebing Watu Mabur dari Kota Jogja yaitu sekitar 1 jam jika anda tempuh menggunakan mobil pribadi. Namun saat musim liburan tiba mungkin waktu tempuhnya lebih lama, karena banyaknya wisatawan yang mengunjungi kawasan Mangunan ini.

Untuk lokasi Tebing Watu Mabur tepatnya berada di Kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.

Daya Tarik Tebing Watu Mabur

1. Cocok Untuk Pecinta Selfie


Tidak hanya sekedar berfoto, tempat wisata yang satu ini juga cocok sekali untuk Anda yang memiliki hobi berselfie bersama teman-teman. Hal tersebut karena latar tempat yang sangat menarik perhatian dan akan menghasilkan foto yang bagus.

2. Sebagai Objek Latar Foto Profesional


Untuk Anda yang memiliki hobi fotografer, Anda bisa mencoba tempat wisata yang satu ini karena menyajikan spot-spot yang menarik. Anda bisa mendapatkan foto menarik jika Anda cerdas dalam menentukan angel dan kapan Anda menfoto. Seperti misalnya ketika sore hari, waktu tersebut sangat pas untuk Anda berfoto karena memiliki latar sunset yang indah.

3. Hamparan Hutan Luas yang Tertutupi Awan


Lokasi Tebing Watu Mabur sendiri bisa dibilang cukup tinggi sehingga Anda akan melihat hamparan hutan luas yang terkadang ditutupi awan rendah. Yang menjadi latar di sini adalah pegunungan bernama Seribu yang terletak di sisi timur Gunung Kidul.

Di bagian bawah, Anda bisa melihat kawasan sawah yang luas dan hijau model terasering sehingga rapi dan indah dipandang mata. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan sungai Oyo yang berkelok-kelok dengan warna airnya menyerupai Zamrud.

4. Spot Foto yang Menarik


Jika berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, sangat tidak afdol rasanya jika tidak memanfaatkan spot foto menarik di sana. Salah satu yang menarik adalah spot model landasan pacu seperti jalan raya yang mengarah langsung ke bibir tebing.

Spot tersebut memberikan kesan ketika Anda berada di ujung jalan raya. Menurut warga setempat, spot yang satu ini menjadi primadona pengunjung ketika datang ke tempat Tebing Watu Mabur. Ada juga spot memanjang ke bibir tebing yang berbahan bambu yang akan memberikan kesan alami daripada spot jalan raya tadi. Jika Anda merupakan fotografer handal, spot yang satu ini sangat direkomendasikan untuk menjadi latar karena berkesan lebih natural.

5. Sangat Indah Ketika Matahari Terbit dan Terbenam


Dua waktu yang sangat memikat banyak perhatian adalah ketika di pagi hari saat matahari muncul (Sunrise) dan ketika matahari terbenam maka Anda bisa mendapatkan pemandangan sunset yang indah jika cuaca mendukung.

Fasilitas Tebing Watu Mabur


Fasilitas Tebing Watu Mabur lumayan lengkap karena spot ini sudah dikembangkan dengan cukup baik oleh pengelola. Anda tidak usah khawatir ketika ingin mengunjungi tempat wisata alam ini, karena disini sudah ada fasilitas utama yang biasanya dibutuhkan oleh para wisatawan yaitu Toilet, Mushola, dan Warung makan.

Sedangkan untuk fasilitas Tebing Watu Mabur secara lengkap diantaranya berupa:
  1. Beragam spot foto
  2. Kawasan Perkemahan
  3. Warung
  4. Toilet
  5. Mushola
  6. Papan Informasi
Saran dan Tips Untuk Liburan

Saran dan tips liburan ke tebing watu mabur, sebelum menuju ke alamat Tebing Watu Mabur yang berada di Dlingo Bantul Yogyakarta, anda bisa memantau cuaca terlebih dahulu. Karena supaya tidak menghalangi liburan Anda ke tebing watu mabur. Anda bisa mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan sebelum liburan, seperti halnya membawa bekal, air minum dan lainnya. Nah untuk satu ini pastinya bisa di ingat-ingat yaitu kamera karena untuk mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman Anda.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain