Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Jogja Exotarium - Tiket Masuk, Lokasi dan Aktivitas

  • Alamat:
    Jl. Magelang No.Km.8, RW.12, Mulungan Kulon, Sendangadi, Mlati, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55285
  • Jam Buka:
    08.30 - 17.00 WIB
  • Telepon:
    087738394686/085771883172
  • Harga Tiket:
    Rp 20.000,00 - Rp 25.000,00
Di Yogyakarta, tepatnya di Sleman, ada satu tempat wisata edukasi yang patut dikunjungi. Namanya adalah Jogja Exotarium — terdengar unik, kan? Namun sebenarnya, tempat ini merupakan taman hewan berskala kecil. Koleksi hewannya beragam dan bisa berinteraksi secara langsung, lho!


Tiket Masuk Jogja Exotarium

Berkunjung ke Jogja Exotarium tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiketnya terjangkau, baik di hari biasa maupun hari libur. Jika ingin mencoba wahana di dalamnya, wisatawan bisa membayar tiket terpisah. Wahana outbond buka dengan sistem sesuai pesanan.

Tiket Masuk Jogja Exotarium
  • Tiket Masuk Weekday Rp 20.000,00
  • Tiket Masuk Weekend Rp 25.000,00
Wahana Berbayar
  • Becak Mini, Kolam Renang, Tangkap Ikan, Terapi Ikan Rp 10.000,00
  • ATV, Bebek Kayuh Rp 20.000,00
  • Flying Fox Rp 25.000,00 - Rp 40.000,00
  • Tunggang Kuda Rp 25.000,00 - Rp 35.000,00
  • Jeep Adventure Rp 200.000,00
Anak usia 3 tahun ke bawah bebas biaya tiket masuk.

Jam Buka

Taman rekreasi keluarga ini buka sejak pagi hingga sore hari. Pengunjung bisa puas mengelilingi seluruh area seharian penuh. Khusus untuk wahana river tubing hanya tersedia pada musim hujan.

Jam Operasional
  • Weekday 08.30 – 16.30
  • Weekend 08.30 – 17.00
Edukasi Hewan di Jogja Exotarium


Usia Jogja Exotarium masih tergolong muda. Taman margasatwa ini baru beroperasi pada akhir tahun 2017. Tidak heran jika banyak lahan yang masih dalam proses perkembangan. Tetapi secara keseluruhan, tempat ini sudah bisa dinikmati dan selalu ramai pengunjung.

Jogja Exotarium mengusung konsep mini zoo atau taman margasatwa berskala kecil. Luas lahannya memang hanya sekitar 5 hektar. Koleksi hewannya pun tidak selengkap taman margasatwa pada umumnya. 

Dengan ukurannya yang mini, taman rekreasi ini sangat pas sebagai destinasi wisata anak-anak. Tempat ini bisa jadi arena bermain sekaligus belajar bagi anak-anak hingga usia 13 tahun. Di sini, beragam hewan jinak serta aktivitas menarik siap mengisi liburan keluarga.

1. Suasana Pedesaan

Taman wisata ini berdiri di lahan Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Berada di kawasan pedesaan, otomatis tempat ini mempunyai lingkungan yang hijau dan asri. Meski begitu, lokasinya tetap mudah karena akses jalan yang baik.

Area Jogja Exotarium terdiri dari taman margasatwa mini dan taman bunga. Kawasan ini juga dilintasi oleh Sungai Denggung. Udara segar pedesaan melengkapi suasana taman sekitar taman yang tenang. Padahal, jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta, lho.

2. Koleksi Beragam

Koleksi hewan di taman ini memang tidak sebanyak Gembira Loka atau Ragunan. Namun, semuanya terawat dengan baik dan dalam keadaan sehat. Kebersihan kandang maupun hewan selalu terjaga. 

Hewan-hewan yang ada di sini berasal dari beragam spesies. Hewan peternakan, peliharaan, hingga hewan langka juga ada. Semuanya dihadirkan dengan tujuan menjadi sarana edukasi, khususnya untuk anak-anak. Tidak perlu khawatir karena setiap area hewan dijaga oleh petugas pemandu. 

Sejumlah hewan bisa dikunjungi untuk didekati secara langsung. Kelinci, kuda, kambing, hingga kura-kura adalah sebagian di antaranya. Hewan reptilia menantang seperti ular dan iguana pun bisa diajak berfoto bersama. Ada juga hewan air dan burung-burung yang tak kalah jinak.

3. Naik Kuda Tunggang

Sejumlah hewan peternakan di sini bisa diajak berinteraksi dari dekat. Pengunjung diperbolehkan memberi pakan bagi kambing dan sapi. Kegiatan ini tentu akan jadi pengalaman tak terlupakan, terutama bagi anak-anak.

Jogja Exotarium juga memiliki koleksi kuda tunggang. Pengunjung bisa mencoba menaiki kuda-kuda ini. Menunggang kuda bisa jadi alternatif berkeliling taman untuk menghemat energi.

4. Tangkap Ikan

Kegiatan lainnya yang wajib untuk dicoba adalah tangkap ikan. Aktivitas ini diutamakan bagi anak-anak di atas usia 3 tahun. Anak-anak akan diajak turun ke kolam dan menangkap ikan sendiri. Ikan-ikan ini bisa dibawa pulang untuk dipelihara, lho.

5. Kegiatan Outbond di Jogja Exotarium

Jogja Exotarium bisa jadi alternatif destinasi outbond anak-anak. Pengelola menyediakan wahana outbond menarik di sini. Sejumlah wahana bahkan sengaja dibuat di atas sungai. Kegiatan ini mengajak anak-anak untuk aktif serta berani kotor-kotoran!

6. River Tubing

Aktivitas di Jogja Exotarium tidak melulu ditujukan untuk anak-anak. Kalangan dewasa pun bisa menikmati rekreasi di sini. Tentu saja selain berjalan santai dan berfoto dengan hewan-hewan.

Sungai Denggung yang melintasi kawasan ini merupakan area bermain river tubing. Wahana ini mengajak pengunjung menaiki ban pelampung menyusuri sungai. Namun, wahana ini hanya dibuka ketika volume sungai meningkat di musim hujan.

7. Taman Bunga Warna-Warni

Sudah di Jogja Exotarium, jangan lupa berkunjung ke Taman Bunga Parijoto Puspawarni. Meski belum dikembangkan sempurna, namun taman ini layak untuk dinikmati. Hamparan bunga-bunga cantik berwarna-warni siap menyambut. Area ini sangat laku sebagai tempat berfoto ria.

Fasilitas


Jogja Exotarium dilengkapi fasilitas penunjang yang lengkap. Area parkirnya luas dan menampung banyak kendaraan. Toilet, musholla, dan kios-kios makanan mudah ditemui di sini. Gazebo untuk beristirahat tersebar di beberapa titik dalam taman.

Lokasi Jogja Exotarium

Taman rekreasi ini terletak di Jalan Magelang Km. 8 Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Jaraknya hanya sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Akses jalannya baik dan bisa dilalui kendaraan roda 4 sekalipun. Untuk reservasi dan informasi, hubungi kontak  087738394686.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain