Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Menikmati Arung Jeram di Sungai Pekalen Probolinggo


Arung jeram di Probolinggo membawa Anda menyusuri Sungai Pekalen, melalui desa Ranu Gedang yang sederhana hingga air terjun yang mengalir dengan megahnya. Arung jeram telah populer di Indonesia sejak tahun 90-an dan dapat dinikmati oleh siapa saja, terlepas dari keterampilan atau pengalaman. Bahkan mereka yang tidak tahu bagaimana untuk berenang dapat bergabung dalam petualangan ini tanpa rasa takut, tapi tentu saja mengikuti persyaratan keselamatan yang benar.

Seperti halnya olahraga petualangan, arung jeram memang memiliki risiko sendiri, tapi itulah yang menambah kegembiraan pengalaman. Namun ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan untuk meminimalkan risiko tersebut. Pertama, pemandu arung jeram atau Skipper berpengalaman dan berpengetahuan baik dalam teknik dan tikungan tertentu dan arus sungai. Selanjutnya, setiap orang di atas kapal akan mengenakan jaket pelampung untuk membuat Anda bertahan bahkan dalam kasus yang terlempar ke laut, serta helm untuk melindungi kepala Anda. Terakhir, rakit karet berkualitas tinggi mengurangi dampak tabrakan dengan batu atau penghalang lainnya dalam sungai.


Hulu Sungai Pekalen panjangnya sekitar 12 kilometer, bagian tengah Sungai Pekalen adalah 7 kilometer, dan Hilir Sungai Pekalen sekitar 10 kilometer. Tingkat kesulitan sungai dimulai pada sekitar kelas 2 atau kelas 3. Jika Anda merasa ingin menghadapi tantanga dan skala intensitas, cobalah untuk kelas 4 bagian dari sungai. Sebelum memulai bagian ini, pemandu akan melatih Anda dalam seni dayung dan penyelamatan. Akhirnya, ada kelas 5. Untuk bergabung dengan kelas ini, pengunjung harus menyelesaikan 4 kelas jeram.

Sungai Pekalen terletak sekitar 25 kilometer dari kota Probolinggo, antara Kecamatan Tiris, Maron dan Gading.

Tips

Peserta arung jeram harus mematuhi tingkat kesehatan dan kebugaran tertentu. Jika Anda tidak yakin kemampuan Anda, Anda dapat menghadiri pemeriksaan kesehatan sebelum bergabung dengan kegiatan arung jeram.

Ikuti semua petunjuk yang diberikan atas apa yang harus dilakukan saat arung jeram di sungai. Dalam hal bahwa Anda terlempar keluar dari perahu, tetap tenang.

Tidak dianjurkan untuk membawa kamera kecuali itu adalah tahan air dan cocok untuk kegiatan di luar ruangan. Kebanyakan operator arung jeram dilengkapi dengan fotografer terampil yang ditempatkan secara strategis untuk menangkap momen menarik dari petualangan Anda. Foto-foto ini dapat dibeli setelah perjalanan.

Jika Anda tidak tahu berenang, tidak dianjurkan untuk bergabung dengan kelas jeram 4 atau 5. Bagaimanapun, sangat aman di tingkat kesulitan kelas 2 atau 3.

Jangan memakai sandal karena mereka membuat sulit untuk berenang. Sebaliknya, memakai sepatu lari atau sepatu dengan sol karet.

Hindari memakai pakaian katun saat arung jeram di cuaca dingin. Jika cuaca hangat, pakaian renang akan lebih ideal.

Aktifitas

Meningkatkan detak jantung Anda dan meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot bahu dan perut Anda. Arung jeram bisa melelahkan, tapi kelelahan itu bahkan tidak akan terlihat di tengah-tengah kesenangan. Tetapi Anda akan merasa lebih bugar, dan lebih bahagia, dan puas ketika saat itu berakhir.

Sebelum sampai ke hilir, pemimpin tim dan kru akan melakukan perjalanan melalui jalan darat ke titik awal. Setiap perahu terdiri antara 6-8 orang, termasuk pemandu. Dalam perjalanan ke titik awal, Pemandu Anda akan memberikan informasi penting tentang keselamatan di sungai. Setelah Anda tiba, Anda akan diajarkan cara memegang dayung, berbagai teknik mendayung, serta petunjuk apa yang harus diikuti saat arung jeram. Terakhir, melompat ke rakit dan menikmati petualangan mendebarkan dari awal sampai akhir.

Kelas 2-3 jalur arung jeram mencakup 12 kilometer dan memakan waktu sekitar 3,5 jam untuk menyelesaikannya. Perjalanan 12 kilometer akan membawa Anda pada sebuah perjalanan yang tak terlupakan dari 50 lebih jeram yang berbeda. Jika Anda terlempar dari perahu  Anda, jangan panik! Anda benar-benar dapat menikmatinya! Tetap tenang, dan menunggu pemandu untuk membantu Anda.

Selain jeram, Anda juga akan melakukan perjalanan melalui pemandangan indah dari formasi batuan alam, bersama tujuh air terjun yang indah, dan melalui gua kelelawar misterius. Anda juga akan menemukan banyak spesies makhluk hidup di alam liar termasuk elang, kepodang, monyet, berang-berang, tupai dan biawak.

Ada beberapa tempat di mana terdapat air yang tenang dan Anda bisa keluar untuk berenang dan menikmati air tawar yang sejuk.

Akhirnya, setelah kembali ke basecamp, Anda akan memiliki beberapa waktu untuk berganti pakaian dan menyegarkan diri, setelah itu, Anda akan disambut dengan hidangan setempat yang menggoda, lezat, dan siap untuk memenuhi perut Anda setelah petualangan yang melelahkan.

Paket biaya 12 kilometer Arung Jeram Pekalen sekitar 250.000 rupiah dan termasuk asuransi, minuman sambutan, peralatan arung jeram standar, transportasi, pemandu, tim penyelamat, makanan ringan, minuman, dan makan siang. Paket serupa 10 Perjalanan kilometer sekitar 200.000 rupiah.

Beberapa operator menawarkan paket keluarga, termasuk anak berumur 6 tahun. Setiap operator mengikuti persyaratan usia minimum mereka sendiri yang harus dikonfirmasi sebelum pemesanan.

Selain arung jeram, ada berbagai kegiatan outbound training untuk meningkatkan motivasi diri, keberanian, kepercayaan diri, berpikir kreatif, tanggung jawab, kerjasama dan saling percaya.

Sovenir

Probolinggo terkenal dengan tas fashion; trendi dan cocok untuk digunakan dalam setiap kesempatan. Harganya juga terjangkau bagi seorang wanita, tua atau muda. Ini dapat dibeli di Handicraft Incoming Collection di Jalan Lumajang Gg. melati 69

Bagi pecinta keramik, berbagai jenis dapat ditemukan, dirancang dalam gaya alami dan kontemporer. Ini dapat ditemukan di Keramik Kinasih di Jalan Cangkring, Probolinggo.

Untuk beberapa jenis makanan yang dapat  dibawa pulang, berbagai produk olahan termasuk ikan kering, kerupuk ikan dan kerupuk kepiting dapat dibeli. Ini ditemukan di Krupuk Tengiri di Jl. KH. Mansyur Probolinggo dan Camilan Tonali di Jl. Bengawan Solo.

Makanan

Selain dari makanan lezat yang tersedia setelah arung jeram, ada beberapa suguhan kuliner yang harus dicicipi selama kunjungan Anda ke Probolinggo. Salah  satunya adalah sego mbledos, hidangan yang hanya ada di Probolinggo. Sego Mbledos disiapkan dalam bentuk Gunung Bromo, gunung berapi aktif dan ikon nasional. Sesendok nasi putih dibentuk menjadi kerucut, dengan saus cabai dan saus merah berada di puncaknya. Di dasar kerucut adalah sayur-sayuran dan berbagai lauk lainnya.

Penginapan

Berikut adalah beberapa dari akomodasi yang tersedia di Probolinggo.

1. Hotel Bromo View
  • Jl. Bromo Km 5
  • PROBOLINGGO
  • Tel : +62 335 427222
2. Hotel Ratna
  • Jl Raya Panglima Sudirman 16
  • PROBOLINGGO
  • Tel.: +62 335 427886
3. Hotel Paramita
  • Jl Siaman 7
  • PROBOLINGGO
  • Tel.: +62 335) 421535
4. Hotel Bromo Permai
  • Jl Raya Panglima Sudirman 237
  • PROBOLINGGO
  • Tel.: + 62 335 427451
5. Hotel Tampiarto
  • JlSuroyo 15
  • PROBOLINGGO
  • Tel.: +62 335 421288
6. Hotel Tentrem
  • Jl Raya Panglima Sudirman 15
  • PROBOLINGGO
  • Tel.: +62 335 421049
Mencapai Lokasi

Arung Jeram Pekalen terletak di Desa Ranu Gedang, Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Probolinggo dapat ditempuh sekitar 2,5 jam dari Surabaya dengan bus. Anda juga bisa melakukan perjalanan dengan kereta api atau menyewa mobil.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain