Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Ruang Hijau Taman Ranggon Wijaya Kusuma dengan Fasilitas Lengkap

  • Alamat:
    Jl. Cilangkap Baru No.138, RT.8/RW.1, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia, 13870
  • Jam Buka:
    06.00 - 18.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Gratis
Taman Ranggon Wijaya Kusuma menawarkan area terbuka hijau yang teduh. Kawasannya merupakan salah satu wujud Taman Maju Bersama (TMB), sebuah konsep area hijau yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Konsep TMB tersebut tercetus pada masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Di area taman sudah tersedia berbagai fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung. Misalnya area bermain anak, lintasan joging serta bangku-bangku untuk bersantai. Sehingga masyarakat tidak saja bisa menikmati hijaunya taman tapi juga bisa melakukan berbagai kegiatan.

Harga Tiket

Meskipun menyediakan banyak fasilitas, namun taman ini tetap menggratiskan biaya masuk.
  • Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka

Taman Ranggon Wijaya Kusuma terbuka untuk umum setiap hari. Dengan jam operasional mulai pagi hingga sore. Saat akhir pekan, kunjungan wisatawan ke tempat tersebut bisa semakin ramai.
  • Setiap hari: 06.00–18.00
Rekreasi di Taman Taman Ranggon Wijaya Kusuma


Ruang terbuka hijau yang satu ini memang cukup populer terutama bagi warga sekitar. Selain tiket masuknya yang gratis, taman ini pun mempunyai sejumlah hal menarik. Berikut ini beberapa daya tariknya yang cocok sebagai tujuan rekreasi dan refreshing.

Taman Hijau Yang Teduh


Area Taman Wijaya Kusuma menawarkan suasana yang teduh dan asri, sehingga cocok sebagai tempat beristirahat dan bersantai. Dengan pohon-pohon besar dan rindang turut meneduhkan suasana. Suasana teduh dan hijau di taman ini juga membuat pengunjung merasa lebih dekat dengan alam.

Pengunjung dapat menikmati suasana teduh di area taman dengan duduk-duduk di bawah pohon, berjalan-jalan di jalur taman yang hijau, atau membaca buku di tempat duduk yang tersedia. Semua ini memberikan pengalaman yang menyegarkan bagi siapa saja yang mencari suasana alami di tengah kota Jakarta yang sibuk.

Piknik di Area Taman


Taman Ranggon Wijaya Kusuma mamang salah satu tempat yang ideal untuk melakukan piknik bersama keluarga atau teman-teman. Dengan suasana yang asri dan tenang, taman ini menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat dan menikmati waktu bersama dengan orang-orang terdekat.

Pada saat cuaca cerah, pengunjung dapat membawa perlengkapan piknik seperti bekal makanan dan minuman untuk dinikmati di taman. Pengunjung juga dapat memilih lokasi yang tepat untuk piknik seperti di bawah pohon yang rindang atau di sekitar taman yang tertata rapi.

Berolahraga Di Taman Ranggon Wijaya Kusuma

Taman Ranggon Wijaya Kusuma di Jakarta merupakan tempat yang tepat untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga. Apalagi suasananya yang asri dan hijau berolahraga di taman ini menjadi lebih menyenangkan.

Pada pagi hari, jalur joging di taman ini selalu ramai dengan pengunjung yang berolahraga. Jalur ini terawat dengan baik dan memiliki jarak yang cukup untuk berlari atau berjalan santai. Selain itu, ada juga area untuk senam atau yoga yang cocok untuk pengunjung yang ingin melakukan olahraga ringan.

Taman Ranggon Wijaya Kusuma juga memiliki lapangan serbaguna yang bisa digunakan secara gratis. Di Lapangan ini sering kali digunakan oleh komunitas untuk bermain futsal bersama.

Wahana Panjat Tebing


Bagi pengunjung yang kebetulan memiliki hobi panjat tebing, bisa datang ke taman ini. Karena di area taman sudah tersedia wahana panjat dinding yang aman dan terawat. Tidak saja untuk yang sudah mahir, bagi pemula pun bisa mencobanya. Bagi yang pemula bisa mengikuti kurus terlebih dahulu.

Sementara untuk kurususnya sendiri akan dibimbing oleh pelatih yang profesional. Dengan jadwal di hari Sabtu & Minggu dari jam 8 sampai 10 pagi. Kelas ini khusus untuk anak usia 6 sampai 12 tahun dan pelatihnya merupakan atlet nasional.

Wahana Anak di Taman Ranggon Wijaya Kusuma


Anak-anak akan suka apabila diajak mengunjungi taman yang asri dan bersih ini. Karena di area taman terdapat beberapa wahana permainan bagi si kecil. Wahana itu antara lain jungkat-jungkit, ayunan, panjat jaring, dan kuda-kudaan. Selain itu, mengajak anak untuk bersepeda di tempat ini pun dapat menjadi aktivitas seru.

Terdapat pula wahana jembatan kayu yang bisa wisatawan naiki. Jembatan kayu itu aman ketika dinaiki oleh anak-anak maupun orang dewasa. Terdapat dua sisi tangga di jembatan kayu di mana dapat dinaiki dari arah berbeda.

Jajanan Harga Terjangkau

Jika pengunjung merasa lapar setelah bermain tersedia beberapa penjual makanan di sekitar taman. Terdapat area pedagang gerobak yang harganya terjangkau. Lokasinya ada di pintu belakang taman. Makanan yang dijual antara lain gorengan, nasi uduk, kue crepes dan jajanan lainnya.

Kebersihan dan Keamanan Taman

Kebersihan taman juga sangat terjaga. Petugas kebersihan menjalankan pekerjaannya setiap hari. Rumput-rumput pun rutin dipotong sehingga rapi dan merata. Sampah-sampah juga jarang terlihat di taman ini.

Keamanan pun menjadi perhatian penting bagi pengelola taman. Untuk itulah ada penjaga keamanan yang bertugas untuk mengawasi area taman. Petugas keamanan selalu melakukan patroli keliling taman setiap harinya. Para petugas juga ramah kepada pengunjung.

Fasilitas

Fasilitasnya taman bisa dibilang sudah lumayan lengkap. Selain tempat main anak, terdapat fasilitas toilet yang terpisah antara wanita dan pria. Ada beberapa alat fitnes seperti chest press dan leg press. Ada juga lapangan serta arena panjat tebing. Tidak lupa jogging track sudah tersedia layaknya di area taman pada umumnya.

Kemudian ada pula shelter untuk beristirahat, pos penjagaan keamanan, area parkiran. Namun di tempat parkir mobil kurang bisa menampung banyak. Jika sedang ramai parkiran mobil hanya muat untuk sekitar empat mobil. Maka akan lebih baik jika pengunjung datang menggunakan transportasi umum.

Lokasi Taman Ranggon Wijaya Kusuma

Taman terbuka hijau ini berlokasi di Jl. Cilangkap Baru No.138, RT.8/RW.1, Cilangkap. Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Lokasi taman berada di pinggir jalan sehingga sangat mudah untuk menemukannya.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain