Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Taman Sampora Legok Cibinong

  • Alamat:
    Lingkungan Sampora, Jl. Kp. Sampora, RT.03/RW.03, Cibinong, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16912
  • Telepon:
    0896-2831-3362
  • Tiket Masuk:
    Rp 3.000
  • Jam Buka:
    06.00 - 18.00 WIB
Taman Sampora Legok Cibinong menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. Tempat wisata ini dulunya hanyalah tempat pembuangan sampah liar dan sawah yang sudah tidak berfungsi. Hasil usaha bersama warga Kampung Sampora, kini tempat tersebut telah bertransformasi menjadi taman yang indah dengan berbagai fasilitas didalamnya.


Bermula dari inisiatif warga sekitar, tempat sampah tersebut dibersihkan secara kerja bakti. Kemudian, pada tahun 2020 Kampung Sampora mengikuti ajang perlombaan kampung ramah lingkungan yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

Berawal dari perlombaan tersebut warga sekitar bergotong royong membangun Taman yang kini dikenal Taman Sampora Legok. Sebuah saung dibangun dengan bahan dari hasil memulung dan mendaur ulang sampah kering untuk dijadikan hiasan. Hal tersebut menghantarkan Kampung Sampora menjadi Juara dalam kategori Partisipasi Warga Terbaik dan Penataan Lingkungan Terbaik. 

Dengan melihat ide dari semua potensi wisata yang ada di Indonesia, anak muda ini dan penduduk setempat yang mencintai lingkungannya, dengan menggunakan dana swadaya berhasil membuat wajah baru bagi Taman Sampora menjadi tempat wisata.

Saat ini tempat unik ini bukan hanya menjadi lingkungan yang potensial, namun juga menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tidak begitu lama, tempat ini pun mendadak viral karena keasriannya.

Asri karena tempat ini terletak di antara sawah yang hijau, perkampungan warga, dan berhadapan dengan keanggunan Gunung Salak. Sisi positifnya juga, sudah tidak ada lagi orang-orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Sehingga tempat ini terlihat lebih hijau, dan mendapat respon positif dari warga dan pengunjungnya.

Fasilitas Taman Sampora Legok


Taman Sampora memiliki spot-spot menarik yang dapat digunakan untuk selfie. Pastinya, akan membuat foto-foto kamu menjadi Instagramable loh!.  Beberapa diantaranya seperti Jembatan selfie, yang idenya diambil dari jembatan selfie yang ada di Jogja dan Malang. Jembatan yang unik baru dibangun Agustus 2020 yang lalu.

Bagi adik-adik kecil, Taman Sampora juga menyediakan tempat untuk tempat bermain bagi anak-anak. Dijamin pasti seru loh!. Selain itu, para pengunjung pun dapat memanfaatkan sarana menarik lainnya seperti saung-saung yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat sambil menikmati hidangan.

Saung-saung tersebut pun dapat dipesan, lengkap dengan paket menu makanannya. Paket makanan ini langsung dimasak oleh warga sekitar. Selain itu, semua saung-saung ini pun dapat dibooking untuk acara keluarga ataupun untuk tempat hangout bersama teman-teman lainnya.

Tiket Masuk

Untuk warga sekitar memang tidak dikenakan tiket masuk. Namun sebagai bagian dari pemeliharaan dan bantuan dana swadaya masyarakat, pengunjung yang datang hanya akan dikenakan harga tanda masuk sebesar Rp 3.000/orang.
  • Tiket Masuk Rp 3.000,00
Sebagai catatan, tempat ini sangat ramai setiap harinya, terutama pada akhir pekan dan juga hari libur nasional.

Jam Buka
  • Jam Buka 06.00-18.00
Lokasi

Lokasi Taman Sampora Legok Cibinong ini berada belakang, atau sangat dekat dengan Komplek LIPI Cibinong. Pencapaiannya juga sangat mudah, karena mudah diakses dari berbagai jalan.

Alamat: Lingkungan Sampora, Jl. Kp. Sampora, RT.03/RW.03, Cibinong, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16912

Spot Foto





Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain