Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Rekomendasi Tempat Wisata Sukoharjo yang Harus Anda Kunjungi

Sukoharjo, sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, adalah tempat yang penuh dengan keindahan alam dan kekayaan budaya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai destinasi wisata menarik di Sukoharjo, mulai dari alam pegunungan yang indah hingga warisan budaya yang kaya. Temukan apa yang membuat Sukoharjo menjadi tempat wisata yang memikat!

Apakah Anda mencari petualangan di alam terbuka atau ingin merasakan kekayaan sejarah dan budaya Sukoharjo, kami akan membahas semuanya. Uniknya, walaupun sempit, kabupaten yang memiliki slogan Sukoharjo MAKMUR (Maju, Aman, Konstitusional, Mantap, Unggul, dan Rapi) ini memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda kebetulan sedang berada di daerah Jawa Tengah, tak ada salahnya mengunjungi salah satu pesona wisata yang ditawarkan Sukoharjo. Berikut rekomendasi tempat wisata yang ada di Sukoharjo yang harus Anda kunjungi.

1. Dunia Air Pandawa

Objek wisata satu ini bisa disebut sebagai ‘Ancol versi Sukoharjo’. Destinasi ini adalah kawasan wahana wisata air yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Layaknya kawasan wisata air lainnya, disini juga tersedia beragam wahana bermain air yang sangat lengkap. Mulai dari wahana seluncuran sampai ombak buatan.

Buka mulai dari pukul 12 siang – 6 sore di hari biasa dan mulai pukul 8-6 sore di akhir pekan, objek wisata ini tak pernah sepi pengunjung, terutama di akhir pekan dan hari libur. Keunikan wahana air satu ini adalah adanya patung tokoh pewayangan Pandawa yang berukuran sangat di bagian tengah area wisata. Sangat cocok untuk dijadikan lokasi berfoto bersama keluarga atau teman.

  • Alamat:
    Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552
  • Jam Buka:
    10:00 - 18:00 WIB
  • Telepon:
    (0271) 626955
  • Harga Tiket:
    Rp. 35.000,00 - Rp 50.000,00

2. Royal Water Adventure

Satu lagi objek wisata wahana air yang bisa Anda temukan di Sukoharjo adalah Royal Water Adventure. Disini juga terdapat berbagai jenis wahana permainan yang menarik, terutama untuk anak-anak. Beberapa wahana yang populer misalnya wahana air ember tumpah dan seluncuran.

Untuk bisa menikmati berbagai wahana di kawasan wisata ini, Anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 20.000 di hari biasa dan Rp 30.000 di akhir pekan dan hari libur. Selain itu, Anda bisa mengunjungi wahana ini setiap hari dari pukul 8 pagi sampai 7 malam.

  • Alamat:
    Jalan Raya Telukan KM 08, Telukan Dusun III, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia, 57552
  • Jam Buka:
    08:00 - 17:00 WIB
  • Telepon:
    02712949779
  • Harga Tiket:
    Rp. 20.000,00 - Rp 70.000,00

3. Curug Krajan

Curug Krajan ini bisa menjadi tujuan jika Anda mencari destinasi wisata alam yang menenangkan. Curug berarti air terjun. Daya tarik utama dari destinasi wisata satu ini. Curugnya tidak terlalu tinggi dengan udara yang sejuk khas pedesaan. Dijamin akan memberikan pengalaman berlibur yang menenangkan.

Anda juga bisa mandi atau sekedar bermain air di area kolam curug atau di aliran curug yang tidak terlalu tinggi. Meskipun air terjunnya tidak terlalu besar, namun air di Curug Krajan ini sangat jernih. Dijamin akan memberikan kenyamanan untuk Anda bersantai sejenak dari aktifitas yang padat.

  • Alamat:
    Desa Krajan, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis

4. Royal Water Adventure

Satu lagi objek wisata wahana air yang bisa Anda temukan di Sukoharjo adalah Royal Water Adventure. Disini juga terdapat berbagai jenis wahana permainan yang menarik, terutama untuk anak-anak. Beberapa wahana yang populer misalnya wahana air ember tumpah dan seluncuran.

Untuk bisa menikmati berbagai wahana di kawasan wisata ini, Anda akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 20.000 di hari biasa dan Rp 30.000 di akhir pekan dan hari libur. Selain itu, Anda bisa mengunjungi wahana ini setiap hari dari pukul 08.00 - 19.00 WIB.

  • Alamat:
    Jalan Raya Telukan KM 08, Telukan Dusun III, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia, 57552
  • Jam Buka:
    08:00 - 19:00 WIB
  • Telepon:
    02712949779
  • Harga Tiket:
    Rp. 20.000,00 - Rp 30.000,00

5. Gunung Sepikul

Gunung Sepikul ini adalah destinasi wisata berupa bukit batuan dengan ukuran cukup besar. Berada di tengah persawahan dan dikelilingi oleh perbukitan hijau membuat Bukit Sepikul terasa sangat asri.

Selain itu, di bukit ini juga memiliki daya tarik legenda yang berhasil menarik rasa penasaran pengunjung yang datang.

Pengunjung yang datang kesini biasanya mengejar pemandangan matahari terbenam atau sunset. Saat sore hari menjelang matahari terbenam, binar jingga dari ufuk barat yang terhalang bukit-bukit tinggi membuat siapapun akan berdecak kagum. Beberapa waktu belakangan, destinasi ini terus dikembangkan dengan menambah spot-spot foto yang instagramable.

  • Alamat:
    Dukuh Gunung Lor, Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah 57563
  • Jam Buka:
    05:00 - 18:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Gratis

6. Dam Colo

Masyarakat Sukoharjo pasti sudah mengenal objek wisata yang sedang hits ini. Dam Colo ini menjadi objek wisata dengan daya tarik struktur bangunannya yang unik. Terutama, area di bawah menuju aliran airnya.

Tak hanya itu saja, dam ini berlokasi di kawasan perbukitan yang dikelilingi oleh pepohonan hijau. Belum lagi di bagian aliran air, terdapat kotak-kotak pijakan yang berjajar memenuhi aliran air dam. Di lokasi inilah yang menjadi spot favorit pengunjung untuk mengabadikan foto yang instagramable.

  • Alamat:
    Bendung Colo, Jembatan, Jetis, Pengkol, Nguter, Sukoharjo Regency, Central Java 57571
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Gratis

7. Transformers Park

Transformers Park menyuguhkan sebuah spot foto yang sangat instagramable untuk anda nikmati berbagai keseruan didalamnya. Destinasi satu ini merupakan sebuah tempat yang menampung banyak dumptruck bertumpuk-tumpuk di atas lahan 7000 meter persegi.

Dumptruck yang ada di Transformers Park Sukoharjo dahulunya digunakan sebagai kendaraan operasional pada saat pembangunan aliran sungai bengawan Solo. Bentuk dumptruck yang bertumpuk disini sekilas menyerupai mobil mobil yang ada di film Transformers.

  • Alamat:
    Banaran, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57161
  • Jam Buka:
    08:00 - 17:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00

8. Waduk Mulur

Kalau Anda ingin menikmati pemandangan matahari terbenam terbaik di Sukoharjo, maka Waduk Mulur ini adalah jawabannya. Lokasinya yang sangat strategis membuat pemandangan sunset disini terlihat lebih jelas.

Selain menikmati pemandangan sunset, di siang hari Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan disini. Salah satunya memancing. Di kawasan sekitar waduk juga tersedia fasilitas outbond dan berbagai fasilitas wisata lengkap. Cocok jika Anda jadikan sebagai destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

  • Alamat:
    Dondong, Kec. Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00

9. Umbul Pecinan Batu Seribu

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Bulu Sukoharjo. Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah kolam pemandian dengan airnya yang jernih dan sejuk. Ini karena air yang mengalir di kolam pemandian ini berasal dari mata air alami.

Selain kolam pemandian, di kawasan wisata alam ini juga tersedia fasilitas area bermain, gardu pandang, camp ground dan fasilitas wisata lainnya. Dengan semua daya tarik dan fasilitas yang ditawarkan, objek wisata ini bisa menjadi pilihan untuk rekreasi keluarga atau menghabiskan waktu akhir pekan bersama teman-teman Anda.

  • Alamat:
    Gentan, Bulu, Pacinan, Gentan, Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57563
  • Jam Buka:
    08:00 - 15:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00

10. Telaga Biru

Destinasi wisata di Sukoharjo satu ini awalnya adalah lahan bekas pertambangan. Bekas galian tambang yang kemudian tergenang air membentuk telaga dengan air berwarna biru cerah. Keunikan destinasi wisata ini, setiap bekas galian tambang memiliki kombinasi warna yang sangat unik.

Saat berkunjung kesini, disarankan berkunjung pada siang hari. Saat siang hari ini adalah saat ketika cahaya matahari memancar di atas permukaan air yang akan membuat warna air telaga terlihat biru cerah nan cantik. Anda pun bisa mandi di telaga ini. Namun, pastikan keselamatan dengan menyewa pelampung yang disediakan di kawasan wisata ini.

  • Alamat:
    Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Geneng, Candi Rejo, Kec. Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Jawa Tengah 57562
  • Jam Buka:
    Gratis
  • Harga Tiket:
    24 Jam

11. The Heritage Palace

Tidak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk bisa melihat The Heritage Palace. Di Sukoharjo pun ada. Tempat ini sebenarnya adalah bekas pabrik gula Gembongan yang sudah tidak beroperasi lagi. Jadi, tidak seperti pabrik gula Madukismo di Yogyakarta yang dibuka Untuk umum agar pengunjung bisa melihat proses pembuatan gula langsung. Disini, Anda tidak akan menemukannya.

Daya tarik objek wisata ini terletak pada arsitektur bangunannya yang megah khas bangunan peninggalan Belanda. Arsitektur bangunannya yang megah dan khas arsitektur bangunan Eropa menjadikan pabrik gula ini tetap ramai dikunjungi meskipun sudah tidak beroperasi.

Karena gaya arsitekturnya itu jugalah yang membuat kebanyakan pengunjung yang datang ke The Heritage Palace ini menjadikannya sebagai objek foto. Baik itu bangunannya sendiri ataupun menjadi latar belakang foto pernikahan. Bahkan sejak tahun 2018, area di kawasan objek wisata ini juga dikembangkan sehingga banyak spot menarik disini, seperti museum angkot dan museum 3D.

  • Alamat:
    Jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57169
  • Jam Buka:
    09:00 - 16:00 WIB
  • Telepon:
    0822-3310-6999
  • Harga Tiket:
    Rp 30.000,00

12. Gunung Taruwongso

Masih dari destinasi wisata alam, Sukoharjo juga memiliki Gunung Taruwongso yang sangat terkenal di kalangan anak muda. Dari atas puncak gunung ini, Anda bisa menikmati lanskap perpaduan antara perbukitan, persawahan dan pedesaan yang asri. Dengan daya tarik ini, tak heran jika selain menjadi lokasi wisata, gunung ini juga diburu sebagai tempat berfoto favorit.

Meskipun bernama gunung, namun puncaknya relatif tidak terlalu tinggi. Karena itulah Gunung Taruwongso ini dijadikan sebagai sebuah destinasi wisata alam terbuka. Selain saat pagi dan sore hari, waktu yang tepat mengunjungi lokasi ini adalah saat malam hari. Anda akan dijamin dengan keindahan pemandangan yang sangat menakjubkan.

  • Alamat:
    Dukuh, Jl. Tengklik Desa, Watubonang, Kec. Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57562
  • Jam Buka:
    Gratis
  • Harga Tiket:
    24 Jam

13. Sendang Semurup

Wisata alam ini memiliki banyak wahana menarik dan spot foto yang instagenic. Sendang yang ada di Desa Juron, Kecamatan Nguter ini juga menyediakan tempat pemancingan.

Apalagi tiket masuknya masih gratis sangat pas untuk wisata bersama keluarga atau teman-teman nongkrongmu.

  • Alamat:
    Desa Juron, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, 57571
  • Jam Buka:
    Minggu 09.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    24 Jam

14. Ronce Stable

Tempat wisata yang satu ini mengusung konsep yang anti mainstream. Pengunjung bisa mengelilingi pedesaan dengan naik kuda dengan menyewa baju cowboy, atau kursus menunggang kuda.

Ronce Stable menyajikan konten wisata seputar dunia “perkudaan”. Dari mulai menunggangi kuda sendiri mengelilingi area pedesaan, hingga kursus menunggangi kuda.

Di sini juga menyediakan kuliner dan spot foto yang menarik. Lokasinya sendiri ada di Tepisari, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo.

  • Alamat:
    Jl. Tentara Pelajar, Empat, Tepisari, Kec. Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57555
  • Telepon:
    0812-5250-3578
  • Jam Buka:
    07.00 - 16.30 WIB
  • Tiket Sewa Menunggangi Kuda:
    Rp 20.000,00

15. Petilasan Keraton Pajang

Satu lagi objek wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi di Sukoharjo adalah petilasan Keraton Kerajaan Pajang. Petilasan ini sendiri merupakan sisa peninggalan Kerajaan Pajang. Lokasinya pun masih berada di kawasan Keraton Kartosuro.

Di petilasan ini tersimpan beberapa benda yang berkaitan dengan Kerajaan Pajang ataupun Joko Tingkir. Anda juga bisa mendapatkan informasi sejarah Kerajaan Pajang dari juru kunci disini. Dengan begitu kegiatan liburan Anda tidak hanya menyenangkan namun juga berwawasan.

  • Alamat:
    Dusun I, Makamhaji, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57161
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Tiket Sewa Menunggangi Kuda:
    Rp 3.000,00

16. Sendang Pinilih

Sendang pimilih merupakan tempat rekreasi air di Sukoharjo. Sendang pinilih sendiri merupakan kolam renang yang sudah dikembangan sebagai obyek wisata air bagi masyarakat Sukoharjo. Disini terdapat 3 buah kolam renang dan 1 kolam ikan yang terdapat di Sendang Pinilih ini. Untuk bisa menikmati berenang disini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 7000 saja. Wah, sangat murah sekali ya, sendang pinilih ini bisa kamu jadikan sebagai tempat liburan alternatif yang muerah meriah dan menyenagkan tentunya.

  • Alamat:
    Dusun I, Jangglengan, Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57571
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Tiket Sewa Menunggangi Kuda:
    Rp 10.000,00

17. Kora-kora

Kora-kora adalah salah satu kolam renang anak di  dekat dengan perbatasan solo sukoharjo bagian barat, alamat lengkapnya di jalan bunga raya desa purbayan kecamatan baki kabupaten sukoharjo.  Kora-kora adalah sebuah kolam renang anak yang ada di dekat kota solo denga konsep sederhana, alami, bergembira dan aman.

Lokasinya terletak di Desa Purbayan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Di tempat ini ada 4 kolam renang dengan ketinggian yang berbeda, sehingga anak-anak anda bisa memilih sesuai dengan ketinggian badan masing-masing.

  • Alamat:
    Jl. Bunga Raya, Dusun I, Purbayan, Kec. Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57556
  • Telepon:
    0857-2834-0963
  • Jam Buka:
    07.30 - 17.30 WIB
  • Tiket Sewa Menunggangi Kuda:
    Rp 15.000,00

Itulah daftar rekomendasi tempat wisata di Sukoharjo yang bisa Anda pilih untuk dikunjungi. Meskipun tidak dikenal sebagai kota tujuan wisata seperti Yogyakarta atau Semarang, namun ternyata Sukoharjo juga menyimpan potensi wisata yang cukup besar. Tidak ada salahnya menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di salah satu objek wisata tersebut.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain