Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

13 Wisata Curug di Purbalingga, Pesona Kota Seribu Curug

Pemandangan memukau dan suasana alam yang tenang dan nyaman saat ini menjadi tujuan para wisatawan untuk menghabiskan liburan. Wisata Curug atau air terjun adalah salah satu obyek wisata yang menyediakan suasana alam yang menenangkan ini. Sehingga tak heran jika saat ini berwisata ke curug merupakan kegiatan yang banyak diburu oleh para traveler. Nah, kali ini Tourismrank akan mengulas 10 Wisata Curug di Purbalingga yang memang terkenal sebagai Kota Seribu Curug.

Julukan Seribu Curug memang didasarkan pada kenyataan yang ada di Purbalingga. Disini banyak sekali destinasi wisata berupa air terjun yang cantik dan alami yang bisa menjadi alternatif liburan untuk melupakan segala aktifitas atau rutinitas sejenak dengan kesejukan alami yang ditawarkan.  Di Purbalingga sendiri mulai banyak bermunculan wisata air terjun yang dikelola oleh masyarakat setempat. Air terjun atau curug  yang ada di purbalingga memang memiliki keunikan tersendiri. Kebanyakan curug yang ada memiliki karakter air yang jernih, debit besar dan hawanya yang sejuk karena beada di perbukitan dan berasal dari sumber mata air alami yang sangat menyegarkan.

1. Curug Sumba


Curug Sumba adalah salah satu Wisata Curug di Purbalingga terbaik yang ada di Kabupaten Purbalingga. Curug ini memiliki air yang berwarna hijau tosca, jernih dan tentunya menyegarkan. Keindahan alam yang ada di sekitarnya menambah asri dan dapat menenangkan pikiran. Suasana alam yang menawan akan membuat takjub siapa saja yang datang. Maka tak jarang sesampainya di sini, pengunjung  akan segera menceburkan diri ke dalam kolam alami yang ada dibawahnya. Namun perlu hati-hati juga ya sob karena kedalamanya bisa mencapai 3 meter. Dan untuk dapat menikmati suasana air terjun yang sejuk dan menyegarkan, kalian hanya perlu membayar tiket parkir Rp 2000 dan tiket masuk Rp. 3000.

Lokasi curug sumba berada di Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Tempatnya juga ukup mudah dijangkau, sekitar 300 meter dari jalan raya Bobotsari-Karangreja. Waktu terbaik untuk mengunjungi Curug Sumba adalah pada saat musim kemarau, hal ini dikarenakan airnya akan kelihatan lebih cantik dengan warnanya yang biru. Jika Sobat traveler mengunjungi curug ini pada saat musim hujan datang, biasanya airnya akan bewarna kecoklatan dan debit airnya juga lumayan besar. Curug ini adalah tempat yang tepat untuk menenangkan pikiran dengan bersantai di tengah suasana alamnya. Kalian juga dapat mendapatkan beberapa spot yang bagus untuk berfoto ria.

  • Nama Tempat:
    Curug Sumba
  • Alamat:
    Kemojing, Desa Tlahab, Karangreja, Kemejing, Tlahab Kidul, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357. 
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    07.00 - 16.30 WIB
2. Curug Ciputut


Curug Ciputut juga termasuk salah satu Wisata Curug di Purbalingga yang cukup terkenal. Curug ini memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Ditambah dengan panorama alam di sekitar masih sangat asri dan alami. Untuk dapat mencapai lokasi air terjun sobat traveler akan menuruni tangga besi vertikal. Debit air curug ini sangat deras, jernih dan menyegarkan. Hal ini dikarenakan sumber airnya yang berasal dari pegunungan. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan air yang berasal dari curug ini untuk kebutuhan sehari hari.

Lokasi Curug Ciputut berada di Desa Talagening, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Curug Ciputut adalah salah satu curug di Purbalingga yang belum dikelola, sehingga belum ada biaya tiket masuk. Walaupun begitu, tempat ini memiliki banyak spot yang dapat kalian jadikan tempat foto-foto yang instagramable.

  • Nama Tempat:
    Curug Ciputut
  • Alamat:
    Desa Talagening, Kec. Bobotsari, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam
3. Curug Nini


Curug Nini hanya memiliki ketinggian sekitar 10 meter saja. Namun, di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup luas dengan air yang sangat jernih. Jadi, sobat traveler dapat mandi dan berenang sepuas hati. Curug Nini sangat cocok para wisatawan yang suka kegiatan yang memacu adrenalin, Sobat dapat melatih mental dengan terjun dari atas air terjun ke bawah kolam.

Wisata Curug di Purbalingga satu ini memiliki daya tarik yang istimewa dan akses sudah baik dan tak lupa suasana alam yang masih terjaga menjadikan air terjun satu ini cukup banyak dikunjungi saat musim liburan tiba.  Curug Nini ini terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga.  Akses ke Curug Nini ini juga sangat mudah sehingga air terjun ini termasuk salah satu air terjun di Purbalingga yang ramai dan sering kunjungi wisatawan.

  • Nama Tempat:
    Curug Nini
  • Alamat:
    Jl. Raya Cipaku, Dusun 3, Cipaku, Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53352
  • Harga Tiket:
    Senin – Jum’at Rp. 3.000,00
    Sabtu – Minggu Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    09.00 - 17.00 WIB
4. Curug Penisihan


Wisata Curug di Purbalingga yang memiliki panorama elok berikutnya adalah Curug Penisihan. Air terjun ini juga memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter.  Dibawah air terjunnya membentuk kolam dengan luas sekitar 25 meter. Namun, kolam yang ada di bawah Curug Penisihan cukup dalam, sehingga sobat traveler harus berhati-hati saat mandi di kolam yang ada di Wisata Curug di Purbalingga ini. Sobat traveler dapat melihat kedalaman air dari warna airnya yang berwarna biru kehijauan.

Curug Penisihan Purbalingga terletak di Desa Palumbungan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga kurang lebih 14 kilometer dari pusat kota. Air Curug Penisihan sendiri berasal dari aliran Sungai Klawing, yang merupakan sungai terbesar di wilayah Kabupaten Purbalingga.

  • Nama Tempat:
    Curug Penisihan
  • Alamat:
    Desa Palumbungan, Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam
5. Curug Silintang


Curug Tungtung Gunung atau Curug Silintang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Curug ini memiliki dua tingkatan yang sangat indah dengan derasnya air yang turun. Sobat traveler dapat mandi pada dua tingkatan yang ada disini. Tempat ini memang sangat cocok untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Ada mitos setempat yang menyebutkan bahwa curug silintang adalah tempat turunnya bidadari dari langit untuk mandi. Hal ini dikaitkan dengan adanya pelangi yang sering muncul dan mengarah ke curug silintang.

Untuk mencapai Curug silintang diperlukan waktu setengah jam berjalan kaki dari dusun cumbut atau bisa juga ditempuh lewat Goalawa di Desa Siwarak dengan melewati hamparan kebun nanas sekitar 1 jam perjalanan. Selama perjalanan kalian akan melewati ladang dan persawahan nan hijau. Segarnya udara pegunungan dan indahnya pemandangan akan mengusir rasa lelah selama perjalanan. Akses jalan yang sangat mudah,terutama bagi pengendara sepeda motor bisa langsung sampai d lokasi tujuan.

  • Nama Tempat:
    Curug Silintang
  • Alamat:
    Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Kutabawa, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    07.00 - 20.00 WIB
6. Curug Aul


Curug Aul adalah salah satu curug di Purbalingga yang saat ini memang sedang ngehits di kalangan anak muda. Curug ini dinamakan Curug Aul dikarenakan warga setempat kabarna sering melihat keberadaan Aul di Curug ini. Aul sendiri adalah mahluk jadi-jadian bertubuh manusia berkepala anjing yang sering mengeluarkan suara seperti suara anjing pada tengah malam hari. Tidak usah takut sob, hal tersebut cuma mitos atau cerita warga setempat.

Kolam yang ada di bawah air terjun tidak terlalu dalam sehingga aman untuk berenang. Sobat traveler juga dapat mengambil foto di bawah air di kolam Curug Aul yang airnya cukup jernih.  Curug Aul Desa berada di areal tanah milik Perum Perhutani. berada di Desa Wisata Tanalum, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.

  • Nama Tempat:
    Curug Aul
  • Alamat:
    Dusun Pucung Rumbak, Desa Tanalum, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 3.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam
7. Curug Nagasari


Curug Nagasari ini memiliki ketinggian lebih dari 75 meter, dengan latar belakang berupa batu-batu berwarna hitam berkilau yang cantik dan mempesona. Ketika musim penghujan datang debit airnya sanagt deras dan menawan. Namun, untuk bisa melihatnya  harus melewati Jalan setapak, menuruni tepian sawah serta tebing-tebing sudah ditata dengan menggunakan batu kali. Jadi untuk menuju ke lokasi ini kalian harus hati-hati ya sob.

Sobat traveler dapat menikmati sejuknya air terjun atau mandi di kolam yang ada bawah air terjun.  Curug Nagasari sendiri terletak di bawah Curug Aul yang berada di desa tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.

  • Nama Tempat:
    Curug Nagasari
  • Alamat:
    Desa Tanalum, Kec Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 7.000,00
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
8. Curug Tempuran


Wisata Curug di Purbalingga selanjutnya adalah Curug Tempuran. Curug yang satu Ini memiliki air yang jernih dan pemandangan yang Indah. Sobat traveler dapat berenang di tepian namun, jangan terlalu dekat dengan air terjun karena cukup dalam. Suasana alam yang ada di sekitar curug ini masih sangat asri dan masih terjaga kualitas airnya.

Masyarakat sekitar memberikan nama Curug Tempuran karena air di curug ini berasal dari pertemuan antara aliran dua kali (sungai), yaitu Kali Lutung dan Kali Lembarang.  Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Binangun No. 18, Pengalusan, Mrebet, Purbalingga. Curug ini masih sepi pengunjung, hal ini dikarenakan tempatnya yang belum begitu populer berada di perkampungan penduduk.

  • Nama Tempat:
    Curug Tempuran
  • Alamat:
    Desa Binangun, Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 3.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam
9. Curug Cingongah


Curug Cingongahmerupakan salah satu  Wisata Curug di Purbalingga yang belum begitu populer. Namun jangan salah, pesona yang dimiliki curug ini sangatlah mempesona. Suasananya nyaman hening serta jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota. Ditambah dengan pemandangan alam yang masih terjaga. Curug ini terdiri atas tiga air terjun yang berada di tengah, kiri dan kanan kali. Curug Cingongah merupakan bagian dari Sungai Lembarang yang dikelilingi tebing serta tanaman liar.

Di saat kemarau debit air yang ada di Curug Cingongah ini sangat kecil. Namun sebaliknya, pada saat musim hujan debit airnya cukup besar. Sehingga tidak direkomendasikan mengunjungi curug ini pada saat musim penghujan. Lokasi tepatnya berada di Desa Cipaku Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga.

  • Nama Tempat:
    Curug Cingongah
  • Alamat:
    Desa Cipaku Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga
10. Curug Kali Karang


Curug Kali Karang ini memiliki keistimewaan yaitu memiliki tiga tingkatan air terjun. Air terjun yang paling tinggi adalah air terjun di tingkatan yang ketiga. Masyarakat sekitar menamakan Curug Kali Karang dikarenakan bebatuan yang terdapat di sekitar air terjun ini berwarna hitam serta tajam dan menyerupai batu karang. Pemandangannya masih alami dan suasananya sangat menyegarkan sangat cocok untuk bermain dan melepaskan penat yang ada.

Wisatawan yang datang berkunjung ke curug ini biasanya bermain air pada curug tingkatan yang pertama yang memiliki ketinggian beberapa meter saja. Selain itu, banyak juga anak-anak yang bermain di kolam di bawah air terjun tingkatan kedua.  Air di curug ini sangat jernih dan sejuk. Sobat traveler dapat mengunjungi dengan mudah lokasinya karena akses yang mudah, cukup jalan sekitar 100 meter saja dari area parkir kendaraan.  Lokasi teoatnya berada di Desa Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga.

  • Nama Tempat:
    Curug Kali Karang
  • Alamat:
    Desa Tanalum, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 7.000,00
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB
11. Curug Gogor


Curug Gogor adalah bagian dari Desa Wisata Tanalum, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga. Curug Gogor adalah pesona tersembunyi di balik bukit. Air yang jernih, pemandangan yang indah, serta alamnya yang masih terjaga dengan baik. Ini akan membuatmu mendapatkan aktivitas refreshing yang sesungguhnya.

Curug Gogor ini menjadi unik untuk kamu datangi karena memiliki tipe air terjun bertingkat. Ada 4 level air terjun yang bisa kamu jangkau dalam satu perjalanan. Tingkatan pertama dengan ketinggian 7 meter, tingkat kedua 5 meter, tingkat ketiga 6 meter, dan yang keempat yang tertinggi yaitu 35 meter.

  • Nama Tempat:
    Curug Gogor
  • Alamat:
    Desa wisata Tanalum, Kec. Rembang, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
12. Curug Rindik


Sebut saja salah satunya adalah Curug Rindik, curug yang terletak di Desa Purbasari, Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga ini mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi tempat wisata karena mempunyai keunikan tersendiri diantara begitu banyak curug yang terdapat di Kabupaten Purbalingga. Seperti kita ketahui, Purbalingga dikenal dengan Negeri Seribu Curug karena hampir di setiap tempat terdapat curug. Curug Rindik mempunyai keunikan karena bentuknya yang mirip undak-undakan / tangga.

  • Nama Tempat:
    Curug Rindik
  • Alamat:
    Desa Purbasari, Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357
13. Curug Panyatan


Curug Panyatan merupakan air terjun yang berada di kaki Gunung Panyatan, desa wisata Gunung Wuled, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, traveler bisa mengandalkan GPS atau bertanya pada penduduk setempat karena masih sedikit bahkan hampir tidak ada plang petunjuk arah. Plang nama hanya ada ketika sudah mendekati tempat tersebut. Namun tak perlu khawatir, hampir semua orang di sekitar sudah tahu lokasi curug ini.Sesampainya di tempat parkir, traveler harus membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu. Kemudian traveler harus berjalan melintasi rumah warga dan melewati jalan setapak. Bagi saya pribadi, Curug Panyatan bisa dibilang salah satu curug yang mudah didatangi karena berada tidak jauh dari pemukiman warga.Meskipun begitu, curug ini masih sangat terjaga keasriannya. Airnya sangat bersih dan segar. Hal ini karena air di sana berasal dari pegunungan. Bagi yang mau mandi, terdapat beberapa spot seperti kolam. Tapi berhubung saya tidak bawa baju ganti, saya hanya ikut bahagia melihat beberapa anak yang sedang asyik mandi. Selain air segarnya, Curug Panyatan sangat layak dikunjungi karena udaranya yang masih sangat bersih karena berada di kaki gunung. Selain itu rerimbunan pepohonan hijau di sekeliling curug juga semakin memperindah penampilan curug ini.

  • Nama Tempat:
    Curug Panyatan
  • Alamat:
    Dusun Bawahan, Ds. Gunung Wuled, Kec. Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    08.00 - 21.00 WIB
Nah itulah 10 Wisata Curug di Purbalingga Kota Seribu Curug Yang Mempesona yang dapat sobat traveler semua dapat jadikan referensi liburan untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain