Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Pantai Sadeng Gunung Kidul Yogyakarta - Harga Tiket dan Lokasi, Spot Wisata

  • Alamat:
    Desa Song Banyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
Pantai Sadeng – Hingga detik ini, para wisatawan masih menjadikan laut sebagai sarana untuk menghabiskan waktu bersama dengan teman, sahabat, dan juga keluarga. Keceriaan yang dihasilkan dari wisata alam ini memang tidak ada yang bisa mengalahkannya. Walaupun, terkadang pantai adalah kawasan yang menakutkan dengan gelombang pasangnya.

Tetapi, alasan mengapa ke pantai cukup kuat untuk menetralisisr semua pikiran buruk tersebut. Seperti halnya saat berada di Pantai Sadeng. Objek wisata ini cukup mengesankan dengan menghadirkan panorama pasit putih yang dipadukan dengan air laut sehingga. Mengahasilkan rona yang berbeda.

Ombak di Pantai Sadeng tidak terlalu besar. Sehingga, anda bisa memanfaatkannya dengan cara berenang. Hanya saja perlu diperhatikan untuk tidak sampai ke tengah karena, biar pun bersahaja tetap saja, Pantai ini mempunyai sisi yang ganas.


Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng

Untuk menikmati setiap pesona yang ditawarkan anda wajib membayar harga tiket masuk Pantai Sadeng sebesar Rp. 5.000,00.

Di tambah dengan uang parkir yang akan dikenakan 10 ribu rupiah untuk mobil dan 5 ribu rupiah bagi anda yang membawa kendaraan bermotor.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Pantai Sadeng terletak di Desa Song banyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883. Menuju ke objek wisata ini kurang lebih 80 km dari kota Yogyakarta. Aatau membutuhkan waktu kurang kebih 1 jam 30 menit.

Rute menuju Pantai Sadeng Bila anda memulainya dari Kota Yogyakarta maka arahkan kendaraan menuju ke jalan wonosari, pathuk, Sambipitu , Gading, Siyono. Lalu, ke araha jalan baron, Desa Mulo, Bintaos, kemudaian, masuk ke tepus.

Belok ke kiri kearah Jepitu, di depan pasar beloklah kearah kanan menuju ke kecamatan Girisubo. Lalu lanjutkan perjalanan menuju ke suling, songbanyu. Tak lama kemudian anda akan tiba di titik lokasi.

Jalan menuju Pantai Sadeng ternyata tidak hanya malalui Yogyakarta saja, Tetapi, anda juga bisa menempuhkan dari kota lain seperti klaten dan juga solo. Nah, bagi anda yang berada di daerah klaten tidak usah khawatir karena menuju ke titik lokasi,.

Bila berangkat dari klaten arahkan kendaraan menuju ke Giripanggung lewat semanu. Culen, pasar jepitu. Selanjutnya, ikuti saja papan petunjuk yang sudah banyak tersedia di berbagai sudut.

Jika, anda berasal dari solo dan hendak mengunjunginya. Perrtama kali arahkan kendaraan menuju ke sukoharjo, wonogiri, hingga pasar Praci. Lalu belok ke kanan hingga anda masuk di daerah. Rongkop, Nglindur, Pasar Nrancah. Lalu, belok ke kanan dan ikuti papan petunjuk seperti di atas.

Daya Tarik Pantai Sadeng


Pantai Sadeng yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta ini merupakan salah satu destinasi liburan terbaik untuk Anda. Menawarkan keindahan pantai yang letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri.

Pantai satu ini juga menjadi pelabuhan nelayan dan pasar ikan terbesar diantara pantai lainnya. Aneka ragam hasil laut dapat Anda temukan disana mulai dari cumi-cumi, lobster, udang, berbagai jenis ikan dan lainnya.

Sadeng Beach lebih terkenal akan pelabuhan daripada wahana pantainya sendiri. Bibir pantainya tergolong kecil dan memiliki pasir puth khas Gunung Kidul. Lokasinya seperti surga yang tersembunyi karena untuk menuju pinggir pantai perlu berjalan beberapa meter.

Pantai di Jogja ini dikelilingi oleh bebatuan karang besar dikedua sisinya. Fungsinya tak hanya sebagai pajangan dan hiasan saja, namun batu karang dapat menghalau dan memecah ombak.

Untuk airnya sendiri terbilang cukup jernih dan memiliki warna gradasi yang cantik. Didekat bibir berwarna kehijauan, sedangkan menjorok ketengah laut berwarna kebiruan kelam. Begitu indah untuk dipandang, sehingga membuat siapa saja betah untuk melihatnya.

Namun disamping keindahannya, Pantai Sadeng juga menyimpan banyak sejarah yang patut untuk diulas. Pantai Sadeng konon dipercaya merupakan tempat bermuara SUngai Bengawan Solo yang menjadi sungai terpanjang di Pulau Jawa.

Sungai Bengawan Solo dulunya bermuara ke Samudera Hindia, namun kini mengalir menuju Laut Jawa. Hal tersebut diakibatkan oleh beberapa juta tahun yang lalu terjadi pergerakan lempeng tektonik benua Australia bagian utara, sehingga terjadi pergesaran. Fenomena alam tersebut kemudian merubah tipografi Tanah Jawa yang berdampak pada Sungai Bengawan Solo.

Fasilitas Pantai Sadeng


Terdapat beberapa fasilitas wisata yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke Pantai Sadeng Yogyakarta. Berikut beberapa fasilitas pendukung wisata yang bisa anda nikmati ketika berlibur di tempat ini.
  • Area parkir kendaraan wisata
  • Warung wisata
  • Pusat lelang hasil laut
  • Toilet dan kamar mandi
  • Spot memancing
Nikmati liburan yang menyenangkan dengan berbagai macam pesona dan fasilitas yang ada di Pantai Sadeng Gunung Kidul.

Spot Wisata Pantai Sadeng

1. Kampung Nelayan


Lokasi wisata Pantai Sadeng memang terkenal dengan kampung nelayannya. Dimana, pada tahun 1983, banyak nelayan dari Gombong yang berkunjung ke sini dan mendirikan perkampungan ini. tidak hanya sampai disitu saja, disini kita juga bisa melihat pelabuhan ikan terbesar di Kota Jogja.

Seluruh aktifitas nelayan mulai dari pelelangan ikan, mengisi bahan bakar, hingga pemberangkatan bisa kita lihat disini. pelabuhan ini pun semakin mengesankan dengan hadirnya mercusuar yang menjulang tinggi.

Mercusuar ini berfungsi sebagai petunjuk para nelayan yang sedang melakukan aktifitas di malam hari. Maklum saja, perahu nelayan masih tradisional sehingga, belum adanya lampu khusus untuk menerangi mereka.

Perahu-perahu yang bersandar ini juga bisa anda manfaatkan sebagai salah satu spot foto terbaik yang dihadirkan oleh Pantai Sadeng. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera agar setiap momen bisa diabadikan dengan baik melalui foto dan gambar.

Pelabuhan wisata Pantai Sadeng pula kita bisa membeli ikan-ikan yang masih segar hasil tangkapan dari para nelayan. Jangan lupa untuk menawar dengan wajar ya, Agar mendapatkan harga yang pas sesuai dengan ukuran ikannya.

Di pelabuhan ini kita juga bisa menikmati berbagai macam sejarah panjang mengenai Pantai sadeng. Selain itu, ada juga koperasi yang memang dikhususkna untuk para nelayan agar lebih mudah untuk melayani para nelayan.

2. Memancing


Tidak hanya berenang dan bermain pasir putih seperti yang bisa kita lakukan disini dan kebanyakan pantai lainnya, Melainkan, anda akan disuguhkan dengan spot memancing yang terletak di dekat pelabuhan.

Spot ini dihuni oleh ikan-ikan seperti tuna, kakap, kerapu dan masih banyak lagi. anda bisa duduk dan menunggu ikan-ikan ini tertangkap oleh kail anda setelah itu, kita bisa menikmati atau membawanya pulang.

Mau yang lebih menantang lagi? kita bisa menyewa perahu nelayan dan ikut kegiatan mereka memancing di lautan lepas. Atau juga berputar-putar mengelilingi sepanjang pantai di gunung kidul. Pengalaman ini bisa anda nikmati jika anda membayar uang kurang lebih 500 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Penentuan harga ini tergantung dari perahu yang digunakan. Semakin bagus, semakin mahal pula harga sewa yang harus di bayar.

Atau, anda juga bisa memanfaatkannya untuk berkeliling pantai sadeng saja hanya dengan membayar uang sebesar 50 ribu rupiah. tidak hanya menyenangkan karena pemandangan alamnya saja. Mealiankan para warga yang akan mengantar anda pun juga sangat bersahaj sehingga, seperti suadara sendiri.

3. Telaga Suling


Objek wisata ini memang terlihat mengesankan karena kehadiran dari Telaga Suling ini. Dimana, warga sekitar pun percaya bila telaga ini merupakan sisa aliran air dari Sungai Bengawan Solo Purba.

Ternyata cerita warga ini bukanlah hisapan jempol semata. Ada perbukitan kapur yang yang memanjang. Terdapat dua buah membentuk memanjang dimana, tengahnya terdapat sebuah lembah yang saat ini sudah beralih fungsi menjadi ladang  palawija yang saat ini tumbuh sangat subur.

Lembah ini mempunyai panjang kurang lebih 7 km. Dimana, bila mengikuti alur ini kita bisa mencapai praci. Disini pula kita bisa menemukan tempat pembalikan dari aliran sungai bengawan Solo.

4. Wisata Kuliner


Sudah jauh-jauh mencapai pantai Sadeng dengan ikan-ikannya yang melimpah membuat anda wajib menikmati berbagai macam menu makanan berupa sajian olahan laut, mempunyai cita rasa yang membuat anda melayang-layang ke udara.

Anda juga bisa menggunakan ikan yang sudah anda beli dari dari tempat pelelangan untuk menjadi santapan anda. Harganya pun cukup murah dan bersahabat di kantong. Ada berbagai macam olahan yang bisa kita pilih.

Mulai dari bakar dan juga goreng. Ada saus asam manis, rica-rica atau hanya goreng mentega. Seluruh makanan ini akan berpadu dengan sempurna dengan nasi putih hangat berserta lalapannya.

Menariknya lagi, anda tidak hanya bisa menyantap menu makanan yang lezat. Tetapi, anda juga bisa menikmati seluruh kegaiatan di pelabuhan dengan view nan menawan. Jadi, ruginya pasti berkali-kali lipat bila anda tidak mencobanya.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain