Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Kebun Teh Kemuning yang Tiada Duanya: Tiket Masuk dan Aktivitas

  • Alamat:
    Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57794
  • Jam Buka:
    08:00 - 14:30 WIB
  • Telepon:
    085326600685
  • Harga Tiket:
    Rp. 100.000,00 - Rp 1.700.000,00
Kebun Teh Kemuning berada di area dataran tinggi sejuk karanganyar. Berlokasi tak terlalu jauh dari kota solo, area perkebunan menawarkan sensasi wisata kebun teh yang unik.


Karanganyar seolah menjadi daerah “puncak”-nya Jawa Tengah. Jika di Jawa Barat ada Bogor yang sering ramai kala liburan. Kebun Teh ini memiliki pemandangan indah hijau alami dengan hamparan tanaman teh dimana-mana. Tidak hanya itu, objek wisata ini juga menyediakan berbagai wahana dan spot foto yang menarik.

Daya Tarik Wisata Kebun Teh Kemuning


Agrowisata kebun teh ini berada tidak jauh dari pusat Kota Solo, yakni hanya berjarak kurang lebih 25 kilometer saja. Lokasinya tepatnya beralamatkan di Jalan Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Kebun Teh Kemuning merupakan salah satu objek wisata yang menjadi andalan di daerah Solo dan banyak diminati wisatawan baik lokal maupun asing, karena menyuguhkan pemandangan yang sangat indah berlatar pegunungan dan perkebunan.

Lokasi objek wisata kebun teh sendiri berada di kaki gunung Lawu, sehingga suhu udara kawasan tersebut cukup sejuk kurang lebih 21,5 derajat celcius. Selain itu, disini juga terdapat Kali Pucung yang terkenal memiliki wahana permainan lengkap.

Pesona keindahan dari pegunungan gunung Lawu serta hamparan perkebunan teh yang asri dan membentuk piramida-piramida memang tiada duanya. Belum lagi ditambah dengan udara sejuknya menjadi daya tarik tersendiri.

Kamu juga dapat menikmati pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Bukan hanya itu saja, di sini para wisatawan juga bisa melihat proses pembuatan teh secara langsung mulai dari awal pemetikan hingga akhir.

Tiket Masuk Kebun Teh Kemuning

Objek wisata ini menggratiskan tarif bagi wisatawan yang berkunjung. Bebas berfoto dan menikmati pemandangan. Biaya hanya dikenakan jika pengunjung menaiki wahana yang ada di sini.
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Range Harga Paket: Ceria 1, Ceria 2, Ceria 3, Ceria 4 Rp 100.000 – Rp 185.000
  • Range Harga Jeep: Short, Medium, Medium 2 Rp 400.000 – Rp 500.000
  • Range Harga Jeep: Long 1, Long 2 Rp 650.000 – Rp 750.000
  • Full Day: Rp 1.700.000
Jam Operasional

Objek wisata ini buka sejak dini hari hingga petang. Namun, ada juga pengunjung yang datang di malam hari dan bermalam di sini. Biasanya mereka khusus ikut touring jip malam hari, sehingga ada pengawasan khusus dari pihak biro wisata.
  • Setiap hari 08.00 – 14.30 WIB
Pesona Kebun Teh Kemuning yang Tiada Duanya

Ada rencana untuk berlibur ke wisata Kebun Teh Kemuning? Sebelum itu, Kamu bisa membuat beberapa rencana kegiatan menarik yang akan dilakukan di sana. Seperti camping, ngeteh, bersepeda atau outbond.

1. Camping


Camping, wah sepertinya kegiatan ini menyenangkan, dimana Kamu bisa melakukannya saat berlibur ke Kebun Teh Kemuning. Karena kawasan agrowisata ini menyediakan area perkemahan yang dikelilingi pepohonan pinus.

Bagi wisatawan yang hendak camping di area perkemahan Segara Gunung ini, bisa menggunakan akses jalan melalui pusat desa Kemuning yang mengarah ke Candi Sukuh. Tenang saja jaraknya tidak terlalu jauh hanya sekitar 5 meter saja.

2. Menikmati Alam Kemuning


Kebun teh menghampar berhektar-hektar, menutupi permukaan tanah dengan warna hijau cantiknya. Objek wisata ini berada di ketinggian 800-1.540 mdpl, yang membuatnya sejuk. Di hari yang cerah, suhu mencapai 21,5 derajat celcius. Oleh karena itu, pengunjung harus siap dengan jaket atau sweater untuk menghalau dingin.

Hamparan tanaman teh seolah menjadi karpet yang memenuhi permukaan lantai. Pohon-pohon teh ini diselingi dengan pepohonan yang tinggi menjulang. Jarak satu pohon dengan pohon lainnya sekitar 3 meter. Dimana pohon ini dapat menjadi peneduh ketika terik matahari menyerang perkebunan.

Angin semilir membawa damai dalam ketenangan. Langit biru dan awan putih yang menaungi tampak begitu pas dengan hijaunya alam di bawahnya. Suasana begitu menenangkan, membawa hati semakin tenang. Tak salah, tempat ini sering dijadikan tujuan wisata dari remaja hingga keluarga.

3. Mentari Pagi dan Para Pemetik Teh


Objek wisata ini sudah mulai dikunjungi sejak pukul 04.30 pagi. Tujuan utamanya adalah menyaksikan indahnya matahari terbit. Perlahan tapi pasti, sang surya mulai menampakkan cahayanya. Dengan gerakan malu-malu, memancarkan warna kuning merona dibalik kabut kelabu.

Pancarannya mulai menyinari pepohonan dan menembus dedaunan. Menampakkan garis lurus menuju tanah. Di jalan setapak, tampak ibu-ibu pemetik teh dengan alat tempurnya. Caping di kepala dan keranjang di punggung.

Gerakan tangan para pemetik teh ini begitu terampil. Memilih dan memetik pucuk daun teh untuk mendapatkan teh yang berkualitas. Daun teh yang dipetik di pagi hari aromanya lebih wangi dan segar. Karena inilah, para pemetik teh harus melakukannya di pagi hari.

4. Naik Jip


Bertualang dengan menaiki mobil jip menjadi pilihan tepat untuk menikmati kawasan kebun teh dan sekitarnya. Pengunjung akan dibawa berkeliling selama delapan jam. Jip ini biasanya mangkal di Terminal Kemuning, Kampung Wisata Gadungan, dan di Air Terjun Jumog. Pengunjung bisa datang ke salah satu tempat tersebut untuk menyewa jip.

Harga sewa bervariasi, mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 700.000. Tergantung rute wisata dan jenis jip yang digunakan. Satu mobil jip dapat dinaiki 4-5 wisatawan, ditambah satu sopir. Perjalanan cukup menantang apalagi jalur yang dilalui tidak rata, berkelok, dan naik turun.

Untuk tarif Rp 1.500.000 biasanya khusus untuk petualangan di malam hari. Jadi, pengunjung akan merasakan pengalaman melewati jalan-jalan di kebun teh pada malam hari. Malamnya bisa berkemah di kawasan kebun teh. Dan di pagi harinya, mulai untuk petualangan lagi.

5. Paralayang di Atas Kebun Teh Kemuning


Berada di ketinggian ribuan meter menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keindahan. Aktivitas paralayang merupakan pilihan yang tepat. Melayang di udara, dengan hamparan tanaman teh di bawahnya. Sungguh keindahan yang tiada duanya. Apalagi udara yang sejuk, melayang menjadi semakin sejuk.

Bagi pengunjung yang belum bisa, telah disiapkan pemandu yang siap mendampingi. Jadi, tidak perlu khawatir lagi.

Melayang di udara dengan parasut sangat memacu adrenalin. Ini dapat menjadi opsi bagi pengunjung yang senang dengan olahraga ekstrim. Pengunjung pun dapat berfoto dari atas dengan latar belakang pemandangan awan. Atau hamparan kebun teh di bawahnya.

6. Spot Foto


Keindahan alam ini dipadukan dengan spot foto yang begitu menarik. Pengelola telah membuat beberapa spot foto dengan bahan kayu. Seperti Jembatan Bintang, dan spot-spot lainnya. Berfoto di spot ini dengan latar belakang kebun teh menjadi pilihan para wisatawan.

Tak lupa, pengunjung dapat mencicipi rasa nikmat teh yang dipetik dari kebun teh. Cafe favorit pengunjung adalah Ndoro Dongker. Letaknya tidak jauh dari Kebun Teh Kemuning, yang selalu ramai dengan wisatawan. Apalagi jika bukan karen desain cafe dan sajian makanan yang begitu nikmat.

Lokasi Kebun Teh Kemuning

Objek wisata ini terletak di Sumbersari, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Berjarak sekitar 42 Kilometer dari Solo, area dataran tinggi kebun teh ini bisa dicapai dalam waktu 1 jam berkendara.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain