Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Kampung Flory Yogyakarta - Tiket Masuk, Suasana Desa dan Lokasi

  • Alamat:
    Rt 05, Rw 11, Jugang, Plaosan, Tridadi, Sleman, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55511
  • Jam Buka:
    09.00 - 21.00 WIB
  • Telepon:
    085 643 999 289
  • Harga Tiket:
    Rp 15.000,00
Beberapa tahun terakhir, geliat desa wisata di Jogja kian menjadi saja. Salah satunya yang kini jadi favorit para wisatawan adalah Kampung Flory.

Destinasi berbasis agrowisata dengan sistem desa wisata itu menjadi favorit wisatawan, terutama yang datang bersama keluarga dan rombongan. Tak heran, dengan konsep edukatif, tempat ini tak hanya menawarkan beragam wahana agrowisata, namun juga memberikan edukasi.


Konsep edukasi yang diusung oleh pengelola, ternyata sukses menyulap Kampung Flory menjadi sebagai objek wisata keluarga yang tak pernah sepi pengunjung. Betapa tidak, tak hanya bisa menikmati segala sesuatu yang berbau pertanian dan perkebunan, namun juga perikanan.

Masuk ke objek wisata yang berada di Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, DIY ini, pengunjung akan merasa seperti berada di sebuah desa yang asri dan hijau. Padahal lokasi destinasi ini sebenarnya tak jauh dari pusat kota dan jalan utama lintas provinsi Jawa Tengah dan DIY.

Tiket Masuk Kampung Flory

Untuk masuk ke objek wisata ini, wisatawan hanya perlu membayar Rp15.000. Harga tiket masuk tersebut mendapat gratis minuman.
  • Tiket Masuk Wisata Kali Mbedog Rp 15.000,00
Jam Buka Kampung Flory

Taman Wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka dari pagi sampai sore hari.
  • Jam Operasional Wisata 09.00 – 17.00 WIB
  • Jam Operasional Resto 09.00 – 21.00 WIB
Rekreasi Suasana Desa di Kampung Flory


Dengan luas lahan yang mencapai empat hektare, membuat pengunjung tak bakal merasa berdesak-desakan saat berkunjung. Maka jangan heran jika tempat ini kerap dikunjungi oleh rombongan-rombongan dalam jumlah yang besar.

Laiknya agrowisata pada umumnya, hijaunya dedaunan, segarnya buah-buahan yang matang langsung dari pohonnya, serta beragam kuliner, yang sudah barang tentu sehat dan bernuansa ndeso.

Secara keseluruhan objek wisata ini terbagi atas beberapa zona. Di antaranya Zona Taruna Tani yang berisikan kuliner, kebun tanaman hias dan tanaman buah; Zona Dewi Flory yang berisikan jasa penginapan; dan Zona Agro Bush yang menawarkan wisata petik buah

Sajian Kuliner Ndeso di Kampung Flory

Sesuai dengan jargonnya, yakni Bali Ndeso, menu kuliner yang disajikan di objek wisata ini, nyaris didominasi oleh menu makanan rumahan yang ndeso. Harganya pun relatif ramah di kantong, untuk minuman harganya berkisar Rp2.000-Rp4.000, sedangkan untuk makanan harganya berkisar Rp 10.000 - Rp 50.000.

Setidaknya ada dua spot kuliner yang disediakan oleh pengelola, yakni Resto Kopi Keceh dan Resto Bali Ndeso. Keduanya memiliki atmosfer sama berupa gaya etnik khas pedesaan dan ruang makan terbuka yang langsung menghadap pemandangan alam nan segar.

Pilih Buah lalu Petik Sendiri

Sebagai agrowisata, kebun dengan buah segar yang matang langsung dari batangnya, menjadi wahana andalan yang ditawarkan pengelola kepada wisatawan. Tentu saja, untuk bisa menikmati segarnya buah-buahan yang matang langsung dari pohonnya, tidak gratis, alias berbayar.

Serunya Outbound bersama Anak-Anak

Dengan area yang terbilang luas, bukan hal yang sulit bagi pengelola untuk menyediakan lahan khusus untuk wahana outbound. Wahana inilah yang menjadi favorit wisatawan, terutama bagi mereka yang datang dengan rombongan berjumlah besar.

Nikmati Gemericik Air Kolam yang Jernih


Salah satu spot yang jadi favorit di tempat wisata ini adalah kolam ikan. Suasana teduh dan asri, ditambah dengan gemericik air, membuat pengunjung betah berlama-lama di sekitar kolam.

Terlebih kolam sengaja dibangun berada di sekitar restoran. Kolam berair jernih dengan ikan yang berwarna-warni dijamin membuat selera makan wisatawan akan kian menjadi.

Sensasi Terapi Ikan di Kolam

Di Kampung Flory, wisatawan juga menikmati wahana yang tak biasa. Selain menikmati suasana asri dan gemericik air yang menenangkan, di sejumlah kolam, pengunjung juga bisa menikmati sensasi terapi ikan.

Terapi ikan menjadi salah satu atraksi wisata yang unik. Di objek wisata ini tersedia beberapa kolam terapi ikan yang begitu luas. Kolam tersebut dilengkapi batu-batu kali yang ditata di pinggir atau tengah kolam sebagai tempat duduk.

Bermalam di Asrinya Pedesaan

Tak hanya sekadar singgah, pengelola destinasi wisata ini juga menyediakan berbĂ gai fasilitas homestay bagi wisatawan yang ingin menginap. Wisatawan bisa memilih dua macam homestay, yakni 10 unit homestay berkonsep live-in di rumah warga atau Homestay Ayem-Ayem yang jumlahnya ada sekitar empat unit.

Selain itu, pengelola juga menyiapkan beberapa spot yang bisa dipakai wisatawan untuk menggelar pertemuan, rapat, atau semacamnya. Di kompleks objek wisata itu, ada sebuah limasan berkapasitas 200 orang di sekretariat; satu unit joglo limasan kembar berkapasitas 300 orang; serta dua unit Omah Kampung berkapasitas 80 orang.

Belajar Bertani dan Berkebun Langsung dari Ahlinya

Di Kampung Flory, wisatawan juga bisa belajar soal dunia pertanian dan perkebunan, seperti mengenal jenis tanaman, bagaimana merawatnya, hingga cara menata tanaman hias di pekarangan rumah. Ada juga taman edukatif, tanaman buah/bunga dalam pot (tabulampot), sayur mayur, dan tanaman obat keluarga.

Demi memberikan edukasi mengenai pertanian, pengelola memberikan pembekalan pada pemandu wisata. Pembekalan tersebut dilakukan oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman.

Rute dan Lokasi Kampung Flory

Kampung Flory berada di Jugang, Pangukan, Desa Tridadi, Kecamtan Sleman, Kabupaten Sleman, DIY. Untuk sampai lokasi, waktu yang bakal ditempuh wisatawan sekitar 29 menit atau memakan jarak tempuh sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Jogja.

Selain itu, akses menuju lokasi cukup baik dan mudah ditemukan karena lokasinya memang tidak terlalu jauh dari pusat keramaian. Untuk lebih jelasnya, wisatawan bisa menghubungi pengelola di nomor telepon 0813-9012-6446.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain