Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Inilah Destinasi Lokawisata Jogja Bersifat Edukasi dan Ramah Anak


Tak percuma Jogja dijuluki Kota Pelajar dan Destinasi Wista ke-2 setelah Bali, karena di sini menawarkan wisata yang sifatnya tak sekadar bersenang-senang, namun ada juga sisi edukasinya.

Wisata edukasi ini ada yang dikelola pemerintah setempat, sebagian lagi dipegang swasta. Bagi yang liburan ke Jogja, orangtua yang membawa anak-anaknya cocok mengunjungi wisata edukasi ini. Jadi anaknya tidak hanya bergembira, namun juga mendapatkan manfaat di bidang pendidikan.

Ada banyak tempat wisata edukasi yang dapat menambah khazanah pengetahuan dan juga menyenangkan yang bisa ditemukan di Jogja yang tentunya ramah anak. Berikut rekomendasi tempat wisata edukasi tersebut:

1. Taman Pintar


Di pusat Kota Jogja terdapat tempat wisata edukasi yang sangat populer. Lokasinya pun tidak jauh dari Jalan Malioboro. Tempat wisata edukasi itu tak lain adalah Taman Pintar.

Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan bukan, kalau tempat wisata edukasi ini sarat akan wahana bermain yang dapat menambah ilmu pengetahuan dan tempat bermain bagi anak-anak.

Taman pintar memiliki berbagai wahana edukatif yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Wahana-wahana tersebut di antaranya, zona pengelolaan sampah, wahana bahari, science theater, zona perpustakaan, kampung kerajinan, gedung PAUD, gedung, planetarium, gedung kotak, dan gedung oval.

Bagi Anda yang berminat untuk mengajak anak-anak untuk mengunjungi Taman Pintar, tempat wisata edukasi ini berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Jogjakarta.

Anda bisa memilih berbagai program rekreasi di Taman Pintar, dengan membeli tiket yang harganya tidak akan menguras kantong Anda. Harga tiket mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 22.000 tergantung wahana dan program rekreasi yang Anda pilih.

2. Gembira Loka Zoo


Gembira Loka Zoo merupakan Kebun Raya dan Kebun Binatang yang berada di Kota Jogja. Tempat wisata edukasi ini memiliki berbagai wahana rekreasi seperti interaksi satwa, kolam sentuh, kolam tangkap, terapi ikan, perahu kayuh, skuter air, atv, bumper boat, speed boat, perahu katamaran, dan lain lain.

Tempat wisata edukasi ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti akses wifi internet, food court/kuliner, kursi roda, gelang anak, mushola, mayang tirta, dan banyak spot foto menarik yang bisa anda temui.

Terdapat sejumlah zona di Gembira Loka Zoo, di antaranya adalah zona Petting Zoo, Zona Reptil & Amphibi, Zona Bird Park, Zona Cakar, Zona Mamalia, Zona Primata, Zona Ikan, dll.

Di Gembira Loka Zoo, pengunjung bisa berfoto bersama satwa di berbagai zona satwa. Tidak hanya itu, terdapat spot foto menarik yang instagramable di dalamnya.

3. Agro Tourism Bhumi Merapi


Agrowisata Bhumi Merapi merupakan destinasi wisata baru yang terletak di Jalan Kaliurang 20 Km, tepatnya di belakang balai desa Harjobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Merapi.

Konsep yang diberikan oleh destinasi wisata ini adalah wisata edukasi. Tak heran jika destinasi wisata ini menjadi alternatif yang bagus untuk liburan keluarga.

Memasuki tempat wisata edukasi ini, pengunjung akan menemukan sebuah bangunan Joglo, dimana kita bisa duduk-duduk sambil bersantai. Di depan Joglo terdapat batang kayu yang tumbuh tepat di atas tanah gunung Merapi. Batang kayu ini biasa menjadi spot foto yang menarik.

Di tempat wisata edukasi ini, Anda bisa mengajak anak-anak melihat dan berinteraksi langsung dengan satwa yang menjadi koleksi Agro tourism Bhumi Merapi. Pengunjung bisa memberi makan kelinci, mencoba menyentuh ular, memerah susu kambing etawa, atau memberikan air kepada bayi kambing.

4. Kids Fun


Kids Fun termasuk salah satu tempat wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi di Jogja. Tempat wisata edukasi ini menawarkan berbagai permainan seru yang bisa dimainkan anak-anak hingga orang dewasa dengan aman.

Permainan seperti gokart, wahana tunggang, hingga waterboom menjadi wahana unggulan yang bisa Anda coba disini. Standar yang digunakan pun merupakan standar internasional karena tempat ini merupakan franchise dari Kids Fun Parcs yang ada di Belanda, sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi keamanannya.

Secara umum wahana yang ada di Kids Fun terbagi menjadi wahana keluarga, wahana anak, dan juga wahana menegangkan. Wahana-wahana di Kids Fun Jogja antara lain Bumper Car, gokart, aqua splash, flying fox, dan wall climbing. Harga tiket Kids Fun bervariasi mulai dari Rp19.000 sampai satu juta, tergantung paket yang dipilih.

5. Nara Kupu Jogja


Mengusung konsep eduwisata, Nara Kupu Jogja yang terletak di kaki gunung Merapi menawarkan wisata menikmati alam sekaligus bercocok tanam. Pengunjung akan diedukasi tentang cara menanam sayuran organik dan pengolahan sampah organik. Pengunjung yang datang juga dapat langsung memetik sendiri tanaman yang siap panen atau tersedia juga gerai yang menyediakan sayuran organik yang telah dipanen.

Nara Kupu Jogja membuka Rumah Edukasi gratis bagi anak sekolah yaitu kegiatan bercocok tanam bersama pemandu dan menariknya anak-anak dapat membawa hasil panen sayur organik. Berlokasi Pandanpuro, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta, dengan lahan seluas 4,5 hektar, Nara Kupu Jogja ini dilengkapi dengan fasilitas pemancingan ikan, cottage-cottage yang bisa disewa dan juga golf driving range.

Tempat ini memiliki program yang sudah berjalan seperti pertanian dan perkebunan sayur dan buah organik, pemeliharaan Rusa Tutul (nama ilmiah Axis axis) yang merupakan ikon Nara Kupu Jogja, peternakan ayam kampung petelur, angsa, bebek, rumah lebah, serta kolam budidaya dan kolam pancing ikan air tawar seperti ikan mas, ikan mujair, ikan lele, dll.

6. Wisata Edukasi Gebang Park


Wisata Edukasi Gebang merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang terletak di wilayah Wedomartani, tepatnya di Dusun Gebang, Padukuhan Jetis, Kelurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, DIY.

Wisata edukasi ini muncul berawal dari kesadaran warga akan banyaknya potensi wisata yang sangat lengkap di wilayah Dusun Gebang. Selain terdapat Candi, wilayah dusun ini juga memiliki embung, sungai, panorama persawahan, dan masih banyak potensi lain yang memiliki cerita sejarah namun kurang terekspos ke masyarakat luas.

7. Kampung Wisata Warungboto


Kampung Wisata Warungboto memiliki banyak potensi baik seni budaya, adat tradisi, kuliner maupun kerajinan. Tempat wisata edukasi ini juga memiliki daya tarik berupa aliran DAS Gajah Uwong sehingga kampung wisata ini juga mengembangkan atraksi yang berbasis sungai yaitu Gethekan susur sungai Gajah Uwong serta River Walk sepanjang bantaran sungai.

Selain itu, Kampung Wisata Warungboto ini juga memiliki situs Bangunan Cagar Budaya Tuk Umbul yang merupakan pesanggrahan kagungan dalem Kraton Kasultanan Yogyakarta yang kini dijadikan ikon dalam kalender event tahunan merti tuk umbul yang dikemas dalam bentuk Sendratari.

Di Kampung Wisata Warungboto ini, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan seni dan budaya berupa seni karawitan, kesenian kethoprak, seni pertunjukan Guyon Maton, Seni Sastra Jawa Mocapat, Seni Tari Klasik dan Tari Garapan, Kesenian Rakyat Jathilan, Kesenian Reog, Kesenian Musik Modern (Band), Seni Keprajuritan Rakyat (Bergodo), dan Seni Musik Keroncong.

Dengan berbagai macam pertunjukan seni dan budaya yang ditawarkan Kampung Seni Warungboto, jelas membuat tempat wisata edukasi ini menjadi sangat ideal bagi Anda yang ingin menambah wawasan tentang seni dan budaya Jawa.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain