Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Pantai Pink Lombok Timur yang Mempesona

  • Alamat:
    Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • Jam Buka:
    08:00 - 17:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00 - Rp. 50.000,00
Pantai menjadi salah satu lokasi favorit untuk berlibur, namun pernahkah berlibur di pantai yang memiliki pasir berwarna pink? Kalau belum, Pantai Pink adalah tempatnya!

Berada di Lombok Timur, pantai ini sebenarnya bernama Pantai Tangsi. Namun lebih dikenal dengan Pantai Pink karena memiliki pasir yang berwarna pink.

Pasir pantai yang berwarna pink atau merah muda ini terbentuk karena serpihan terumbu karang merah muda yang bercampur dengan pasir putih pantai.


Awalnya, terumbu karang berwarna merah muda ini tumbuh di sekitar pantai, tepatnya di perairan dangkal. Lalu terbawa ombak dan memenuhi seluruh tepian pantai, sehingga pasir pantai ini tampak berwarna pink.

Namun warna pink pantai ini memiliki intensitas yang berbeda di waktu tertentu. Seperti halnya di pagi hari, warna pinknya hanya sebesar 20-30%, pada siang hari 50% dan pada sore hari 80-90%.

Selain melihat keindahan pasir yang berwarna pink, pengunjung juga dapat dimanjakan oleh gradasi warna dari air laut yang berwarna biru tua dan biru muda untuk perairan yang lebih dangkal.

Air laut Pantai Pink ini juga memiliki deburan ombak yang relatif lebih tenang dan jernih, sehingga cocok untuk sekadar main air, berenang ataupun melakukan snorkeling dan diving.

Saat air laut sedang surut, biasanya kondisi ini membentuk sebuah pulau kecil dekat bibir pantai atau seringkali disebut pasir timbul. Pengunjung dapat berjalan-jalan sepanjang pasir timbul ini.

Seusai menikmati seluruh keindahan pantai, di penghujung hari ada momen yang tak boleh dilewatkan, yaitu menyaksikan matahari tenggelam ala Pantai Pink. Kemilau cahaya emas dan suasana pantai yang hening membuat kian syahdu.

Daya Tarik Pantai Tangsi atau Pantai Pink


Pantai cantik yang satu ini, lokasinya sedikit tersembunyi dan cukup jauh dari pusat kota. Meski begitu akses jalannya sudah bagus dan beraspal.

Berikut daya tarik yang dimiliki Pantai Pink, Lombok Timur:

1. Pasirnya Yang Lembut


Sebuah pantai tak lengkap kehadirannya jika tidak mempunyai hamparan pasir, apalagi pasirnya tersebut lembut dan unik.

Pantai Tangsi atau Pantai Pink memiliki hamparan pasir putih lembut yang berwarna pink. Warnanya yang pink diakibatkan pecahan terumbu karang yang berwarna merah bercampur dengan pasir yang berwarna putih.

Terumbu karang tersebut tumbuh di perairan dangkal, kemudian pecahannya terbawa oleh arus ombak ke tepian sehingga menyatu dengan pasirnya. Sehingga akan tampak berwarna pink atau merah muda, meski sekarang warnanya ngga begitu pink.

Selain itu, ada pula Pulau Pasir yang akan muncul ketika air laut sedang surut atau biasa juga disebut dengan istilah pasir timbul.

2. Deburan Ombak Yang Tenang


Selain memiliki pasirnya yang khas dengan warna pinknya, salah satu pantai cantik di Lombok ini juga memiliki deburan ombak yang tenang serta air lautnya yang berwarna biru.

Indah sekali, apalagi jika melihat ke sekelilingnya, semakin lengkaplah dengan kehadiran sebuah bukit hijau serta langit biru yang berhiaskan awan putih yang lembut.

Deburan ombak yang begitu tenang membuat anak-anak dapat dengan gembira bermain air lautnya, mereka pasti senang sekali.

Lokasinya yang tak begitu ramai, membuat kamu dapat lebih leluasa menikmati panorama keindahan alam yang tersaji di Pantai Pink.

Air lautnya sangat bersih, sehingga kamu dapat melihat beberapa terumbu karang yang tinggal di dasarnya. Keindahan bawah lautnya dapat lebih kamu eksplor dengan kegiatan snorkeling ataupun diving.

Selain itu, kamu juga dapat menyewa sebuah perahu untuk mengeksplor beberapa pulau yang ada di sekitar Pantai Pink ini. Diantaranya ada Gili Marengkek, Gili Kambing dan satu pulau kecil lainnya. Aneh bin ajaibnya pulau-pulau ini akan bersatu dan disatukan oleh dataran pasir ketika air laut sedang surut.

3. Bukit Yang Berada di Tengah-Tengah Pantai


Keindahan Pantai Pink dilengkapi dengan kehadiran sebuah bukit, dimana kamu dapat menuju ke atas bukit kemudian menyaksikan hamparan Pantai Pink yang sangat cantik dari atas.

Bukit tersebut berada di tengah-tengah pantai, dengan tanah yang lumayan lapang kamu dapat melakukan kegiatan piknik di atas bukit.

Selain itu, dapat pula dijadikan lokasi untuk mengambil beberapa foto atau video tentang Pantai Pink atau Pantai Tangsi ini. Serta menjadi lokasi yang pas untuk menyaksikan matahari tenggelam yang sangat cantik.

Lokasi Pantai Pink

Lokasi Pantai Pink berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Rute Menuju Pantai Pink

Rute menuju Pantai Pink jika berangkat dari pusat Kota Mataram akan menempuh perjalanan kira-kira sejauh 82 km, dengan mengarahkan kendaraan menuju Praya kemudian ke arah Desa Sekaroh.

Akses jalannya sudah sangat bagus dan beraspal, kamu akan menikmati pemandangan savana khas Lombok. Dan sesekali perjalanan kamu terhambat akibat kawanan sapi atau kerbau menyebrang jalan.

Lokasinya memang jauh dari pusat Kota Mataram, namun sepanjang jalan kamu akan disuguhkan pemandangan tak akan kamu saksikan di tempat lain.

Jam Buka Pantai Pink

Jam operasional Pantai Pink atau Pantai Tangsi ini, dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Pink ialah di sore atau pagi hari, dimana keadaan pantai yang tak begitu panas.

Tiket Pantai Pink

Biaya atau tiket masuk Pantai Pink atau Pantai Tangsi cukup dengan membayar Rp. 10.000,- saja per orangnya. Namun, akan berbeda untuk mereka para turis asing, yang harus membayar sebesar Rp. 50.000,- per orang.

Fasilitas Wisata Pantai Pink

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Pink ini diantaranya:
  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Gazebo atau saung-saung untuk bersantai
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Tempat penyewaan perahu
  • Kamar mandi

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain