Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pesona Lokawisata Kalibiru - Desember 2022

  • Alamat:
    Jalan Waduk Sermo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia , 55653
  • Jam Buka:
    08:00 - 16:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00 - Rp. 20.000,00
Berwisata ke Jogja tidak akan lengkap jika tidak menyambangi wisata alamnya yang mempesona. Satu yang tidak boleh dilewatkan dari Jogja adalah wisata Kalibiru. Objek wisata ini berada di Kulonprogo.


Tempat wisata ini dikembangkan menjadi kawasan wisata, yang dikelola oleh pemerintah serta masyarakat setempat. Dulunya, area ini merupakan kawasan hutan negara yang subur. Namun, pembalakan hutan telah merusak tempat ini, sehingga pemerintah ikut turun tangan meremajakannya.

Harga Tiket Masuk Kalibiru

Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk. Selain itu, di beberapa spot foto juga dikenakan tarif tersendiri. Yang berbeda antara satu spot dengan spot lainnya.
  • Hari biasa Rp 10.000,00
  • International Tourist         Rp 20.000,00
Jam Buka Kalibiru

Objek wisata Kalibiru dapat dikunjungi mulai pagi hari hingga sore. Pengunjung dapat berlama – lama menikmati keindahan pemandangannya. Terlebih ketika sore hari, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam.
  • Setiap hari 08.00 – 16.00 WIB
Wahana & Aktivitas Wisata Kalibiru


Wisata Kalibiru terletak pada ketinggian 450 mdpl, yang kini telah menjadi hutan wisata nan subur. Dengan perbukitan yang ditumbuhi oleh berbagai pepohonan, seperti cemara, jati, dan kayu putih. Tempat wisata ini terletak di pedesaan, tak heran jika banyak dijumpai rumah berarsitektur Jawa kuno.

Rumah – rumah ini difungsikan sebagai kantor pengelola serta loket tiket masuk. Setelah itu, pengunjung harus melakukan trekking di hutan untuk dapat menuju spot utama. Di sini, telah disediakan jalan setapak sehingga pengunjung tinggal mengikuti arah jalan tersebut.

Di sepanjang perjalanan, pengunjung akan menemukan berbagai jenis vegetasi. Mulai dari semak – semak hingga pepohonan berbatang kayu yang bercabang – cabang. Selain itu, ada juga tanaman anggrek yang seolah bersembunyi di rimbunnya pepohonan.

Menilik Keeksotisan Kalibiru Jogja


Wisata Alam Kalibiru menyediakan menara pandang yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan sekitar. Sembari berfoto dengan latar belakang perbukitan yang diselimuti hijaunya pepohonan. Menara pandang ini berupa pohon pinus yang telah dipasangi papan kayu dan tangga gantung.

Dari sini, pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan perbukitan dengan pepohonan. Tapi juga jajaran Pegunungan Menoreh dan Waduk Sermo yang berkelok. Waduk Sermo merupakan bendungan terbesar yang ada di Jogja.

Luas dari waduk tersebut mencapai 157 hektar, yang digunakan untuk pengairan dan perikanan. Bentuknya yang berkelok membelah pepohonan membuatnya tampak sangat indah. Jangan sampai terlewat untuk mengabadikan momen dari menara pandang.

Bermain High Rope Dan Flying Fox


Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat menguji adrenalin dengan wahana yang ada. Terdapat high rope dan flying fox yang dapat dicoba. Berada di dataran tinggi membuat permainan ini begitu menantang nyali.

Di wahana high rope, pengunjung harus menyeberangi jembatan tali dan kayu. Pijakannya terbuat dari kayu kecil yang disusun dengan tali. Sementara pegangan dari jembatan berupa tali tambang, dan jembatan akan bergoyang ketika ditapaki.

Jika kurang tertantang, pengunjung dapat merasakan sensasi meluncur dengan flying fox. Pengunjung akan dibawa melintasi pepohonan dengan kecepatan luncur yang luar biasa. Bonusnya, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan indah di bawah sambil seolah terbang.

Waktu Yang Tepat Mengunjungi Kalibiru

Ada saat – saat tertentu yang membuat Wisata Alam Kalibiru menampilkan keindahan alamnya secara maksimal. Waktu yang tepat adalah ketika musim penghujan. Karena, pepohonan akan tampak hijau dan segar.

Jika di musim kemarau, pepohonan akan meranggas dan kuning. Sehingga kesannya justru panas dan gersang. Jika ingin mendapatkan pemandangan hijau yang mempesona, datanglah pada musim penghujan.

Selain itu, datang di sore hari juga dianjurkan. Karena, bertepatan dengan waktu matahari terbenam. Dari menara pandang, pengunjung dapat menyaksikan indahnya mentari kembali ke peraduannya.

Fasilitas Di Wisata Alam Kalibiru

Objek Wisata Kalibiru menyediakan fasilitas wisata yang lengkap dan terawat dengan baik. Ada toilet bersih, warung makan, dan area parkir yang cukup luas. Selain itu, ada juga homestay bagi pengunjung yang ingin menikmati kehidupan di desa.

Alamat Wisata Alam Kalibiru

Objek wisata ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Jogja. Untuk menuju ke sini, sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain