Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Pantai Nglambor Gunung Kidul, Tiket Masuk, Aktivitas dan Lokasi - April 2023


  • Alamat:
    Dusun Ngandong, Purwodadi, Tepus, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka:
    24 Jam

  • Harga Tiket:
    Rp 10.000,00
Pantai Nglambor di Gunung Kidul, Yogyakarta adalah tempat wisata yang indah dan menyuguhkan pemandangan yang spektakuler. Pantai ini terletak di sebelah timur pantai Indrayanti dan merupakan salah satu pantai yang paling populer di daerah Gunung Kidul.

Pantai Nglambor memiliki keunikan tersendiri karena memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas, air laut yang jernih dan tenang, serta karang yang indah dan menawan. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam ini dengan berbagai kegiatan seperti berenang, snorkeling, diving, atau sekadar berjemur di pantai.

Untuk menuju ke Pantai Nglambor, pengunjung harus melewati jalur yang cukup menantang. Namun, setelah sampai di pantai, semua perjuangan tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa. Di sepanjang pantai, terdapat banyak spot foto yang menarik dan bisa digunakan sebagai lokasi berfoto bersama keluarga atau teman.

Tidak hanya itu, di pantai Nglambor juga terdapat pulau kecil yang dapat dijangkau dengan berenang atau menyewa perahu. Pulau ini sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik dan bersantai bersama keluarga atau teman.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati berbagai kuliner lezat yang tersedia di sekitar Pantai Nglambor. Ada banyak warung makanan yang menyajikan makanan laut segar dan lezat seperti ikan bakar, cumi goreng tepung, dan kerang rebus.

Namun, sebagai wisatawan yang bertanggung jawab, kita harus tetap menjaga kebersihan lingkungan pantai dan tidak merusak atau mengambil barang dari alam. Kita juga harus memperhatikan keselamatan diri dan mengikuti peraturan yang ada di pantai Nglambor.

Secara keseluruhan, Pantai Nglambor di Gunung Kidul adalah tempat wisata yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Keindahan alamnya yang spektakuler, kuliner yang lezat, serta berbagai aktivitas yang bisa dilakukan membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga atau teman.

Tiket Masuk Pantai Nglambor

Tarif masuk ke pantai ini relatif sama dengan pantai-pantai lain yang ada di DIY, yakni Rp 10.000,00 per orang. Asyiknya, dengan membayar senilai itu, wisatawan tak hanya bisa mendatangi Pantai Nglambor, namun juga Pantai Siung dan Pantai Jogan.
  • Tiket masuk  Rp 10.000,00
Tarif parkir
  • Sepeda motor                 Rp 3.000,00
  • Mobil                         Rp 5.000,00
  • Bus medium dan elf Rp 20.000,00
  • Bus besar                 Rp 30.000,00
Jam Buka
  • Senin-Minggu 07.00 WIB – 17.00 WIB
Keindahan 2 Bukit Kura-Kura di Pantai Nglambor


Bak sebuah akuarium, pantai ini memang menyajikan pemandangan bawah laut yang memukau. Ikan beragam jenis bakal menyapa setiap kali wisatawan menceburkan dirinya di tepi pantai ini.

Snorkeling dan diving memang menjadi dua aktivitas wisata utama yang ditawarkan oleh pantai yang resmi dibuka kurang lebih sejak 2003 tersebut. Untuk menunjang wahana itu, pengelola pun sudah mengoordinir warga setempat untuk menyewakan peranti snorkeling, sehingga dijamin tak akan membuat wisatawan justru tidak nyaman.

Mengenali pantai ini cukup mudah. Jika wisatawan sudah melihat dua batu karang besar yang mirip kura-kura, maka itulah Pantai Nglambor.

Snorkeling


Dengan menyewa paket seharga Rp 50.000,00 wisatawan sudah bisa memanfaatkan semua jasa dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk snorkeling dan diving. Harga itu terbilang murah jika melihat lengkapnya peranti yang bakal didapatkan wisatawan.

Mulai dari peralatan snorkeling, seperti kacamata air, kamera bawah air, sepatu snorkel, pelampung pengaman, hingga fasilitas lainnya seperti soft drink, ruang ganti, tempat ibadah, dan tempat penitipan barang. Selain itu wisatawan juga bakal didampingi oleh instruktur yang terlatih dan bersertifikat.

Meski arusnya relatif tenang, namun perlu diketahui, lokasi snorkeling berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang berombak besar. Itulah sebabnya, waktu yang paling pas untuk snorkeling adalah antara pagi hingga siang hari, tepatnya sebelum air laut pasang.

Menjelajahi Bukit Karang


Bosan bermain snorkeling? Wisatawan bisa melanjutkan kegiatan eksplorasi lainnya seperti menaiki bukit-bukit yang mengapit Pantai Nglambor. Dari sana terlihat jelas dua bukit karang berbentuk kura-kura yang jadi ikon dari pantai ini.

Tak cukup itu saja, deretan pantai-pantai lain pun terlihat samar-samar, hingga jauh ke Pantai Wediombo. Begitu pula saat hari beranjak malam, dari atas tebing itu, wisatawan juga bakal bisa menikmati indahnya matahari tenggelam.

Eksplorasi Pantai-Pantai

Keistimewaan pantai ini adalah satu tiket untuk tiga pantai sekaligus. Itulah sebabnya bila memiliki waktu yang lebih luang, wisatawan bisa melakukan kegiatan menyusuri pantai lainnya.

Setidaknya ada dua pantai lain yang bisa didatangi, yakni Pantai Jogan dan Pantai Siung. Jika masih kurang, wisatawan juga bisa mengeksplorasi pantai lainnya, yakni Pantai Wediombo, Pantai Idnrayanti, dan Watu Lumbung.

Sensasi Berkemah di Tepi Laut


Jika masih belum puas menikmati pagi hingga siang hari dengan bermain air dan menjelajah pantai, wisatawan bisa mendirikan tenda dan menghabiskan malam di pantai ini.

Tentunya, untuk bisa menikmati sensasi berkemah di tepi laut, akan lebih baik jika wisatawan datang ke pantai ini saat musim kemarau. Selain tidak akan berbasah-basah karena hujan, saat musim kemarau, langit di pantai ini terlihat sangat cerah dengan hamparan bintang-bintang.

Rute dan Lokasi ke Pantai Nglambor

Pantai ini berada di Kabupaten Gunungkidul, berjarak sekitar 74 kilometer dari pusat Kota Jogja. Tepatnya, pantai ini berada di Nglambor, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul.

Untuk menuju ke pantai ini, dari Pasar Wonosari, Gunungkidul, wisatawan bisa mengarah ke Jalan Baron-Karangrejek. Saat sudah sampau di pertigaan Pantai Indrayanti, silakan ambil jalur kiri menuju Pantai Wediombo dan ikuti terus papan petunjuk yang ada.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain