Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Bukit Lintang Sewu, Bukit Bertabur Bintang Di Langit Imogiri

  • Alamat:
    Karang Asem, Muntuk, Dlingo, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55783
  • Jam Buka:
    16:30 - 22:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 3.000,00
Yogyakarta seakan tak pernah kehabisan tempat wisata baru yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu kawasan dengan wisata alam terbaik di Yogyakarta adalah Kabupaten Bantuk. Panorama alamnya hijau dan sejuk.


Kali ini ada wisata alam terbaru di Kabupaten Bantul, Bukit Lintang Sewu namanya. Tempat ini bisa dijangkau dalam waktu satu jam dari Yogyakarta. Kamu bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Sejauh mata memandang hanyalah perbukitan hijau, berikut informasi wisata Bukit Lintang Sewu buat panduan berliburmu nantinya.

Sekilas Bukit Lintang Sewu

Kamu sedang mencari tempat romantis di Kota Gudeg Yogyakarta? Datanglah ke Bukit Lintang Sewu. Tempat ini merupakan lokasi wisata baru malam hari di Yogyakarta.

Dari atas tempat ini kamu akan mendapatkan pemandangan alam berpadu dengan pemandangan kota yang menakjubkan. Terlihat semburat jingga dari indahnya matahari terbit dan kelap kelip lampu kota yang indah.

Apalagi pengelola lokasi wisata ini menambahkan beberapa spot foto yang unik. Sehingga kamu bisa menyimpan momen romantismemu dengan indah.

Asal Usul Bukit Lintang Sewu

Kenapa dinamakan Bukit Lintang Sewu? Hal ini bermula ketika malam hari kamu bisa melihat banyak bintang yang berkelap-kelip diangkasa yang membentang luas.

Sedangkan untuk penamaan bukit ini adalah Lintang bermakna Bintang dan Sewu bermakna Seribu. Jadi bukit ini tempat dimana kamu bisa melihat ribuan bintang di malam hari.

Sebelum kamu sampai di bukit ini, kamu akan disambut dengan hamparan pohon pinus yang tumbuh hijau dan menjulang tinggi. Namun Sesampainya di atas bukit kamu akan melihat pohon kayu putih yang menjadikan tempat ini sangat unik.

Ada apa saja sih di Bukit Lintang Sewu?


Ketika memasuki Bukit Lintang Sewu, yang akan kamu lihat pertama kali adalah pepohonan pinus dengan aroma kayu putih. Susananya pun sejuk, sehingga menyegarkan pikiranmu.

Beragam spot menarik dihadirkan di destinasi wisata ini. Salah satu yang menarik perhatian adalah kreasi gardu pandangnya. Tidak hanya ada satu, terdapat sekitar 4-5 gardu pandang dengan bentuk unik.

Gardu pandangnya ada yang seperti rumah terbalik, tapak kaki raksasa, dan sapu terbang. Kalau mau foto, kamu harus antre cukup panjang, apalagi saat menjelang sunset.


Selain menikmati indahnya pemandangan dari gardu pandang, Bukit Lintang Sewu juga memiliki panggung pentas. Lokasinya pun strategis, kamu bisa duduk istirahat sembari menikmati pemandangan alam.

Kalau beruntung, biasanya akan ada pentas tari dan wayang orang di panggung tersebut. Wah, kamu bisa sekaligus menikmati pertunjukan seni budaya di sini, deh.


Kalau ke sini, pastikan pula kamu mampir di salah satu spot foto paling ikoniknya, yakni gardu pandang berbentuk bintang. Lokasinya dekat dengan taman bunga, sehingga keindahannya makin terasa.

Ikon Bukit Lintang Sewu ini menghadap langsung ke perbukitan hijau khas Kabupaten Bantul. Bisa berfoto ria sambil menikmati keindahan alamnya, deh. Ingat, kamu harus antre panjang dulu untuk bisa singgah.

Aktivitas

Aktivitas apa yang bisa kamu lakukan di objek wisata ini?

1. Menikmati Sunset


Daya tarik utama objek wisata ini adalah sunset. Bukit ini menghadap ke barat jadi kamu bisa mendapatkan pemandangan indah saat matahari terbit.

2. Berkemah


Bagi kamu pecinta alam bisa mencoba berkemah di tempat ini. Terdapat area berkemah yang terhampar luas dan dikelilingi oleh pepohonan hijau.

3. Menikmati Pemandangan Malam


Ini dia primadona dari bukit ini yaitu pemandangan malam dari atas bukit. Pada malam hari kamu bisa melihat cahaya lampu kota dan bintang yang berkelap-kelap.

Berfoto

Tersedia berbagai sot foto yang dilengkapi dengan atribut pendukung.

Spot Foto


Selain menikmati pemandangan alam yang alami, kamu bisa mencoba berfoto pada beberapa spot foto yang memadukan background alami dan buatan:
  • Gardu Pandang Tapak Kaki
  • Tugu Watu Asah
  • Pintu Doraemon
  • Miniatur Binatang
  • Gapura
  • Bintang
Hasil foto terbaik tersebut bisa kamu dapatkan pada sore atau malam hari dengan menampakkan kelap-kelip lampu kota Yogyakarta.

Alamat

Jika ingin ke bukit ini kamu bisa menunju ke Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Untuk sampai ke puncak bukit kamu harus berjalan sejauh 100 m dengan track tanah liat yang sudah dikeraskan.

Nah bagi kamu yang ingin ke bukit ini, kamu juga bisa mampir ke objek wisata serupa namun juga tidak kalah mempesona. Objek wisata tersebut seperti Puncak Becici, Hutan Pinus Asri, Hutan Pinus Pengger, Watu Lawang, Jurang Tembelan Kanigoro dan masih banyak lagi. 

Harga Tiket

Untuk harga tiket masuknya masih terjangkau sekali. Kamu cukup membayar Rp 3.000,00/ orang. Sedangkan tarif parkir sebesar Rp 2.000,00/ motor, Rp 5.000,00/ mobil dan Rp 20.000,00/ bus.

Jam Operasional

Untuk jam Operasional, Bukit ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 04.30-22.00 WIB. Jadi kamu bisa datang sampai larut malam sebelum jam 22.00 WIB.

Fasilitas

Untuk fasilitas,objek wisata ini cukup lengkap, seperti:
  • Rumah makan
  • Gazebo
  • Area parkir
  • Area kemah
  • Gardu Pandang
  • Toilet
  • Spot foto
  • Penginapan
  • Glamping
  • Panggung pentas
Nah untuk warung makan terdekat kamu bisa langsung datang ke Kopi Omah Guyub untuk menyeruput kopi dan menikmati cemilan lainnya. Selain itu kamu juga bisa mampir ke Coffee and Tea Wanajaya yang menyediakan kopi dan aneka menu makanan lezat.

Sedangkan untuk penginapan terdekat kamu bisa singgah di Dann’s Homestay yang menyediakan kamar nyaman serta makanan tradisional seperti kopi klothok dan mie godog. Pilihan penginapan lainnya adalah Elvira Homestay.

Tips Berwisata

Terapkanlah tips yang Tim dolanyok berikut untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan:
  • Datangkah pada sore hari untuk mendapatkan pemandangan sunset yang cantik.
  • Pakailah alas kaki yang nyaman karena jalanan sekitar masih terjal dan berupa tanah liat.
  • Bawalah bekal makanan atau minuman karena warung makan terdekat hanya buka ketika hari libur.
  • Jagalah anak-anak untuk tidak terlalu dekat dengan bibir tebing.
  • Bawalah peralatan kemah sendiri jika kamu mau berkemah.
Kesimpulan

Kawasan Imogiri Mangunan adalah salah satu kawasan perbukitan di Yogyakarta. Jika kamu pecinta alam, wajib datang ke Bukit Lintang Sewu.

Kamu bisa menikmati indahnya sunset dari atas bukit ini. Ditambah kamu akan mendapatkan pemandangan dari kota dan bintang-bintang di atas langit.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain