Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pantai Tanjung Bloam, Keindahan Lokawisata Pantai Cantik Nan Memikat Hati

  • Alamat:
    Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Nusa Tenggara Bar, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83672
  • Jam Buka:
    10.00 - 20.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp 150.000,00
Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki sejuta kekayaan alam. Salah satunya yaitu wisata Pantai Tanjung Bloam yang ada di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai yang dikelilingi bukit ini belum banyak disentuh orang. Hal ini membuat air pantai masih jernih dan area sekitarnya pun sangat bersih.


Wisata ini dikenal dengan wilayah konservasi penyu yang banyak tersebar di sepanjang garis pantai. Hal lain yang menambah keekstetikannya yaitu adanya tebing di kanan kiri yang mengapitnya. Banyak juga perahu kecil nelayan yang hilir mudik di pinggiran pantai. Tidak heran jika berkunjung kesini wisatawan akan terpesona dengan nuansa alam yang masih alami.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini bisa menaiki bukit untuk menikmati keindahan tiap sudut pesisir pantai. Suasana dan udaranya pun cukup menenangkan, sehingga cocok untuk melepas penat. Jika Anda sudah pernah mengunjungi Tanjung Ringgit, maka akan mudah menemukan akses jalan menuju Pantai Tanjung Bloam karena letaknya yang berdekatan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Bloam

Pantai yang tersembunyi di Lombok ini memang sudah tidak diragukan lagi keelokan alamnya. Tidak sedikit pengunjung dari berbagai daerah berdatangan kesini untuk sekedar refreshing. Selain itu, pantai cantik di Lombok Timur ini pun menawarkan daya tarik tersendiri yang tidak kalah dengan pantai lain.

1. Memiliki Tebing dan Bebatuan Eksotis


Salah satu daya tarik pantai ini adalah adanya 2 tebing yang mengapitnya. Dari sisi kanan terdapat tebing cadas dan sisi kiri tebing nampak seperti bakpao. Pemandangan natural nan asri yang menjadi ciri khas pantai ini. Selain itu, juga ada bukit diantara tebing-tebing yang menawan.

Terdapat juga bebatuan cadas yang memiliki warna kuning keemasan. Batuan ini terlihat seperti lukisan seorang pelukis ulung. Corak hitamnya pun nampak begitu kontras dengan warna air laut yang jernih membiru. Bebatuan ini terlihat seperti menyala pada saat malam hari menambah keelokan pantai.

2. Air Pantai yang Jernih


Sejauh mata memandang wisatawan akan disuguhi dengan air pantai yang masih jernih. Hal ini dikarenakan belum banyak orang yang berkunjung kesini. Ombak Pantai Tanjung Bloam pun tidak terlalu besar, tetapi bagi pengunjung diharapkan tetap berhati-hati saat bermain atau berenang. Ketika menginjakkan kaki di pinggiran pantai maka kita bisa melihat keindahan bawah laut.

Uniknya lagi disini pengunjung bisa melihat nelayan yang sedang mencari ikan. Area di sekitarnya pun sangat dijaga kebersihannya. Tidak heran jika disini jarang menemui sampah. Tempat ini juga menjadi kawasan penyu untuk bertelur.

3. Hamparan Pasir Putih yang Luas


Pantai Tanjung Bloam juga memiliki pasir putih yang sangat lembut. Bahkan pengunjung banyak yang tidak memakai alas kaki saat bermain di pasir. Selain itu juga memiliki garis pantai yang terbentang panjang. Wisatawan juga bisa membawa beberapa mainan pasir saat berkunjung kesini.

Di pinggiran pantai pun juga ada beberapa batu karang yang berjejer secara acak. Jika cuaca bagus, garis biru langit bertemu dengan birunya air laut dan putihnya pasir akan memanjakan pengunjungnya. Setiap sudut pantai pun selalu menawarkan berbagai keindahan alamnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Wisata alam Pantai Tanjung Bloam terletak di desa Temeak, dusun Tangsi, kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bisa dibilang perjalanan menuju pantai ini pun sangat menguras energi. Hal ini karena letak pantai yang tersembunyi di antara hutan jati. Pengunjung yang dari arah Mataram membutuhkan waktu 2-3 jam untuk menuju area pantai.

Jika dari arah Tanjung Ringgit tidak membutuhkan waktu lama untuk menuju wisata bloam ini. Hanya saja jalannya tidak begitu lebar dan hanya cukup dilewati satu mobil saja. Anda hanya perlu belok ke kanan lalu akan menemui petunjuk jalan pantai.

Sebelum memasuki kawasan pantai, wisatawan akan menemui pendopo berukuran kecil. Jalanannya pun masih terasa alami berupa tanah dengan bebatuan kerikil yang membuat pantai ini terlihat belum banyak dikunjungi orang. Meskipun perjalanannya terasa cukup panjang tetapi akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang bisa dinikmati di sepanjang jalan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Tanjung Bloam pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 150.000 untuk tiket masuk. Memang terdengar lumayan mahal, tetapi jika sudah memasuki area pantai dijamin pengunjung akan berkeinginan kembali lagi kesini. Wisata ini juga bisa dibilang privasi karena pengunjungnya tidak seramai pantai lain.

Jika pengunjung yang ingin datang ke pantai ini tetapi tidak memiliki banyak budget, ada cara lain untuk masuk. Caranya dengan melewati rimba Jerowaru. Tetapi jalur ini tidak banyak yang mengetahuinya, hanya masyarakat sekitar saja yang tahu. Persiapan stamina menjadi salah satu hal yang penting saat akan berlibur menuju pantai ini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Tanjung Bloam

1. Mengabadikan Momen Melalui Potret Foto

Saat berkunjung ke wisata ini, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa kamera atau handphone. Anda bisa berfoto dengan background pantai biru dan pasir putih. Tidak hanya itu, bukit dan batuan cadas pun bisa dijadikan spot foto yang menarik. Selain itu Anda juga bisa mengambil potret di sekitar perahu nelayan yang berjejer di pesisir pantai.

2. Snorkeling

Air lautnya yang jernih membiru membuat wisata ini banyak digunakan untuk snorkeling. Tetapi di area sekitar pantai tidak menyediakan persewaan alat snorkeling, jadi Anda harus membawa sendiri dari rumah. Ikan-ikan dan terumbu karang pun bisa terlihat jelas dan indah di bawah laut. Wisatawan juga bisa mengabadikannya melalui action cam yang anti air.

3. Berenang

Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke pantai Tanjung Bloam tetapi tidak membawa perlengkapan renang. Tetapi wisatawan sebaiknya hanya berenang di pinggiran pantai saja agar tidak tergulung derasnya ombak. Hal ini sudah cukup untuk membasuh diri setelah menempuh perjalanan yang lumayan panjang menuju ke pantai.

4. Berkunjung ke Penangkaran Penyu

Wisata ini memang terkenal dengan habitat penyu yang banyak berkembang biak di area sekitar pantai. Beberapa bebatuan yang menjorok ke laut pun sebagai salah satu spot yang disenangi penyu. Wisatawan yang berdatangan bisa bermain dengan penyu atau sekedar berfoto ria. Penangkaran ini pun juga dikelola oleh masyarakat sekitar.

5. Berkeliling Pantai

Bagi pengunjung yang menyukai berpetualang bisa menikmati keindahan pantai dengan melewati bukit dan hutan Jerowaru. Penduduk sekitar pun bisa menemani Anda untuk menjelajahinya. Selain itu juga bisa menyewa sepeda untuk bersantai mengelilingi pantai.

6. Bermain Pasir

Pasir putih yang ada di sepanjang pinggiran pantai memang menjadi ciri khas Pantai Tanjung Bloam. Pengunjung juga bisa bermain di pasir ini dengan membawa sejumlah peralatan. Bermain voli pantai pun juga bisa dilakukan di area pasir ini.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai


1. Jeeva Bloam Beach Camp

Penginapan yang beratap jerami ini sangat unik karena terbuat dari kayu yang terlihat estetik. Jaraknya sendiri tidak jauh dari kawasan pantai. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan indah karena balkon yang menghadap ke arah laut. Tersedia juga fasilitas perpustakaan kecil di dalamnya, kamar mandi dengan air dingin atau hangat dan masih banyak lagi.


2. Panorama Cottages Beach Village

Cottages ini adalah salah satu rekomendasi penginapan yang dekat dengan Pantai Tanjung Bloam. Fasilitasnya pun sangat lengkap mulai dari kolam renang, wifi gratis, dan hewan peliharaan yang dibawa pengunjung diizinkan masuk. Selain itu tempat inap ini hanya menerima pembayaran melalui uang tunai saja.


3. OYO 1837 Telone Bungalow

Wisatawan yang ingin bermalam dengan suasana tenang dan jauh dari peradaban bisa menuju ke penginapan ini. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari harga 150.000 saja per malam. Kamar inapnya pun juga sudah dilengkapi AC dan pembenahan kamar juga dilakukan setiap hari. Selain itu di kamar mandinya pun juga sudah dilengkapi dengan shower.


Rute Mengunjungi Tanjung Bloam

Tantangan yang juga membuat Tanjung Bloam begitu menarik adalah cara mendatanginya. Kamu harus melalui perjalanan cukup menantang untuk bisa datang ke pantai terpencil tersebut.

Selain menyita energi, perjalanan ke tempat ini juga menyita waktu sehingga kamu harus merencanakan baik – baik perjalanan ke pantai tersebut.

Perhitungan waktu dan moda transportasi yang matang dapat menghemat banyak hal, mulai dari waktu, energi hingga biaya.

Tanjung Bloam merupakan sebuah pantai tersembunyi yang berada diantara hutan jati, di balik sebuah bukit yang ada di dusun Tangsi, desa Temeak, kecamatan Jerowaru, Lombok Timur.

Rute menuju ke sana dapat ditempuh dengan mengikuti jalur menuju pantai Tanjung Ringgit, kemudian berbelok ke arah kanan dan melalui sebuah jalan kecil yang hanya muat dilewati oleh sebuah mobil saja.

Perjuangan melewati jalan berdebu penuh kerikil sepanjang kurang lebih setengah kilometer akan terbayar begitu memasuki area pantai yang ditandai dengan sebuah pendopo kecil.

Tanjung Bloam tetap akan menjadi pantai yang pantas kamu perjuangkan meski harus menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari kota Mataram melalui jalan yang apa adanya.

Separuh dari waktu tersebut kemungkinan akan dihabiskan untuk menerobos lebatnya jalur hutan Jerowaru.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Pantai Tanjung Bloam ini memiliki fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung, hanya saja tidak selengkap pantai lainnya. Hal ini dikarenakan kondisinya yang masih alami.

Pengunjung harus benar-benar membawa peralatan lengkap jika ingin bersantai lama menikmati pesonanya. Di sekitar pantai pun juga masih jarang warung, jadi wisatawan harus membawa bekal sendiri. Kamar mandi pun juga hanya sedikit yang tersedia.

Tempat parkirnya berada dekat dengan pantai meskipun perjalanannya sangat ekstrim. Anda yang berkunjung ke pantai ini tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya yang minim. Pasalnya keindahan alamnya sangat jarang ditemui di pantai lain dan dijamin akan betah disini.

Itulah ulasan lengkap Pantai Tanjung Bloam di Lombok Timur dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Anda yang berlibur ke Lombok bisa menjadikan wisata ini sebagai salah satu list tempat yang wajib dikunjungi. Hal terpenting yang dibutuhkan sebelum kesini adalah persiapan energi dan budget yang cukup.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain