Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

14 Sunset Terbaik Di Yogyakarta & Sekitarnya

Sunset atau matahari terbenam adalah momen yang indah dengan langit yang merah merona. Momen dimana mulai berakhirnya hari dengan aktivitas padat menuju waktu-waktu santai di malam hari. Ada banyak tempat yang bisa kita kunjungi untuk menikmati panorama alam ini.

Yogyakarta terkenal dengan objek wisata alam yang memukau, dari bagian utara hingga selatan dan barat hingga timur. Bagaimana jika keindahan wisata alam di Yogyakarta ditambah senja?  Seperti, telah ditakdirkan berjodoh.

Salah satunya adalah Kota Yogyakarta yang berada di Jawa Tengah. Terdapat beberapa spot menarik untuk menikmati keindahan sunset di sana. Dimana sajakah itu? Berikut tujuh spot sunset terbaik di Kota Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi. Pemburu senja harus mampir ya!

1. Candi Ratu Boko


Candi Ratu Boko merupakan satu tempat yang tepat untuk melihat sunset di Yogyakarta. Karena, obyek ini berada di atas bukit yang lapang. Kamu dapat menikmati indahnya sunset mulai pukul 17.00 WIB.

Sunset di Candi Ratu Boko tergolong istimewa karena berpadu dengan gerbang candi, sehingga menghasilkan siluet gerbang dengan latar belakang warna jingga dan biru di langit.

Sementara, bulan terbaik untuk melihat sunset adalah Februari dan Maret. Jarak Candi Ratu Boko ke pusat Kota Yogyakarta kurang lebih 20 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.
  • Tiket Masuk: Rp 40.000 Dewasa, Rp 20.000 Anak-anak
  • Jam Buka: 07.00 - 17.00 WIB
  • Telepon: (0274) 496510
  • Alamat: Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 5572
2. Embung Nglanggeran


Sunset juga bisa dilihat dari Embung Nglanggeran, waduk mini yang terletak di atas ketinggian untuk mengairi kebun buah durian dan kelengkeng seluas 20 ha. Dari pegunungan ini, pengunjung dapat melihat sunset layaknya di pantai.

Air embung memberikan dinamika perairan bersamaan dengan turunnya sunset. Embung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Embung Nglanggeran yang merupakan kawasan Gunung Api Purba Nglangeran dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam dari pusat Kota Yogyakarta.
  • Tiket Masuk: Rp 10.000,00
  • Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB, Minggu 24 Jam 
  • Alamat: Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862
3. Pantai Kesirat


Pantai Kesirat tidak seperti pantai-pantai di Gunungkidul pada umumnya, karena pantai ini tidak memiliki area berpasir. Pantai ini bertipe tebing karang dengan suara deburan ombak di bawahnya dan memiliki ciri khas pohon tunggal yang tumbuh di tepi tebing pantai ini.

Area ini masih sepi pengunjung, sehingga kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan tenang dan nyaman. Jika kamu hobi berkemah, kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam di area rumput Pantai Kesirat ini.

Lokasi Pantai Kesirat berada di Girikarto, Panggang, Gunungkidul. Hanya dengan mengeluarkan Rp 5.000, kamu sudah bisa masuk ke area Pantai Kesirat untuk menikmati sunset yang menakjubkan.
  • Tiket Masuk: Rp 5.000,00
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Alamat: Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 55872
4. Candi Ijo


Candi Ijo dikenal sebagai candi dengan lokasi tertinggi di Jogja, karena candi ini terletak di atas bukit dengan ketinggian mencapai 357-395 mdpl dan menawarkan pemandangan kota yang tak kalah memukau.

Dengan membayar Rp 10.000 kamu sudah bisa menikmati pemandangan candi dengan sunset yang indah dari ketinggian. Candi Ijo terletak di Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman, atau berada 4 km dari Candi Ratu Boko.
  • Tiket Masuk: Rp 10.000,00
  • Jam Buka: 07.00 - 18.00 WIB
  • Alamat: Jl. Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
5. Puncak Paralayang Watugupit


Agaknya untuk wisata terbaik melihat sunset di Jogja yang satu ini tak asing lagi bagi masyarakat. Terletak berhadapan langsung dengan indahnya pantai, wisata ini tak boleh terlewatkan bagi para penikmat senja di Puncak Paralayang Watugupit.

Melihat sunset di dataran tinggi dilengkapi dengan suara deburan ombak tentulah sangat menenangkan.

Berlokasi sama dengan pantai Parangtritis yakni di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Tarif yang ditetapkan di sini juga masuk dalam kategori murah yakni hanya Rp 10.000.
  • Tiket Masuk: Rp 10.000,00
  • Jam Buka: 09.00 - 19.00 WIB
  • Telepon: 0812-2969-471
  • Alamat: Jl.Watugupi Jl. Paralayang, Area Hutan, Giricahyo, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
6. Puncak Sosok


Menikmati sunset semabari menyeruput hangatnya kopi dan cemilan yang enak namun tetap ramah kantong, Puncak Sososk jawabannya. Berlokasi di Jambon, Pleret Bantul, wisata yang satu ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melihat sunset.

Saat cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat indahnya Gunung Sumbing, Merapi, Sindoro, Merbabu dan pegunungan lainnya dalam sekali pandang di wisata Jogja yang satu ini.

Di sini, teman kamu melihat sunset juga tak hanya kopi dan camilan, namun suara live music pun turut ikut serta.
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 06.00 - 23.00 WIB
  • Telepon: 0856-4314-9900
  • Alamat: Jambon, Bawuran, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791
7. Shoka Bukit Senja


Seperti namanya, Shoka Bukit Senja merupakan bukit atau tebing pinggir jurang yang berlokasi di sekitar Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Di sini, kamu akan menikmati indahnya sunset Kota Jogja dari tepi tebing dengan pemandangan laut serta pegunungan yang hijau. Selain itu, ada banyak spot foto menarik yang juga bisa kamu abadikan di Shoka Bukit Senja.
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 07.00 - 21.00 WIB
  • Alamat: Unnamed Road, Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55872
8. Bukit Parang Endog


Melihat samudra luas membentang dengan ombak yang tak pernah letih berkejaran adalah suguhan khas dari sebuah tempat tinggi di pelataran Bukit Parang Endog. Di atas pelataran itulah, sebuah pemandangan senja Pantai Selatan terangkum sempurna.

Banyak orang duduk terdiam menyaksikan peristiwa paling romantis itu terjadi, yakni ketika mentari jatuh ke pelukan cakrawala. Cahaya jingga keemasan menguasai langit, dipantulkan oleh laut dan tertangkap sempurna oleh mata.

Sungguh, rasanya tak ingin meninggalkan tempat itu sampai gelap benar-benar menelan keindahannya dan menggantinya dengan kerlip lampu dan cahaya bulan.
  • Tiket Masuk: Rp 5.000,00
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Alamat: Parang Reja, Girijati, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
9. Puncak Kayangan


Berlokasi tak jauh dari pantai yakni di Ngerco, Seloharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menikmati sunset. Wisata yang satu ini juga berlokasi di tempat yang sama dengan Goa Jepang.

Selain itu, di Puncak Kayangan ini kamu bisa menikmati sunset sembari melihat pantai juga karena wisata ini berhadapan tak jauh dari pantai. Kehijauan dari sawah juga menjadi pelengkap untukmu menikmati keindahan sunset di sana.
  • Tiket Masuk: Rp 5.000,00 
  • Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB
  • Alamat: Ngerco, Seloharjo, Kec. Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55771
10. Kalibiru


Kalibiru - Meniti tangga gantung ke sebuah pohon pinus yang terletak di pinggir jurang akan membuat kita bisa bebas lepas memandang moleknya Pegunungan Menoreh. Dari atas papan kayu itu kita bisa melihat matahari yang hendak pulang dengan menunggang awan. Kaki-kaki cahayanya menjangkau permukaan bumi yang mulai kekuningan, seolah setiap langkahnya meninggalkan warna keemasan. Sementara sebuah telaga yang tenang terlihat di kejauhan. Sebuah telaga yang tetap setia menjadi cermin untuk matahari mematut wajahnya, memantulkan pendar sinar yang berkilauan. Di Kalibiru, segala kepenatan bisa hilang ditelan kesunyian. Nikmati setiap detik yang merangkak karena waktu akan terasa sangat lambat berjalan. Sejenak lupakanlah kota, tinggalkan pikiran-pikiran tentang tugas yang menumpuk, dan nikmatilah pemandangan yang ada.
  • Tiket Masuk: Rp 10.000,00
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB 
  • Alamat: Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
11. Puncak Suroloyo


Lokasi terbaik lainnya untuk memburu pemandangan matahari terbenam adalah Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo berada di ketinggian 1.019 mdpl.

Puncak merupakan obyek wisata favorit untuk wisata yang senang dengan ketinggian. Dari puncak ini, wisatawan dapat melihat gunung-gunung tinggi di Jawa Tengah, mulai Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro yang semua tampak begitu indah.

Di saat cuaca sedang cerah, Puncak Suroloyo merupakan spot yang tepat untuk melihat sunset. Karena dari, puncak ini sunset terlihat jelas dan lebih besar.

Saat sunset tiba, matahari yang akan terbenam menampakkan puncak-puncak Pegunungan Menoreh lainnya, seperti Gunung Trajumas, Gunung Ayamayam, dan Gunung Kunir.

Puncak Suroloyo terdapat di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta ke Puncak Suroloyo sekitar 33 km dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.
  • Tiket Masuk: Rp 5.000,00
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Alamat: Dusun Keceme, Onggosoro, Giritengah, Borobudur, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta
12. Puncak Becici


Lokasi kedua berburu matahari tenggelam (Sunset) di Jogja adalah Puncak Becici. Lokasi ini juga terkenal akan pemandangan alam yang menakjubkan dan Salah satu tempat yang populer untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam.

Hampir mirip dengan candi Ijo keindahan pemandangan di Puncak Becici ini adalah perbukitan hijau, hamparan lautan yang mengagumkan, dan pemandangan spektakuler dari kejauhan. Keindahan ini menciptakan suasana yang romantis dan menenangkan, memungkinkan kita untuk melupakan sejenak hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Selain menikmati keindahan sunset, Puncak Becici juga menawarkan berbagai aktivitas lain bagi para pengunjung. Anda dapat bersantai sambil duduk di batu-batu yang tersedia, mengambil foto-foto cantik sebagai kenang-kenangan, atau sekadar menikmati momen indah ini bersama keluarga dan teman-teman. Ada juga warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan, sehingga Anda dapat menikmati cemilan sambil menanti matahari tenggelam sepenuhnya.
  • Tiket Masuk: Rp 3.000,00
  • Jam Buka: 06.00 - 22.00 WIB
  • Telepon: 0823-2907-7770
  • Alamat: Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
13. Bukit Paralayang


Pati kalian tidak asing dengan Pantai Parangtritis, Nah lokasi bukit paralayang ini berada di atas pantai tersebut. tentunya Menyaksikan matahari terbenam dari ketinggian di Bukit Paralayang adalah pengalaman yang tak terlupakan dan memukau dengan pemandangan bibir pantai dan laut lepas di kombinasi dengan matahari mulai turun ke cakrawala, langit berubah menjadi palet warna-warni yang mempesona.

Selain menikmati keindahan sunset dan paralayang, Bukit Paralayang juga menyediakan area peristirahatan yang nyaman. Terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman, sehingga pengunjung dapat bersantai sambil menikmati suasana yang tenang dan menikmati pemandangan yang menakjubkan.
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Telepon: 0812-2969-471
  • Alamat: Jl.Watugupi Jl. Paralayang, Area Hutan, Giricahyo, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain