Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pura Taman Ayun Mengwi Bali - Tiket Masuk, Daya Tarik dan Lokasi

  • Alamat:
    Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351
  • Jam Buka:
    08:00 - 18:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00
Saat wisatawan liburan ke pulau Bali, yang ada dalam pikiran wisatawan adalah liburan ke objek wisata pantai pasir putih, melihat pemandangan gunung dan danau di Kintamani, atau membayangkan melihat keindahan pemandangan sawah terasering Jatiluwih. Selain keindahan alam, daya tarik wisata pulau Bali juga terdapat pada seni dan budaya. Salah satunya adalah tempat wisata pura. Dari sekian banyak objek wisata pura yang ada di pulau Bali, Pura Taman Ayun salah satu pura yang wajib anda kunjungi saat liburan ke pulau Bali.


Bagaimana dengan anda, apakah anda saat ini sedang merencanakan liburan ke Bali dan tertarik untuk mengunjungi objek wisata pura Taman Ayun? Jika anda menjawab iya, maka pada halaman ini anda akan menemukan informasi mengenai panduan liburan ke objek wisata Taman Ayun temple Mengwi Bali. Informasi liburan ke Taman Ayun Temple yang akan anda dapatkan seperti:
  • Lokasi Taman Ayun Mengwi di sertai peta.
  • Daya tarik objek wisata untuk liburan.
  • Harga tiket masuk Taman Ayun temple.
  • Jam buka dan waktu terbaik berkunjung.
  • Pilihan cara liburan ke Taman Ayun temple.
  • Objek Wisata Yang Berdekatan Dengan Taman Ayun Temple.
Lokasi Pura Taman Ayun Mengwi

Pura Taman Ayun Mengwi, berlokasi di Jalan Ayodya, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Jika anda berangkat dari kawasan tempat wisata Seminyak tempatnya dari lokasi pantai Petitenget Seminyak. Maka anda akan menempuh jarak sekitar 21 kilometer melalui jalan Kerobokan. Untuk perkiraan waktu sekitar 50 menit, jika tidak terjadi kemacetan lalu lintas jalan raya.

Andai kamu berangkat dari lokasi Bali Safari and Marine Park, menuju ke Taman Ayun temple akan menempuh jarak 31 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan.

Daya Tarik Pura Taman Ayun Mengwi

Wisata ke pura Taman Ayun, lebih di sukai di kalangan wisatawan Eropa. Sedangkan untuk wisatawan domestik, jumlah tingkat kunjungan ke objek wisata Taman Ayun, tidak sebanyak wisatawan Eropa. Tapi kunjungan wisatawan domestik meningkat tiap tahunnya, semenjak lokasi Taman Ayun temple sangat sering di gunakan untuk latar belakang foto yang wisatawan akan upload di Instagram.

Selanjutnya, Taman Ayun dalam bahasa Bali, bermakna taman yang cantik. Tempat wisata Taman Ayun Mengwi memiliki pemandangan yang indah. Pesonanya berasal dari kolam yang mengelilingi kompleks bangunan pura, yang berada di atas lahan seluas 2,5 hektare.

Dari kejauhan kolam tersebut terlihat seperti gelang air, sehingga seolah-olah bangunan pura berada di atas permukaan air. Pemandangan yang indah tersebut semakin lengkap dengan tumbuhnya rerimbunan pohon dan bunga di sekitar bangunan pura.

Tiga Bagian Kompleks Pura

Kompleks pura terdiri dari tiga bagian, yaitu ruang terbuka, bangunan utama, dan bangunan-bangunan yang di peruntukkan bagi dewa dan dewi.

Pada area bagian pertama, di gunakan untuk berbagai kegiatan religius dan panggung kesenian, wisatawan bisa menikmati indahnya susunan “meru”, yaitu pagoda dengan atap bertingkat-tingkat khas bangunan pura di Bali.

Sedangkan pada area bagian kedua, wisatawan akan menjumpai bangunan bernama Bale Pelik yang di hiasi oleh seni ukir, relief, serta patung Dewa Nawa Sanga yang sangat indah.

Daya tarik lain yang dapat di nikmati oleh wisatawan berwisata ke tempat ini adalah peninggalan Kerajaan Mengwi yang berada sekitar 300 m dari pura itu, serta Museum Manusa Yadnya. Dalam museum tersebut, wisatawan bisa menyaksikan upacara-upacara yang berkaitan dengan siklus kehidupan manusia, mulai dari dalam kandungan sampai meninggal.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak penginapan dengan berbagai tipe. Mulai dari wisma, hotel kelas melati, hingga hotel berbintang. Warung makanan kecil dan restoran juga sangat mudah di jumpai. Menu yang di tawarkan bervariasi dengan harga yang terjangkau.

Jam Buka & Waktu Terbaik Berkunjung

Taman Ayun temple buka untuk umum setiap hari dari pukul 08:00 sampai dengan 18:15. Sedangkan untuk waktu terbaik berkunjung sekitar pukul 16:00, agar terik matahari tidak terlalu kuat.

Pilihan Cara Liburan Ke Pura Taman Ayun


Bila tidak ingin mengendarai kendaraan pribadi, anda dapat memanfaatkan angkutan umum jurusan Denpasar – Singaraja atau Denpasar – Bedugul. Kemudian anda dapat turun di persimpangan jalan, di Desa Mengwi dan melanjutkan perjalanan menuju lokasi, dengan berjalan kaki sekitar 250 meter. 

Karena terbatasnya sarana transportasi umum yang memadai untuk liburan ke Taman Ayun temple Mengwi. Maka sebagian besar wisatawan yang berlibur di Bali menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor.
  • Sewa Sepeda Motor
Mencari jasa sewa sepeda motor di pulau Bali sangatlah mudah, terutama jika anda menginap di area tempat wisata bagian selatan pulau Bali. Seperti, Kuta, Jimbaran, Canggu, Legian, Seminyak, Sanur, Tanjung Benoa, Nusa Dua, Ungasan dan Uluwatu.

Yang perlu anda lakukan hanya menggunakan Google untuk mencari penyedia jasa sewa sepeda motor yang terdekat dengan lokasi hotel anda. Untuk harga sewa motor di Bali tergantung dari tahun perakitan motor dan tipe motor. Rata-rata harga sewa motor di Bali sekitar Rp 75,000/24 jam tanpa BBM.
  • Rent Car Bali
Sama seperti sepeda motor, di pulau Bali sangat mudah anda menemukan jasa rent car. Ada dua pilihan rental car di Bali yaitu, sewa mobil tanpa sopir dan Bali sewa mobil dengan driver.

Cara terbaik mencari jasa rent car di Bali adalah menggunakan Google. Pada halaman Google anda akan menemukan banyak pilihan penyedia jasa sewa mobil di Bali.

Untu harga rent car di Bali bevariasi tergantung dari jenis mobil dan tahun perakitan mobil. Rata-rata harga sewa mobil di Bali sekitar Rp 275,000/24 jam.

Tempat Wisata Pura Di Pulau Bali

Jika anda menyukai mengunjungi objek wisata pura di Bali, maka anda perlu tahu informasi akan Pura yang menarik untuk anda lihat, saat liburan di Bali. Untuk informasi, tidak semua pura di Bali adalah tempat wisata dan di bawah ini beberapa tempat wisata Pura di pulau Bali yang menarik untuk anda kunjungi.
  • Pura Ulun Danu Beratan Bedugul yang lokasinya berada di tepi danau Bratan yang berada di kawasan tempat wisata Bedugul Bali.
  • Pura Tirta Empul, lokasi dari pura Tirta Empul berdekatan dengan istana kepresidenan di desa Tampak Siring.
  • Selain itu anda juga dapat mengunjungi objek wisata Kerta Gosa Bali yang hampir mirip dengan Taman Ayun temple.
  • Pura Taman Saraswati Ubud.
  • Uluwatu temple.
Objek Wisata Yang Berdekatan Dengan Taman Ayun Temple

Lebih lanjut, mengetahui tempat wisata lain yang lokasinya berdekatan dengan tempat wisata prioritas yang akan di kunjungi sangatlah vital. Karena anda akan dengan mudah mengatur jadwal liburan di Bali dan tidak menghabiskan banyak waktu dalam kendaraan.

Berikut ini tempat wisata di Bali yang lokasinya berdekatan dengan Taman Ayun Temple.
  • Alas Kedaton Monkey Forest. Jarak Alas Kedaton dengan Taman Ayun temple sekitar 8 kilometer dengan waktu tempuh 15 menit perjalanan.
  • Monkey Forest Ubud. Dari Taman Ayun Temple menuju ke Ubud Monkey Forest akan menempuh jarak 18 kilometer dengan waktu tempuh 40 menit.
  • Bali Bird Park. Jarak dari Taman Ayun temple ke Bali Bird Park sekitar 17 kilometer dengan waktu tempuh 35 menit.
  • Bali Zoo. Berangkat dari Taman Ayun temple menuju ke Bali Zoo akan menempuh jarak 16.5 kilometer dengan waktu tempuh 35 menit.
  • Pura Tanah Lot. Dari Taman Ayun temple menuju ke Pura Tanah Lot akan menempuh jarak 16,5 kilometer dengan waktu tempuh 35 menit.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain