Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Pantai Sadranan Gunung Kidul Tiket Masuk, Pesona Karang dan Lokasi - April 2023


  • Alamat:
    Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka:
    24 Jam

  • Harga Tiket:
    Rp 10.000,00
Pantai Sadranan adalah salah satu tempat wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan suasana tenang dan sejuk. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan berbagai macam kegiatan.

Pantai Sadranan memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Air laut yang jernih memungkinkan para pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, atau berenang. Selain itu, pantai ini juga memiliki tebing batu karang yang menambah keindahan pantai.

Selain aktivitas di atas air, Pantai Sadranan juga memiliki aktivitas menarik seperti hiking. Di dekat pantai, terdapat tebing yang sangat cocok untuk melakukan hiking. Pengunjung dapat menikmati pemandangan laut dari ketinggian dan menikmati udara segar yang menyegarkan.

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, Pantai Sadranan menyediakan fasilitas yang lengkap seperti kamar mandi, tempat parkir, area bermain anak, dan warung makan. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa peralatan untuk aktivitas di pantai seperti perahu karet dan alat snorkeling.

Pantai Sadranan memiliki keunikan tersendiri karena hanya terlihat saat air laut surut. Jika air laut pasang, pantai ini akan hilang terendam air laut. Oleh karena itu, sebaiknya para pengunjung datang ke pantai pada saat air laut sedang surut.

Jarak Pantai Sadranan dari kota Yogyakarta sekitar 50 km dan dapat ditempuh dengan mobil selama sekitar 2 jam. Selain itu, Pantai Sadranan juga memiliki aksesibilitas yang baik dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau motor pribadi.

Pantai Sadranan menjadi tempat wisata yang sangat populer di Gunung Kidul karena keindahan alam yang menakjubkan dan juga keunikan pantai yang terlihat saat air laut surut. Bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu di pantai yang tenang dan jauh dari keramaian, Pantai Sadranan adalah pilihan yang tepat. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Sadranan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Tiket Masuk dan Tarif Parkir
  • Tarif tiket masuk Rp 10.000,00 per orang
  • Sepeda motor         Rp 2.000,00 per kendaraan
  • Mobil                 Rp 5.000,00 per kendaraan
Jam Buka Pantai Sadranan
  • Senin – Minggu 24 Jam
Eksotisme Koral dan Birunya Laut Pantai Sadranan


Seperti halnya pantai-pantai lain di kawasan Selatan DIY, Pantai Sadranan juga memiliki ciri khas pasir putih dengan karang koral di area sangat dekat dengan bibir pantai. Pasir putih ini mengingatkan pada pantai terkenal semacam Kuta di Bali dan Mandalika di Lombok.

Namun pantai yang berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini punya kelebihan dari dua pantai yang sudah masyur itu, yaitu adanya koral karang di pantai. Selain itu, pantai ini juga masih terbilang sepi.

Karakteristik pantai ini adalah memiliki ombak relatif tenang lantaran adanya penghalang alami yang memecah ombak di depan pantai, berupa pulau kecil (gili) dan gugusan karang. Kondisi ini semakin melengkapi kesempurnaan pantai ini sebagai lokasi snorkeling.

Surga Tersembunyi di Sela Deretan Pantai


Pantai dengan pemandangan indah ini diapit oleh tiga pantai lainnya yaitu pantai Slili, Pantai Krakal, dan Pantai Ngandong. Lokasi pantai ini memang cukup tersembunyi.

Untuk bisa sampai ke sana, wisatawan bisa mengambil jalan yang melewati pantai Krakal. Setelah itu ambil arah timur dan terus jalan sampai menemukan petunjuk untuk menuju pantai Sadranan.

Pesona Gradasi Warna Alam


Walau letaknya cukup tersembunyi, akan tetapi masalah keindahan alam tidak kalah dari tempat lainnya. Pantai Sadranan termasuk pantai yang kaya akan pemandangan alam yang indah.

Air lautnya jernih dan dipenuhi dengan karang-karang di dalamnya, pantai pasirnya putih, ombaknya cukup besar, suasana senja saat matahari terbenam yang sangat menawan. Gradasi warna laut dan langit yang biru, hijaunya koral, dan kokohnya tebing batu menjadikan pemandangan di pantai ini kian sempurna.

Ritual Sedekah Laut

Tak hanya pemandangan alam yang memesona, di pantai ini wisatawan juga bisa menyaksikan pesta rakyat sebagai bagian dari ritual adat sedekah laut yang biasa digelar masyarakat setiap November-Desember.

Sedekah laut digelar masyarakat setempat sebagai bentuk ungkapan rasa syukur mereka terhadap segala rezeki yang dianugerahkan Tuhan. Kegiatan itu mereka lakukan dengan melarungkan sesaji ke laut.

Snorkeling dengan Tarif Lebih Murah


Pantai Sadranan merupakan salah satu spot snorkeling yang banyak diincar pegiat pemandangan bawah laut, selain Pantai Nglambor yang juga berada tak jauh dari pantai ini. Bahkan jika dibandingkan dengan Pantai Nglambor, harga sewa peranti snorkeling di pantai ini relatif murah.

Hanya dengan membayar Rp35.000 per orang, wisatawan sudah bisa menikmati fasilitas snorkeling komplet dengan instrukturnya. Di pantai ini setidaknya ada dua spot snorkeling yang disarankan, yakni di area Watu Pecah dan Kali Senggoro.

Hanya saja, saat snorkeling, wisatawan tetap harus berhati-hati karena memang ombak di pantai Sadranan ini cukup besar. Waktu yang paling baik untuk melakukan aktivitas ini adalah pada saat air laut surut yaitu sore atau pagi hari.

Serunya Outbound di Dekat Pantai


Bagi yang datang berkunjung untuk kegiatan outbond, pengelola pantai ini juga menyediakan fasilitas outbound. Jadi, selain bisa menikmati keindahan alam pantai Sadranan yang eksotis serta snorkeling untuk melihat indahnya alam bawah laut, wisatawan juga bisa merasakan serunya outbound di dekat pantai.

Eksotika Tebing Karang

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah tebing karang atau terlihat juga seperti pulau karang yang terletak agak ke tengah dari pantai. Bagian bawahnya terlihat hitam karena memang merupakan sebuah karang sedangkan bagian atasnya tertutup oleh tumbuh-tumbuhan hijau.

Rute dan Lokasi Pantai Sadranan

Secara administratif pantai ini berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini berada satu kompleks dengan lokasi wisata pantai lain di sekitaran gunung kidul.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain