Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Danau Situ Gede Bogor dengan Daya Tarik Keindahan Alam

  • Alamat:
    Desa Bogor, Kecamatan Bogor Barat, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Rp. 2.000,00 - Rp. 4.000,00
Danau Situ Gede Bogor atau sering disebut Danau Situ Ageng oleh masyarakat setempat. Luas danau kecil ini mencapai 6 hektar dan kedalaman airnya mencapai 6 meter. Wisata Danau Situ Gede merupakan tempat wisata yang paling dekat dengan pusat kota Bogor.


Danau Situ Gede awalnya digunakan sebagai tempat penyimpanan air. Digunakan untuk mengairi persawahan di sekitar danau yang meliputi Kecamatan Kawalu, Mangkubumi, Indihiang dan Cibeureum.

Danau Situ Gede Bogor ini memiliki udara yang sejuk karena berada di pinggir hutan. Bagian hutan penelitian yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Kementerian Kehutanan. Jika berkunjung ke danau ini, wisatawan bisa menikmati sejuknya udara laut dari atas perahu. Memancing dan hiking di sekitar danau yang dikelilingi oleh hutan lebat.

Penataan Dana Situ Gunung Bogor Diresmikan Ulang Ridwan Kamil

Kawasan Situ Gede di Kota Bogor akhirnya selesai  setelah melakukan penataan. Proses pembukaan hasil recovery dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya pada Kamis 19 Januari 2023.

Kini wisatawan bisa menikmati berbagai layanan seperti seluncuran air, jogging track, rest area dan tempat para pelaku UMKM. Gubernur ingin Situ Gede bisa dijadikan destinasi ekowisata. Situ Gede diharapkan menjadi daya tarik karena pengunjung Kota Bogor pasti memiliki niat kuliner dan wisata.

Gubernur juga melakukan beberapa kegiatan seperti pelepasan bibit ikan untuk pembayaran dengan walikota Bogor. Revitalisasi Situ Gede merupakan bagian dari pelestarian alam dan perlindungan banjir. Anggaran yang digunakan dalam hal ini adalah Rp 7 miliar.

Daya Tarik Danau Situ Gede Bogor dengan Keasrian Alam dan Pohon nan Rimbun


Destinasi wisata ini mengenalkan pesona danau (situ) dan keindahan alam sekitar yang ditumbuhi rimbunnya pepohonan. Tempat wisata ini yang menawarkan kenyamanan dan kesejukan serta sesuatu yang berbeda bagi mereka yang mengunjunginya.

Situ Gede Bogor yang terletak di tepi Hutan Dramaga ini sebenarnya berbatasan dengan beberapa danau lain di sekitarnya seperti Situ Leutik (sekarang hilang), Situ Panjang dan Situ Burung. Yang terakhir terletak di Desa Cikawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Di dekatnya terdapat pusat penelitian hutan internasional, Center for International Forestry Research (CIFOR) dan ICRAF, World Agroforestry Center, Stasiun Klimatologi atau BMKG Dramaga dan Kampus IPB Dramaga.

Pengunjung Situ Gede tidak hanya dapat menikmati sejuknya udara, tetapi juga dapat beristirahat di atas tikar di bawah pohon dekat penangkaran rusa, serta bersantai di beberapa gubuk yang dibangun oleh penduduk setempat.

Bermain Perahu Bebek dan Rakit Di Danu dengan Luas 47 Hektar

Wisatawan dapat menikmati Situ Gede dengan perahu bebek atau rakit yang disewa warga sekitar. Jika suka memancing, wisatawan bisa menyalurkannya di Situ Gede. Karena banyak warga atau pengunjung yang memancing di Situ Gede setiap harinya.

Panorama hutan alam tepat di pinggirnya membuat pemandangan semakin indah. Kecantikan hutan patut dijadikan latar selfie. Danau Situ Gede seluas 47 hektar di latar belakang membuat foto dan video yang semakin mengesankan.

Kalau berbicara tentang tempat terbaik di danau Situ Gede, tentu saja danau itu sendiri, tetapi masih ada deretan pohon pinus. Ada juga pulau kecil yang disebut pulau terapung yang bisa diabadikan dengan selfie.

Fasilitas Danau Situ Gede

Masuk dalam rentetan wisata alam Bogor yang populer, Danau Situ Gede bisa jadi pilihan tujuan jalan-jalan anda selanjutnya. Selain karena landscape alam indahnya, dukungan sarana prasaran turut menjadi daya tariknya.

Fasilitas Danau Situ Gede meliputi :
  • Tempat parkir
  • Pusat informasi
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Gazebo
  • Taman
  • Warung wisata
  • Masjid
  • Area Perkemahan
  • Spot foto menarik
Banyak orang memilih Danau Situ Gede sebagai alternatif untuk mengisi waktu luang agar lebih berwarna. Biasanya para pengunjung yang datang adalah untuk bersantai, duduk-duduk di tepi danau, memancing dan masih banyak lagi.

Udara yang sejuk turut mengiringi setiap aktivitas para wisatawan disini. Sehingga tak heran kalau banyak pengunjung yang merasa betah meski harus berlama-lama disini.

Jam Buka Danau Situ Gede Bogor

Sebelum anda eksplorasi keindahann Situ Gede, ada baiknya ketahui terlebih dahulu jam wisata yang berlaku. Dan anda bisa kapan saja berlibur kesini sebab danau ini belum ada jam operasional wisata khusus.

Danau Situ Gede buka selama 24 jam penuh dan selalu terbuka untuk umum kapanpun. Jadi anda bisa sesuka hati datang kesini dengan membawa serta teman, sahabat, keluarga atau pasangan tercinta.

Pagi dan sore hari adalah waktu yang paling digemari oleh para pengunjung untuk healing lebih bermakna di Situ Gede. Kalau anda akan datang saat siang hari pun bukan suatu masalah.

Namun ketika siang hari, terkadang matahari yang menyinari area wisata Danau Situ Gede lumayan terik. Jadi ada baiknya anda mengenakan payung , topi atau penutup kepala lainnya yang bisa melindungi.

Satu yang pasti, agar liburan di Danau Situ Gede berlangsung lebih maksimal. Maka datanglah ketika hari benar-benar cerah dan cuaca sangat mendukung.

Karena berada di alam terbuka tentu saja tidak disarankan datang kesini pada saat sedang turun hujan. Begitupun ketika akan datang kesini, jangan pada saat hari sudah gelap, karena panorama alaminya tentu tak terlhat.

Harga Tiket Danau Situ Gede Bogor

Tarif masuk ke danau ini cukup murah yaitu Rp 4000 dan untuk anak-anak Rp 2000. Ada juga biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 2.500 untuk roda empat.

Danau Situ Gede Bogor adalah salah satu wisata murah di Bogor dan bisa menjadi pilihan untuk liburan low budget. Bahkan, wisata di Danau Situ Gede seringkali tidak memungut biaya masuk alias gratis.

Alamat Danau Situ Gede Bogor

Situ Gede (Danau) Cifor Bogor Tempat Wisata di Bogor Jawa Barat ini terletak di Desa Bogor, Kecamatan Bogor Barat, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Situ Gede berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Bogor atau sekitar 3 km dari terminal Bubulak. Jika tidak membawa kendaraan, tidak perlu khawatir. Karena ada angkot yang melayani jalan ini dan tinggal keluar atau masuk langsung di tempat parkir.

Demikian artikel mengenai Danau Situ Gede Bogor yang menjadi tempat wisata murah dan cocok untuk tempat berlibur keluarga. Mari berlibur dan jangan lupa bahagia.

Rute Menuju Danau Situ Gede

Bagi anda yang memanfaatkan kendaraan umum sebagi alat transportasi menuju ke danau situ gede maka anda dapat menaiki angkot 3 jurusan baranangsiang – bubulaak dari terminal baranangsiang. Setelah sampai di bubulauk lalu lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot 15. Jurusan situ gede bogor atau bisa juga dengan naik ojek.

Dan bagi anda yang menggunkan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi menuju tempat wisata ini maka anda dapat mengikuti panduan. Dengan maps dengan koordinat yang telah di tuliskan di bagain sebelumnya.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain