Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Rekomendasi Destinasi Wisata Pantai di Geopark Ciletuh yang Wajib Dikunjungi

Geopark adalah kawasan yang mempunyai kekayaan unsur geologi yang dilindungi sebagai warisan alam. Di Indonesia, ada Geopark CIletuh yang telah ditetapkan oleh UNESCO sejak 2018 sebagai warisan dunia dengan kekayaan geologinya serta keindahan alamnya, termasuk pantai. Ada 5 pantai cantik di Geopark Ciletuh yang menjadi daya tarik wisatawan.


Geopark ini menjadi kawasan taman nasional yang ada di Sukabumi dengan luas wilayah sekitar 1.261 km persegi. Kawasan ini menjadi penopang ekonomi bagi masyarakat sekitar. Masyarakat juga memiliki peran dalam upaya melindungi warisan alam tersebut, termasuk kekayaan geologinya yang meliputi wilayah dataran tinggi hingga pantai.

Terdapat banyak wisata indah yang ada di Geopark Ciletuh ini mulai dari air terjun, sampai perbukitan yang indah. Yang tidak kalah menarik yaitu keindahan pantainya yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat luas. Ada beberapa pantai indah dengan pasir putih serta memiliki garis pantai yang panjang.

Rekomendasi Pantai di Geopark Ciletuh

Kawasan Geopark ini yang cukup luas ini mempunyai wisata pantai sangat populer. Setiap pantai mempunyai daya tarik serta keunikannya tersendiri. Berikut beberapa pantai menawan yang ada di Geopark Ciletuh yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Pasir Putih


Di pantai ini, wisatawan bisa melihat keunikan yang disuguhkan. Perlu diketahui bahwa Pantai Pasir Putih ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Karena hal ini, Pantai Pasir Putih cocok dijadikan tempat untuk mencari ketenangan. Didukung dengan sedikitnya wisatawan, maka pantai ini terjaga kebersihannya.

Meskipun namanya Pantai Pasir Putih, namun warna pasirnya cenderung kecoklatan. Keindahan alam yang disuguhkan sangat asri. Ada sesuatu yang unik dari pantai ini, yaitu adanya rerumputan hijau di sekitar pantai. Daerah rerumputan ini terkadang dimanfaatkan warga untuk mencari rumput bagi sapi peliharaannya.

Pantai ini memiliki ombak yang cocok digunakan untuk surfing (berselancar). Selain itu, karena keindahan pantai yang disuguhkan, maka wisatawan bisa melakukan swafoto di sana. didukung dengan indahnya hamparan pasir serta pemandangan tebing karang yang eksotis dapat dijadikan spot foto menarik.
  • Alamat: Girimukti, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177
  • Tiket Masuk: Rp 3.000
  • Telepon: 0856-9392-2468
  • Jam Buka: 24 Jam
2. Pantai Ujung Genteng


Pantai ini menjadi salah satu incaran para wisatawan. Namun, banyak yang belum mengetahui bahwa pantai ini masuk kawasan Geopark Ciletuh. Kontur pantai yang cukup landai dan jarang ditemui di pantai lain serta garis pantai yang panjang menjadikan pantai ini memiliki daya tariknya tersendiri.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas serta air laut yang jernih membuat siapapun betah menikmatinya. Di bagian tepi pantai banyak ditumbuhi pepohonan serta semak-semak. Di kawasan pantai, terdapat kebun penyu hijau yang dijadikan sebagai kawasan konservasi satwa langka.

Ombak yang dimiliki pantai ini cukup sedang dan menjadi pilihan favorit banyak peselancar pemula. Dengan begitu, peselancar dapat leluasa berlatih di pantai ini karena ombaknya cukup bersahabat. Pantai ini juga tidak mempunyai banyak batu karang yang bisa menghalangi daerah pesisir pantai.
  • Alamat: Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk: Rp 10.000,00
  • Jam Buka: 24 Jam
3. Pantai Cimaja


Pantai Cimaja memiliki ciri khas tersendiri, yaitu adanya bebatuan di sekitar tepi pantai. Bebatuan ini seperti batu kali yang sangat halus dan bukan bebatuan karang yang tajam. Bebatuan ini tersebar di sekeliling pesisir pantai beradu dengan pasir yang lembut. Cukup nyaman jika dilewati menggunakan kaki telanjang.

Pantai dengan pemandangan air lautnya yang jernih serta deburan ombak yang tinggi membuat siapa saja hanyut akan pesonanya. Tidak heran jika area pantai ini sering ramai dikunjungi wisatawan.

Cimaja terkenal sebagai pantai dengan ombaknya yang lumayan besar. Oleh karena itu, Pantai Cimaja sering kali dijadikan tempat favorit untuk berselancar, baik bagi wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Yang menarik, Pantai Cimaja kerap kali dijadikan sebagai lokasi persaingan selancar internasional.
  • Alamat: Girimukti, Kec. Ciemas, Kab. Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
4. Pantai Palangpang


Ini merupakan pantai pertama yang akan ditemui wisatawan saat berada di sana. Pantai Palangpang menjadi ikon kawasan Geopark Ciletuh, sekaligus sebagai pintu masuknya. Oleh sebab itu, pantai ini mempunyai wahana permainan yang cukup lengkap, seperti salah satunya yaitu banana boat.

Selain fasilitas yang cukup lengkap, panorama yang disuguhkan pantai ini tidak kalah menarik. Kondisi air lautnya yang jernih dan bersih dipadu dengan hamparan pasir putihnya yang halus bisa membuat nyaman setiap wisatawan yang datang. Selain itu, pantai ini memiliki terumbu karang yang indah serta tebing karang yang terlihat mempesona.

Pantai Palangpang mempunyai ombak yang cukup kecil sehingga aman digunakan untuk berenang dan bermain air. Selain itu, pantai ini cocok dijadikan tempat untuk camping dan menikmati indahnya sunrise serta sunset dari tepi pantai yang terlihat sangat menakjubkan.
  • Alamat: Pantai palangpang geopark ciletuh, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Telepon: 0858-6294-4328
  • Jam Buka: 24 Jam
5. Pantai Pangumbahan


Bagi pecinta hewan laut bisa mengunjungi Pantai Pangumbahan, karena disana terdapat Pangumbahan Turtle Park yang dijadikan lokasi penangkaran penyu hijau yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Setiap wisatawan yang berkunjung diberikan kesempatan untuk mengabadikan momen di sini.

Selain itu, pantai ini mempunyai pemandangan yang indah dan selalu ramai didatangi wisatawan. Terlebih jika momen liburan, kondisi Pantai Pangumbahan semakin ramai. Sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke salah satu pantai populer di Sukabumi ini dengan berbagai keindahan yang ditawarkan.

Pantai Pangumbahan memiliki pemandangan air laut yang biru serta hamparan pasir putih. Kawasan pantai ini sangat asri dan terdapat banyak pohon yang tumbuh subur di sekitarnya. Di sekitar pantai, Anda bisa menemukan penangkaran penyu hijau. Wisatawan bisa melihat banyaknya jenis penyu dari beragam usia.

Di pantai ini cocok dijadikan tempat untuk berkemah sembari mendirikan tenda di tepi pantai. Ombak yang tenang juga cocok digunakan untuk berenang serta melakukan snorkeling. Di saat ombak besar, maka bisa digunakan untuk berselancar. Didukung dengan wilayahnya yang tidak banyak batu karang menjadi lokasi aman untuk berselancar.
  • Alamat: Gunungbatu, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain