Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pesona Desa Wisata Ketenger Villa Bayan Banyumas - Desember 2022

  • Alamat:
    Dusun II Ketenger, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151
  • Jam Buka:
    07:00 - 18:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
Desa Wisata Ketenger Villa Bayan Banyumas – Banyumas yang masih memiliki udara sejuk nan asri ini memang tepat dijadikan tempat tujuan wisata. Alam indah yang ada di lereng Gunung Slamet memang tak perlu diragukan lagi. Sebut saja Wisata Baturaden yang menjadi salah satu tempat wisata populer di Banyumas Jateng ini. Selain itu masih banyak lagi tempat wisata indah di Banyumas. Rasanya tak puas jika hanya sehari berlibur di kota ini.


Bermalam di kawasan wisata Baturaden merupakan pilihan tepat. Tidak jauh dari tmpat wisata Baturaden ada sebuah penginapan sekaligus taman wisata yang begitu indah. Desa Wisata Ketenger Villa Bayan, sebuah tempat yang menawarkan suasana istimewa layaknya di luar negeri. Alam Asri, udara sejuk, Villa nyaman, Curug, hingga sungai jernih akan memanjakan wisatawan.

Desa Wisata Ketenger ini menyajikan paket wisata yang lengkap seperti air terjunnya, keindahan aliran sungai yang begitu jernih, nuansa alam yang begitu menyejukkan hingga keramah tamahan masyarakat Desa Wisata Ketenger.

Terletak di kaki Gunung Slamet, pantas saja tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk. Pokoknya seru deh untuk berwisata bersama sahabat, pasangan dan keluarga.

Fasilitas Desa Wisata Ketenger Villa Bayan Banyumas


Wisatawan akan menemukan berbagai hal unik saat mengunjungi tempat ini. Selain Villa eksotis, wisatawan akan menemukan berbagai fasilitas yang akan memenuhi kebutuhan liburan wisatawan. Curug Bayan dengan airnya yang berlimpah menyimpan berbagai keseruan. Wisatawan dapat bermain air di kedalaman yang bervariatif sehingga juga aman untuk anak – anak. Di Curug dekat Baturaden ini juga bisa digunakan arum jeram di aliran sungainya. Namun yang menjadi buruan para wisatawan adalah hunting foto sungai di bawah Villa ini. Selain bermalam di Villa, wisatawan juga bisa menyewa tenda untuk berkemah di sekitar curug.

Sedangkan di Desa Wisata Ketenger, wisatawan dapat menemukan peningalan penjajahan berupa rel lengkap dengan lorinya. Tidak jauh dari sana, terdapat Waduk Ketenger yang tak kalah indahnya. Kawasan ini sekarang telah dijadikan tempat wisata prasejarah, wisata permainan air dan PLTA.

Selain sajian alam yang begitu mempesona di kawasan wisata ini juga memiliki kesenian tradisional yang sayang untuk di lewatkan. Beragam kesenian dan kebudayaan tradisional rakyat khas desa Ketenger seperti kuda lumping, Siteran, Begalan, Rengkong, wayang kulit khas Banyumasan dan masih banyak lagi yang lainya.


Sebagai pelangkap perjalanan, wisatawan dapat menikmati berbagai menu hidangan khas Banyumas. Kuliner Banyumas seperti mendoan, pecel, nopia, badeg, wedang jahe susu, sate dan lain sebagainya.

Lokasi wisata Desa Wisata Ketenger

Lokasi wisata Desa Wisata Ketenger ini terletak di alamat Dusun II Ketenger, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151.

Untuk mencapai ke tempat wisata Desa Wisata Ketenger ini tidaklah sulit ya kawan, kalian bisa menggunakan GPS ataupun petunjuk jalan. Wisatawan bisa menggunakan Jalan Raya Padamara, hingga bertemu tugu pertigaan, belok kanan. Kemudian sampai bertemu pertigaan besar Pabuaran belok kanan menuju Baturraden. Sebelum tanjakan ke Terminal Baturraden ada gapura di sisi kiri jalan akan bertemu Desa Ketenger.

Tempat Desa Wisata Ketenger ini tidak jauh dari pusat kota banyumas kok, kalian cukup menempuh perjalanan sejauh 28 kilometer atau membutuhkan waktu tempat 45 menit saja.

Tiket Masuk Curug Villa Bayan Banyumas

Umtuk memasuki kawasan Desa Wisata Ketenger ini, kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam kok topwisata lovers. Para pengunjung cukup membayar tarif sebesar Rp 5.000,00 saja per orang. Sangat murah sekali bukan, dengan menikmati suasana alam yang begitu asri, indah dan menyejukkan kalian cuma mengeluarkan biaya Rp 5.000,00 saja per orang sekali masuk.

Kemudian ada juga biaya tambahan lainnya seperti parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000,00 dan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000,00. Worth it deh topwisata lovers.

Jam buka tempat wisata Desa Wisata Ketenger ini mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00, dan buka setiap hari ya. Biasanya para pengunjung menghabiskan waktunya di tempat wisata Desa Wisata Ketenger ini kurang lebih 2 jam.

Jam kunjungan wisata paling populer antara pukul 14.00 sampai dengan pukul 16.00 pada hari minggu. Nah, jika topwisata lovers ingin leluasa berswafoto sembari menikmati keindahan alam Desa Wisata Ketenger, sebaiknya hindari deh jam kunjung tersebut.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Ketenger
  • Weekday Rp 3.000,00
  • Weekend Rp 5.000,00
  • Parkir kendaraan roda dua Rp 2.000,00
  • Parkir kendaraan roda empat Rp 5.000,00
  • Jam buka 07.00 – 18.00 WIB
  • Hari buka Senin – Minggu
  • Fasilitas Home Stay /  Villa Rp 300.000,00 – Rp 1.000.000,00
Apa saja sih yang menarik di Desa Wisata Ketenger

Kalau bilang yang menarik dari tempat wisata Desa Wisata Ketenger ini sangatlah banyak ya topwisata lovers. Tempat wisata ini punya beragam wahana alam yang begitu beragam mulai dari Air Terjun / Curug seperti Curug Gede, Curug Kembar, Curug Bayan, Curug Celiling. Kemudian ada juga seperti homestay yang bisa kamu sewa permalam sembari menikmati keindahan pagi, siang, sore dan malam desa wisata Ketenger.

Bahkan ada beberapa traveler topwisata yang menyebut kalau Desa Wisata Ketenger ini mirip dengan suasana desa di eropa-eropa sana lo. Nah makin penasaran bukan tentang keindahan apa saja di Desa Wisata Ketenger, yuk geser scroll kebawah.

1. Keindahan Alam Desa Wisata Ketenger


Kalau kalian melihat foto-foto instagramable Desa Wisata Ketenger Banyuasin ini memang membuat banyak orang tertarik dan sangat ingin sekali mengunjungi tempat wisata ini. Memang sih, tempat wisata Desa Wisata Ketenger sangat mirip dengan pedesaan di Swiss sana.

Mempunyai pemandangan yang indah, alam yang asri, aliran sungai yang masih terawat dan jernih serta keramah tamahan masyarakat sekitar yang menyambut wisatawan.

Begitu memasuki kawasan desa wisata ini, udara sejuk langsung menyapa setiap wisatawan yang datang. Pepohonan hijau dan aneka bunga dengan warna cerah juga siap menyambut kedatangan Anda.

Disampaing itu, kalian juga bisa menikmati suasana kesegeran berendam di curug yang ada di Desa Wisata Ketenger. Tidak tanggung-tanggung ada lebih dari 4 air terjun disini seperti Curug Gede, Curug Kembar, Curug Bayan, Curug Celiling dan Curug Jenggala.

2. Banyak Sekali Terdapat Wisata Edukasi dan Seni Budaya


Disamping kalian menikmati suasana alam pedesaan yang indah di Desa Wisata Ketenger. Kalian juga bisa berwisata edukasi seni dan budaya disini. Desa Wisata Ketenger dulunya adalah sebuah situs peninggalan belanda di masa lampau.

Terdapat banyak sekali jejak-jejak peninggalannya seperti Rel Lori yang biasa digunakan sebagai pengangkut hasil hutan pada zaman Belanda. Di tempat Rel Lori ini juga, kalian bisa mengabadikan momen-momen indah lo, karena suasananya begitu instagramable banget kawan.

Disamping mempelajari situs-situs belanda, kalian juga bisa mengenal kesenian daerah khas Desa Wisata Ketenger seperti Ebeg atau kuda lumping dan orkes melayu. Ini merupakan atraksi orang menaiki kuda mainan yang terbuat dari anyaman bambu.

Salah satu kesenian andalan Ketenger adalah seni begalan. Begalan adalah kombinasi antara seni tari dan lawak yang diiringi gamelan.

Berburu kuliner di Desa Wisata Ketenger juga mengasyikkan lo, banyak sekali pedangan dari masyarakat Desa Wisata Ketenger yang menjajakan dagangnnya disepanjang perjalannya kalian menyusuri Desa Wisata Ketenger seperti wedang jahe, pecel, nopia dan sate.. Ada sih penjual yang begitu menarik hati seperti tempe mendoan yang rasanya gurih, manis enak deh pokoknya.

Mungkin dari sebagian topwisata lovers ada yang hobi memancing ya, disini di Desa Wisata Ketenger juga menyediakan spot-spot memancing yang seru ya seperti kolam pancing. Jika topwisata lovers ingin menikmati suasana memancing yang lebih menantang.

Bisa mencoba spot memancing di Waduk Ketenger. Waduk ini merupakan salah satu sisa peninggalan zaman Jepang. Sekarang, waduk ini sudah diperbarui dan diperbaiki menjadi PLTA juga lokasi wisata air.

3. Homestay yang Nyaman dan Murah


Lelah menyusuri tempat wisata yang indah di Desa Wisata Ketenger, ada baiknya kalian menikmati malam-malam disini dengan menginap di Homestay-Homestay murah khas Desa Wisata Ketenger. Homestay ini memang dikelola langsung oleh masyarakat sekitar Desa Wisata Ketenger.

Sehingga perekonomian mereka juga menjadi lebih meningkat dan lebih sejahtera pastinya. Harga yang ditawarkan untuk sekali menginap per malam pun tidak terlampau mahal ya topwisata lovers.

Tourisrank akan memberikan referensi tarif homestay di sekitar Desa Wisata Ketenger ini bekisar di Harga Rp 300.000,00 – Rp 1.000.000,00 tergantung fasilitas dan lokasi homestay nya ya.

Masih sangat terjangkau bukan, kalian bisa lebih leluasan dan nyaman menikmati keindahan Desa Wisata Ketenger tanpa harus keburu pulang karena sudah kemalaman.

Tak lengkap rasanya bila kembali ke kota asal tanpa membawa oleh-oleh. Beberapa kerajinan hasil warga Ketenger bisa Anda beli dan bawa pulang sebagai cinderamata, seperti kerajinan logam dan seni lukis dengan media kaca.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain