Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!
Postingan

Puncak Sosok Bawuran Yogyakarta - Tiket Masuk, Lokasi dan Tips Wisata

  • Alamat:
    Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55791
  • Jam Buka:
    15:00 - 23:00 WIB
  • Telepon:
    0856-4314-9900
  • Harga Tiket:
    Sukarela
Bantul menyimpan banyak destinasi alam cantik yang menarik untuk Anda kunjungi. Salah satu yang baru muncul dan mampu mencuri perhatian adalah Puncak Sosok.

Tempat ini menawarkan keindahan Yogyakarta di malam hari dari puncak bukit. Panorama dan suasananya yang nyaman menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat bersantai terbaik Jogja.

Bukit di daerah Jambon ini sangat tepat untuk Anda yang ingin menghabiskan malam yang romantis di Jogja. Mudahnya lagi tempat ini bisa Anda kunjungi menggunakan paket traveling Jogja dari Salsa Wisata.


Sejarah Puncak Sosok

Asal mula kemunculan destinasi wisata ini berawal dari usulan Pokdarwis Karang Taruna. Kawasan bukit Sosok terlihat memiliki potensi yang tidak kalah menarik dari daerah Mangunan seperti Puncak Becici.

Panorama alam yang terlihat menjadi daya tarik dan alasan utama tempat ini dikembangkan. Alasan lainnya karena area perbukitan di sini sering kali menjadi lokasi perlombaan downhill berskala nasional.

Nah dari beberapa alasan itulah, masyarakat sekitar berinisiatif membangun kawasan ini dengan berbagai fasilitas. Hingga akhirnya wajah baru objek wisata ini bisa dinikmati sepenuhnya di tahun 2018.

Spotnya yang sangat cozy dan instagramable terasa begitu nyaman. Anda pasti akan dibuat betah berlama-lama menghabiskan malam di tempat satu ini.

Harga Tiket Masuk Puncak Sosok

Tidak perlu khawatir dengan biaya yang harus Anda keluarkan. Sebab tempat wisata di Bantul ini termasuk destinasi wisata murah di Jogja yang bisa Anda nikmati.

Fasilitas dan hal menarik lain yang ada bisa Anda nikmati dengan harga terjangkau. Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel berikut:
  • Tiket Masuk Puncak Sosok Sukarela
  • Parkir Motor Rp 2.000,00
  • Parkir Mobil Rp 5.000,00
Murah bukan? Tapi bisa saja harga yang tercantum di tabel ini berubah tanpa pemberitahuan. Meski begitu daftar ini bisa Anda jadikan patokan ataupun persiapan sebelum berkunjung.

Ingin liburan yang pasti murah? Sudah pasti jawabannya paket gathering dari Salsa Wisata. Tidak ada biaya tambahan, semua budgetnya bisa Anda sesuaikan keinginan dan kebutuhan, tanpa ribet, tanpa harus repot.

Kegiatan Seru di Puncak Sosok


Wisata Puncak Sosok ini menawarkan berbagai aktivitas menarik yang jarang Anda temukan. Setiap aktivitas tersebut pasti membuat liburan Anda semakin seru dan menyenangkan, berikut ini beberapa contohnya:

Gowes Seru Jalajah Bukit


Tiket masuk yang murah serta suasana alam yang asri membuat tempat ini menjadi favorit para pesepeda. Hampir setiap akhir pekan di pagi hari, Bukit Sosok selalu ramai.

Pengunjung yang datang biasanya datang bersama rombongan menggunakan sepeda mendaki bukit. Sesampainya di atas, mereka dapat beristirahat sembari menikmati pemandangan pagi yang segar.

Pihak pengelola juga telah menyiapkan lintasan downhill seru untuk Anda coba. Panjangnya sekitar 1.4 km dan membentang dari Puncak Sosok hingga Puncak Gebang.

Anda bisa memacu adrenalin melewati jalan naik turun lintasan ini. Jadi selain sehat Anda juga dapat seru-seruan sambil menikmati pemandangan.

Eksis Berfoto di Spot Instagramable


Pihak pengelola juga pandai memanfaatkan keindahan alam tempat ini. Ada banyak tempat menarik yang membuat bukit ini terasa begitu instagramable.

Contohnya saja bisa terlihat dari jalan setapaknya yang cantik mengelilingi bukit. Tempat duduk pengunjung pun dibuat unik, tidak hanya dari kayu namun juga berbentuk terasering.

Tidak ketinggalan pula gardu pandang dengan panorama yang menawan. Dari sini Anda bisa berfoto bersama pemandangan lampu-lampu kota di malam hari.

Pesonanya pun tidak kalah apik dari Bukit Bintang yang ada di Gunung Kidul. Dijamin, foto-foto yang Anda ambil di tempat ini akan banjir like serta atensi dari netizen.

Bersantai Menikmati Senja


Sore hari merupakan waktu terbaik untuk Anda berkunjung. Dari puncak bukit setinggi 220 mdpl ini Anda bisa menikmati pemandangan Jogja yang menawan.

Lembayung senja yang menghiasi langit sore dapat terlihat jelas tanpa terhalang. Anda bisa menikmati momen cantik pergantian hari menuju malam.

Lampu-lampu kota serta cahaya bulan menyinari bentang alam sekitar bukit. Sambil duduk Anda dapat merasakan langsung romantisnya Jogja di malam hari.

Kecantikan tempat ini pun tidak jauh berbeda dengan Tebing Breksi. Panorama alam sekitar yang memukau siap memanjakan malam hari Anda bersama-sama.

Live Music di Alam Bebas


Momen romantis di sini akan semakin terasa bersama alunan merdu musik akustik. Biasanya saat akhir pekan, akan ada band pengisi yang menyanyikan lagu merdu untuk para pengunjung.

Bila Anda juga senang bernyanyi juga bisa menyumbangkan suara bersama para band. Sebab pengisi hiburan live music di sini terbuka untuk umum.

Anda bisa ikut bernyanyi bersama-sama melantunkan lagu hits kesukaan Anda. Tidak hanya itu Anda juga bisa menggunakan panggung ini untuk berbagai acara lain.

Seperti misalnya pentas tari, atau seni pertunjukan lainnya. Dengan latar tempatnya yang cantik, penampilannya pun akan semakin menarik.

Begitu pula yang terdapat di pentas seni Sendratari Ramayana. Pemandangan Prambanan di malam hari menjadi pemanis pertunjukan seni bertaraf internasional ini.

Berwisata Kuliner


Menghabiskan malam di puncak bukit Sosok kurang lengkap bila tanpa ada makanan. Apalagi di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak warung kecil yang berjajar.

Stand warung tersebut telah pengelola siapkan bagi warga sekitar yang ingin berjualan. Makanan yang dijual pun beragam mulai dari makanan ringan hingga beberapa menu wisata kuliner Jogja seperti sate angkringan.

Harganya pun cukup terjangkau dengan suasana ala cafe yang khas. Untuk satu tusuk bakso saja hanya sekitar Rp1.000,00. Begitu pula dengan pilihan minumannya.

Anda bisa memilih minuman hangat seperti kopi atau es jeruk yang segar. Apapun makan dan minumnya, liburan dan piknik santai di tempat ini akan terasa sangat berkesan.

Lokasi & Rute Menuju Puncak Sosok

Tempat wisata ini beralamat di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 8.5 km dari kawasan wisata Hutan Pinus Pengger atau kurang lebih 25 menit perjalanan.

Terdapat beberapa pilihan rute yang bisa Anda pilih untuk dapat mengunjungi destinasi ini. Salah satunya melalui Jl. Pleret bila Anda datang dari arah Kota Jogja.

Dari rute ini waktu yang Anda perlukan kurang lebih 1 jam dengan jarak sekitar 22.5 km. Akses jalannya pun cukup memadai meskipun agak sedikit kecil bila dibandingkan jalan utama.

Anda juga perlu berhati-hati sebab jalan yang akan Anda lewati banyak tanjakan berkelok. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan tahu kondisi medannya terlebih dahulu.

Jika Anda bingung dengan rutenya bisa gunakan petunjuk dari Google Maps dan lihat keadaan jalannya. Namun untuk Anda yang tidak mau ribet bisa manfaatkan jasa sopir dari rental mobil Bantul yang ada.

Sopir-sopir lokal tersebut sudah sangat paham jalanan di Jogja dan siap mengantar Anda. Mobil yang selalu ada dalam kondisi terbaik pun bisa Anda pilih sesuka hati sesuai keinginan.

Jam Operasional Puncak Sosok

Bila Anda ingin berkunjung, terdapat dua opsi waktu yang bisa Anda pilih. Jam operasional ini pun berbeda tergantung hari Anda berkunjung.

Bila Anda datang saat hari kerja mulai Senin hingga Jumat, tempat ini baru buka pukul 15.00 WIB dan tutup pukul 23.00 WIB. Sedangkan di akhir pekan jam 06.00 pagi Anda sudah bisa mengunjungi tempat ini.

Waktu terbaik berkunjung tentu saat sore hari, dimana langit senja jadi daya tarik utamanya. Namun tidak ada salahnya pula untuk datang ketika pagi jika ingin menikmati udara segar perbukitan Bantul.

Supaya liburan Anda maksimal pastikan untuk datang saat musim kemarau agar terhindar dari hujan atau cuaca buruk. Lebih sempurna lagi bila liburan Anda bersama layanan Salsa Wisata.

Ada banyak paket menarik yang bisa Anda sesuaikan kebutuhan dan keinginan perjalanan Anda. Mulai dari durasi perjalanan, agenda wisata, hingga harga yang bersahabat bisa Anda dapatkan.

Sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu liburan semaksimal mungkin dengan effort minimal. Sebab semua sudah kami persiapkan untuk kenyamanan Anda.

Tips wisata

Ada beberapa tips wisata yang bisa kamu perhatikan untuk menghabiskan malammu di Puncak Sosok:
  • Gunakan baju hangat atau jaket agar tidak kedinginan 
  • Medan cukup terjal dan menantang, pastikan kendaraan dalam kondisi sehat. 
  • Setiap hari sangat ramai, usahakan untuk datang pada saat sore hari agar tidak berjubel di pintu masuk 
  • Saat pulang pilih jam yang tidak mepet dengan waktu tutup agar tidak terjadi kepadatan di pintu keluar
  • Patuhi peraturan dan jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. 
Suasana syahdu dan pemandangan indah Puncak Sosok akan mampu membuat setiap pengunjung rindu untuk kembali lagi. Tak heran bila tempat ini selalu ramai bahkan di hari biasa. Kalau kamu mau ke sini kapan, nih?

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain