Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pulau Menjangan: Lokasi Meyelam Terbaik yang Tersembunyi di Bali Barat


Dikelilingi oleh pantai murni berpasir putih, terumbu karang yang menakjubkan, dan bawah air yang mempesona, lingkungan Pulau Menjangan adalah definisi sempurna dari semua tentang keindahan alam. Terletak sekitar 10 Km sebelah Barat Laut lepas pantai daratan Bali, pulau kecil Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Kata "Menjangan" dalam bahasa Jawa berarti "rusa". Menurut Wikipedia, nama itu diberikan oleh penduduk setempat yang mengamati kawanan rusa liar berenang ke pulau setiap musim semi yang meliputi jarak sekitar 1,2 mil.

Pulau kecil ini sebenarnya tempat menyelam pertama dimulai dengan serius di Bali sekitar tahun1978 di bawah sponsor Angkatan Laut Indonesia, ketika klub-klub diving berkumpul bersama menyelam yaitu Possi, Ganesha, Nusantara, dan Trisakti. Perkumpulan itu menyebabkan Menjangan menetapkan diri sebagai lokasi menyelam internasional terkemuka di Bali dan banyak dari peserta kemudian menjadi pelopor kegiatan menyelam komersial di Indonesia.

Pulau itu sendiri dikelilingi oleh terumbu karang, ditandai dengan turun ke dalam dekat 60 meter dan dengan formasi batuan yang kompleks. Fitur-fitur khas telah memberikan sejumlah gua besar dan kecil, dihiasi dengan spons dan karang lunak dan sering dihuni oleh ikan kerapu besar, belut dan dengan kakap muda dan ikan kelelawar di gua-gua kecil. Di bawah laut juga kaya spons barel besar dan kipas laut,beberapa di antaranya benar-benar besar. Mengingat kedalaman, arus moderat dan perlindungan dari angin kencang, lokasi yang baik untuk melihat tuna, gerombolan ikan jack, ikan kelelawar, angelfish, kura-kura laut, dan pada kesempatan juga hiu, terutama dari sudut luar pulau.


Pulau inijuga dikenal sebagai lokasi terbaik menyelam di Bali, dengan dunia bawah laut yang sangat cerah & berwarna-warni dan banyak lokasi yang berbeda untuk dipilih. Situs-situs menyelam kaya akan kehidupan bawah laut dan pantai berpasir untuk bersantai sambil makan siang.

Pada kedalaman 45 meter bangakai Anchor ditemukan. Juga disebut Anker atau Kapal Budak, situs ini merupakan kecelakaan kapal kayu tua yang duduk di dasar laut di ujung barat Menjangan, kapal Belanda abad ke-19 yang tenggelam selama Perang Dunia II atau yang tenggelam lebih awal selama jaman penjajahan Belanda, yang seharusnya membawa budak Bali ke Batavia (sekarang Jakarta). Bangkai kapal berisi muatan keramik dan botol kaca; tempat yang sangat baik untuk bertemu penyu dan hiu.

Diberi nama setelah koloni besar belut, tempat menyelam Eel Gardens terletak pada titik barat Menjangan di daerah dangkal dengan beberapa pasir putih menyilaukan, menyelam menyenangkan dengan sendirinya. Menyelam dimulai pada dinding yang bagus (sekitar 40 m) dengan banyak gorgonians indah kemudian melanjutkan dari atas karang untuk hamparan pasir putih. Beberapa orang mengatakan bahwa ini adalah bagian terbaik dari Pulau Menjangan.

Dan terdapat kejutan besar bagi fotografer, video operator dan ahli biologi kelautan di Secret Bay. Di teluk kecil dekat pelabuhan feri Gilimanuk, suhu air di sini sekitar 25 derajat C, yang telah menciptakan habitat spesies Samudera Pasifik dan Hindia, dengan sering hibrida antara keduanya. Habitat dangkal berlumpur, dicampur dengan ganggang dan puing-puing adalah tempat  makhluk laut yang aneh, beberapa di antaranya baru saja ditemukan oleh ahli biologi kelautan untuk pertama kalinya, seperti 4 jenis anglerfish termasuk Sargassum Anglerfish, Spotfin Anglerfish dan satu khususnya yang telah menciptakan minat besar di antara para ahli biologi, secara lokal disebut Tono Anglerfish. Selain anglerfish, Teluk adalah tuan rumah bagi banyak kuda laut yang berbeda, dragonets, ghostpipefish, nudibranch. Teluk yang unik ini telah dan masih merupakan lokasi pilihan yang utama dari beberapa fotografer dunia di bawah air dan pembuat film, serta peneliti dan ahli biologi kelautan.

Tiket Masuk Destinasi Wisata Pulau Menjangan

Mengenai biaya yang anda perlukan agar dapat menikmati keindahan pulau Menjangan, berikut rinciannya jika anda berangkat dari Bali menuju Pulau Menjangan, rincian harga yang dipatok pada umumnya terdiri dari sewa kapal antara Rp 400-600 ribu per hari.

Sedangkan untuk peralatan snorkeling per orang Rp 40-50 ribu. Untuk tiket masuk, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangkan mengenai biaya asuransi sebesar Rp 5.000.

Bagi anda yang menginginkan jasa pemandu, maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 100.000 per kelompok. Dalam hal sewa kapal, dapat lebih murah apabila anda menyewa gabungan dengan wisata lain.

Fasilitas Wisata Pulau Menjangan


Bagi anda yang akan menginap pada lokasi terdekat pulau ini, terdapat beberapa penginapan serta resort yang dapat anda jadikan sebagai pilihan.

Seperti Mimpi Resort Menjangan, Pondok Sari Beach & Bungalow Resort, Taman Sari Bali Resort and Spa, serta The Menjangan Resort. Dari keempat pilihan penginapan serta resort ini, yang mempunyai fasilitas paling lengkap adalah The Menjangan Resort.

Tips Berkunjung ke Pulau Menjangan

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan wisata satu ini antara bulan April hingga November. Pulau Menjangan ini tidak berpenghuni. Maka, sebaiknya anda membawa bekal makanan serta minuman sendiri. Jangan lupa pula untuk membawa baju ganti, obat serta sunblock.

Sebelum memutuskan untuk diving atau snorkeling, maka jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai peralatan yang mendukung aktivitas tersebut terlebih dahulu. Peralatan diving dan snorkeling dapat anda sewa melalui resort terdekat sebelum akhirnya menyeberangi pulau Menjangan.

Saat berkunjung ke wisata Pulau Menjangan, sebaiknya anda menginap semalam di sini. Pasalnya, waktu yang anda perlukan untuk berkendara pulang pergi ke Denpasar kurang lebih selama 7 jam perjalanan.

Mencapai Lokasi

Cara utama untuk sampai ke Pulau Menjangan adalah dengan menggunakan perahu lokal yang dijalankan oleh Taman Nasional Bali Barat, mulai dari pelabuhan kecil yang disebut Labuhan Lalang di Teluk Terima. Atau, Anda juga dapat mengambil perahu dari dermaga kecil seperti Banyuwedang, sebelah resor Mimpi Menjangan. Untuk sampai ke Labuhan Lalang atau Banyuwedang  tergantung pada di mana Anda berasal - jika dari kawasan wisata Kuta-Sanur-Nusa Dua, ini berarti sekitar 140 km perjalanan yang akan memakan waktu sekitar 3 jam atau lebih dan membawa Anda melalui Denpasar dan sepanjang pantai barat daya. Atau jika Anda berasal dari Tulamben, itu sedikit lebih pendek tetapi masih membutuhkan sekitar2,5 jam sepanjang pantai utara Bali.

Perjalanan perahu ke Pulau Menjangan membutuhkan waktu antara 30 sampai 40 menit, tergantung pada cuaca dan beban perahu, dan ada pandangan yang sangat baik dari gunung berapi Jawa Timur Prapat Agung di kejauhan saat Anda dalam perjalanan. Para awak perahu yang membawal penyelam dan wisatawan telah membangun sendiri semacam rumah pohon di hutan bakau tempat mereka menunggu dengan sabar wisatawan atau penyelam kembali.

Penginapan

Berada di sebuah pulau tak berpenghuni, tidak ada pilihan akomodasi maupun fasilitas lain yang tersedia di Pulau Menjangan, namun beberapa hotel dan akomodasi lainnya dapat ditemukan di pantai barat laut Bali dekat Taman Nasional Bali Barat dan daerah Pemuteran.

Fasilitas yang lengkapdan pilihan akomodasi yang tersedia di Menjangan Resort. Sekitar 382 hektar penginapan, villa, dan fasilitas yang penuh kedamaian terletak di dalam sekitar Taman Nasional Bali Barat bisa menjadi tempat terbaik untuk memulai perjalanan menyelam ke Pulau Menjangan. Berikut adalah beberapa akomodasi yang tersedia di sekitar Pulau Menjangan.

THE MENJANGAN

1. Taman Nasional Bali Barat
  • Jl. Raya Gilimanuk, Singaraja Km. 17
  • Desa Pajarakan, Buleleng 81155 Bali - Indonesia
  • Telepon: +62 362 94700
  • Fax: +62 362 94708E-mail: bliss@themenjangan.com
  • Website: http://www.themenjangan.com
2. Taman Sari Bali Resort dan Spa
  • Dusun Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng- Bali
  • Telepon: + 62-362-93264 atau + 62-362-94755 atau + 62-828-9703-0012 atau + 62-815-522-3491
  • e-mail: resort@balitamansari.com atau sales@balitamansari.com
3. Pondok Sari Beach & Resort Bungalow
  • Gerokgak, Pemuteran Bali
  • Website: http://pondoksaribungalow.com

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain