Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

21 Lokawisata di Payakumbuh TerHits dan Terbaik yang Harus Dikunjungi - Maret 2023

Kota Payakumbuh atau kalau orang minang menyebutnya Payokumbuah merupakan satu dari sekian banyak kota/kabupaten di Sumatera Barat yang kaya akan potensi alam yang indah dan menarik untuk kita jelajahi.

Kota Payakumbuh sendiri memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi. Geliat ekonomi masyarakat Payakumbuh ditopang dari peternakan, pertanian, perikanan, perdagangan, pariwisata dan lain sebagainya. Tidak heran memang, karena berabgai produk dari kota ini sudah menyebar ke berbagai tempat di Sumbar, Jambi, Riau dan sekitarnya.

Ada banyak tempat wisata di Payakumbuh yang sudah sangat terkenal. Sebut saja lembah harau, padang mangateh, kelok sembilan yang fenomenal dan masih banyak lagi sederet naman-naman objek wisata yang memiliki keindahan alam yang mempesona.

Saya sendiri baru sekali liburan ke Payakumbuh, dan memang, kota Payakumbuh memiliki keindahan alam yang wow. Sebagai anak lulusan teknik pertambangan saya merasa takjub ketika pertama kali mengunjungi lembah harau. Bagaimana fenomena pergerakan sturktur lempeng sangat menakjubkan, yang menambah kekaguman pada kuasa Tuhan.

Selain memiliki banyak tempat wisata, Payakumbuh juga memiliki banyak panganan khas yang bisa kita jajal atau kita jadikan oleh-oleh untuk kita bawa pulang. Jadi ke payakumbuh itu juga harus makan-makan. Rugi rasanya kalau kita harus melewatkan galamai yang enak, atau rendang telurnya, dan masih banyak lagi jajanan khas lainnya yang jarang ada di tempat lain.

Kira-kira, apa saja ya tempat wisata di Payakumbuh yang layak untuk dikunjungi? Anda masih bingung mau mengunjungi tempat-tempat kece dan yang lagi hits di Payakumbuh?

Tempat Wisata di Payakumbuh

Berikut ini Tempat Wisata Seru rangkum untuk anda tempat wisata di Payakumbuh dan sekitarnya yang layak untuk anda kunjungi saat sedang liburan. Meskipun memang tidak semuanya berada di Payakumbuh, bahkan ada di Kabupaten 50 kota, namun karena sudah menjadi kebiasaan umum dan lebih dikenal sebagai objek wisata di Payakumbuh.

1. Jembatan Kelok Sembilan


  • Alamat:
    30 Kilometer sebelah timur Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat menuju Provinsi Riau
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
Tempat wisata di Payakumbuh yang pertama adalah jembatan kelok 9. Jembatan ini menjadi salah satu ikon wisata di Sumatera Barat yang sangat terkenal.

Jembatan kelok 9 sendiri menjadi penghubung Sumbar dan Riau. Jembatan dengan panjang sekitar 300 meter ini terletak di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Letaknya sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Jembatan yang dibentuk sedemikian cantiknya ini langsung berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

Tidak heran kalau anak-anak muda bahkan orang dewasa mengengaja untuk datang ke jembatan ini dan mengabadikan momen mereka ke akun media sosial instagram atau facebook.

Buat anda yang ke Payakumbuh, kurang afdol rasanya kalau tidak punya satu saja foto di atas jembatan ini. Saat malam hari lebih mantap lagi, dengan dihiasi lampu jalan nan cantik membuat jembatan ini lebih eksotis lagi tentunya.

2. Lembah Harau Limapuluh Kota


  • Alamat:
    Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
Tempat wisata di Payakumbuh selanjutnya adalah lembah harau yang terletak di Kecamatan Harau Limapuluh Kota. Lokasi lembah harau ini sangat dekat dengan kota Payakumbuh dan menjadi salah satu fenomena alam yang menakjubkan.

DIsini anda akan melihat lembah yang diapit oleh dua “bukit” yang terjal dan indah dengan ketinggian tebing mencapai hingga 150 meter.

Lembah harau terletak di ketinggian dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, Berjalan menuju Lembah Harau sangat menyenangkan. Dengan udara yang masih segar, bersih dan Anda bisa melihat keindahan alam sekitarnya yang memiliki pemandangan yang ciamik dan menakjubkan.

Tempat ini biasanya dipadai oleh pengunjung saat musim liburan. Kami ketika datang kesini harus mengantri berjam-jam untuk bisa sampai ke air terjun di dalamnya. Untuk menghindari kemacetan coba datang lebih pagi lagi.

3. Rumah Gadang di Sungai Beringin


  • Alamat:
    7Sungai Beringin, Sungai Beringin, Payakumbuh, Lima Puluh Kota Regency, West Sumatra 26251
  • Jam Buka:
    08.30 - 17-30 WIB
  • Harga Tiket:
    Gratis
Masyarakat Sumbar terkenal sangat menjaga adat istiadat dan kebudayaan mereka. Rumah gadang merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang masih terjaga hingga kini.

Anda bisa mengunjungi rumah gadang yang ada di Payakumbuh yaitu Rumah Gadang Sungai Beringin. Rumah gadang ini diresmikan keberadaannya oleh Menteri Pariwisata yang saat itu di pimpin oleh bapak Joop Ave pada tanggal 9 Januari 1994.

Bangunan bersejarah ini terletak di  nagari sungai beringin kecamatan Payakumbuh, yang tidak jauh dari pusat kota Payukumbuh.

Bangunan ini secara khusus dipersembahkan untuk Bundo Kanduang dan Anak Cucu masayarakat Minangkabau, yang hingga kini rumah gadang ini diperuntukkan sebagai objek wisata untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya minangkabau kepada masayarakat luar. Rumah gadang sungai beringin saat ini di kelola oleh PT.Pusako Rumah Gadang yang sangat terawat sangat baik.

4. Bukik Bulek Taram


  • Alamat:
    Taram, Harau, Lima Puluh Kota Regency, West Sumatra 26261
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
Selanjutnya, wisatawan juga bisa mengunjungi Bukit Bulek Taram yang lokasinya ada di Kenagarian Taram Kabupaten Lima Puluah Kota, Sumatera barat. Bukik Bulek ini merupakan sebuah batu yang berbentuk bundar, puncaknya menonjol dan sangat terjal. Di kaki bukit ini terdapat hamparan tanah dengan rerumputan yang datar.

Meskipun belum terkelola dengan rapi, bukit ini sudah menjadi daya tarik tersendiri karena keindahan alamnya yang luar biasa. Bukit Bulek Taram dikelilingi oleh rawa-rawa yang banyak ikannya dan pada hari libur sering dijadikan tempat memancing. Bukik Bulek berjarak 11,5 km dari kota Payakumbuh.

5. Kapalo Banda Taram


  • Alamat:
    Taram, Harau, Taram, Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26271
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.30 WIB
  • Telepon:
    0822-8885-0549
  • Harga Tiket:
    Rp 20.000,00
Tempat wisata di Payakumbuh berikutnya adalah kapalo Banda Taram yang terelatak di Taram, Harau, Taram, Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pada mulanya,  Kapalo Banda Taram adalah sebuah saluran irigasi untuk mengairi sawah warga, namun seiring berjalnnya waktu dan masyarakat juga melihat tempat ini layak untuk dikembangkan, dan akhirnya dijadikanlah sebagai objek wisata.

Anda pasti akan betah berlama-lama disini, karena pemandangan disini sangat hijau serta sejuk ini dipadu dengan bentangan sawah yang luas serta lokasinya yang tak jauh dari hutan, menjadikan suasana di sekitar Kapalo Banda Taram terasa sangat nyaman dan menyegarkan serta membuat pengunjung betah untuk bersantai berlama-lama disini.

Wisatawan yang datang kesini biasanya akan menyempatkan diri untuk menaiki rakit dari bambu yang pasti seru dan tidak akan terlupakan.

Untuk bisa mencobanya, wisatawan hanya membayar sekitar IDR 10K per 1 jam jika anda mau mengayuh rakit sendiri. Pastikan saat anda l
iburan kesini membawa baju ganti, karena kurang seru rasanya kalau tidak basah-basahan.

6. Air Terjun Lubuak Bulan


  • Alamat:
    Simpang Kapuak, Mungka, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia, 26253
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Gratis
Tempat wisata di Payakumbuh dan sekitar berikutnya adalah air terjun lubuak bulan yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Air terjun ini sangat terkenal dengan keindahannya dan dapat “membius” mata siapa saja yang datang kesini. Wisatawan tidak hanya melihat-lihat saja, anda bisa berenang dan mandi sepuasnya di kolam renang alami di bawahnya.

Lokasi air terjun ini ada di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, kec. Mungka, Kab. Lima Puluh Kota.

Dari pusat Kota Payakumbuh, kita harus menempuh perjalanan sekitar 4 hingga 5 jam. Perjalanan menuju ke air terjun ini hanya bisa dilakukan menggunakan sepeda motor.

Lokasinya yang lumayan jauh dari pusat kota membuat tempat ini semakin layak untuk dikunjungi. Dari namanya, lubuak bulan, menggambarkan bentuk air terjun ini yang menyerupai bulan sabit dan dikelilingi dengan tebing-tebing tinggi.

Untuk bisa sampai ke air terjun ini, anda harus melakukan trekking sekitar 3 jam melewati hutan, jadi memang hanya mereka yang memiliki jiwa petualang saja yang akan sampai ke tempat ini. Wisatawan harus memarkirkan kendaraannya di Jorong Koto Tinggi.

Rasa lelah selama perjalanan dilanjutkan dengan trekking akan sirna seketika begitu sampai dan menyentuh air nan sejuk disini. Semuanya akan terbayar, dan rasa lelah akan hilang tak berbekas.

Air terjun nan masih alami ini sangat terjaga kelestariannya, begitu indah, tenang dan sunyi. Tunggu apalagi, yuk siapkan fisik untuk trekking kesini.

7. Objek Wisata Ngalau Indah


  • Alamat:
    Desa / Kelurahan Pakan Sinayan Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat 26225
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Dewasa Rp 10.000,00
    Anak-anak Rp 5.000,00
Objek wisata alam di Payakumbuh berikutnya adalah ngalau indah yang hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Payakumbuh.

Ngalau indah sendiri merupakan sebuah goa yang memiliki beberapa mulut goa sebagai akses masuk dan keluar. Di dalamnya anda dapat menyaksikan stalagtit dan stalagmit yang menakjubkan serta masih terjaga dengan baik.

Di dalam goa ini terdapat spot-spot kece dan unik yang bisa anda jadikan tempat berfoto, salah satunya adalah batu gong. Batu gong merupakan sebuah batu berlubang dengan bentuk seperti kerucut berongga atau menyerupai lonceng.

Lokasi objek wisata ngalau indah ini ada di kelurahan Pakan Sinayan kecamatan Payakumbuh Barat kota Payakumbuh. Gua ini berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Payakumbuh.

Goa yang unik ini terletak di bawah lereng bukit Simarajo ini merupakan tempat hidup kelelawar monyet hutan.

Kalau anda berkunjung kesini jangan lupa untuk membawa alat penerangan tambahan, karena sebagaimana goa lainnya, gelap dan sunyi, dan agak menakutkan.

Untuk menunjang sarana rekreasi, pemerintah sudah mengupayak fasiltias objek wisata mulai dari lampu penerangan, jalan penghubung dan anak tangga, area parkir yang luas, taman-taman bermain yang bersih dan luas, warung makan dan jajanan.

Bagi wisatawan yang berminat liburan kesini, anda hanya membayar tiket masuk Ngalau Indah sebesar Rp 5000 – Rp 10.000,- /orang. Keindahan Ngalau ini menjadi salah satu lukisan alam yang patut kita syukuri dan kita kunjungi tentunya.

Ketika anda dengan menaiki tangga menuju gua ini pemandangannya sungguh menakjubkan. Anda akan disuguhkan pemandangan sawah nan luas dan pemandangan kota Payakumbuh dari ketinggian.

8. Panorama Ampangan


  • Alamat:
    Aua Kuniang, Payakumbuh Selatan, Ampangan, Kec. Payakumbuh, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat 26233
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Rp 10.000,00
Kini anak-anak muda sepertinya sedang keranjingan untuk berfoto di bukti-bukit yang kece seperti yang ada di Kalibiru Jogja yang sedang naik daun.

Nah, bagi warga Payakumbuh dan sekitarnya, juga terdapat objek wisata serupa yaitu panorama ampangan yang lokasinya di perbukitan yang menghadirkan pemandangan yang sangat indah dan view menawan dari ataus ketinggian.

Bagi anda yang penasaran ingin mengunjungi lokasi objek wisata ini, silahkan datang saja ke perbukitan Kenagaraian Aur Kuning, Kelurahan Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Letaknya ada di kaki gunung Sago. Sekitar 6 Km dari pusat kota Payakumbuh. Anda dapat menuju kesini dengan berbagai alternatif kendaraan, baik itu kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum.

Panoraman ampangan belakangan mendadak populer karena kebiasaan anak muda yang suka selfie di tempat-tempat kece kemduain menguploadnya ke akun medsos miliki mereka dan banyak yang like kemudian share dan menjadi viral.

Untuk menikmati pemandangan keren di panorama ampangan ini, wisatawan hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.000,- saja dan juga membayar parkir sebesar Rp 2.000,-.

9. Padang Mengatas


  • Alamat:
    Jl. Padang Mengatas, Mungo, Kec. Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26261
  • Jam Buka:
    07.45 - 16.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Gratis
Padanga mengatas atau kalau orang minang menyebutnya padang mangateh merupakan Padang rumput hijau yang luas dan indah ini terletak di pinggang Gunung Sago dan membentang luas dari Padang Mengatas hingga ke Tapak Gajah kurang lebih 1,5 Km. Akses menuju ke sana cukup bagus.

Lokasi tepatnya ada di Jl. Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia. Padang rumput ini mirip dengan yang ada di Selandi Baru, bahkan digadang-gadang Padang Mangateh merupakan Nez Zaeland nya Indonesia.

Padang mangateh ini juga menjadi sentra penternakan sapi. Setidaknya luas padang rumput ini tidak kurang dari 289 hektare.

Selain sebagai tempat peternakan sapi, karena tempatnya yang sangat kece membuat wisatawan yang datang ke Payakumbuh pasti menyempatkan diri datang kesini dan berfoto-foto.

Bahkan, padang mangateh merupakan tempat instagrameble di Payakumbuh yang tidak boleh anda lewatkan. Disini anda akan pemandangan rumput nan amat luas dan ribuan sapi, view indah Gunung Sago serta bebukitan yang mengelilingi tempat ini. Amazing, itulah kesan pertama ketika kaki berpijak di tempat ini. Rasanya ingin berlama-lama dan tak ingin beranjak pulang.

10. Paralayang di Taeh Bukik


  • Alamat:
    Kanagarian Taeh, Kecamataran Payakumbuh, Limapuluh Kota
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
Anda suka dengan olahraga yang memacu adrenalin? Silahkan anda coba olahraga paralayang yang ada di Taeh Bukik Gunung Bungsu yang terletak di Kanagarian Taeh, Kecamataran Payakumbuh, Limapuluh Kota.

Venue ini sendiri pada 9 – 14 Juni 2015 dijadikan tempat untuk para atlet olahraga nasional menampilkan kebolehan di ajang bergengsi ini. Tempat ini menjadi favorit untuk menyaksikan paralayang sedang berlatih.

Gunung bungsu ini ternyata disakralkan oleh penduduk setempat. Namun karena alam sekitarnya yang menawan membuat Pemkab Limapuluh Kota membuka tempat itu secara resmi untuk pecinta Paragliding dan Gantole. Selain peserta, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam, dengan diajak terbang tandem menggunakan parasut yang lebih besar.

11. Ngalau Sompik


Sompik sendiri kalau dalam bahasa Indonesia artinya sempit. Lokasi ngalau sompik yang juga menjadi salah satu goa yang layak untuk dikunjungi ini lokasi bersebelahan dengan Ngalau Indah.

Dinamai sempit karena ukurannya yang tidak lebih besar dari Ngalau Indah. Ngalau Sompik juga menjadi objek wisata favorit yang ada di Payakumbuh dan memiliki pemandangan hutan yang masih hijau dan juga cantik, dengan demikian Anda tidak akan menyesal mengunjunginya.

12. Puncak Marajo


  • Alamat:
    Jl. Raya Bukittinggi - Payakumbuh No.233, Pakan Sinayan, Kec. Payakumbuh Bar., Kota Payakumbuh, Sumatera Barat 26224
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis
Puncak Marajo ini bisa anda jadikan destinasi wisata berikutnya setelah anda mengunjungi ngalau indah atau ngalau sompik.

Untuk bisa sampai ke puncak marajo wisatawan harus trekking sekitar 1 km. Puncak Marajo merupakan sebuah puncak yang mana menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam hijau, kemudian bukit dan juga gunung yang mengelilingi lokasi ini. Rasa lelah pada saat trekking akan terbayarkan pada saat Anda melihat pesona Puncak Marajo ini.

13. Jembatan Masa Lalu, Ratapan Ibu


Jembatan ratapan ibu sendiri merupakan salah satu bangunan bersejarah peningggalan penjajah Belanda. Jembatan ini dibangun pada tahun 1818, dimana pembangunnya sendiri menggunaan pekerja paksa dari rakyat Indonesia.

Jembatan ratapan ibu ini sendiri dibangun di atas Sungai Batang Agam dan dibangun dengan tujuan menghubungkan Pasar Payakumbuh serta Nagari Aie Tabik. Sejarah kelam masa lalu akan selalu dikenang oleh masyarakat Payakumbuh karena disinilah dahulu pemerintah Belanda mengeksekusi para pemuda dan jasadnya langsung dibuang di sungai tersebut.

14. Rumah Tan Malaka


Rumah tan malaka menjadi saksi penting sejarah perjuangan masyarakat minangkawabu. Terdapat Rumah Tan Malaka yang kini jadi daya tarik wisatawan di kota Payakumbuh. Dibangun pada tahun 1936, Rumah Tan Malaka ini pun banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

“Ia Tan Malaka, orang pertama yang menulis konsep Republik Indonesia… tapi hidupnya berakhir tragis diujung senapan tentara republik yang didirikannya.” – Tan Malaka

Adalah Sutan Ibrahim Gelar Datuk Malaka atau lebih dikenal dengan sebutan Tan Malaka, seorang anak bangsa yang terkenal dengan pemikiran radikalnya mengenai pergerakan kemerdekaan Indonesia dan turut berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Ketidaktahuan dan keinginan untuk lebih mengenal sosok Tan Malaka menjadi alasan yang membawa saya berani menempuh perjalanan hampir empat jam dari kota Padang ke daerah yang belum pernah saya jelajahi sebelumnya. Untuk mencapai lokasi ini, dari kota Padang kita bisa menggunakan travel minibus tujuan Suliki. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek. Cukup mengatakan :‘’Ke rumah Tan Malaka.”

Perjalanan tak lebih dari lima belas menit dengan menggunakan kendaraan bermotor akan mengantarmu menemui ‘Tan Malaka’. Nama pemuda kelahiran Nagari Pandan Gadang, Suliki, Payakumbuh 02 Juni 1897 ini memang tak sepopuler bapak Proklamasi Indonesia, Soekarno, namun sesungguhnya ia adalah konseptor lahirnya Republik Indonesia.

15. Danau Aia Sonsang


Tempat wisata di Payakumbuh selanjutnya adalah dauan aia sonsang yang ada di Nagari Taeh Bukik, Payakumbuh ini merupakan salah satu tempat wisata yang unik. Danau merupakan sungai kecil yang dibendung oleh warga sekitar, fungsinya dipakai untuk sarana irigasi. Alhasil, danau ini pun mempunyai kesan seolah melawan arus.

16. Aia Baba Halaban


Objek wisata berikutnya adalah Aia Baba Halaban yang merupakan sebuah air terjun setinggi 100 meter yang juga digunakan sebagai kolam pemancingan. Tempat wisata di Payakumbuh ini mempunyai pemandangan yang indah dan air yang menyegarkan. Lokasinya berada di Kenagarian Halaban, berjarak sekitar 28 kilometer dari Payakumbuh.

17. Goa Ngalau Seribu


Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi Goa Ngalau Seribu yang masih masuk dalam kawasan Lembah Harau. Dari sini, traveler pun bisa menyaksikan panorama Lembah Harau secara sempurna. Tak hanya itu, di sini juga terdapat air terjun yang oleh masyarakat disebut dengan nama Air Terjun Ngalau Seribu.

18. Air Terjun Sarasah Murai Gantiang


Air terjun sarasah murai menjadi objek wisata selanjutnya yang bisa anda kunjungi saat liburan ke Payakumbuh. Objek wisata ini juga masih ada di dalam lembah harau yang fenomenal itu. Lokasi air terjun ini jaraknya sekitar 10 km dari gerbang masuk lembah harau.

19. Bukit Batu Manda


  • Alamat:
    Talang River, Guguak, Lima Puluh Kota Regency, West Sumatra 26253Talang River, Guguak, Lima Puluh Kota Regency, West Sumatra 26253
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Gratis
Bukit batu manda menjadi salah satu objek wisata yang lagi hits di Payakumbuh. Lokasi objek wisata ini hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota ke arah Suliki kabupaten 50 kota.

Bukit batu manda ini terletak di Desa Belubus Sungai Talang Payakumbuh, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Bukit manda ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 550 mdpl. Dari atasnya anda akan merasakan sensasi udara yang sejuk.

Biasanya para pengunjung tidak segan untuk memanjat sampai puncak batu yang memiliki tinggi sekitar 10 meter menjulang ke atas demi mengambil foto yang sempurna dan mendapatkan pose terbaik.

20. Atlantika Wahana Tirta


Jika anda mencari wahan bermain air berupa waterpark, maka atlantika wahan tirta adalah salah satu pilihannya. Disini wisatawan bisa menikmati aneka wahana mulai dari kids pool, kolam umum, ember tumpah, spiral slide, double flash, badut, jamur, dan juga air mancur.

Air mancur ini muncul dari dasar lantai di pinggiran kolam sehingga sangat disukai oleh anak-anak, terlebih semua wahana di cat dengan warna cerah. Pada kids pool (kolam anak-anak) untuk mencapai puncak seluncurannya, terlebih dahulu harus menaiki tangga sebuah kapal buatan dari semen; dari atas kapal inilah anak-anak mulai meluncur. Selain wahan tersebut, pengelola juga menyediakan flying fox atau  race family.

Untuk membuat pengunjung nyaman, dibuat gazebo sekaligus tempat beristirahat sekaligus tempat untuk makan. Disini juga tersedia aneka penganan di beberapa food court.

Ada juga fish terapy, dimana anda akan diterapi oleh ikan yang sengaja disediakan Atlantik wahana tirta. Selain untuk wahana rekreasi, atlantika juga menjadi tempat berbagai acara seperti acara perpisahan, reunian, pesta dan lain sebagainya. Selain itu, atlantika juga memilki musola untuk sholat.

Untuk tiket masuknya, wisatawan dikenakan Rp 10.000,- / orang ( Senin s/d Jum’at) dan Rp 15.000,- / Orang (Sabtu dan Minggu atau pada hari libur).

Wisatawan nantinya akan diberi bonus berupa minuman dingin sebanyak 5 pcs, setiap pembelian 5 tiket di hari Sabtu, Minggu dan hari libur.

Sementara untuk anda yang datang rombongan, anda bisa mendapatkan paket hiburan berupa paket acara perpisahan, paket acara ulang tahun dan paket rombongan. Bahkan, pembayaran lewat bank BRI mendapatkan diskon 30%.

Wah pasti seru sekali liburan ke atlantika wahana tirta ini bukan. Lokasinya ada di Jln. Imam Bonjol RT 01 RW 02, Padang Datar, Payakumbuh Barat. Dengan kontak infomasi dapat dihubungi di (0752) 91188

21. Maek, Nagari Seribu Menhir


Tempat wisata di Payakumbuh berikutnya adalah mnagari seribu menhir yang ada di Nagara Maek, Kecamatan Bukit Barisan, Limapuluh Kota.

Untuk bisa sampai ke lokasi, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 42 km dari pusat kota Payakumbuh.

Disini wisatawan bisa melihat peninggalan Kepurbakalaan berupa; Menhir, Batu Dakon, Lumpang Batu, Punden Berundak-undak, Batu Tapak, Batu Jajak Ayam, Balai-balai Batu pembagian wilayah empat Niniak Luak Limo Puluah, Masjid Kuno dan Pesanggerahan masa Pemerintahan hindia Belanda.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain