Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

17 Sunset Terbaik Di Semarang & Sekitarnya

Sunset atau matahari terbenam adalah momen yang indah dengan langit yang merah merona. Momen dimana mulai berakhirnya hari dengan aktivitas padat menuju waktu-waktu santai di malam hari. Ada banyak tempat yang bisa kita kunjungi untuk menikmati panorama alam ini

Salah satunya adalah Kota Semarang yang berada di Jawa Tengah. Terdapat beberapa spot menarik untuk menikmati keindahan sunset di sana. Dimana sajakah itu? Berikut tujuh spot sunset terbaik di Kota Semarang yang bisa kamu kunjungi. Pemburu senja harus mampir ya!

1. Brown Canyon

  • Nama Tempat:
    Brown Canyon
  • Alamat:
    Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Gratis/Rp. 2.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Tempat ini sebenarnya kurang layak jika disebut sebagai tempat wisata. Lokasi ini adalah bekas pertambangan batu cadas yang terbengkalai. Namun, siapa yang akan menyangka jika tempat dengan bukit bebatuan menjulang ini terlihat indah jika dipandang?

Itulah Brown canyon, beberapa orang menyebut dengan sebutan grand canyonnya Semarang. Kita bisa menikmati indahnya proses terbenamnya sang mentari disini. Bahkan jika kita bisa mendapatkan angle yang pas, cahaya matahari yang terbenam itu akan nampak syahdu.

2. Pantai Cipta

  • Nama Tempat:
    Pantai Cipta
  • Alamat:
    Jl. Kw. Cipta, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Gratis/Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    06.00 - 17.00 WIB

Pantai Cipta adalah tempat yang sudah umum dikunjungi jika ingin melihat sunset ataupun sunrise. Namun, tak semua pantai bisa menghantarkan senja dengan indah. Semarang adalah kota yang memiliki beberapa pantai dengan sunset yang indah

Pantai Cipta adalah salah satu pantai yang memiliki keistimewaan tersebut. Banyak fotografer yang sengaja berkunjung untuk mendapatkan momen senja di pantai ini. Namun, sayangnya pemerintah kota setempat belum terlalu melengkapi fasilitas wisata di sana.

3. Masjid Agung Jawa Tengah

  • Nama Tempat:
    Masjid Agung Jawa Tengah
  • Alamat:
    Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166
  • Harga Tiket:
    Gratis
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Adakah yang menyangka bahwa berada di rumah ibadah bisa mendapatkan pesona senja? Jawabannya pasti tidak ada. Tempat ibadah umat islam yang bernama masjid agung Jawa Tengah ini memiliki pemandangan senja yang memukau. Momen terbenamnya matahari di tempat ini terasa syahdu dan menentramkan.

Bagi Umat Islam, momen syahdu senja bertepatan dengan tibanya waktu ibadah sholat maghrib. Bila berkesempatan untuk berkunjung kesini, akan lebih baik jika sekalian melaksanakan sholat berjamaah. Seusainya kamu bisa menikmati momen senja sembari mengabadikannya dengan lensa kamera.

4. Pantai Baruna

  • Nama Tempat:
    Pantai Baruna
  • Alamat:
    Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 3.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    05.00 - 22.00 WIB

Pada zaman penjajahan, pasukan Indonesia dan tentara Jepang terlibat pertempuran selama lima hari berturut-turut di pantai ini. Hingga akhirnya tentara Jepang menyesali pertempuran tersebut dan membangun tugu ketenangan jiwa. Uniknya, jika ditarik koordinat, tugu ketenangan jiwa ini akan lurus sejajar dengan Negara Jepang.

Tentara Jepang yang membangun tugu tersebut berharap arwah pasukan yang telah tiada, akan kembali ke negara asalnya. Selain karena sejarah tersebut, daya tarik pantai ini juga terletak pada pemandangan senjanya yang sangat indah. Tak ayal jika sore hari tiba, banyak pengunjung yang sengaja mampir untuk menikmati keindahan senja.

5. Rawa Pening

  • Nama Tempat:
    Rawa Pening
  • Alamat:
    Desa Klurahan, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 15.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Senja bisa kita temui di Rawa pening. Rawa pening adalah danau yang terbentuk secara alami di Semarang dengan luas mencapai 2.670 hektar. Dengan wilayah seluas itu menjadikan telaga ini memiliki berbagai fasilitas wisata air yang menarik.

Selain fasilitas-fasilitas yang mendukung pariwisata, rawa pening terkenal akan lanskap alamnya yang memukau. Terutama pemandangan senjanya. Semburat jingga di langit membuat suasana menjelang di sana terasa romantis dan syahdu.

6. Pantai Marina

  • Nama Tempat:
    Pantai Marina
  • Alamat:
    Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    Senin (tutup) Selasa-Sabtu (06.00-18.00 WIB) Minggu (05.00-18.00 WIB)

Jika berburu senja di Kota Semarang, salah satu lokasi yang harus kita kunjungi adalah Pantai Marina. Pantai yang indah dan mudah dijangkau ini, memiliki aneka fasilitas yang bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama. Salah satunya adalah restoran sekitar pantai yang beroperasi hingga sore hari tiba.

Restoran tersebut seolah mendukung pemburu senja yang sengaja datang untuk menikmati panorama indah. Sehingga pengunjung, dapat menikmati senja sembari mencoba hidangan andalan mereka. Suasana romantis dan syahdu dilengkapi dengan hidangan lezat menggugah selera, maka nikmat Tuhan manakah yang engkau dustakan?

7. Goa Rong View

  • Nama Tempat:
    Goa Rong View
  • Alamat:
    Jalan Lerak Lopait, Delik, Kec. Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 18.00 WIB

Tak seperti namanya, tempat wisata ini bukanlah sebuah goa. Melainkan menara gardu pandang yang memiliki spot foto instagramable. Dari titik ini, kita bisa melihat jajaran Pegunungan Ungaran, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan juga Rawa Pening.

Karena berada diketinggian, menara ini membuat jarak pandang menjadi semakin luas. Panorama alam dan lampu - lampu dari kawasan kota yang mulai menyala, menambah poin keindahan memandang senja di tempat ini. Maka dari itu indahnya momen sunset di sini tidak bisa dibandingkan dengan tempat lain.

Sunset atau senja memang bisa dilihat dari mana saja. Namun jika momen senja itu dinikmati di tempat yang istimewa maka akan menjadi momen yang takkan terlupa. Bagi pemburu dan pencinta senja, jangan lupa mampir ke spot-spot terbaik di kota Semarang ini ya

8. Pantai Tirang

  • Nama Tempat:
    Pantai Tirang
  • Alamat:
    Tambakrejo, Tugu, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai Tirang adalah surga bagi para pemancing dan penikmat hasil tangkapan laut. Jika kamu berkesempatan pergi ke Pantai Tirang Semarang, kamu akan menemui banyak pehobi mancing.

Ada banyak ikan lezat yang dapat kamu temukan di Pantai Tirang, misalnya seperti ikan kakap putih, ikan belanak dan juga mujair. Ikan-ikan tersebut bisa kamu bawa pulang gratis dan diolah sesuai keinginan.

Kamu bisa duduk di gazebo sambil menikmati suasana pantai dan makan. Ya, banyak pedagang lokal yang menjajakan makanan murah di sana, lho.

elain itu, kamu juga bisa mengambil banyak foto menarik di area mangrove-nya. Dulunya, Pantai Tirang adalah pulau kecil yang kemudian terkena abrasi. Untuk mengurangi risiko abrasi di masa depan, pohon-pohon mangrove ditanam di sepanjang bibir pantai.

9. Pantai Kartini

  • Nama Tempat:
    Pantai Kartini
  • Alamat:
    Rw. IV, Bulu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59418
  • Harga Tiket:
    Hari biasa: Rp5.000,00
    Hari libur: Rp7.000,00 (Harga tiket masuk Kura-Kura Ocean Park Rp12.500 pada hari biasa dan Rp17.500,00 pada hari libur)
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 19.00 WIB

Pantai Kartini terletak di Jepara. Namun ada banyak warga Semarang yang pergi ke sana. Pasalnya, pantai ini memiliki banyak area rekreasional.

Selain bisa menikmati pantai berpasir dan angin yang segar, kamu juga bisa pergi ke Kura-Kura Ocean Park. Di sanalah pusat kawasan rekreasional dari spot wisata tersohor di Jepara ini.

Di Kura-Kura Ocean Park terdapat akuarium raksasa yang menampilkan berbagai macam biota laut yang cantik. Berada di lorong akuarium tersebut membuatmu merasa seperti merasa masuk ke dalam samudra yang luas.

Di lantai atas terdapat, Jepara Sains Park yang menampilkan berbagai macam keajaiban. Kamu bisa menikmati sensasi menyelam di lautan melalui IMAX DEEP SEA 3D. Atau, kamu juga bisa menaiki simulator pesawat terbang.

Pada waktu-waktu tertentu, terdapat juga panggung hiburan. Ada berbagai macam atraksi hiburan yang disajikan, mulai dari nyanyian sampai tarian. Baik anak-anak mau pun orang dewasa, semuanya suka berlibur ke Pantai Kartini.

10. Pantai Teluk Awur

  • Nama Tempat:
    Pantai Teluk Awur
  • Alamat:
    Jl. Tlk. Awur, Telukawur, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 2.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai Teluk awur Jepara terletak di desa tempat ibu dari R.A. Kartini lahir. Selain sejarah penting, pantai ini juga menyimpan legenda cinta segitiga Syeikh Abdul Aziz, Raja Joko Wongso, dan Den Ayu Roro Kuning.

Raja Joko Wongso jatuh cinta dengan Den Ayu Roro Kuning semenjak melihat lukisannya. Padahal perempuan itu telah bersuami. Ia pun menyuruh prajuritnya untuk membawa Den Ayu Roro Kuning. Cinta itu pada akhirnya berbuah kematiannya sendiri.

Terlepas dari sejarahnya yang cukup rumit dan tragis, Pantai Teluk awur memiliki keindahan yang begitu sederhana. Pada sore hari, siluet kapal nelayan terlihat dari kejauhan,  diterpa oleh sinar matahari temaram.

Kamu bisa menikmatinya di pinggir pantai dengan menyewa tikar. Jika kamu masih ingin menikmati keindahan itu di pagi hari, kamu bisa menginap di hotel atau restoran terdekat. Dan karena ombak pantai ini cukup ramah, anak-anak pun bisa berenang. Di sana, tersedia pula penyewaan pelampung untuk anak

11. Pantai Cahaya

  • Nama Tempat:
    Pantai Cahaya
  • Alamat:
    Klampok, Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51354
  • Harga Tiket:
    Tiket Masuk Terusan Rp. 40.000,- Pantai, Mini Zoo, Dolphin Show, Kolam Renang & 3 Wahana Permainan
    Tiket Masuk Reguler Rp. 20.000,- Pantai & Mini Zoo
    Tiket Masuk Sunset View Rp. 10.000,- Tiket Masuk Setelah Jam 16.00
    Tiket Masuk Dolphin Show Rp. 25.000,-
    Mainan Rp. 5.000,-
    Tiket Masuk Dolphin Feeding Rp. 15.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB

Kendal merupakan sebuah kabupaten yang begitu menjanjikan. Bahkan, Kendal kini tengah dipromosikan sebagai kawasan industri yang setara dengan kawasan seperti  Cikarang dan Karawang.

Namun, yang menarik di Kendal bukan hanya kawasan industrinya saja, lho. Kamu juga bisa menemukan beberapa tempat yang menarik, misalnya seperti Pantai Cahaya. Pantai Cahaya memberikan berbagai macam fasilitas rekreasional yang begitu menyenangkan. Jadi, Pantai Cahaya bukan pantai biasa. Ia adalah destinasi liburan terbesar di Kendal.

Ada banyak hal menarik yang ditawarkan oleh Pantai Cahaya untuk para wisatawan. Apa saja? Ini dia bocorannya buat kamu.
  • Penginapan.
  • Animal show.
  • Pengalaman menonton/bermain dengan dolphin.
  • Waterking, wahana air.
  • Restoran.
Pantai Cahaya tidak hanya dikunjungi untuk liburan keluarga. Beberapa pasangan yang baru menikah juga kerap berbulan madu di sana, lho. Bahkan, tak jarang kamu akan menemukan pasangan calon pengantin yang sedang melakukan prewedding di dekat Pantai Cahaya. Jadi, sekarang kamu bisa membayangkan betapa indahnya pantai ini, bukan?

12. Pantai Jodo

  • Nama Tempat:
    Pantai Jodo
  • Alamat:
    Buntu, Jl. Sidorejo, Sikluyu, Sidorejo, Kec. Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
  • Harga:
    Sewa Tikar Rp. 5.000,00
    Sewa Kursi Rp. 5.000,00
    Sewa Motor ATV Rp. 25.000,00 per 20 menit
    Sewa Mini Trail Rp. 20.000,00 per 20 menit
    Sewa Perahu Rp. 10.000,00
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    05.00 - 18.30 WIB

Batang adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian barat Kabupaten Kendal. Karena terletak di pesisir laut Jawa, ada begitu banyak wisata pantai yang bisa kamu nikmati di sana. Salah satunya adalah Pantai Jodo.

Penasaran mengapa pantai ini didatangi oleh banyak wisatawan?

Sesuai dengan namanya, Pantai Jodo dipercaya memberikan jodoh kepada setiap wisatawan jomlo yang datang ke sana. Bahkan, ada mitos bahwa jika seorang pria berfoto diapit dua wanita, maka salah satunya akan menjadi jodoh pria itu. Wah, unik, ya?

Atau, apabila kamu adalah seorang jomlo yang berswafoto di sini, katanya, tidak lama kemudian kamu akan mendapatkan jodoh. Percaya ataupun tidak ,yang jelas Pantai Jodo tetap menarik untuk didatangi karena pemandangan yang indah. Selain itu, kamu juga bisa menemukan banyak fasilitas seperti:
  • Tempat bermain anak
  • Warung-warung makan rujak, soto, tauco, dsb
  • Musala
  • Toilet
  • Hammock
13. Pantai Glagah Wangi Istanbul

  • Nama Tempat:
    Pantai Glagah Wangi Istanbul
  • Alamat:
    Desa Tambakbulusan, Dukuh, Bongsari, Kec. Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar tentang kota Demak? Ada beberapa hal yang akan mengingatkan kamu kepadanya. Yang pertama adalah nuansa Islam. Ya, Demak dikenal sebagai kota wali. Terdapat Masjid Agung Jawa Tengah yang dengan arsitektur yang menarik dan jejak-jejak para wali.

Selain terkenal sebagai Kota Wali, Demak juga terkenal sebagai kota yang panas sekali. Maklum, Demak terletak di bagian timur Semarang.

Meskipun terkenal dengan udaranya yang panas, bukan berarti tidak ada hal yang bisa kamu nikmati di Demak. Selain bisa berwisata di Masjid Agung, kamu juga bisa berwisata ke Pantai Glagah Wangi Istambul. Pantai ini memiliki garis pantai panjang, terlihat megah.

Di Pantai Glagah Wangi Istanbul Demak, mungkin kamu tidak dapat melakukan bisa melakukan beberapa aktivitas seperti menyelam atau snorkeling. Tidak ada pula waterbom park.

Namun ada hal unik lainnya yang ditawarkan oleh pantai ini. Ya, Glagah Wangi memang terkenal dengan kawasan wisata mangrove. Bakau-bakau  ini berjajar dengan rapi dan dipisahkan oleh jembatan kayu yang cantik di sanalah tempat orang-orang berswafoto. Selain itu, bakau-bakau ini bukan sekadar hiasan saja, lho. Pemerintah memang menjadikan bakau-bakau ini sebagai laboratorium mangrove. DI sana, para wisatawan dapat belajar lebih lanjut mengenai mangrove dan manfaatnya untuk pantai.

14. Pantai Indah Kemangi

  • Nama Tempat:
    Pantai Indah Kemangi
  • Alamat:
    Jl. Kemangi, Srandu, Jungsemi, Kec. Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Kendal memang kabupaten yang potensial. Geliat industri di Kendal sangat tinggi. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak coffee shop menarik dan tentu saja pantai.

Selain Pantai Cahaya, kamu juga bisa ,menikmati keindahan Pantai Indah Kemangi. Dibandingkan dengan Pantai Cahaya, Pantai Indah Kemangi memang tidak memiliki banyak fasilitas rekreasional. Namun, pantai ini memiliki keistimewaannya tersendiri.

Apa yang istimewa dari pantai ini? Beberapa waktu yang lalu Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto pernah melakukan uji coba olahraga ski di pantai ini. Pantai Indah Kemangi dianggap ideal untuk event olahraga ski. Lautnya cukup tenang dan pantainya pun rapi.

Untuk sementara ini, di Pantai Indah Kemangi, kamu bisa menikmati beberapa fasilitas seperti misalnya kedai makanan,  berenang di tepi laut, dan juga RTV. Ke depannya, pemerintah memang serius untuk menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata internasional di Kendal.

15. Pantai KarangMalang

  • Nama Tempat:
    Pantai KarangMalang
  • Alamat:
    Area Sawah, Karangmalang Wetan, Kec. Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Wisata pantai di Semarang adalah Pantai Karang Malang. Pantai yang satu ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan dan menjadi tempat wisata pantai baru di Semarang. Pantai yang bersih, pemandangan yang indah dan belum tercemar oleh sampah sesungguhnya menunjukan jati diri dari Pantai Karangmalang.

Nuansa pantai yang masih alami dan terjaga sangatlah cocok untuk kamu berlibur dan menenangkan pikiran jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota. Di Pantai Karang Malang masih sangat minim fasilitas, hanya ada tempat parkir, warung kecil, dan toilet. Sekedar informasi jalan menuju pantai ini hanya jalan setapak yang bisa dilalui oleh sepeda motor saja. Tapi tidak usah takut karena rute menuju lokasi Pantai Karang Malang sangatlah jelas.

16. Pantai Ngebum

  • Nama Tempat:
    Pantai Ngebum
  • Alamat:
    Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51372
  • Harga Tiket:
    Rp. 3.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai yang satu ini tidak kalah indah dengan pantai – pantai lainnya. Menjadi salah satu dari daftar wisata pantai indah Semarang, Pantai Ngebum adalah pantai yang dikelola langsung oleh Badan Usaha milik Desa (Bumdes) Moro Berkah sebagai ladang dari mata pencaharian penduduk sekitar.

Pemandangan laut lepas, serta hamparan pasir hitam menjadi keunikan sendiri destinasi wisata yang satu ini. Kamu juga bisa bermain motor trail, ATV untuk menambah keseruan saat berkunjung kesana. Untuk berkunjung kesana, kamu tidak perlu membutuhkan waktu yang lama jika kamu berada di kota Semarang. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari jalur utama Semarang – Kendal untuk sampai ke lokasi.

17. Pantai Maron

  • Nama Tempat:
    Pantai Maron
  • Alamat:
    Desa Tawang Mas, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai Maron yang menjadi tempat paling hits di kota Semarang. Bagaimana tidak, setiap harinya pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Ditambah lagi dengan pemandangan dan fasilitas bermain di tempat tersebut, cukup sayang apabila kamu lewatkan begitu saja mulai dari jembatan batu, budidaya laut hingga pohon bakau. Selain cukup oke untuk berenang, panorama Pantai Maron yang indah tersebut juga cukup sayang bila tidak abadikan lewat foto, gambar ataupun video.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain